Pernahkah kamu melakukan restorasi foto? Atau mungkin kamu sedang gelisah dengan foto lawas yang sudah pudar padahal menyimpan sejuta kenangan?

Seiring berjalannya waktu, foto- foto bisa menjadi buram, rusak, atau mengalami kerusakan lainnya. Dengan restorasi foto, masalah ini bisa terpecahkan. Di artikel ini, Panda akan secara lengkap mengulas tentang apa itu restorasi foto, cara kerja, manfaat menggunakan alat- alat restorasi foto dan rekomendasi tool atau aplikasi restorasi foto.

Apa itu Restorasi Foto?

Definisi dari Restorasi foto adalah proses untuk memulihkan kualitas visual dari foto yang rusak atau buram. Proses ini melibatkan penggunaan alat-alat digital khusus untuk memperbaiki kerusakan seperti retak, noda, hingga hilangnya detail pada foto.

Dengan bantuan teknologi terutama kehadiran AI (Artificial Intelligence), kamu bisa menghidupkan kembali kenangan dalam foto-foto lama. Menarik, bukan?

Manfaat Menggunakan Tool Restorasi Foto

Penggunaan alat restorasi foto punya manfaat yang luar biasa. Pertama, kamu tetap menjaga dan mempertahankan foto- foto berharga yang penuh kenangan. Yang kedua, saat kamu ingin membagikannya foto ini dengan orang lain atau dengan audiens di media sosial, foto yang kamu bagikan bisa dinikmati banyak orang karena kualitasnya sudah lebih baik. Terakhir, restorasi foto juga bisa menjadi cara yang manis untuk mengabadikan warisan visual yang kamu miliki.

Cara Kerja Restorasi Foto

Restorasi foto umumnya melibatkan pemindaian foto asli untuk menciptakan salinan digital. Selanjutnya, perangkat lunak restorasi digunakan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kerusakan pada gambar.

Perbaikan kerusakan ini meliputi : menghapus noda, memperbaiki keretakan, dan meningkatkan ketajaman gambar. Hasil akhirnya adalah foto yang tajam dan jernih seperti baru.

10 Aplikasi Restorasi FotoTerbaik

Ada banyak aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk restorasi foto. Dengan deretan aplikasi ini, kamu bisa memperbaiki foto lama yang rusak dan usang, menjadi lebih bagus dan tajam.

Lebih lengkapnya, berikut rangkuman PandaGila.com dengan deretan aplikasi restorasi foto untuk memperbaiki foto lama menjadi baru :

Baca Juga :  Membuat Banyak Orang Penasaran, Aplikasi Sarahah Viral di Indonesia

1. Remini

Mudahnya restorasi foto dengan Remini
  • Save
via Remini

Fungsi utama dari Remini adalah memperbaiki foto lama yang buram dan penuh ketidaksempurnaan menjadi gambar resolusi tinggi dengan otomatis. Dengan aplikasi ini, kamu bisa memperbaiki foto lama yang rusak dan menghilangkan noise pada foto.

Selain menggunakan pengaturan otomatis, Remini juga bisa membuat perbaikan foto manual sesuai imajinasi pengguna. Namun, fokus utamanya adalah tetap pada kualitas foto dan memberikan hasil foto yang jernih.

2. Enhance Fox

Memperbaiki foto lama yang rusak dengan Enhance Fox
  • Save
via FileCR

Enhance Fox adalah aplikasi yang membantu perbaikan foto lama dengan cara menghilangkan noise, memperbesar resolusi gambar, dan meningkatkan keseimbangan warna dan kontras gambar.

Aplikasi restorasi foto ini juga bisa membantu menjernihkan foto. Dengan dukungan fitur dan filter yang sangat lengkap, Enhance Fox adalah aplikasi edit foto yang cukup mudah digunakan. Kamu hanya perlu mengunggah foto lewat kamera atau galeri foto, selanjutnya aplikasi ini akan melakukan analisa gambar dan memberi rekomendasi efek yang dibutuhkan.

3. Adobe Photoshop Express

Adobe Photoshop Express
  • Save
via Adobe Photoshop

Setelah menjadi aplikasi editing foto favorit para pengguna PC, Adobe Photoshop kini menghadirkan Adobe Photoshop Express. Aplikasi ini menyediakan banyak alat pengeditan yang fungsional dan eksklusif untuk memperbaiki foto lama.

Lewat aplikasi ini, pengguna bisa memperbaiki, memotong, memulihkan dan meningkatkan kualitas foto. Pengguna juga bisa melakukan penyesuaian dan mengubah foto lama yang rusak menjadi seperti baru dengan versi lebih estetik.

4. AI Colorize – Color to Old Photos

AI Colorize - Color to Old Photos
  • Save
via AI Colorize

Persis seperti namanya, Colorize adalah aplikasi yang bisa membuat foto menjadi berwarna dan lebih hidup. Jika kamu punya foto usang atau hitam putih, kamu bisa mengubahnya menjadi foto berformat JPG atau PNG yang berwarna dan terlihat hidup.

Mengandalkan teknologi AI, Colorize bisa memperbaiki kerusakan foto atau mewarnai foto dengan mode otomatis. Artinya, pengguna tidak perlu punya keterampilan khusus dalam mengedit foto untuk bisa menggunakan aplikasi ini.

Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu bisa mengunggah foto secara langsung atau dari galeri dan menggunakan mode otomatis untuk mendapatkan hasil instan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan editing manual untuk menguji kreatifitas.

Baca Juga :  7 Aplikasi Rapat Online yang Bisa Digunakan Lewat Smartphone

5. RetouchMe

Aplikasi Restorasi Foto RetouchMe
  • Save

Aplikasi restorasi selanjutnya adalah RetouchMe. Selain restorasi foto, aplikasi ini juga membantu pengguna melakukan koreksi warna, menghapus obyek yang tidak diinginkan, mengaburkan latar belakang gambar, dan banyak lagi.

RetouchMe juga mempunyai banyak efek seru untuk penggunanya, seperti bertukar wajah, menambah stiker, membuat bingkai foto, dan masih banyak lagi. Umumnya, RetouchMe banyak digunakan untuk mengedit detail fisik seseorang. Aplikasi ini cukup handal untuk membantu menghilangkan noda di wajah, meniruskan wajah dan merampingkan tubuh.

6. Photo Scan App by Photomyne

Photo Scan App by Photomyne
  • Save
via Photomyne

Photomyne merupakan aplikasi yang berfungsi mengembalikan kenangan lama seseorang dengan memulihkan obyek lama yang mengandung memori, seperti video dan foto. Aplikasi gratis ini memungkinkan pengguna membuat album foto digital dalam hitungan menit menggunakan metode pemindaian foto dasar.

Selain itu, pengguna juga bisa menambahkan beberapa informasi terkait foto, seperti tanggal, lokasi, dan nama orang di dalam foto. Dengan fitur ini, pengguna bisa membuat foto kenangan menjadi lebih berkesan  dengan detail.

7. Pikfix – Photo Enhance & Repair

Pikfix – Photo Enhance & Repair
  • Save
via Pikfix

Dengan mekanisme kecerdasan buatan, Pixfix dapat membantu memperbaiki foto berkualitas rendah menjadi HD hanya dalam satu sentuhan. Hasil editing pun cukup memuaskan untuk mengubah foto buram beresolusi rendah menjadi foto yang jernih dan tajam.

Selain meningkatkan resolusi foto, Pikfix juga menghilangkan noise, mewarnai foto dan memperbaiki kerusakan. Untuk versi gratisnya, pengguna bisa mengedit hingga 10 foto per hari.

8. MyHeritage

Aplikasi Restorasi Foto MyHeritage
  • Save
via MyHeritage

MyHeritage adalah aplikasi family tree (riwayat keluarga) lengkap yang menyediakan fitur restorasi foto AI yang canggih. Sebagai bagian dari silsilah keluarga, MyHeritage menghadirkan Deep Nostalgia, yang merupakan teknologi berbekal AI yang bisa memperbaiki, menyempurnakan, hingga menambahkan animasi di foto- foto lama.

Kombinasi yang menarik ini bisa membantu pengguna untuk membuat foto lawas menjadi lebih jelas dan hidup.

Baca Juga :  10+ Ekstensi Google Chrome Terbaik untuk Meningkatkan Produktivitas

9. ImageColorizer

ImageColorizer untuk Memperbaiki Foto Lama yang Rusak
  • Save
via ImageColorizer

Berbasis AI, ImageColorizer adalah tool restorasi foto dengan algoritma yang canggih. Aplikasi ini bisa mewarnai gambar hitam putih, menganalisis data skala abu- abu dan menerapkan warna realistis dengan tepat. Dengan serangkaian fitur ini, pengguna bisa dengan mudah menghidupkan kembali foto kenangan lawas dan menyulapnya menjadi gambar visual yang lebih menarik.

Selain canggih dalam hal pewarnaan, ImageColorizer juga membantu memperbaiki dan menyempurnakan foto, seperti menyesuaikan kontras dan kecerahan foto, hingga menghilangkan goresan.

10. Img Kits

Img Kits
  • Save
via Img Kits

Sebagai aplikasi restorasi foto, IMG Kits menggunakan algoritma canggih. Aplikasi ini bisa mendeteksi dan menghilangkan goresan, noda, dan ketidaksempurnaan lain untuk menghasilkan gambar yang jernih dan bersih.

Selain itu, IMG Kits juga menyediakan fitur koreksi warna otomatis yang membantu pemulihan warna dengan akurat. IMG Kits juga menyediakan fitur editing foto lain seperti menghilangkan obyek dari foto, mengganti background hingga mengubah foto menjadi kartun.

Kesimpulan

Restorasi foto bisa menjadi cara yang efektif untuk mempertahankan kenangan berharga dalam bentuk visual. Dengan teknologi, aplikasi/ alat-alat yang tepat, kamu bisa menghidupkan kembali foto-foto lawas yang mungkin sempat terlupakan.

Dengan rekomendasi aplikasi restorasi foto di atas, kamu bisa menghidupkan foto- foto lama dengan sentuhan baru yang membuat foto menjadi tajam dan jernih. Jadi, segera cek album foto dan foto- foto lawasmu yang rusak, lalu pindai dan gunakan deretan tool di atas untuk memperbaikinya. Dengan begitu, fotomu akan menjadi hidup dan menjadi kenangan visual yang bisa dinikmati lagi.

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap