[ADINSERTER AMP]

Type to search

Apps & Tools SEO

5 Tool Terbaik untuk Cek Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA)

Tool untuk cek domain authority & page authority

Salah satu parameter untuk mengetahui performa sebuah website saat ini adalah dengan mengetahui skor Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA). Sejak Google Pagerank sudah tidak terupdate sejak beberapa tahun, PA & DA ini lah yang menjadi indikator penting untuk performa sebuah situs web di mesin pencari.

Baik Domain Authority maupun Page Authority, keduanya mempunya skor antara 0-100. Parameter ini sendiri adalah metrik website yang dikembangkan oleh Moz. Dengan authority yang baik, sebuah website akan mempunyai ranking yang baik di mesin pencari.

Domain Authority vs Page Authority, Apa Bedanya?

Familiar dengan dua istilah ini?

Meski terdengar mirip, Domain Authority dan Page Authority adalah dua hal yang berbeda.

Domain Authority memberikan gambaran kekuatan sebuah website secara keseluruhan karena berorientasi pada kekuatan domain. Kebalikannya, Page Authority memberikan prediksi terhadap kekuatan sebuah halaman secara individual.

Keduanya merupakan parameter penting dalam SEO. Pasalnya, sejak ketiadaan page rank, perlu adanya sebuah metrik untuk mengukur performa website secara khusus. Dan inilah fungsi yang Domain Authority dan Page Authority lakukan sekarang ini.

Cara Cek Skor Domain Authority dan Page Authority

Yang sering terabaikan, tidak sedikit webmaster yang tidak memeriksa Domain Authority mereka secara berkala. Tidak jarang, mereka juga tidak tahu tentang skor DA situs web mereka. Banyak juga pemula yang mungkin tidak mengetahui cara cek domain authority secara gratis.

Padahal, ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk secara mudah mengetahui skor Domain Authority dan Page Authority website kita. Dengan mengetahuinya, kita akan termotivasi untuk bergerak lebih jauh lagi dalam meningkatkan performa SEO website kita secara keseluruhan.

1. Open Site Explorer dari Moz

Open Site Explorer adalah tool keren yang dikembangkan oleh MOZ untuk para internet marketer. Banyak para pakar SEO yang menyebut kalau tool ini merupakan salah satu tool SEO wajib untuk para webmaster. Dengan tool ini, Anda bisa men- cek skore Domain Authority dan Page Authority website Anda dengan sangat mudah.

Open Site Explores menyediakan detail informasi tentang profil dari sebuah website. Salah satu fitur yang sangat membantu adalah Anda bisa melihat tautan masuk ke root domain, subdomain, dan laman Anda.

Jika Anda menggunakan free account, Anda bisa melihat jumlah tautan masuk ini hingga 10. Namun jika Anda ingin mendapatkan laporan yang lebih lengkap dan banyak insight, Panda menyarankan untuk upgrade akun Anda ke versi Moz Pro.

Dengan Moz Pro, Anda bisa mendapatkan laporan dalam versi lebih detail, dan bahkan masuk ke akses metrik lainnya yang lebih premium. Jika tertarik untuk mencobanya, Anda bisa memulainya dengan uji coba gratis selama 30 hari.

2. Prepostseo

Prepostseo menyediakan tool DA PA checker terbaik untuk mengetahui otoritas domain dan otoritas laman web Anda. Bukan sekedar mengecek DA PA saja, tapi juga bisa memberikan info spam score dan alamat IP.
Prepostseo tersedia dalam versi gratis dan berbayar. Dengan versi gratis, Anda bisa melakukan pengecekan hingga 10 situs sekaligus atau 25 situs sekaligus jika mendaftar membership di website.

Sedangkan untuk versi premium, Anda bisa melakukan pengecekan hingga 500 situs web sekaligus dalam satu pencarian. Tertarik untuk mencobanya?

3. Website Authority Check dari SEO Review Tools

Dengan Website Authority Checker dari SEO Review Tools, Anda bisa melakukan pengecekan terhadap DA dan PA website Anda dengan mudah dan benar- benar gratis. Alat ini juga memungkinkan Anda untuk mengetahui usia sebuah website dan jumlah tautan eksternal yang mengarah ke domain dan halaman Anda.

Tool ini sendiri sebenarnya menggunkaan API Mozscape dalam meng-generata analisa website, dan hasilnya dapat Anda ekspor dalam format .csv. Selain sebagai PA & DA checker, Anda juga bisa menggunakan tool ini untuk melakukan analisa konten dan akun media sosial Anda.

4. Bulk DA Checker

Sama persis sesuai Namanya, tool ini memungkinkan Anda untuk melakukan pengecekan Domain Authority dan Page Authority secara massal dalam waktu bersamaan. Dalam satu waktu, domain yang dapat Anda cek berjumlah hingga 10 URL. Tool ini sangat cocok Anda gunakan jika mempunyai beberapa domain dan ingin menghemat waktu dalam melakukan checking rutin skor DA & PA website Anda.

Untuk menggunakannya, Anda dapat memasukan beberapa URL (satu barus per URL) dan klik tombol ‘Find Moz Metrics’. Setelah itu, Bulk DA Checker akan menampilkan hasil DA, PA, MozRank, dan jumlah eksternal link yang dimiliki sebuah website.

Selain melakukan pengecekan PA dan DA, Anda juga bisa menggunakan tool ini untuk mengecek skor Alexa Rank secara massal, domain unik, dan lain sebagainya.

5. Bulk DA, PA, & IP Checker dari SEO Weather

Mirip dengan Bulk DA Checker, tool yang satu ini juga memungkinkan pengguna untuk melakukan pengecekan domain authority (DA), page authority (PA), dan IP address dari banyak domain sekaligus. Yang harus Anda lakukan adalah memasukan daftar domain (satu baris per domain), dan klik ‘Go Fetch’.

Selanjutnya, Anda dapat melihat langsung performa domain yang Anda masukan atau men-downloadnya data tersebut dengan mengekspornya ke Excel.

6. Domain Authority Checker dari Small SEO Tools

Tool terbaik lainnya untuk menge-cek domain authority dan page authority secara gratis hingga sebanyak 50 domain dalam sekali pengecekan. Meskipun jumlah domain yang di-cek bisa hingga 50 URL, namun penggunaan tool ini sangatlah mudah dan benar- benar gratis.

Selain untuk mengetahui skor DA dan PA website, Small SEO Tools juga menyediakan berbagai SEO tool lainnya yang sayang untuk dilewatkan, seperti tool untuk cek backlink, posisi keyword, SEO score, reverse image, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecek skor domain authority (DA) dan page authority (PA) kita, seperti dengan deretan tool gratis di atas yang sangat mudah kita gunakan. Dengan melakukan pengecekan secara regular, Anda akan semakin bersemangat dalam melakukan optimasi yang semakin membuat performa situs web Anda meningkat di mesin pencari.

Selamat mencoba!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.