Ada banyak hal yang perlu kita pertimbangkan saat menentukan payment gateway Indonesia yang tepat untuk bisnis kita. Selain pilihan metode pembayaran yang sesuai dengan preferensi customer Indonesia, kita juga perlu mempertimbangkan model bisnis dan keamanan.

Dengan pilihan yang tepat dan sesuai kebutuhan, payment gateway pilihan Anda akan semakin berdampak penting untuk kelangsungan bisnis.

Apa yang Dimaksud dengan Payment Gateway?

Seiring dengan bertumbuhnya transaksi digital, peran payment gateway, atau gerbang pembayaran, menjadi semakin penting. Per definisi, Payment Gateway adalah layanan yang menyediakan media untuk memproses transaksi pembayaran secara online.

Dalam hal ini, payment gateway memberi otorisasi untuk pemrosesan kartu kredit, bank transfer otomatis, hingga ewallet. Dengan cara ini, pelanggan dapat melakukan proses pembayaran transaksi dengan mudah dan cepat di transaksi online yang mereka lakukan.

Cara Memilih Payment Gateway yang Tepat

Dalam memilih payment gateway, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar berujung pada pilihan yang tepat dan sesuai kebutuhan bisnis. Berikut beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan :

1. Sesuaikan dengan Model Bisnis  

Untuk menentukan payment gateway Indonesia yang tebat, pertimbangkan lah model bisnis dan profil pelanggan Anda. Apakah menjual produk fisik, jasa, langganan SaaS, atau donasi nirlaba? Pelanggan utama berasal dari mana? Pastikan payment gateway yang Anda pilih mendukung jenis transaksi dan metode pembayaran yang pelanggan butuhkan.

2. Dukungan Metode Pembayaran

Pilih lah payment gateway yang menyediakan beragam opsi metode pembayaran. Mulai dari kartu kredit/debit, e-wallet, transfer bank, dan COD (Cash on Delivery). Dengan pilihan beragam, hal ini memudahkan pelanggan membayar dengan cara yang nyaman bagi mereka. Pastikan Anda melibatkan dukungan metode pembayaran populer yang tersedia di dalam negeri.

3. Biaya Transaksi

Bandingkan biaya transaksi (persentase maupun nominal per transaksi) dari beberapa penyedia payment gateway. Pilih yang paling kompetitif dan menawarkan skema biaya sesuai kebutuhan bisnis. Perhatikan juga biaya bulanan atau biaya integrasi jika ada.

4. Keamanan 

Pastikan payment gateway memiliki sertifikasi keamanan PCI DSS. Periksa protokol enkripsi data yang digunakan. Protokol keamanan HTTPS dan enkripsi end-to-end merupakan standar minimal keamanan yang harus dipenuhi.

5. Integrasi dan Dukungan Teknis

Pilih payment gateway yang mudah diintegrasikan dengan website, toko online, atau aplikasi Anda. Dalam hal ini, payment gateway biasanya ada yang menyediakan plugin resmi atau API yang memudahkan proses integrasi. Perhatikan juga kualitas dukungan teknisnya jika Anda membutuhkan bantuan.

Dengan mempertimbangkan faktor-faktor di atas, Anda dapat menentukan payment gateway Indonesia mana yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnis saat ini maupun rencana ke depannya.

Rekomendasi Payment Gateway Indonesia

Rekomendasi Payment Gateway Indonesia
  • Save
Image via freepik.com/benzoix

Dengan mempertimbangkan hal- hal di atas, ada beberapa payment gateway Indonesia yang populer dan menjadi favorit. Apa saja? Berikut rekomendasi Panda : 

1. DOKU

Berdiri sejak 2007, DOKU telah menjalin kerjasama dengan lebih dari 150.000 mitra usaha ternama dengan lebih dari 3 juta pengguna. Selain menjadi pioner gerbang pembayaran, DOKU juga mengantongi sertifikat internasional dan mempunyai lisensi resmi dari Bank Indonesia.

Sebagai payment gateway, DOKU mempunyai pilihan metode pembayaran yang beragam. Mulai dari kartu kredit dan debit, 20 bank besar di Indonesia, ewallet (LinkAja, Gopay, Ovo, dll), COD hingga pembayaran offline di gerai modern (Indomaret, Alfamart, Alfamidi, Lawson, dll).

Dari sisi keamanan pun DOKU tidak perlu diragukan lagi. DOKU telah didukung dengan mesin resiko berbasis AI sebagai perisai keamanan transaksi yang melindungi berbagai ancaman cyber crime. Selain itu, biaya transaksi payment gateway Indonesia ini juga terbilang murah. Tidak heran, DOKU menjadi salah satu pilihan terfavorit untuk UMK, startup hingga enterprise.

Baca Juga :  Kenali Penyebab Utama Iklan Marketplace Sering Rugi/ Boncos

2. Midtrans

Rekomendasi payment gateway Indonesia selanjutnya adalah Midtrans, yang sebelumnya bernama Veritrans. Gateway pembayaran ini berdiri sejak 2012 dan berfokus melayani ecommerce Indonesia, UMKM, startup, hingga perusahaan besar.

Midtrans menyediakan pilihan pembayaran yang sangat variatif. Mulai dari Visa, Mastercard, bank besar di Indonesia, QRIS, ewallet, hingga gerai minimarket. Selain pilihan pembayaran yang lengkap, keunggulan lain dari Midtrans terletak pada antarmuka yang user friendly, dan proses integrasi yang mudah ke berbagai platform.

Dari sisi keamanan, MidTrans juga sudah dilengkapi dengan sistem keamanan anti-fraud untuk memastikan keamanan transaksi pelanggan. Dengan keunggulannya ini, Midtrans telah menjadi mitra terpercaya lebih dari 500 ribu merchant, termasuk KitaBisa, TaniHub dan Tokopedia.

3. iPaymu

iPaymu merupakan payment gateway Indonesia yang menyediakan beragam metode pembayaran seperti kartu kredit, debit, transfer bank, e-wallet, dan COD. Bukan itu saja, iPaymu memiliki fitur-fitur canggih seperti recurring payment, split payment, dan email invoice.

Dengan kelebihannya ini, gerbang pembayaran ini bukan hanya memenuhi kebutuhan belanja online semata. Tapi juga memudahkan pengguna untuk melakukan transfer, donasi online hingga penarikan online.

iPaymu berdiri sejak 2012 dan kini telah mempunyai lebih dari 80 ribu merchant yang bergabung. Dalam inovasinya, gerbang pembayaran ini juga didukung dengan keamanan tinggi tanpa biaya tambahan. Pengguna juga dapat menikmati transisi yang relatif smooth saat checkout.

4. Finpay

Berdiri sejak 2006, Finpay adalah terbang pembayaran yang merupakan anak perusahaan dari Telkom. Payment gateway ini mempunyai dua layanan unggulan, yaitu Finpay Link dan Finpay Invoice.

Finpay Link merupakan link pembayaran yang berisi pilihan metode pembayaran dan mendukung pembayaran online di media sosial atau aplikasi pesan. Sedangkan Finpay Invoice merupakan layanan pengiriman invoice melalui email setelah pelanggan melakukan transaksi secara online.

Selain itu, Finpay juga didukung oleh berbagai metode pembayaran seperti bank- bank besar Indonesia, kartu kredit, debit online, e-money, Virtual Account bank, dan yang lainnya. Finpay saat ini sudah dipercaya oleh website- website ecommerce besar seperti Telkomsel, TelkomVision, Apps Foundry, Plasa.com dan LivingSocial.

Baca Juga :  5 Alasan Menohok Mengapa Konsumen Tidak Membeli Produk Anda

5. Xendit

Pilihan payment gateway Indonesia selanjutnya adalah Xendit. Sebagai platform gerbang pembayaran, Xendit menyediakan pilihan pembayaran yang cukup beragam. Mulai dari pembayaran via kartu kredit, e-wallet, transfer bank, dan pembayaran di gerai ritel.

Keunggulan Xendit adalah antarmuka pengguna yang user friendly, bisa mengakses dashboard secara real-time, dan mendukung fitur-fitur canggih seperti pembayaran recurring. Xendit cocok untuk startup, UKM, maupun perusahaan besar. Beberapa perusahaan besar yang sudah menggunakan platform ini antara lain Bukalapak, Traveloka, Samsung, Lazada, Oyo, dan lain- lain.

6. Faspay

Melalui layanan Faspay Business, Faspay menawarkan layanan pembayaran online dengan berbagai metode pembayaran. Mulai dari Visa, MasterCard, American Express, BCA, BNI, Mandiri, Bank BRI, Permata Bank, Maybank, Telkomsel, BRIVA, OVO, Akulaku, Kredivo, Indomaret hingga Alfamart.

Sejak berdiri di tahun 2003, Faspay kini telah mempunyai lebih dari 1500 mitra usaha dan klien dari perusahaan besar. Beberapa keunggulan Faspay antara lain integrasi sistem pembayaran yang mudah, tidak perlu biaya berlangganan bulanan, sistem anti-fraud, lisensi resmi Bank Indonesia, hingga kemudahan membayar di berbagai ATM dengan penggunaan order ID unik.

7. Winpay

Meski tergolong pemain baru, Winpay yang berdiri pada 2015 ini telah mendapatkan lisensi resmi dari Bank Indonesia pada 2018 lalu. Layanan yang disediakan platform ini juga kurang lebih sama dengan payment gateway Indonesia di atas.

Dalam metode pembayaran misalnya, WinPay sudah terintegrasi dengan 147 bank yang ada di Indonesia. Pengguna Winpay juga bisa melakukan pembayaran melalui kartu kredit, e-money, mastercard, visa, virtual account hingga gerai modern.

Selain itu, Winpay juga telah berafiliasi dengan berbagai platform e-commerce seperti Magento, Opencart, Woocommerce dan Prestashop.

