Type to search

Apps & Tools Social Media

10+ Tool Paling Powerful untuk Riset Hashtag di Instagram & Twitter

Tool untuk Riset Hashtag Twitter dan Instagram

Sudah sering ‘bermain’ dengan hashtag untuk brand Anda di Instagram dan Twitter? Sejauh mana Anda mempertimbangkan penggunaan hashtag tersebut sebelum benar- benar mengoptimalkannya? Apakah Anda meluangkan waktu untuk riset secara khusus atau melakukannya berdasar insting Anda?

Well, idealnya, untuk menghasilkan hashtag yang powerful, kita memang perlu melakukan beberapa riset. Jika sebelumnya Panda berbicara tentang riset hashtag Instagram dengan cara yang sederhana, di artikel ini kita akan menggunakan tool pihak ketiga.

10 Tool untuk Membantu Riset Hashtag Anda

Untuk membantu Anda riset hashtag di Instagram, Anda bisa mengandalkan beberapa tool keren dari pihak ketiga berikut ini :

1. Hashtagify

Hashtagify meng-klaim bahwa platformnya adalah tool riset terbaik untuk Twitter. Dengan tool ini, user dapat menemukan hashtag yang sedang trending, dan tag yang paling relevant untuk target audiens sebuah brand.

Hashtagify

Beberapa fitur yang menjadi favorit dari tool ini adalah memberikan Anda informasi top ten hashtag yang terkait dengan brand Anda atau event terkini. Hashtagify juga mempunyai Hashtags Lab yang terupdate setiap hari dengan trend terkini, serta bisa memonitor trending topik yang sesuai dengan akun media social.

Selain menjadi spesialis hashtag untuk Twitter, Hashtagify juga telah merilis fitur tracking untuk Instagram. Dengan fitur ini, user dapat mencari jejak percakapan yang terjadi berdasarkan hashtag, sekaligus mencari tahu jumlah engagement atau interaksi dari percakapan tersebut untuk mengetahui potensi tag-nya dengan lebih mendalam.

2. HootSuite

HootSuite popular sebagai platform multi-purpose di bidang social media. Dengan tool ini, Anda dapat memonitor dan menjadwalkan konten akun media sosial Anda. Saat Anda membutuhkan tool yang membantu Anda untuk tentang hashtag, maka Anda bisa mendapatkannya dari report detail yang mereka sajikan. Dari report tersebut, Anda bisa mengalisa bagaimana performa hashtag akun dan bagaimana dampaknya untuk konten Anda.

HootSuite

Yang menarik dari Hootsuite, Anda bisa membuat custom report untuk membantu Anda dalam hal evaluasi dan analisa akun media sosial. Untuk Twitter, Anda bisa meng-generate report dengan menambahkan modul kata kunci yang dapat men- tracking hashtag dan mention spesifik dalam kurun waktu tertentu.

Artikel Menarik Lainnya :   Tipe Pengguna Facebook yang Sebaiknya Anda Hapus dari Pertemanan

Dari segi tampilan, Anda bisa membuat stream ganda untuk memonitor bagaimana performa hashtag yang Anda gunakan dan bagaimana interaksi dalam konten tersebut.

3. TINT

Salah satu tool pihak ketiga yang cukup powerful untuk membantu Anda dengan hashtag adalah TINT. Dengan tool ini, Anda bisa meng- generate konten dan memungkinkan Anda untuk memoderasi konten tersebut dan menampilkannya di situs yang Anda sukai. Konten ini membantu meningkatkan interaksi, konversi, dan juga membangun komunitas.

TINT untuk Riset Hashtag Instagram

Anda juga dapat menggunakan tampilan TINT untuk menjalankan campaign social Anda di website dan membuatnya menjadi jauh lebih viral.

Selain itu, TINT juga menyediakan tool bernama Free Instagram Analytic by TINT. Tool ini membantu Anda untuk menemukan influencer dan konten popular berdasar hashtag secara cepat dan mudah.

4. Talkwalker

Dengan tool yang satu ini, Anda bisa men- tracking hashtag dan mention yang digunakan sebuah brand di media social. Tool yang satu ini bahkan melangkah lebih jauh dengan men- tracking kata kunci popular di media social, sehingga Anda bisa membuat notifikasi (peringatan/ alert) harian atau mingguan untuk mengikuti kata kunci dalam sebuah berita, blog atau media online lainnya.

Talkwalker

Selain itu, Talkwalker juga membantu Anda mengikuti tag Anda dari media sosial dan media lainnya di internet. Dengan mengoptimalkan tool ini, Anda bisa mengukur potensial marketing dan dampak yang terjadi dengan tag yang telah Anda buat.

5. RiteTag

Kadang, meskipun kita sudah melakukan riset mendalam secara manual, kita masih bingung menentukan mana hashtag yang seharusnya kita gunakan. Dari hasil riset, kita sering dibingungkan menentukan mana frase yang lebih tepat, apakah cukup satu suku kata tag atau menggabungkan beberapa kata. Jika hal ini sering Anda alami, maka RiteTag adalah jawaban untuk kegalauan Anda.

RiteTag

RiteTag bisa mempunyai fitur yang membantu Anda memilih tag yang tepat, termasuk memberikan alert terkait tag yang sedang trending. Anda juga bisa subscribe pada topik tertentu agar tetap up to date dengan trend terkini berhubungan dengan topik tersebut.

Artikel Menarik Lainnya :   Panduan Lengkap MailChimp untuk Strategi Email Marketing Anda

Salah satu fitur menarik yang mereka tawarkan adalah fitur instant feedback pada hashtag. Anda hanya perlu memasukkan dua jenis tag yang mirip atau saling terkait, lalu Anda bisa membandingkan kekuatan dua tag tersebut melalui sebuah indikator.

Jadi, saat Anda bingung menentukan mana yang terbaik diantara dua hashtag, tool ini akan membantu Anda menghemat energi dan waktu.

6. TweetChat

Jika Anda ingin mengikuti hashtag tertentu dan melihat real time percakapan yang terjadi dalam tag tersebut, TweetChat adalah tool yang tepat untuk Anda. Cara menggunakan tool ini sangat mudah, Anda bisa langsung mencari sebuah tag, lalu akan muncul konten dengan tag yang Anda cari dalam bentuk Twitter stream. Selanjutnya, Anda bisa berinteraksi dengan user yang muncul seperti di Twitter, atau bisa langsung membuat tweet Anda sendiri.

TweetChat

Tampilan stream akan secara konsisten terupdate dengan sendirinya dan bekerja secara real-time. Anda juga berada di beberapa ‘room’ dalam satu waktu dan memonitor tampilan stream yang muncul secara bersamaan dalam satu kali klik. Untuk Anda yang ingin optimal dalam Twitter marketing, tool ini benar- benar tidak boleh dilewatkan.

7. Keyhole

Keyhole adalah tool untuk men- tracking hashtag yang bekerja secara real time, dan dapat digunakan untuk Instagram, Twitter, dan Facebook. Mereka dikenal punya Analisa yang sangat bagus, baik untuk hashtag, atau mention sebuah brand. Informasi yang dihasilkan antara lain berapa banyak postingan dari hashtag tersebut yang muncul, berapa jumlah reach, impresi dan jumlah orang yang berinteraksi dengan tag tersebut. Terdengar seperti paket lengkap, kan?

Selain menampilkan analisis detail tentang performa sebuah tag, Keyhole juga bisa menampilkan stream postingan yang berisi interaksi hashtag tersebut, siapa saja yang membagikannya, dan men- tracking otomatis sentiment positif dan negatif.

Keyhole

Fitur yang tidak kalah menarik, Anda bisa mendapatkan tips relevan untuk bisa meningkatkan performa tag dan konten Anda, termasuk tag terkait, kata kunci dan top domain yang menggunakan tag tersebut.

Artikel Menarik Lainnya :   Mengintip 8 Bisnis Kedai Kopi Ter- Hits di Indonesia versi Instagram

8. Twubs

Twubs sangat mudah digunakan saat Anda inging mengikuti hashtag tertentu dan mencari tahu percakapan baru yang sedang terjadi. Tool ini cocok untuk Anda yang ingin membuat custom hashtag untuk brand. Anda dapat mendaftarkan hashtag Anda, lalu mengamati dari waktu ke waktu bagaimana performa tag tersebut. Sama seperti tool lainnya di atas, twubs juga menawarkan data analisis terkait tag yang Anda ciptakan.

Twubs

9. Mention

Mention mempunyai acara kerja yang mirip dengan Google Alerts. Tool ini akan men-tracking mention dari sebuah brand dan hashtag terkait di #socialmedia. Mention juga membantu Anda untuk menemukan apa yang Anda cari tersebut dalam lebih dari 40 bahasa berbeda.

Dengan begitu, Anda tidak luput dari satu mention pun. Mention bekerja realtime dan bisa mengajak Anda untuk langsung bergabung dalam percakapan saat itu juga.

Mention untuk riset hashtag Instagram

Dengan fitur keywod trackingnya, Anda bisa mem- filter konten tidak relevant atau menuju ke percakapan dan konten yang paling ingin Anda lihat. Anda juga bisa mendapatkan alert terkait hashtag tertentu sehingga akan semakin mudah bagi Anda saat kepo dengan tag tersebut.

Mention dikenal dengan pengaturan keyword mereka yang sangat menarik. Anda bisa melacak beberapa keyword atau tag sekaligus. Dengan satu atau dua keyword kombinasi, atau mengecualikan keyword tertentu, maka Anda bisa mendapatkan hasil riset yang lebih akurat.

10. Hashtracking

Jika Anda mencari tool yang mengkombinasikan fitur social media management dan tracking hashtag, maka Hashtracking adalah salah satu pilihan tool yang menarik. Bahkan beberapa marketer menyebut kalau tool ini memberi lebih dari yang diharapkan saat berhubungan dengan hashtag.

 Hashtracking untuk riset hashtag

Selain dapat melakukan tracking tag secara intensif, tool ini juga membantu penggunanya untuk dapat menampilkan nama berbeda dari tag tersebut agar pencarian semakin mudah. Anda dapat melacak beberapa kata kunci dan membuat mereka berkompetisi. Hashtracking kemudian akan memberikan Anda analisa performa tag yang bekerja lebih optimal.

Mengapa Riset Hashtag itu Perlu?

Alasannya sangat simple : hashtag di Instagram dan Twitter itu sama krusialnya dengan keyword untuk mesin pencari. Jika Anda ingin konten Anda ditemukan dan promo Anda mendapatkan hasil optimal, maka mainkanlah hashtag dengan cara yang tepat. Rasanya akan percuma campaign social media Anda jika Anda mengabaikan penggunaan tag ini dengan mudahnya. Jadi, mulai lah pencarian tag Anda sekarang juga!

Tags:
Redva

I'm a Digital Marketing enthusiast. Bekerja di salah satu digital marketing terbesar di Jawa Tengah sebagai Digital Strategist dan telah menulis untuk blog dengan niche teknologi & digital marketing lebih dari 4 tahun.

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x