Type to search

Bisnis Online

Cara Ampuh Menjadi Star Seller Shopee Dalam Waktu Cepat

Cara mendaftar Star Seller Shopee

Untuk Anda yang berjualan di Shopee, pasti Anda akan melihat penjual dengan badge Star Seller yang menjadi primadona di platform tersebut. Dari kacamata pembeli, badge itu seperti sebuah jaminan bahwa penjual adalah seller terpercaya dan berkualitas.

Dari sisi penjual, tentu ada lebih banyak keuntungan yang diperoleh. Selain lapak menjadi lebih mentereng karena status yang lebih tinggi, penjualan juga pasti lebih melesat. Jadi, siapa sih yang tidak mau menjadi Star Seller di Shopee?

Apa itu Star Seller Shopee?

Star Seller Shopee adalah sebuah bentuk apresiasi yang diberikan oleh pihak Shopee kepada seller atau penjual yang telah aktif dan mampu melayani pembeli dengan sangat baik.

Saat seorang penjual menyandang status Star Seller, ini bisa meningkatkan kepercayaan pembeli terhadap lapak tersebut. Pemilik lapak sendiri mendapatkan motivasi ekstra untuk bisa melayani pembeli dengan lebih baik lagi.

Keuntungan Menjadi Star Seller Shopee

Menjadi Star Seller sama seperti menjadi lapak primadona diantara banyaknya lapak di Shopee. Tentu ini berarti ada banyak keuntungan yang bisa diperoleh pedagang yang mendapat apresiasi badge tersebut.

Keuntungan menjadi star seller Shopee antara lain: 

Kredibilitas dan reputasi penjual

Calon pembeli marketplace punya kecenderungan untuk membeli barang dari toko dengan kredibilitas baik, ulasan positif, dan tentu saja star seller.

Terlihat sekali untuk mereka yang mendapat predikat star seller, pasti akan dilirik dulu. Karena tidak mungkin calon pembeli untuk mengecek reputasi penjual satu per satu. Maka dengan badge yang menjadi primadona, star seller adalah pilihan pertama untuk berbelanja.

Meningkatkan omset penjualan

Karena faktor kredibilitas ini, penjualan dari star seller Shopee pasti berlipat- lipat dibandingkan sebelum menjadi star seller. Kepercayaan calon pelanggan adalah modal pertama untuk membuat toko Anda dilirik.

Variasi promo Shopee

Shopee adalah salah satu marketplace yang paling rajin mengadakan promo. Saat menjadi star seller, Anda akan memperoleh manfaat berupa terlibat promo khusus yang hanya diberikan kepada star seller.

Promo ini diantaranya adalah kupon, flash sale, shopee mall, dan lain sebagainya. Dengan promo seperti ini, sudah pasti bisa membuat penjualan semakin meroket.

Syarat Menjadi Star Seller di Shopee

Untuk menjadi Star Seller Shopee, ada beberapa kriteria, proses dan syarat lain yang harus dipenuhi penjual.

Kriteria Star Seller :

  • Identitas KTP yang terdaftar dan disetujui oleh Shopee (Klik disini untuk upload foto KTP jika penjual belum punya KTP terdaftar).
  • Mempunyai persentase chat dibalas lebih dari 80%.
  • Mempunyai penilaian toko lebih dari 4.5.
  • Mempunyai persentase dan jumlah produk Pre Order kurang dari 20% selama maks. 5 hari.
  • Mempunyai jumlah transaksi minimal 30 pesanan atau pendapatan bersih.
  • Mempunyai lebih dari 10 pembeli berbeda di bulan sebelumnya.
  • Tidak mempunyai poin penalti.
  • Patuh pada kebijakan Shopee (tidak ada kejanggalan pada aktivitas akun, penyalahgunaan program untuk kepentingan pribadi atau riwayat pesanan yang tidak wajar)

Seperti yang diungkap sebelumnya, program ini ditujukan untuk penjual terpilih di Shopee. Artinya, saat toko dianggap memenuhi kriteria, ia akan mendapat undangan untuk menjadi Star Seller melalui notifikasi.

Jika bersedia, toko bisa langsung mengikuti langkah selanjutnya sampai dinyatakan resmi menjadi anggota Star Seller.

Mempertahankan Star Seller

  • Setelah menjadi star seller, bukan berarti tugas penjual selesai. Mereka harus tetap menjaga performa penjualan untuk mempertahankan status Star Seller mereka :
  • Mempunyai persentase chat dibalas lebih dari 70%
  • Mempunyai penilaian lebih dari 4.5
  • Mempunyai minimal jumlah transaksi berhasil minimal 15 pesanan
  • Point penalti kurang dari 3 point
  • Tidak mempunyai riwayat pelanggaran terhadap kebijakan Shopee
  • Melayani lebih dari 9 pembeli berbeda pada bulan sebelumnya

Larangan untuk Star Seller Shopee

Selain itu, untuk terdaftar sebagai Star Seller, penjual juga tidak diperbolehkan untuk menjual barang- barang berikut :

  • Barang- barang, deskripsi produk, dan kemasan mengandung pelanggaran hak cipta atau merek dagang merek lain, seperti logo merek terkenal yang diduga KW di foto produk atau terdapat keterangan KW/ SEMI ORI/ GRADE ORI/ GRADE AAA/ SUPER COPY dan sejenisnya
  • Produk perawatan kulit, obat, dan suplemen tidak mempunyai izin BPOM
  • Produk yang berkaitan dengan kesehatan ilegal, seperti krim racikan, resep dokter, obat penggugur kandungan, obat kuat, obat perangsang, serta peralatan medis
  • Minuman keras, rokok, dan obat- obatan terlarang
  • Produk ‘share in jar’ (produk yang dijual ulang dalam kemasan lebih kecil) dengan jumlah lebih dari dari 10% dari keseluruhan jumlah produk yang dijual di toko.
  • Produk bermerek yang tidak mempunyai izin distribusi resmi dari pihak berwenang
  • Barang bekas
  • Parfum badan
  • Produk MLM
  • Lensa kontak
  • Voucher
  • Jasa yang tidak sesuai dengan Syarat dan Ketentuan Shopee, seperti jastip, jasa sewa, jasa impor, dan yang lainnya.

Untuk mendapatkan informasi terupdate dari Syarat dan Ketentuan ini, Anda juga bisa mengakses laman panduan Star Seller Shopee berikut ini.

Tips agar Diterima Star Seller Shopee dengan Cepat

Setelah memahami kriteria di tas, langkah selanjutnya adalah memaksimalkan potensi toko Anda di Shopee agar bisa diterima mendaftar Star Seller Shopee dengan cepat.

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda contek :

1. Patuhi kebijakan dan peraturan Shopee

Setiap platform pasti mempunyai peraturan dan kebijakan masing- masing. Hal ini juga berlaku di Shopee.

Jika ingin menjadi star seller di Shopee, jangan sekali- kali Anda melanggar peraturan dan kebijakan Shopee karena beresiko terhadap pemblokiran akun Shopee Anda.

Jadi, pastikan Anda membaca lebih dulu dengan seksama kebijakan dan peraturan Shopee. Hindari melakukan hal yang berpotensi melanggar kebijakan Shopee.

2. Penuhi syarat upload identitas KTP

Setelah mendaftar Shopee dan ingin mengaktifkan fitur gratis ongkos kirim, Anda akan diminta untuk mengunggah scan KTP dan foto close up sambil memegang KTP.

Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan keaslian identitas dan melindungi pembeli dari penipuan. Jika penjual terbukti melakukan kecurangan, pihak Shopee akan dengan mudah melacak identitas penjual.

3. Kualitas foto produk

Kualitas foto produk sangat penting untuk menarik perhatian calon pembeli. Gunakan foto yang baik dan menarik perhatian pembeli. Jangan lupa juga untuk menggunakan foto yang asli dan bukan hasil download dari sumber lain.

Sebenarnya sah- sah saja jika fotonya dari sumber lain. Tapi Anda perlu memastikan bahwa kualitas produk yang dijual adalah sama seperti gambar yang dipamerkan. Jika tidak, resiko review buruk akan memperberat langkah Anda menjadi Star Seller Shopee.

4. Judul dan deskripsi produk

Masing- masing marketplace punya algoritma nya masing- masing (Mungkin Anda pernah mendengar tentang SEO Marketplace?). Dan untuk bisa mengoptimalkan produk Anda di hasil pencarian marketplace, Anda harus membuat judul dan deskripsi produk yang tepat.

Hindarilah membuat judul produk yang mengandung spam dan tidak sesuai. Misalnya saat Anda menjual blus batik, Anda tidak boleh menuliskan “blus/ dress/ outer/ jas batik murah”.

Blus, dress, outer, dan jas adalah jenis produk yang berbeda. Pemberian judul seperti ini selain membingungkan calon pembeli juga membuat produk Anda rawan untuk dicekal.

Selain itu, deskripsi produk Anda harus jelas dan detail dalam menggambarkan produk yang dijual. Mulai dari deskripsi bahan, warna, ukuran, warna, tata cara pembelian, dan lain sebagainya. Jangan lupa juga untuk menggunakan kata kunci dan hashtag untuk mempermudah calon pembeli menemukan produk Anda.

Dan yang perlu diingat, jangan pernah memasukkan kontak peribadi seperti no telepon atau Whatsapp ke dalam deskripsi produk.

Contoh hasil pencarian star seller Shopee
Star Seller Shopee selalu muncul di hasil teratas

5. Harga lebih murah

Salah satu resiko berjualan di marketplace adalah perang harga. Sama halnya saat Anda mengejar status Star Seller di Shopee.

Anda mungkin tidak mengambil untung yang besar, tapi produk Anda akan laku banyak. Dibandingkan mengambil untung besar, tapi produk tidak laku karena kalah bersaing. Bisa dibilang Anda harus menjalani pahit di depan, namun untung banyak di belakang.

Misalnya saja saat orang- orang menjual produk serupa di harga Rp 45.000, Anda bisa menjualnya di harga Rp 43.500 atau Rp 42.800. Meski selisihnya terbilang tipis, tapi ini bisa sangat efektif untuk menarik minat pembeli.

6. Seller yang Ramah dan Baik

Salah satu kriteria menjadi Star Seller Shopee adalah persentase chat dibalas. Artinya, Anda harus mengusahakan untuk selalu ramah dan fast respon terhadap chat pembeli.

Sama seperti toko pada umumnya, pembeli adalah raja. Anda tidak boleh bosan membalas chat dari mereka. Karena setiap chat adalah peluang yang tidak boleh Anda lewatkan untuk terjadinya penjualan.

7. Pengiriman tepat waktu

Saat menerima pesanan, selalu usahakan untuk bisa mengirimnya dengan tepat waktu. Shopee biasanya memberi tenggat waktu pengiriman hingga 2 hari setelah pembayaran. Jika Anda mengaktifkan fitur pre order, batas waktu pengiriman bisa sampai 7 hari.

Namun jika ingin cepat meraih predikat star seller, sebaiknya Anda tidak mengaktifkan fitur pre order. Pasalnya, Anda dituntut untuk melakukan pengiriman barang secepatnya, kurang dari dua hari kerja.

8. Hindari kesalahan dan keterlambatan pengiriman

Kesalahan sedikit saja dalam pengiriman bisa berakibat buruk untuk toko Anda. Pasalnya, jika persentase keterlambatan pengiriman anda di atas 5%, maka predikat Star Seller akan sulit diraih.

Seandainya Anda sudah meraih predikat ini dan sering melakukan keterlambatan, predikat Star Seller ini juga bisa dicabut oleh Shopee. Sangat disayangkan, bukan?

9. Update produk secara rutin

Jika Anda menjual produk di beberapa tempat dan dengan stok terbatas, biasanya Anda akan sedikit kelimpungan untuk menyeimbangkan stok produk di berbagai tempat. Misalnya saja stok awal tertulis 10 pcs, padahal produk ini sudah habis terjual lewat channel lain. Gawatnya lagi, Anda tidak menyadari ini karena produk yang dijual lumayan banyak.

Alhasil, saat calon pembeli datang, ternyata Anda harus menolak pesanan.INi akan sangat merugikan Anda dan mempersulit proses pendaftaran Star Seller Shopee.

Sebaliknya, cobalah untuk miliki manajemen produk dan lakukan update secara rutin agar stok terjaga dan bisa menghindari pembatalan pesanan.

10. Menaikkan produk secara rutin

Penjual dapat memanfaatkan fitur naikkan produk secara gratis untuk mengoptimalkan kemunculan produk. Meskipun fitur ini dibatasi hanya sampai 5 produk saja, tapi cukup efektif untuk menaikkan rating produk karena bisa tampil di halaman pencarian dan halaman rekomendasi Shopee.

11. Promo berbayar

Jika point #10 adalah cara gratisan yang bisa digunakan secara terbatas, Anda bisa juga menggunakan fitur iklan berbayar di Shopee. Dengan promo berbayar, produk Anda akan tampil lebih optimal di halaman pencarian Shopee.

Jika view produk meningkat, ini bisa mendongkrak penjualan dan rating di awal. Dengan begitu, kita bisa lebih cepat memenuhi kriteria star seller.

Kesimpulan

Ternyata cukup panjang juga ya pembahasan menjadi star seller Shopee? Dari pembahasan ini, maka kunci untuk cepat menjadi star seller di Shopee adalah :

  • Verifikasi identitas yang diperlukan Shopee
  • Penuhi kriteria star seller
  • Patuhi peraturan dan kebijakan Shopee
  • Optimalkan hal- hal untuk mendorong penjualan dan review di tahap awal (foto produk, deskripsi, menjadi penjual yang baik, optimalkan fitur dari Shopee, dsb)
  • Jaga kualitas agar tetap menjadi star seller

Sudah siapkah Anda memenuhi ini semua dan menjadi star seller Shopee selanjutnya?
Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya :   Catat, Ini Modus Penipuan Belanja Online Terhadap Penjual dan Pembeli
Tags:
Redva

I'm a Digital Marketing enthusiast. Bekerja di salah satu digital marketing terbesar di Jawa Tengah sebagai Digital Strategist dan telah menulis untuk blog dengan niche teknologi & digital marketing lebih dari 4 tahun.

  • 1

You Might also Like

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

1 Comment
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
Bayu Afrizatul Rizki
4 months ago

Lumayan juga ya cara buat dpetin star seller shopee tp emg stelah itu psti orderan melimpah

3
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x