8. Prismalink

Prismalink unggul dengan sistem keamanan yang mumpuni dengan adanya fitur 3DS. Dengan fitur ini, setiap transaksi pengguna akan dilengkapi dengan verifikasi dua langkah yang lebih aman. Selain itu, mereka juga mempunyai sertifikasi PCI DDS yang membuat transaksi via debit card dan kredit card mempunyai garansi keamanan yang baik.

Namun bukan hanya tentang keamanan saja. Prismalink juga mempunyai fitur White Label Apps, yaitu fitur yang memudahkan pengguna membangun gateway pembayaran dengan menggunakan brand sendiri.

Tidak heran, Prismalink pun cukup menggoda klien dari brand- brand besar. Tercatat perusahaan seperti seperti Kalbe, ACT, dan Kitabisa merupakan deretan perusahaan yang menggunakan layanan ini

9. Duitku

Payment gateway Indonesia selanjutnya adalah Duitku. Gerbang pembayaran ini mengklaim brand mereka sebagai platform gateway dengan layanan terbaik. Sebagai payment gateway, Duitku menawarkan pilihan pembayaran yang cukup lengkap. Mulai dari kredit card dan debit card, virtual account, QRIS, gerai retail, ewallet, paylater, hingga internet banking.

Dari sisi keamanan, Duitku sudah didukung dengan infrastruktur handal dengan standar internasional. Platform ini juga mempunyai fitur fraud detection sebagai jaminan keamanan transaksi pelanggan.

Baca Juga :  5 Point Penting Aturan eCommerce di Indonesia untuk Pelaku Bisnis

10. iPay88

Terakhir, Panda juga merekomendasikan layanan gateway pembayaran Indonesia iPay88.

Lebih dari payment gateway untuk toko online, iPay88 menyediakan sistem pembayaran yang aman untuk berbagai aktivitas pembayaran, baik untuk dalam dan luar negeri.

Layanan unggulan dari iPay88 terbagi menjadi tiga, yaitu Link Payment, Direct Payment dan POS (Point of Sales). Melalui link payment, pelanggan dapat melakukan transaksi pembayaran yang terkirim langsung lewat aplikasi chat atau media lainnya. Melalui Direct Payment, pelanggan bisa melakukan transaksi langsung yang terhubung dengan channel penjualan online.

Metode pembayaran yang iPay88 pun terbilang lengkap. Mulai dari kartu debit dan kredit, virtual account, online banking, gerai modern, ewallet, QRIS, hingga pembayaran dengan metode Pay Later.

Cara Mengintegrasikan Payment Gateway

Integrasi payment gateway ke dalam website atau aplikasi adalah langkah penting agar transaksi pembayaran dapat berjalan dengan lancar. Berikut adalah langkah-langkah umum untuk mengintegrasikan payment gateway :

1. Pilih Payment Gateway

Langkah pertama, pilihlah payment gateway yang sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Penting sekali untuk memperhatikan fitur, perbandingan biaya dan dukungan pelanggan yang 

2. Daftar Akun Payment Gateway  

Setelah memilih payment gateway, Anda perlu mendaftarkan akun atau merchant baru di situs resmi payment gateway tersebut. Lengkapi data & informasi yang diperlukan sampai mendapatkan akses API, kredensial, atau kunci integrasi.

Pihak dari Payment Gateway biasanya akan membimbing pelanggan untuk proses ini. 

3. Integrasikan API/Plugin ke Website

Payment gateway menyediakan plugin atau API (Application Programming Interface) yang dapat diintegrasikan ke dalam kode website/aplikasi Anda. Tim teknis Anda dapat mengikuti petunjuk integrasi dari payment gateway. Jika menggunakan plugin, install dan aktifkan plugin tersebut.

4. Testing Integrasi

Lakukan pengujian integrasi dengan melakukan transaksi uji coba menggunakan nominal kecil. Pastikan data transaksi dikirim dengan benar dan status pembayarannya berhasil. Lakukan debugging jika terjadi error.

5. Go Live 

Jika integrasi berjalan lancar, Anda sudah bisa menjadikan payment gateway sebagai metode pembayaran resmi di website atau aplikasi Anda. Selanjutnya, transaksi pembayaran sudah bisa dilakukan secara real-time.

Kesimpulan

Memilih payment gateway Indonesia berarti bukan sekedar menyediakan gerbang pembayaran yang memudahkan transaksi pelanggan. Lebih jauh lagi, ini merupakan langkah eskalasi yang berdampak jangka panjang untuk bisnis Anda.

Metode pembayaran yang mudah dan beragam adalah fitur untuk mewadahi jenis pelanggan yang berbeda- beda. Semakin beragam jenis pelanggan yang dapat Anda fasilitasi, maka semakin besar jangkauan market untuk kelangsungan bisnis jangka panjang.

Payment gateway berdampak penting pada user experience. Dan dengan berinvestasi pada hal ini, bisnis Anda mempunyai kesempatan untuk bertumbuh dengan lebih efektif ke depan.

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap