Type to search

Ecommerce Marketing

Mengenal SEO Marketplace & 4 Faktor Penting Jualan di Marketplace

Pengertian SEO Marketplace dan cara melakukannya

Jika dulu kita beranggapan SEO hanya kita butuhkan untuk optimasi website agar muncul di pencarian teratas di Google, di marketplace kita mengenal istilah SEO Marketplace. Beda jauh? Tidak juga!

Pengertian SEO Marketplace

Antara SEO yang kita kenal selama ini dengan SEO Marketplace hanya terdapat sedikit perbedaa saja. SEO Marketplace adalah optimasi yang kita lakukan di toko kita di marketplace tertentu agar saat calon pembeli mengetikkan nama produk mereka, maka produk kita muncul di deretan pencarian teratas.

Cara kerjanya mirip dengan mesin pencari google, dimana pengguna perlu mengetikkan kata kunci atau keyword pencarian. Sesuai dengan dengan keyword tersebut, marketplace akan menampilkan sejumlah rekomendasi produk yang dicari calon pembeli sesuai kata kunci yang ditulis.

4 Faktor Penting dalam SEO Marketplace

Sama seperti SEO ala Google yang dipengaruhi oleh beberapa faktor untuk upaya optimasi, hal yang sama juga terjadi pada SEO Marketplace. Untuk Anda yang berjualan di marketplace, silahkan baca artikel ini hingga akhir. Mudah- mudahan artikel ini akan memberi insight untuk Anda dan membuat toko Anda di marketplace semakin laris manis.

Langsung saja, berikut ini adalah 4 faktor penting yagn perlu diterapkan dalam SEO Marketplace :

Artikel Menarik Lainnya :   SEO Tokopedia : Tips Mengoptimalkan Produk Anda Agar Tampil Teratas di Pencarian

Keyword

Keyword atau kata kunci adalah hal yang vital dalam SEO. Termasuk SEO marketplace ini. Saat mencari barang yang dibutuhkan, user akan melakukan pencarian di kolom pencarian aplikasi marketplace mereka. Dalam proses tersebut, keyword sesuai kebutuhan akan dimasukkan ke dalam kolon tersebut.

Misalnya saja saat Anda mengetikkan ‘bando bayi’, maka yang muncul bukan hanya keyword tersebut, tapi juga kata kunci ‘headband bayi’, ‘topi bayi’, atau ‘bandana’. Artinya, keyword ‘bando bayi’ ini telah terbaca di system dengan istilah lain yang biasanya orang lain ikut mencarinya. Selain itu, bisa muncul juga parent category atau sub category dari keyword tersebut.

Selain menuliskan keyword yang tepat, penting juga untuk memilih kategori yang sesuai dengan produk yang dijual agar algoitma marketplace dapat memberikan rekomendasi saat calon pembeli mencari produk yang related atau berhubungan secara nama atau secara kategori.

Karena kompetisi yang sangat ketat di marketplace, tidak jarang kita menemukan produk yang sama yang dijual oleh banyak penjual berbeda. Jika ingin pelanggan membeli dari Anda, penting untuk memastikan produk Anda tampil di hhalaman atas. Saat upload produk di marketplace, selalu gunakan kata kunci dan kategori yang tepat.

Fungsi lain dari penggunaan keyword yang tepat bukan hanya untuk pencarian di lingkup marketplace saja, tapi juga untuk SEO Google. Tidak sedikit calon pembeli yang googling terlebih dulu untuk mencari sebuah produk. Dari hasil pencarian di Google ini lah tidak jarang calon pembeli masuk ke produk marketplace Anda.

Penulisan keyword di marketplace yang paling penting adalah di judul. Meski begitu, penulisan di deskripsi juga berpengaruh. Jadi, jangan sampai mengabaikan deskripsi ya.

Artikel Menarik Lainnya :   Trik Psikologi Marketing untuk Mengoptimalkan CTA & Penjualan Anda

Foto Produk yang Menarik

Yang menarik, ada beberapa marketplace yang sudah bisa mengidentifikasi gambar. Saat mencari sebuah produk, pengguna dapat langsung melakukannya dengan upload gambar di fitur pencarian mereka. Dalam hitungan detik, pengguna akan mendapatkan hasil pencarian sesuai dengan gambar yang diunggah pembeli.

Jadi saat Anda merasa sudah bermain keyword dengan tepat untuk membantu produk Anda tampil di halaman teratas, tugas selanjutnya adalah foto produk.

Di marketplace, tidak jarang kita menemukan gambar produk yang sama antara satu dengan yang lainnya. Jika kedua produk ini ternyata mmepunyai harga yang sama, kira- kira produk mana yang akan dilirik calon pembeli?

Jawabannya adalah gambar yang clickable alias memancing calon pembeli untuk meng-klik produk tersebut. Hindari penggunaan foto yang asal- asalan dan mempunyai terlalu banyak gambaran.

Jika gambar produk Anda sama persis dengan banyak penjual lain, cobalah memberikan editing sederhana. Misalnya saja Anda memberi embel- embel ‘HARGA PROMO’ atau ‘BONUS …”

Artikel Menarik Lainnya :   Kenali 4 Tipe Konsumen Bisnis Online untuk Strategi Bisnis Tepat Sasaran

Harga

Marketplace itu tempatnya perang harga? Kenyataannya memang seperti itu. Karena banyaknya jumlah penjual, perang harga sering tidak bisa dihindari di marketplace.

Saat menyadari bahwa produk sejenis jumlahnya cukup banyak, buatlah harga yang kompetitif. Kompetitif bukan berarti Anda harus banting harga semurah- murahnya.

Meski setiap marketplace mempunyai fitur shortlist berdasarkan harga termurah atau termahal, selalu ada peluan untuk pelanggan membeli pada level harga manapun selama harga tersebut masih termasuk harga yang wajar di pasaran.

Jadi saat Anda tidak yakin untuk ikut serta dalam perang harga, yakinlah bahwa Anda tetap bisa berjualan. Kuncinya, berikan nilai lebih pada produk Anda dengan cara yang lain.

Reputasi Toko

Rating, review produk, atau reputasi toko sangat penting saat Anda berjualan di marketplace. Tiga hal ini mempunyai kaitan erat dengan penjualan, dan respon penjual/ pelayanan/ pengiriman atau kualitas produk. Suka atau tidak, keputusan konsumen membeli dipengaruhi oleh hal- hal tersebut.

Berikut ini adalah beberapa hal tentang reputasi toko yang mempengaruhi keputusan membeli seorang konsumen :

·         Last Online/ Last Active

Last online adalah indikator bahwa toko yang Anda miliki aktif, mempunyai produk yang benar- benar ada, dan siap melayani pembeli. Keaktifan penjual adalah salah satu kriteria penting untuk konsumen memutuskan membeli dari sebuah toko di marketplace.

·         Balas Chat atau Diskusi Produk dengan Cepat

Kecepatan kita dalam membalas pesan akan mempengaruhi keputusan akhir konsumen dalam membeli produk Anda. Kecepatan membelas juga bisa menjadi salah satu tolak ukur kualitas layanan penjual terhadap pembeli.

·         Meminimalisir Retur dan Cancel

Retur dan cancel sangat berpengaruh terhadap reputasi toko. Terlalu banyak cancel order dapat mempengaruhi visibilitas dari produk yang Anda jual karena reputasi toko diturunkan. Selain itu, tingkat cancel atau retur yang tinggi juga membuat calon pembeli berpikir dua kali sebelum membeli dari toko Anda

1 Comment

  1. Intip Manfaat Apr 23, 2019

    Terimakasih, sy juga baru belajar menerapkan teknik seperti menuliskan beberapa keyword yg relevan pada judul produk

    Balas

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.