Type to search

Hack

Cara Membuat Kalender Editorial untuk Meningkatkan Kualitas Konten Marketing

Cara membuat kalender editorial

Pernahkah Anda merasa tidak ada perubahan yang signifikan dalam trafik pengunjung website Anda? Pernahkah Anda memikirkan apa yang salah dalam konten Anda sehingga tidak dapat menarik banyak pengunjung? Mungkin Anda melewatkan hal ini, bisa saja.

Y
ang perlu diketahui, konten yang berhasil dalam strategi marketing tidak meninggalkan pesan-pesan yang mereka sampaikan menggantung dan tidak terarah. Alih-alih, konten pemasaran yang berhasil dapat mengatur dan mengarahkan konten mereka secara terstruktur dengan tetap fokus pada pesan-pesan utama yang ingin disampaikan.

Kesimpulannya, daripada Anda bergantung pada satu blog post untuk menarik pengunjung, ada baiknya Anda memiliki rencana tentang apa saja yang Anda tuangkan ke dalam konten Anda, dan menerbitkannya menjadi beberapa konten dalam rentang waktu tertentu. Hal ini biasa disebut dengan kalender editorial.

Apa itu Kalender Editorial?

Kalender editorial adalah media atau alat yang digunakan untuk mengontrol seluruh publikasi konten, baik jadwal publish, isi konten, hingga platform yang digunakan untuk menerbitkan konten tersebut. Hal ini sangat penting untuk mendisiplinkan Anda dalam membuat konten sehingga dapat meningkatkan trafik pengunjung website maupun media sosial Anda.

Lebih dari itu, dalam membangun pondasi yang kuat dalam membuat kalender editorial, tidak cukup hanya membuat ide konten dan jadwal rencana publish saja. Isi konten harus berkesinambungan dengan tujuan yang Anda buat di awal. Maka dari itu, hal-hal yang perlu ditentukan pertama kali dalam membuat kalender editorial adalah sebagai berikut:

  • Tujuan bisnis Anda
  • Ekspektasi konten di masa depan akan diarahkan kemana?
  • Siapa target bisnis Anda?
  • Apakah ada brand kompetitor yang memiliki konten strategi sejenis?
  • Seberapa sering Anda ingin mempublish konten Anda?

Setelah menentukan hal-hal tersebut, baru Anda bisa membuat kalender editorial Anda sendiri.

Kenapa Kalender Editorial itu Penting?

Jika dari awal Anda tidak memiliki rencana jelas dalam pembuatan konten marketing untuk bisnis Anda, Anda hanya akan membuang-buang waktu. Terlebih lagi, konsistensi sangat penting dalam membuat konten. Jika tidak konsisten, pengunjung website akan meninggalkan Anda.

Kalender editorial membuat s
emua terasa lebih mudah dalam proses perencanaan konten. Lebih lanjut, kalender editorial memberikan beberapa manfaat nyata untuk penggunanya.

Beberapa diantaranya adalah memudahkan Anda mengatur deadline, mengatur beragam konten berdasarkan jadwal yang telah ditentukan, mengontrol distribusi konten, hingga bisa menganalisis perkembangan konten marketing yang telah Anda publikasikan.

Cara Membuat Kalender Editorial

Ada beberapa media yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat kalender konten ini. Mulai dari kertas, kalender cetak, excel spreadsheets, hingga aplikasi yang bisa Anda temukan di playstore maupun iOS.

Pembuatan kalender editorial tentunya tidak memiliki format yang pasti.
Ini bergantung pada tujuan bisnis, sumber daya, jenis usaha, frekuensi dan workflow konten marketing, serta media publikasi.

Namun, Anda perlu memperhatikan hal-hal dasar yang sebaiknya tercantum di kalender ini, meliputi:

  1. Topik dan pembahasan konten
  2. Timeline, mencakup tanggal pembuatan dan tanggal publikasi
  3. Kategori dan kata kunci (keyword) yang harus tercantum di konten. Ini bisa membantu pengunjung untuk menemukan website Anda
  4. Media konten, mencakup semua media publikasi yang Anda miliki, seperti website, blog, instagram, facebook page, dan lainnya
Contoh template kalender editorial

Paling tidak, Anda harus mempunyai website yang bisa menunjang konten Anda. Jika Anda belum memiliki website, sebaiknya Anda beli domain website agar upaya konten marketing Anda bisa lebih maksimal.

Anda bisa mengatur kalender editorial pada tabel-tabel yang sudah Anda buat, atau mengisikannya pada spreadsheets. Jika Anda tidak yakin, Anda bisa juga mengonsultasikan pembuatan kalender editorial kepada konten strategis yang sudah berpengalaman. 

Tips Membuat Kalender Editorial yang Efektif

Mungkin membuat editorial calender terkesan tidak sulit. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam pembuatannya agar kalender editorial yang Anda buat efektif. Berikut tipsnya:

  1. Sebaiknya update kalender editorial setiap bulan, atau tiga bulan sekali. Itu bisa membuat distribusi konten lebih terkontrol. Hindari merencanakan semua sekaligus, ini bisa membuat eksekusinya berantakan
  2. Buat timeline dan temukan ritme yang tepat untuk publikasi konten Anda. Jangan terlalu sering, atau terlalu jarang. Seminggu satu kali, atau dua minggu sekali sudah cukup daripada mempublish artikel setiap hari. 
  3. Catat dan organisasikan ide-ide yang Anda miliki. 
  4. Fokus dengan tujuan konten marketing dan goal bisnis perusahaan.
  5. Tentukan tanggal publish dan deadline untuk konten Anda
  6. Membuat kategori dan keyword yang umum dan banyak dicari orang. Lakukan evaluasi berkala, kategori mana yang paling popular dan banyak dikunjungi. Ini bermanfaat untuk menentukan topik konten Anda selanjutnya.

Pada akhirnya perencanaan tersebut tidak akan berjalan baik jika Anda tidak menulis kontennya dengan baik. Maka buatlah konten marketing yang baik hingga mampu bersaing dengan konten lainnya.

Jangan lupa juga buat website perusahaan yang baik untuk platform utama konten marketing Anda. Anda bisa
mulai dengan menggunakan jasa pembuatan website murah dan berkualitas yang sudah banyak dikenal di Indonesia.

Jadi, tunggu apa lagi. Ayo rencanakan kontenmu!

Tags:
Aditya Rumi

a time traveller, an explorer and a lover of science-techno things & coffee of course. Saya menggunakan aktifitas menulis untuk menyalurkan pengetahuan Saya. Semoga bermanfaat dan memberi value untuk orang lain.

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x