[ADINSERTER AMP]

Type to search

Techno

Cara Melihat Kata Sandi atau Password yang Tersimpan di Browser

Cara melihat asterisk kata sandi yang tersimpan di browser

Mengetahui cara melihat password miliki sendiri sangat penting dan kita butuhkan. Biasanya kita sering memanfaatkan fitur ‘remember my password’ untuk mempermudah proses login di situs yang sering kita kunjungi. Namun, penggunaan fitur ini mempunyai kelemahan.

Salah satunya, karena selalu mengandalkan fitur ini, kita jadi sulit mengingat password milik kita sendiri. Akibatnya, saat kita perlu mengganti password baru, dan sistem mewajibkan untuk memasukkan kata sandi lama lebih dulu, hal ini membuat kita kelabakan.

Lupa password sendiri memang bisa menjadi masalah besar. Panik? Pasti!

Lalu Anda berusaha mencari segala cara untuk menemukan teks kata sandi yang tersimpan di browser. Anda mulai bertanya- tanya, bagaimana cara melihat kata sandi asterisk yang tersimpan di browser ya?

Kabar baiknya, ada beberapa trik yang bisa Anda gunakan untuk membaca kata sandi atau password tersimpan di browser. Simak artikel Panda ini sampai selesai ya! 🙂

Cara Melihat Password yang Tersimpan di Browser

Tidak perlu khawatir, ternyata Anda bisa mengintip password yang sudah tersimpan di browser dengan cukup mudah. Password ini biasanya disembunyikan dalam bentuk asterisk, atau tanda bintang atau sering juga simbol titik. Simbol ini memang menyamarkan password Anda agar tidak dilihat orang lain saat mengakses akun secara publik.

Cara Melihat Kata Sandi atau Password yang Tersimpan di Browser

Di artikel kali ini, ulasan Panda adalah untuk melihat password tersembunyi asterisk secara umum. Jadi, trik kali ini tidak terikat pada browser tertentu

1. Manfaatkan Inspect Element

Inspect Element adalah fitur browser yang dapat digunakan oleh pengguna untuk melihat dan mengedit sementara kode HTML dan CSS dari smeua halaman web. Dengan Inspect Element juga lah Anda dapat melihat kata sandi yang ada di halaman browser Anda.

Caranya, klik kanan pada field/ kotak password yang berisi simbol bintang- bintang atau titik- titik, kemudian klik kanan pilih Inspect Element atau klik CTRL+SHIFT+I. Setelah fitur tersebut terbuka, akan ada dua baris kode yang disorot. Ganti tulisan “type=password” yang muncul di Inspect Element dengan “type=text”.

Setelah itu, tekan Enter dan tutup jendel Inspect Element, taraaaa…. Kini Anda sudah bisa melihat kata sandi yang Anda setting ‘Remember My Password’ Anda. Bisa dibilang, cara ini adalah yang termudah.

2. Manfaatkan Javascript

Menggunakan javascript untuk melihat password bisa lebih sulit daripada metode Inspect Element, namun lebih cepat. Yang perlu Anda lakukan adalah dengan menggunakan string Javascript. Proses yang dibutuhkan adalah di pengaturan di awal, namun untuk jangka panjang, cara ini akan lebih cepat dan praktis.

Sebelum mencobanya, pastikan password sudah diketik pada field password di halaman website. Setelah itu, copy paste kode di bawah ini ke address bar browser :

 javascript:(function(){var s,F,j,f,i; s = “”; F = document.forms; for(j=0; j<F.length; ++j) { f = F[j]; for (i=0; i<f.length; ++i) { if (f[i].type.toLowerCase() == “password”) s += f[i].value + “\n”; } } if (s) alert(“Passwords in forms on this page:\n\n” + s); else alert(“There are no passwords in forms on this page.”);})(); 

Saat meng- copy nya ke browser, kata “javascript:” secara otomatis terhapus oleh browser di address bar. Yang Anda perlu lakukan adalah menuliskan “javascript:” kembali secara manual di awal kode.

Setelah Anda menekan enter, maka akan muncul jendela pop up yang menampilkan password dari halaman tersebut. Meski begitu, fitur ini tidak mengizinkan Anda untuk menyalin password yang tertera.

Untuk mempermudah penggunaan selanjutnya, buatlah bookmark (CTRL+D) dengan masukkan kode javascript tersebut dan beri nama unik yang mudah Anda ingat (misanya memberi nama ‘javascript’). Bila Anda perlu melihat kata sandi halaman, cukup buka halaman tersebut dan kemudian buka bookmark javascript.

Lihat Gambar :

Membuat Bookmark Javascript untuk

Menggunakan javascript untuk melihat password t

3. Menggunakan Ekstensi Browser Pihak Ketiga

Untuk sebuah tombol super praktis yang membantu Anda melihat password tersembunyi dengan cepat, Anda dapat menggunakan ekstensi browser.

Salah satu ekstensi browser yang bisa membantu Anda untuk melihat kata sandi adalah Show Password (Chrome). Ekstensi ini menawarkan penggunanya untuk dapat mengintip password dengan tiga cara, yaitu dengan mengarahkan kursor mouse ke atas kata sandi, klik dua kali pada kata sandi, atau tekan tombol CTRL untuk menampilkan semua kata sandi.

Cara ini memang super mudah, namun kami tidak merekomendasikannya karena dengan ekstensi khusus, keamanan password Anda bisa terancam saat Anda menggunakan komputer di tempat umum atau yang bisa dipinjam orang lain. Ingatlah, pada dasarnya kata sandi dibuat tersembunyi untuk tujuan keamanan dan sebaiknya kita tidak membiatkan password terbuka begitu saja.

Jika Anda memilih untuk menggunakan ekstensi, maka pastikan Anda memahami konsekuensinya. Jika Anda tidak yakin, Anda bisa memaksimalkan dua metode di atas.

Kesimpulan

Ada berbagai cara yang bisa gunakan untuk melihat password sesuai dengan kebutuhan kita. Perlu diketahui juga bahwa sebagian besar aplikasi pengelola password, termasuk browser built-in), mempunyai tombol untuk memperlihatkan kata sandi yang tersimpan.

Anda hanya perlu menjelajah akses antarmuka utama untuk menemukan tombol yang dapat memperlihatkan kata sandi. Trik ini akan sangat bermanfaat karena Anda tidak perlu lagi menghafal berbagai kata sandi yang tersimpan atau menginformasikan password Anda kepada orang lain.

Untuk alternatif lain, Anda bisa juga mencoba melihat daftar password di browser yang Anda gunakan. Misalnya saja untuk melihat password di Google Chrome, Anda bisa membaca tutorialnya di artikel : Cara Melihat Password Tersimpan di Google Chrome PC dan Android.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.