Home 9 Techno 9 Jangan Salah Pilih! Ini 7 Perbedaan HP HDC dan Ori

Jangan Salah Pilih! Ini 7 Perbedaan HP HDC dan Ori

oleh | Techno

Jatuh hati dengan HP branded spek tinggi tapi budget belum mencukupi? Di mata banyak orang, HP HDC bisa menjadi salah satu solusi. Kendati begitu, penting sekali untuk mengenali perbedaan HP HDC dan ori agar tidak menyesal kemudian hari.

Dijual dengan harga bak bumi dan langit, tentunya cukup banyak perbedaan yang ada pada HP HDC dan original. Mengenali perbedaan tersebut akan membantu kita untuk lebih siap meminimalisir kekecewaan saat ada kebutuhan fitur signifikan dari versi originalnya.

Selain itu juga sekaligus menjawab apakah HP HDC benar-benar bisa bersaing dengan HP original atau kamuflase semata? Artikel ini akan menjawab rasa penasaran konsumen sekaligus membantu menentukan pilihan yang tepat.

Mengenal Apa itu HP HDC

HDC kepanjangan dari Handphone Copy Draw. Per definisi, HP HDC adalah replika dari HP original yang diproduksi oleh pabrik-pabrik tertentu menggunakan komponen-komponen yang mirip dengan aslinya. Meski mirip, tentu saja secara spesifikasi dan material komponen terdapat perbedaan.

Ponsel HDC umumnya mempunyai desain yang hampir identik dengan ponsel original dan dibandrol dengan harga jauh lebih murah. Dari sisi kualitas dan performa, ponsel HDC bisa bervariasi tergantung pada pabrik produsen dan komponen yang perangkat tersebut gunakan.

Apa Saja Perbedaan HP HDC dan HP Ori?

Mengenal HP HDC (Handphone Copy Draw)
  • Save
via freepik.com

Meski sekilas punya tampilan yang mirip, HP HDC tentu berbeda dengan HP Ori. Apa saja perbedaan tersebut? Simak ulasan Panda berikut ini :

1. Perbandingan Harga

Salah satu alasan utama mengapa banyak orang memilih HP HDC adalah harganya yang lebih terjangkau. Harga HP HDC biasanya jauh lebih murah daripada HP original dengan spesifikasi yang serupa.

Misalnya, jika HP original dengan spesifikasi tertentu mempunyai bandrol harga Rp 5 juta, harga HP HDC dengan spesifikasi yang mirip mungkin hanya kisaran Rp 2 juta hingga Rp 3 juta. Bagi konsumen yang memiliki anggaran terbatas, HP HDC bisa menjadi pilihan yang menarik.

2. Kualitas dan Durabilitas

Kualitas dan durabilitas adalah aspek penting yang harus pengguna pertimbangkan saat membeli HP. HP original biasanya diproduksi dengan standar kualitas tinggi dan menggunakan bahan-bahan yang tahan lama.

Baca Juga :  Alternatif IndoXXI : 11+ Situs Streaming Film Resmi Terbaik

Sebaliknya, produksi HP HDC berlaku dengan standar yang lebih rendah dan menggunakan material yang kurang berkualitas. Hal ini dapat berdampak pada daya tahan dan kinerja HP dalam jangka panjang.

Selain itu, HP original juga biasanya dilengkapi dengan garansi resmi dari pabrikan, sementara HP HDC sering kali tidak memiliki garansi yang memadai. Jika terjadi kerusakan, perbaikan HP HDC bisa menjadi lebih sulit dan mahal karena faktor ketersediaan suku cadang.

3. Performa dan Spesifikasi Teknis

Ketika berbicara tentang performa, HP original biasanya unggul karena menggunakan komponen-komponen berkualitas tinggi dan telah melalui pengujian ketat sebelum proses pemasaran.

HP original juga dipersenjatai dengan prosesor terbaru, RAM yang besar, dan penyimpanan internal yang luas. Selain itu, HP original biasanya mendapatkan pembaruan perangkat lunak secara rutin yang bisa meningkatkan kinerja dan keamanan perangkat.

Sebaliknya, HP HDC mungkin menggunakan komponen yang lebih murah dan kurang bertenaga. Meskipun beberapa HP HDC mungkin memiliki spesifikasi yang mirip dengan HP original, performa mereka sering kali tidak konsisten.

Tidak heran, HP asli biasanya sangat responsif dengan kecepatan yang stabil. Cobalah membuka beberapa aplikasi dan perhatikan waktu respons dan kelancarannya. HP HDC mungkin menunjukkan tanda-tanda lag atau jeda waktu yang lebih lama saat membuka aplikasi atau beralih antar tugas.

4. Perbedaan Desain dan Material

HP ori biasanya dibuat dengan material berkualitas tinggi dan desain yang presisi. Sementara itu, ponsel versi HDC cenderung menggunakan material yang lebih murah dan mungkin memiliki beberapa ketidaksempurnaan dalam desainnya.

Misalnya saja :

  • Bahan : HP ori menggunakan bahan premium seperti aluminium atau gorilla glass, sementara HP HDC mungkin menggunakan plastik atau kaca biasa.
  • Kualitas Finishing : HP ori mempunyai finishing yang sangat rapi dan halus. Sebaliknya, HP HDC mungkin memiliki finishing yang kurang sempurna dengan ketidaksempurnaan pada tepi atau tombol.
  • Logo dan Branding : Perhatikan logo dan branding pada HP. Dalam versi orinya, logo dan branding biasanya tercetak dengan jelas dan rapi. Pada HP HDC, logo mungkin terlihat sedikit buram atau tidak sejajar dengan sempurna.
Baca Juga :  Cara Mudah Mengetahui Alamat IP Website : Gampang & Langsung Ketemu!

5. Sistem Operasi dan Pembaruan

Perbedaan mencolok antara HP HDC dan HP ori selanjutnya adalah pada sistem operasi dan pembaruan perangkat lunak. Smartphone ori selalu menggunakan versi sistem operasi resmi dari produsen.

Selain itu, HP ori sering mendapatkan pembaruan perangkat lunak secara berkala. Melalui pembaruan berkala itu, smartphone akan mendapatkan pembaruan keamanan dan fitur sesuai kebutuhan pengguna.

6. Dukungan Pelanggan dan Layanan Purna Jual

Bukan rahasia lagi, Dukungan pelanggan dan layanan purna jual adalah faktor penting dalam membeli sebuah perangkat teknologi. HP original biasanya didukung oleh jaringan layanan purna jual yang luas dan profesional. Jika terjadi masalah, pengguna HP original dapat dengan mudah mengakses pusat layanan resmi untuk mendapatkan bantuan.

Sebaliknya, dukungan dan layanan purna jual untuk HP HDC sering kali kurang memadai. Banyak produsen HP HDC tidak memiliki jaringan layanan purna jual yang luas. Akibatnya, pengguna mungkin kesulitan mendapatkan bantuan jika terjadi masalah. Hal ini bisa menjadi risiko besar, terutama jika HP HDC mengalami kerusakan serius.

7. Keamanan dan Privasi

Keamanan dan privasi juga merupakan pertimbangan penting dalam memilih sebuah smartphone. Smartphone original biasanya dilengkapi dengan fitur keamanan canggih seperti pemindai sidik jari, pengenalan wajah, dan enkripsi data. Selain itu, HP original mendapatkan pembaruan keamanan secara rutin yang melindungi pengguna dari ancaman siber terbaru.

Berbanding terbalik, HP HDC mungkin tidak memiliki fitur keamanan yang sama canggihnya dan mungkin tidak mendapatkan pembaruan keamanan secara rutin. Alhasil, pengguna HP HDC umumnya lebih mengalami ancaman keamanan seperti malware dan pencurian data.

Baca Juga :  Update Google Chrome Juli 2018 : Banyak Situs Web Akan Ditandai Tidak Aman

Cara Memastikan Keaslian HP

Pengguna HP HDC memang ada marketnya tersendiri. Biasanya konsumen HDC adalah pengguna yang memang menginginkan brand mentereng, namun budget belum mencukupi.

Namun, tidak jarang juga ada konsumen yang tanpa sengaja terjebak membeli HP HDC karena tergoda promo atau iming- iming penawaran fantastis. Oleh sebab itu, penting sekali untuk memastikan keaslian perangkat sebelum memutuskan untuk membelinya.

Berikut adalah dua cara untuk memastikan keaslian HP :

  1. Cek IMEI
    Setiap HP memiliki nomor IMEI unik yang bisa Anda cek keasliannya di situs resmi produsen. Untuk cek keaslian HP, masukkan nomor IMEI di situs tersebut dan pastikan HP Anda terdaftar sebagai produk asli.
  2. Periksa di Situs Resmi Produsen
    Banyak produsen menyediakan alat verifikasi keaslian di situs resmi mereka. Untuk tes keaslian HP, masukkan lah nomor seri atau kode produk dan tunggu sampai keluar hasil verifikasinya.
    Kesimpulan
    Dalam perbandingan antara HP HDC dan HP original, HP original umumnya unggul dalam hal kualitas, performa, dukungan purna jual, dan keamanan. Meskipun HP HDC menawarkan harga yang lebih terjangkau dan desain yang mirip dengan HP original, ada banyak kompromi yang harus menjadi pertimbangan, terutama terkait dengan kualitas dan dukungan.

Jika anggaran bukan masalah utama dan Anda menginginkan smartphone handal dengan performa tinggi, dukungan purna jual yang baik, dan fitur keamanan canggih, HP original adalah pilihan terbaik. Namun, jika Anda mencari HP dengan harga yang lebih murah dan siap menghadapi beberapa risiko, HP HDC dapat menjadi alternatif yang menarik.

Pada akhirnya, keputusan ada di tangan Anda. Pertimbangkan kebutuhan dan prioritas Anda dengan baik sebelum memutuskan untuk membeli HP HDC atau HP original. Dengan informasi yang tepat, Anda dapat membuat keputusan yang bijak dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel Terkait :

Favorit Pembaca :

Mengenal Modus Penipuan Segitiga, Ciri-Ciri dan Cara Terhindar

Modus penipuan segitiga menjadi salah satu jenis penipuan yang sedang marak belakangan ini. Dalam prosesnya, penipuan ini melibatkan  tiga pihak yang sering kali tidak saling mengenal dan menyebabkan kerugian yang signifikan bagi korban.Pernahkah kamu mendengar...

7 Cara Ampuh Membuka Situs yang Diblokir, Berhasil Terbukti!

Membuka situs yang diblokir memang cukup tricky karena kamu perlu menerapkan beberapa tips yang work sesuai kebutuhan. Sebuah situs web sendiri diblokir oleh pihak tertentu karena berbagai alasan. Sebagai contoh, pemerintah, institusi pendidikan, kantor, dan bahkan...

Status Star Seller Hilang/ Dicabut? Ketahui Penyebabnya Disini

Secara tiba- tiba logo status Star Seller hilang alias dicabut? Panik nggak? Panik nggak? Wajar sih kalau Anda tiba- tiba panik. Pasalnya, Star Seller adalah salah satu properti yang berkontribusi penting terhadap reputasi seller di Shopee.Dengan mempunyai label...

Cara Mudah Import Ribuan Kontak dari File Excel ke Android

Punya ratusan atau bahkan ribuan kontak customer yang tersimpan rapi dan ingin di-import ke ponsel Android untuk kebutuhan campaign marketing? Duhhh…. Pasti kebayang dong betapa ribetnya kalau harus input kontak satu per satu ke smartphone Anda?Sebenarnya ada beberapa...

Cara Mengaktifkan Kartu SIM Terblokir agar Bisa Dipakai Lagi

Mendadak bingung saat menyadari kartu SIM terblokir? Well, reaksi yang wajar terjadi sebenarnya. Namun di sisi lain, kamu bisa mencoba berbagai cara untuk mengaktifkan kembali kartu yang terblokir.Ada beberapa alasan mengapa sebuah kartu SIM sampai terblokir. Yang...

Cara Melihat Kata Sandi atau Password yang Tersimpan di Browser

Mengetahui cara melihat password miliki sendiri sangat penting dan kita butuhkan. Biasanya kita sering memanfaatkan fitur 'remember my password' untuk mempermudah proses login di situs yang sering kita kunjungi. Namun, penggunaan fitur ini mempunyai kelemahan.Salah...

Artikel Terbaru :

Tips Menghasilkan Uang dari TikTok Live Streaming dan Gift

Ada peluang besar untuk menghasilkan uang dari TikTok lewat live streaming dan hadiah virtual. Dua cara ini sayangnya dulu sempat menjadi kontroversi karena memancing netizen untuk melakukan hal di luar nalar demi uang dari TikTok.Namun tentu saja, hal ini sebenarnya...

Kelebihan dan Kekurangan Sistem COD Saat Belanja Online

Meski menjadi sangat populer, tak bisa dipungkiri bahwa ada kelebihan dan kekurangan COD dalam proses belanja online. Sampai saat ini, COD Cash on Delivery masih menjadi pro dan kontra. Di satu sisi sistem ini sangat memudahkan pembeli. Di sisi lain, bisa menjadi...

Perbedaan Fixed Mindset dan Growth Mindset, Mana yang Lebih Baik?

Dalam dunia psikologi, terdapat dua konsep penting yang mempengaruhi cara berpikir dan perilaku seseorang, yaitu fixed mindset dan growth mindset. Carol S. Dweck, seorang profesor psikologi dari Universitas Stanford, adalah sosok yang pertama kali memperkenalkan kedua...

Apa itu Tone of Voice, Contoh, Manfaat dan Cara Menentukannya

Di tengah kompetisi bisnis yang semakin ketat, kehadiran tone of voice (ToV) adalah pembeda untuk sebuah brand. Brand bukan lagi hanya tentang logo atau produk yang dijual, tapi juga tentang bagaimana berkomunikasi dengan audiens.Saat ini tone of voice merupakan...

Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan iklan di HP Samsung. Kehadiran iklan pada dasarnya memang sulit dihindari. Namun jika iklan terlalu banyak, tentu terasa menyebalkan dan menyebabkan distraksi dalam menggunakan ponsel.Kabar baiknya, ada...

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap