Type to search

Karir Marketing

Company Profile : Pengertian, Fungsi, & Cara Membuatnya

Pengertian Company Profile & Cara Membuatnya

Company Profile adalah esensi penting dalam bisnis profesional. Bagi kalangan pengusaha, ini bukanlah hal yang asing.

Meski begitu, tidak semua masyarakat memahami dengan baik apa itu company profile dan apa fungsinya. Umumnya mereka hanya mengetahui secara singkat bahwa company profile adalah informasi tentang perusahaan.

Nah, di artikel kali ini, Panda akan mengupas tuntas tentang apa itu Company Profile atau profil perusahaan.

Pengertian Company Profile (Compro)

Company Profile adalah bentuk perkenalan profesional dari sebuah bisnis yang bertujuan untuk mengedukasi kepada orang- orang tentang keberadaan bisnis, serta produk dan jasa yang ditawarkan.

Secara singkat, compro bisa diartikan sebagai riwayat hidup yang dimiliki oleh sebuah perusahaan. Di dalamnya akan memuat informasi produk dan layanan, corporate value, dan grafik statistik perusahaan.

Compro bisa menjadi sebuah media publik relasi yang merepresentasikan perusahaan. Dengan profil ini, perusahaan berusaha meyakinkan calon pelanggan agar mempertimbangkan untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering orang tanyakan tentang Company Profile.

Apa sih fungsi Company Profile?

Sebenarnya ada cukup banyak fungsi dari Company Profile/ Compro. Beberapa diantaranya adalah untuk media branding, media publikasi, informasi tentang perusahaan/ brand, dan juga media pemasaran.

Apa pentingnya punya Company Profile?

Company Profile adalah wajah perusahaan. Saat Compro berhasil disusun dengan baik, ada banyak manfaat yang bisa dinikmati brand/ perusahaan. Mulai dari reputasi meningkat, pendekatan kepada calon pelanggan menjadi lebih smooth, dan meningkatkan kepercayaan.

Apa saja isi dari Company Profile yang baik?

Isi dari Compro yang baik bisa mengikuti isi susunan Compro seperti yang diulas di artikel ini. Ada yang sifatnya wajib, ada yang opsional, dan ada juga yang opsional tapi punya nilai penting untuk Compro.

Bagaimana cara membuat Company Profile?

Selain membuat konsep yang matang dari sisi desain dan konten, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat Compro yang baik. Cara membuat compro yang baik diulas di bagian ketiga dalam artikel ini.

Fungsi Profil Perusahaan

Sebuah bisnis yang berjalan profesional pasti akan mempunyai compro yang baik. Compro ini sendiri adalah bentuk keseriusan mereka dalam menjalankan usaha. Dengan company profile yang baik, akan ada banyak keuntungan untuk perusahaan.

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari Company Profile :

Gambaran Umum Mengenai Perusahaan

Company profile adalah tempat dimana perusahaan berbagi cerita tentang siapa dan apa mereka, sejarah berdirinya perusahaan, visi misi yang diusung, serta apa saja produk dan jasa yang mereka tawarkan untuk masyarakat.

Media Publikasi dan Branding

Compro juga menjadi sumber media informasi bagi calon pelanggan. Compro juga bisa menjadi media branding. Saat branding ini mengena, maka akan lebih mudah untuk calon pelanggan dalam menjangkau produk dan jasa yang ditawarkan.

Media Pemasaran

Profil perusahaan yang berhasil ditulis dengan baik bisa menarik perhatian calon pelanggan. Ini karena compro memuat nilai- nilai positif perusahaan yang bisa menjadi daya tarik tersendiri.

Calon pelanggan lalu akan tertarik untuk mengenal lebih jauh dan mulai timbul kepercayaan terhadap produk dan jasa yang ditawarkan.

Secara tidak langsung, ini akan berdampak terhadap pertumbuhan bisnis itu sendiri.

Susunan Isi Company Profile

Penyusunan profil perusahaan harus dilakukan dengan sebaik- baiknya agar bisa memenuhi fungsinya. Kita tidak boleh membuatnya asal- asalan.

Sebuah compro sebaiknya memuat berbagai informasi yang berkaitan dengan perusahaan dalam susunan sebagai berikut :

  • Cover Depan
  • Halaman Tentang Kami/ About Us
  • Visi dan Misi Perusahaan
  • Anggota Tim (Opsional)
  • Produk & Jasa Perusahaan
  • Kelebihan/ Mengapa Memilih Kami
  • Pengalaman/ Daftar Klien (Opsional tapi Penting)
  • Galeri (Opsional)
  • Testimoni(Opsional)
  • Cover Belakang
  • Informasi Tambahan (Sesuai kebutuhan)
Contoh company profile

Cover Depan

Cover depan adalah sampul identitas berisi nama dan logo perusahaan. Dengan cover depan ini, perusahaan akan memberi kesan pertama tentang identitas perusahaan itu sendiri kepada calon pelanggan.

Untuk itu, desain cover Compro harus terlihat menarik dan mendorong rasa ingin tahu pembaca. Selain itu, pastikan judul, logo, dan nama perusahaan dapat terbaca dengan mudah dan jelas.

Halaman Tentang Kami

Halaman tentang kami atau about us berisi informasi tentang sejarah perusahaan, mulai dari perusahaan berdiri, para pendiri, latar belakang perusahaan, jenis usaha yang dijalankan, dan perkembangan perusahaan.

Informasi ini ditujukan untuk mengedukasi para konsumen sekaligus meyakinkan mereka bahwa perusahaan mempunyai track record yang baik dan bisa menjadi pilihan yang baik sebagai partner.

Visi dan Misi Perusahaan

Melalui visi, perusahaan memberi gambaran kepada klien tentang cita- cita besar yang ingin dicapai oleh perusahaan. Sementara visi memberikan informasi berupa upaya yang telah dan akan terus dilakukan untuk bisa meraih visi tersebut.

Anggota Tim

Informasi ini memuat siapa saja yang berkontribusi dalam perusahaan. Konten yang dibuat adalah nama, jabatan, kualifikasi, dan tanggung jawab dari masing- masing personel. Setiap profil harus dibuat menarik dan meyakinkan sehingga calon klien akan mengenal dengan siapa mereka nanti akan berurusan.

Produk & Jasa

Banyak dari calon pelanggan akan fokus pada bagian ini. Jadi, bagian ini harus mendapatkan perhatian lebih.

Berikan rincian mengenai produk dan jasa yang ditawarkan secara informatif, lengkap dengan visualisasi gambar. Jika produk dan jasa yang ditawarkan tergolong banyak, berikan gambaran umum terhadap produk. Bisa juga dengan menonjolkan beberapa produk yang paling mewakili atau yang menjadi produk utama.

Kelebihan/ Mengapa Memilih Kami

Company profile didesain untuk menonjolkan kelebihan perusahaan. Kira- kria apa yang membuat calon pelanggan harus memilih menggunakan produk dan jasa Anda? Apakah ada jaminan kualitas produk? Atau berapa banyak orang yang sudah menggunakan produk Anda? Lalu bagaimana dampaknya untuk mereka?

Ada banyak hal yang bisa diolah dari bagian ini. Namun yang pasti, halaman ini harus menarik dan ditulis dengan persuasif.

Pengalaman Perusahaan/ Daftar Klien

Pengalaman apa saja yang dimiliki oleh perusahaan? Apakah perusahaan pernah bekerja sama dengan klien- klien besar?

Jika iya, penting untuk menampilkan profil mereka di Compro Anda. Ini akan membangun reputasi dan melipatgandakan kepercayaan calon pelanggan.

Galeri Foto

Anda juga bisa menambahkan galeri foto perusahaan. Misalnya saja kegiatan produksi, packaging produk, foto kegiatan karyawan, hingga foto CSR.

Testimoni

Testimoni bisa menjadi trik selanjutnya untuk meningkatkan kepercayaan calon pelanggan. Testimoni yang ditampilkan sebaiknya berasal dari orang- orang yang mempunyai pengaruh penting dalam perusahaan mereka, orang- orang yang populer, dan orang- orang yang teridentifikasi mempunyai karakter serupa dengan target pasar.

Cover Belakang

Bagian cover belakang digunakan untuk mencantumkan kontak informasi perusahaan. Mulai dari alamat, nomor telepon, email, serta akun media sosial perusahaan yang bisa dihubungi oleh calon pelanggan.

Informasi Tambahan

Informasi tambahan bisa digunakan sesuai kebutuhan. Misalnya saja menginformasikan tentang sertifikasi ISO, legalitas perusahaan, struktur perusahaan, dan lain sebagainya.

Cara Membuat Company Profile yang Baik

Setelah memahami tips dan susunan isi Compro, di bagian selanjutnya kita akan belajar cara membuat Company Profile yang baik.

1. Konsep Desain

Company profile antara satu dan yang lain cenderung punya susunan konten yang mirip. Untuk membuat Compro Anda berbeda, konsep desain sangat penting. Konsep yang matang akan membuat compro Anda tampil stand out.

Beberapa poin yang perlu diperhatikan adalah :

  • Tampilan yang menarik, elegan, dan profesional.
  • Gunakan komposisi warna yang sesuai dengan logo perusahaan untuk memperkuat branding. Komposisi warna jangan terlalu banyak ragam (karena memberi kesan terlalu ramai), dan jangan tumpang tindih.
  • Masukkan foto, gambar, atau ilustrasi menarik sesuai kebutuhan.

2. Konten Company Profile

Isi dan susunan company profile harus dikemas dengan jelas, rapi, dan mudah dicerna pembaca. Untuk memaksimalkan bagian ini, Anda bisa mengerahkan tim terbaik yang ahli di bidang konten. Jika tidak, Anda bisa menyerahkannya kepada profesional yang berpengalaman.

Selain itu, jangan lupa mencantumkan semua poin- poin penting yang berkaitan dengan perusahaan. Catat apa saja yang perlu menjadi
highlight dan pastikan informasi ini tidak terlewat.

Anda juga bisa mencantumkan konten yang bersifat
story telling. Jadikan profil perusahaan sebagai media untuk bercerita tentang brand dan perusahaan. Dengan begitu, pembaca akan lebih senang untuk terlibat.

Meski sebenarnya ada banyak poin, Anda harus bisa mengemas Compro Anda menjadi singkat di masing- masing bagian dan menjaganya tetap sederhana. Artinya, jangan terlalu berlebihan yang justru mengaburkan
highlight dan membuat pembaca sulit mencerna.

Selain tulisan, konten visual seperti gambar dan video juga penting untuk diperhatikan. Pastikan foto yang dimasukan ke dalam Compro berkualitas baik dan menggambarkan tentang perusahaan. Entah itu foto produk dan jasa, atau foto kegiatan perusahaan.

3. Format dan Font

Hindari penggunaan font latin yang berlekuk- lekuk. Meski indah, font jenis ini cukup rumit untuk dipahami.

Sedangkan untuk format, pastikan sistematis dan terstruktur. Tampilkan informasi dalam bentuk poin- poin yang memudahkan pembaca dalam mencerna informasi. Untuk konten yang bersifat angka dan pencapaian, Anda bisa menggunakan gambar infografis.

4. Compro Bentuk Cetak

Company profile bisa tersedia dalam dua versi, yaitu online berbentuk website dan juga cetak. Untuk Compro yang akan dicetak, pastikan menggunakan materi bahan cetak berkualitas.

Anda bisa berkonsultasi dengan percetakan untuk memilih jenis kertas yang akan digunakan. Beberapa diantaranya adalah :

  • Glossy Photo Paper : dengan efek kertas mengkilap, baik untuk mencetak foto dengan resolusi tinggi, namun mudah lengket.
  • Mette Paper/ Doff : lebih bertekstur, tidak mudah lengket, dan sedikit memantulkan cahaya.
Contoh company profile bentuk cetak

Panda sendiri lebih suka jenis kertas Doff karena kertasnya tidak mudah lengket meski dokumen sudah ‘berumur’. Selain itu, dengan efek halus seperti bertekstur membuat kertas ini terasa lebih elegan.

4. Compro Bentuk Digital

Contoh website company profile

Untuk compro bentuk digital, biasanya dikemas dalam bentuk website company profile. Hal yang harus diperhatikan dalam membuat Compro ini selain poin- poin yang sudah dijelaskan sebelumnya adalah sebagai berikut :

  • Loading website cepat
  • Tampilan website responsif di semua device
  • Menerapkan optimasi SEO On Page dan SEO Off Page

5. Terupdate

Ada beberapa perusahaan yang mencetak compro yang berbeda setiap tahunnya. Anda mungkin tidak harus melakukannya setiap tahun, jika memang tidak ada perubahan berarti dalam susunan isi.

Meski demikian, pada umumnya perusahaan tentu mengalami pengembangan. Mulai dari pengembangan unit bisnis, produk & layanan jasa atau bahkan ada pencapaian- pencapaian baru.

Dengan alasan ini, profil perusahaan sudah selayaknya dibuat terupdate. Dengan informasi terupdate, perusahaan bisa meraih tujuan yang ingin dicapai dari dibuatnya Compro tersebut.

Kesimpulan

Company profile adalah wajah perusahaan. Maka dari itu, pembuatannya pun tidak boleh asal- asalan. Dari keseluruhan artikel ini, beberapa poin yang perlu diperhatikan adalah :

  • Buat company profile dengan konsep yang matang, baik itu konsep desain atau konsep konten. Buat Compro Anda hidup dan stand out.
  • Inti dari Compro adalah informasi yang jelas tentang perusahaan, termasuk produk & layanannya.
  • Pastikan poin- poin penting tidak terlewat dalam ulasan Compro.
  • Gunakan format dan font yang baik.
  • Untuk Compro bentuk cetak, pastikan dibuat dengan material berkualitas dan hasil cetak sesuai dengan yang diharapkan (termasuk presisi kertas tidak ada terpotong)

Company Profile adalah alat branding yang efektif saat dibuat dengan baik. Jadi, sudah seharusnya pembuatannya maksimal, bukan?

Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya :   Email Marketing vs Social Media, Mana yang Lebih Baik untuk Mendongkrak Penjualan Anda?
Tags:
Aditya Rumi

a time traveller, an explorer and a lover of science-techno things & coffee of course. Saya menggunakan aktifitas menulis untuk menyalurkan pengetahuan Saya. Semoga bermanfaat dan memberi value untuk orang lain.

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x