Type to search

Ecommerce

Tutorial Lengkap Shopee : Cara Jualan, Daftar Gratis Ongkir, dan Tips Jualan Laris

Cara jualan di Shopee, daftar program gratis ongkir, dan jualan laris manis

Marketplace di Indonesia memang kian menjamur. Dan bicara soal marketplace, untuk para pebisnis online, Shopee adalah salah satu marketplace favorit saat ini. Bagaimana tidak, marketplace yang satu ini bisa dibilang yang paling gencar dalam melakukan promo. Mulai dari promo ongkos kirim, cashback, hingga promo berbasis kerjasama bank.

Jika Anda sudah mempunyai akun personal Shopee, Anda bisa langsung mendaftar sebagai seller atau penjual tanpa harus mengisi data lagi. Namun jika Anda belum mempunyai akun Shopee sebelumnya, Anda dapat masuk di bagian awal dari tutorial ini.

Cara Daftar Akun Shopee

Bagaimana cara membuat akun di Shopee? Tentunya Anda perlu masuk ke website Shopee terlebih dulu atau mendownload aplikasi Shopee lewat Playstore (Android) atau Apple Store (iOS).

First Step Pendaftaran

  1. Kunjungi website Shopee atau download aplikasinya di Playstore.
  2. Klik ‘Daftar’ dan isi data- data yang diperlukan sesuai form isian.
Cara daftar akun Shopee

3. Di kolom nomer HP, pastikan Anda mengisi nomer HP yang belum pernah didaftarkan ke Shopee sebelumnya, lalu klik ‘Kirim Kode Verifikasi’.
4. Masukkan kode verifikasi yang terkirim ke nomer HP Anda.
5. Lanjutkan dengan mengisi username, password, dan kode captcha.
6. Kemudian klik Daftar.

Anda juga bisa melakukan pendaftaran dengan akun email atau Facebook Anda untuk proses pendaftaran otomatis.

Verifikasi Email

Langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk verifikasi atau mengisi alamat email Anda. Berikut ini adalah langkah- langkah untuk verifikasi :

  1. Klik menu akun Saya yang terletak di area username Anda.
  2. Di bagian ‘Profil Saya’, lengkapi dengan alamat email Anda (jika belum ada).
  3. Jangan lupa juga untuk mengisi nama toko Anda. Nama toko ini lah yang nantinya akan menjadi identitas toko Anda di marketplace ini.
  4. Klik ‘Simpan’
Akun Saya Shopee
Pengaturan Profil Saya - Shopee

Selanjutnya Anda dapat masuk ke email Anda dan mem- verifikasi akun Anda melalui email yang dikirimkan oleh Shopee.

Artikel Menarik Lainnya :   Waspadalah! Ini Modus Penipuan Online yang Paling Sering Terjadi

Setting Pembayaran dan Alamat

Setelah melakukan verifikasi, hal lain yang tak kalah pentingnya untuk dilakukan adalah setting metode pembayaran dan alamat kita.

Untuk metode pembayaran di Shopee, pengguna dapat menggunakan Rekening Bank, Kartu Kredit/ Debit, dan One Klik.

Rekening Bank ini nantinya dapat digunakan user sebagai rekening transfer saldo hasil berjualan di Shopee.

Sedangkan Kartu Kredit/ Debit, dan One Klik dapat digunakan sebagai metode pembayaran saat berbelanja di Shopee.

Mengisi Rekening di Shopee

Untuk menambahkan rekening baru atau kartu baru, Anda tinggal klik ‘Tambahkan Rekening Baru’ atau ‘Kartu Kredit Baru’. Kemudian isi form pop up sesuai dengan data yang dibutuhkan, yaitu Nama (harus sama persis dengan nama di Rekening Bank), No Rekening, dan Nama Bank. Selanjutnya klik ‘Ok’.

Sedangkan untuk menambahkan kartu baru, data- data yang perlu Anda masukkan adalah Nama Tertera di Kartu, No Kartu Kredit, Masa Berlaku Kartu, Kode CVV, Alamat tagihan, dan Kode POS. Setelah semua selesai dimasukkan, klik ‘Ok’.

Mengisi Alamat di Shopee

Di menu alamat, Anda dapat mengatur alamat utama, alamat tambahan, dan alamat toko. Alamat toko harus diisi dengan alamat pick up paket toko Anda sebagai penjual. Alamat toko ini lah nanti yang akan tercetak di label resi saat pencetakan invoice Shopee.

Untuk menambahkan alamat baru, klik ‘Tambah Alamat Baru’. Di menu pop up, Anda akan diminta untuk mengisi data- data alamat baru Anda seperti : nama, no telepon, provinsi, kota, kecamatan, kode pos, dan detail alamat.

Anda juga dapat menghapus daftar alamat yang ada di akun Anda dengan meng-klik ‘Hapus’ di salah satu alamat terdaftar di akun Anda.

Cara Berjualan di Shopee

Jika sudah mempunyai akun personal di Shopee, Anda bisa dengan mudah mendaftar sebagai seller tanpa harus mengisi data- data lagi. Untuk mulai berjualan di Shopee, di tahap awal disarankan untuk Anda membukanya di desktop atau laptop. Mengapa? Karena tidak semua tab dapat dibuka di aplikasi.

Seller Center Shopee

Akses ke Akun Seller

  1. Untuk mengakses akun seller Anda, masuklah ke menu profil toko Shopee di http://seller.shopee.co.id
  2. Login dengan akun yang Anda miliki.
  3. Masuk ke menu Pengaturan Toko.
  4. Di profil Toko, isi identitas toko Anda, mulai dari nama Toko, foto profil, Foto utama dan gambar tambahan lainnya, serta deskripsi toko Anda.
  5. Simpan.
Artikel Menarik Lainnya :   25 Cara Menghasilkan Penjualan Optimal dari Toko Online Anda

Setting Jasa Kirim

Langkah selanjutnya, Anda dapat melakukan pengaturan ekspedisi yang akan Anda gunakan dalam mengirim pesanan pembeli. Di fitur ini, hanya aktifkan platform ekspedisi yang Anda gunakan dengan meng-klik nama platform tersebut hingga berubah warna menjadi hijau.

Cara Upload Produk Shopee

Langkah terpenting dalam berjualan adalah meng-upload produk Anda ke dalam toko Anda. Berikut ini adalah langkah- langkah meng-upload produk jualan Anda di Shopee :

  1. Masuk ke menu ‘Produkku’.
  2. Anda dapat memilih mengupload produk dengan metode Tambah Produk Baru atau Mass Update (upload produk massal dengan file .csv).
  3. Jika Anda memilih upload produk massal, gunakan fitur ‘Mass Update’ dan Shopee akan memberikan Anda form dengan format file .csv untuk mengupload produk Anda secara massal.
  4. Untuk menambah produk baru dengan fitur ‘Tambah Produk Baru’, lalu isi dengan Nama Produk, Deskripsi Produk, Kategori, dan detail lain sesuai jenis produk Anda.
  5. Isi stok dan harga sesuai dengan ketersediaan produk Anda.
  6. Selanjutnya isilah estimasi berat produk dan ekspedisi yang digunakan. Meski ekspedisi sebenarnya sudah kita setting di Jasa Kirimku, namun fitur ekspedisi ini tetap harus diaktifkan saat menambahkan produk (beda dengan platform sebelah,hehehe…)
  7. Jika produk Anda adalah Pre Order, aktifkan fitur Pre Order.
  8. Jangan lupa juga isi kondisi produk, apakah produk baru atau second.
  9. Yang terakhir, klik ‘Simpan’ dan produk Anda siap untuk dijual ke pengguna Shopee.

Pengaturan Lainnya

Fitur lain yang dapat Anda gunakan dalam mengatur toko Anda adalah Kategori Toko Saya. Disini, Anda dapat mengkategorikan produk Anda sesuai dengan jenis kategorinya. Misalnya saja kategori : Skin Care, Kosmetik Bibir, Facial Wash, Serum, dan Promo/ Paket Hemat. Penggunaan kategori toko ini akan membuat toko Anda lebih teratur dan memudahkan calon pembeli dalam menelusuri produk Anda.

Cara Daftar Gratis Ongkir di Shopee

Gratis ongkir adalah program andalan Shopee yang sangat menguntungkan para penjual di platform ini. Dengan mendaftar ke program Gratis Ongkir Shopee, maka pembeli mereka akan mendapatkan subsidi gratis ongkos kirim sehingga belanjaan mereka akan terasa semakin hemat. Gara- gara program ini lah banyak pengguna dari marketplace lain yang akhirnya berbondong- bondong pindah ke Shopee dan menjadi pelanggan setia mereka.

Sebelum mendaftar program gratis ongkir Shopee, berikut hal- hal yang perlu Anda perhatikan :

  • Promo gratis ongkir berlaku sesuai dengan ekspedisi yang didukung Shopee, tidak semua ekspedisi. Saat ini program ongkos kirim Shopee berlaku untuk penggunaan ekspedisi J&T dan JNE.
  • Ada minimal jumlah belanja untuk mendapatkan promo gratis ongkir Shopee ini. Misalnya saja saat ini adalah Rp 70.000 untuk ekspedisi J&T, dan Rp 150.000 untuk ekspedisi JNE.
  • Ada batas maksimal penggunaan promo free ongkir Shopee ini, dan jumlah nya disesuaikan dengan promo yang berlaku di setiap periode.
  • Jumlah subsidi promo gratis ongkir juga bisa berbeda di setiap periodenya, sesuai dengan kebijakan program Shopee di periode tersebut.
  • Salah satu indikasi penjual berhasil mendaftarkan diri dalam program Gratis ongkir ini adalah ada tanda mobil berwarna hijau di pojok bawah produk bertuliskan ‘Gratis Ongkir’.
Artikel Menarik Lainnya :   5 Cara Ampuh dan Teruji Menjadi Reseller Online yang Sukses

Untuk mendaftar program gratis ongkos kirim, setelah meng-upload produk pertama, Anda akan mendapatkan notifikasi untuk mengikuti program gratis ongkos kirim Shopee. Klik notifikasi tersebut, dan Anda akan diminta untuk memasukkan nomer KTP Anda dan meng-upload foto selfie KTP, kemudian centang ‘Syarat dan Ketentuan Shopee’.

Setelah itu, tunggu konfirmasi dari Shopee terkait pendaftaran program gratis ongkos kirim yang Anda ikuti. Konfirmasi ini biasanya hanya sekitar 1×24 jam.

Setelah mendapatkan notifikasi dari Shopee bahwa pendaftaran program gratis ongkos kirim Anda berhasil, langkah selanjutnya adalah memastikan bahwa logo ‘gratis ongkir’ sudah muncul di produk Anda. Jika sudah, lanjutkan upload produk Anda dan mulai promosikan toko Anda.

Bagaimana dengan Uang Ongkos Kirimnya?
Anda tidak perlu khawatir. Karena ini murni program dari Shopee, maka penjual secara otomatis tidak menanggung ongkos kirim ini selama sudah mengikuti syarat dan ketentuan Shopee.

Saat mencetak label ongkos kirim, jika penjual menggunakan ekspedisi J&T, maka penjual tidak perlu membayar ongkos kirim ke ekspedisi. Namun jika menggunakan ekspedisi JNE, penjual membayar ongkos kirim ke ekspedisi terlebih dulu, dan nanti akan mendapatkan ganti dari Shopee.

Jualan Laris Manis di Shopee

Sudah punya toko di Shopee, tentu penting untuk melakukan optimasi agar jualan kita laris manis. Setuju? Untuk optimasi toko Anda dengan Shopee, silahkan klik artikel selanjutnya : Tips Ampuh Jualan Laris Manis di Shopee, Tokopedia, dan Bukalapak. Yang mengupas tuntas tentang tips jualan laris manis di Shopee dari para pedagang laris di Shopee.

Semoga bermanfaat! Selamat mencoba!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.