Type to search

Apps & Tools

7 Aplikasi Rapat Online yang Bisa Digunakan Lewat Smartphone

Aplikasi meeting online lewat smartphone

Dampak dari pandemi corona adalah kebijakan work from home (WFH) yang banyak diterapkan oleh perusahaan di berbagai negara terdampak. Dengan kebijakan WFH, diharapkan dapat meminimalisir resiko penularan Covid-19.

Meski tidak bisa bertemu langsung, namun koordinasi pekerjaan tetap bisa dilanjutkan melalui meeting secara online. Nah untuk bisa melakukan ini, ada berbagai aplikasi konferensi yang bisa digunakan.

Dengan deretan aplikasi ini, diskusi bisa dengan mudah dilakukan. Bahkan termasuk rapat dengan banyak orang sekaligus.

Saat ini sudah banyak aplikasi teleconference yang tersedia, termasuk untuk platform ponsel Android dan iOS. Berikut adalah beberapa diantaranya, seperti dirangkum PandaGila.com dari Smartmeetings : 

Daftar Isi

1. WhatsApp

Sebagai aplikasi pesan instan nomor satu di dunia, WhatsApp juga bisa dipakai untuk meeting online untuk berdiskusi jarak jauh. Pengguna bisa langsung menggunakan fitur video call untuk melakukan panggilan atau menggelar meeting kecil- kecilan.

Saat ini fitur video WhatsApp sudah bisa digunakan hingga delapan orang sekaligus (termasuk pengguna). Syaratnya, Anda dan peserta harus sudah menggunakan versi terbaru WhatsApp lebih dulu.

Lebih lengkap, Anda dapat membaca ulasan kami sebelumnya, Video Call 8 Orang di WhatsApp Sudah Bisa Digunakan, Simak Caranya!

2. Google Meet

Google mempunyai aplikasi percakapan online yang bernama Hangouts Meet. Berbeda dengan WhatsApp, layanan ini bisa menampung hingga 250 pengguna sekaligus dalam sekali panggilan video.

Aplikasi ini juga dibekali dengan sejumlah fitur Google, seperti bisa menampilkan caption secara otomatis dengan teknologi text-to-speech, serta jadwal meeting yang terintegrasi dengan Google Calendar.

Saat melakukan meeting, penyelenggara bisa mengundang orang lain untuk bergabung ke dalam sebuah ruangan meeting dengan memasukan “meeting code” atau kode meeting.

3. Skype

Skype adalah aplikasi percakapan berbasi video dan suara di bawah naungan Microsoft. Aplikasi ini bisa memuat hingga 25 orang untuk bertatap muka secara virtual dalam satu kali panggilan.

Berbeda dengan beberapa aplikasi lain, Skype bisa diakses dari beragam perangkat, seperti komputer (PC dan laptop), smartphone, hingga TV yang mendukungnya.

Skype ini sendiri bisa digunakan sebagai media percakapan berbasis teks, baik secara individu maupun grup, serta mendukung layanan panggilan suara berbayar ke nomor ponsel atau telepon rumah.

4. Zoom

Zoom, aplikasi meeting online

Zoom adalah aplikasi percakapan yang semakin naik daun di tengah himbauan WFH. Aplikasi ini bisa memuat hingga 100 orang dalam satu panggilan video. Zoom juga dibekali dengan sejumlah fitur menarik yang membuat meeting online menjadi lebih efektif dan menyenangkan.

Misalnya saja fitur berbagi layar pengguna ke para peserta (screen sharing), serta dukungan Google Drive, Dropbox, dan Box untuk berbagi dokumen dan foto.

5. Slack

Slack adalah aplikasi percakapan berbasis grup yang bisa digunakan untuk komunikasi antar topik. Untuk video conference, Slack bisa menampung hingga maksimal 15 orang.

Slack terintegrasi dengan beberapa tools dan media sosial untuk memudahkan penggunanya mengirim file dan memantau proses kerja, seperti Google Drive, Dropbox, hingga Twitter.

Salah satu keunggulan Slack adalah fitur pencarian yang bisa digunakan untuk menelusuri topik atau percakapan yang sudah dilakukan sebelumnya.

6. Facetime

Facetime adalah aplikasi panggilan video untuk produk ekosistem Apple, seperti iPhone, iPad, dan Pod Touch. Dalam satu panggilan video, Facetime bisa menampung hingga 32 orang.

Bukan hanya kamera depan, pengguna Facetime juga bisa menggunakan kamera belakang untuk memperlihatkan objek yang sedang mereka saksikan di depan mata secara real kepada peserta panggilan video.

Sayangnya, aplikasi Facetime saat ini hanya bisa digunakan untuk perangkat buatan Apple sendiri.

7. Cisco Webex

Meski tidak sepopuler deretan aplikasi meeting online diatas, Cisco Webex biasa digunakan oleh sejumlah perusahaan besar. Terutama oleh mereka yang bertengger di daftar Fortune 500.

Jumlah partisipan maksimal yang bisa ditampung dalam satu panggilan video conference sangat bervariasi, tergantung paket berlangganan. Namun untuk jumlah maksimalnya bisa mencapai 100 orang.

Fitur unggulan aplikasi Cisco Webex ini sendiri mencakup screen sharing, dukungan Google Assistant, dan Google Home Hub, fitur papan virtual untuk menggambar, fitur pengunggah dokumen, hingga fitur untuk merekam percakapan video.

Artikel Menarik Lainnya :   Panduan Lengkap MailChimp untuk Strategi Email Marketing Anda
Tags:
Aditya Rumi

a time traveller, an explorer and a lover of science-techno things & coffee of course. Saya menggunakan aktifitas menulis untuk menyalurkan pengetahuan Saya. Semoga bermanfaat dan memberi value untuk orang lain.

  • 1
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x