Type to search

Apps & Tools

10+ Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik, GRATIS, dan Mudah Dipakai

10+ Aplikasi Edit Foto Instagram Terbaik, GRATIS, dan Mudah Dipakai

Posting foto di Instagram, dalam beberapa kesempatan mungkin kita butuh bantuan aplikasi edit foto. Tidak selalu untuk memanipulasi, tapi aplikasi edit foto ini kita butuhkan untuk berbagai tujuan.

Misalnya saja kita ingin meng-collapse beberapa foto, menambahkan teks, memperbaiki cahaya, menambahkan stiker yang lucu, atau memberi efek tambahan. Selain membuat tampilan foto menjadi lebih maksimal, aplikasi foto editor juga membuat tampilan feed lebih cantik dan rapi.

Sebenarnya Instagram sendiri sudah dipersenjatai dengan fitur tambahan untuk edit foto. Tapi kadang fitur bawaan ini dirasa kurang nendang. Terutama saat pengguna ingin menambahkan sentuhan pro yang membuat fotonya terlihat lebih mengesankan.

Nah, ini lah alasan dibalik banyaknya aplikasi edit foto Instagram bermunculan. Banyak aplikasi berlomba- lomba menawarkan fitur yang berbeda dan mencoba menjadi yang terbaik.

Selain kaya akan fitur editing yang berkualitas, mereka juga dilengkapi dengan filter menarik yang membuat proses editing menjadi lebih menyenangkan. Tertarik untuk mencoba? Simak ulasan Panda sampai akhir postingan ya..

Aplikasi Foto Instagram Terbaik untuk Feed dan Story

Untuk mengedit foto sebelum diposting di Instagram, ada beberapa aplikasi editing kece yang layak untuk Anda coba. Beberapa aplikasi tersedia untuk pengguna iOS, Android, atau keduanya.

1. VSCO: Photo & Video Editor

VSCO adalah aplikasi edit foto Instagram yang cukup ngehits di antara para selebgram. VSCO ini sendiri sebenarnya bukan sekedar aplikasi edit foto, tapi sekaligus media jejaring sosial untuk para content creator.

Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk melakukan editing dengan mudah dan sederhana. Terdapat berbagai preset dan alat yang dibuat secara profesional untuk eksperimen.

Dengan VSCO, pengguna bisa menyesuaikan berbagai aspek dari foto dengan pengaturan contrast, saturation, dan grain. Fitur ‘Film X’ juga bisa dimanfaatkan dengan baik untuk membuat tampilan film yang selalu hijau.

Di dalam komunitas jejaring sosial VSCO, sebagian besar dari mereka adalah content creator dan orang- orang dengan hobi editing foto. Jadi, ada banyak trik menarik yang dibagikan untuk meningkatkan skill editing Anda.

VSCO: Photo & Video Editor, aplikasi edit foto Instagram
  • Harga : Gratis atau $19,99 untuk keanggotaan VSCO dan unlock fitur premium
  • Platform : iOS dan Android

2. Snapseed

Snapseed adalah aplikasi edit foto Instagram yang kini dimiliki oleh Google. Aplikasi ini kaya akan fitur- fitur editing yang bisa membuat tampilan foto menjadi lebih hidup dan menarik.

Fitur unggulan dari Snapseed antara lain kuas untuk mengatur eksposur, saturasi, temperatur warna, alat yang bisa membantu menghilangkan noda atau obyek yang tak diinginkan. Berbagai filter dan mood akan membuat foto Anda menjadi lebih lebih indah.

Selanjutnya, pengguna juga bisa menggunakan healing tool untuk menghapus seseorang di foto. Dengan fitur lens blur, pengguna bisa menambahkan efek bokeh di objek gambar.

Snapseed mempunyai fitur yang bisa digunakan untuk edit foto secara spesifik. Misalnya saja untuk mempertajam detail pada foto gedung atau objek tertentu, pengguna bisa menyingkirkan garis miring dan memperbaiki geometri bangunan dengan cerdas.Dengan begitu, foto bisa terlihat lebih realistis dan tajam.

Snapseed, aplikasi edit foto
  • Harga : Gratis
  • Platform : iOs dan Android

3. Adobe Lightroom

Bicara tentang Adobe Lightroom, aplikasi ini wajib untuk masuk ke dalam daftar ini. Adobe Photoshop Lightroom ini sendiri adalah versi mobile yang lebih ringan dari Adobe Photoshop yang sering digunakan di PC atau komputer desktop.

Adobe Lightroom mempunyai tampilan antarmuka yang bersifat dan intuitif. Ada banyak fitur pelengkap yang membuat aplikasi ini bisa merubah setiap detail dari foto, layaknya built in camera yang mempunyai kontrol penuh.

Untuk menghasilkan foto yang hidup dan memukau, pengguna bisa memainkan warna, kontras, nada, dan pencahayaan. Ada mixer warna yang membantu menghaluskan warna sehingga foto terlihat menarik secara visual.

Keunggulan dari Lightroom ini sendiri adalah kemampuan untuk mengimpor dan mengedit gambar RAW. Jika ingin menggunakan fitur profesional, pengguna bisa mengupgrade akun mereka ke versi Pro Lightroom.

Dengan versi pro, ada banyak alat canggih yang bisa diakses, seperti healing brush yang bekerja maksimal, adjustments, penyimpanan cloud, dan masih banyak lagi.

Aplikasi edit foto, Adobe Lightroom
  • Harga : Gratis
  • Platform : iOS dan Android

4. Afterlight 2

Afterlight 2 mempunyai tampilan antarmuka yang intuitif sekaligus mudah digunakan. Meskipun Anda tidak mempunyai skill editing, mengedit gambar tetap bisa dilakukan dengan mudah.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan efek kedalaman praktis yang membuat foto bisa lebih fokus dengan mengalihkan latar belakang yang tidak penting. Pengguna bisa menggunakan prism effect dan stunning film untuk membuat hasil foto yang dramatis.

Fitur unggulan “Double Exposure” dalam aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mencampurkan dua gambar bersama dan menciptakan kombinasi yang menarik. Ditambah dengan banyak variasi font dan tool desain seperti hue, tone, clarify, dan curves akan membantu pengguna untuk menghasilkan versi terbaik dari editing foto mereka.

Aplikasi edit foto Afterlight 2
  • Harga : Gratis untuk pengguna Android, dan $2,99 untuk pengguna iOS
  • Platform : iOS dan Android

5. Instasize 

Instasize adalah aplikasi edit foto gratis dengan semua fitur pengeditan dasar yang dibutuhkan untuk modifikasi foto dan video. Tool ini dapat menyimpan hasil editan ke galeri foto, lalu mengekspornya ke beberapa channel yang berbeda.

Instasize mempunyai desain antarmuka yang ramah pengguna. UI dari aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengakses setiap fitur dengan pergerakan cepat di smartphone.

Untuk proses editing, pengguna bisa memanfaatkan filter warna, gaya teks, dan border. Ada juga fitur untuk memotong, mengubah ukuran dan kontrol pengeditan yang lebih luas.

Khusus pengguna di iOS, ada tool beauty tambahan dan pengeditan video dasar yang membuat aplikasi ini semakin lengkap untuk digunakan.

Edit foto Instagram dengan Instasize
  • Harga : Gratis dan $4.99/ bulan untuk versi unlock premium
  • Platform : iOS dan Android

6. AirBrush

AirBrush adalah tool terbaik edit foto Instagram untuk pengguna yang ingin menambahkan kesan glamor ke dalam fotonya. Pengguna dapat dengan mudah menghilangkan jerawat dari foto, lalu menggunakan efek riasan wajah yang terlihat natural.

Ada berbagai filter modern juga untuk mengubah penampilan dalam sekejap. Anda mungkin bisa bermain dengan pencahayaan, tool untuk meratakan warna kulit atau tool untuk memperhalus garis di wajah.

Lebih lanjut lagi, salah satu tool beauty dari aplikasi ini bisa mengatur gigi terlihat lebih putih sehingga senyum akan terlihat lebih menawan. Dan tentu saja ada opsi untuk memperbesar dan mencerahkan mata agar wajah Anda terlihat semakin ekspresif.

Bukan hanya editing pada wajah, AirBrush juga bisa mengedit tubuh untuk terlihat lebih ideal atau peregangan untuk membuat postur di foto terlihat lebih tinggi. Tertarik untuk mencoba?

Aplikasi edit foto AirBrush
  • Harga : Gratis
  • Platform : iOS dan Android

7. Layout from Instagram

Persis seperti namanya, aplikasi edit foto dipersembahkan oleh Instagram untuk memanjakan penggunanya. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengkombinasikan hingga 9 foto dengan membuat tata letak super kreatif.

Pengguna juga bisa menggunakan filter Instagram dan semua fitur keren yang tersedia untuk menciptakan koleksi gambar yang menakjubkan. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur intelligent faces tab yang memungkinkan pengguna dengan cepat mengakses foto dengan orang- orang di dalamnya.

Aplikasi ini mempunyai tampilan antarmuka yang baik dan mudah dipahami. Jadi begitu mulai menggunakannya, pengguna bisa langsung bersenang- senang dengan aplikasi ini.

Layout from Instagram, aplikasi edit foto dari Instagram
  • Harga : Gratis
  • Platform : iOS dan Android

8. Photo Lab

Jika anda suka bereksperimen dengan berbagai efek, cobalah untuk menggunakan Photo Lab. Aplikasi editing foto ini digemari para pengguna Instagram karena mempunyai pustaka besar dengan lebih dari 800 efek!

Dan tentu saja, ada banyak filter foto menarik yang bisa membuat foto Anda menjadi lebih cantik. Ada fitur montase foto wajah yang memungkinkan pengguna untuk mengubah foto menjadi bajak laut, monster dan semacamnya.

Selain itu, aplikasi ini juga hadir dengan sekitar 50 preset style. Artinya, pengguna tak akan pernah kehabisan ide untuk mencoba variasi baru dalam foto mereka. Lakukan sesuka Anda dan berkreasi lah habis- habisan.

Edit foto montase dengan Photo Lab
  • Harga : Gratis untuk Android dan $1,99 untuk iOS (Uji coba gratis)
  • Platform : iOS dan Android

9. Perfect365

Jika Anda adalah penyuka proses editing yang sederhana dan mudah, Perfect365 adalah aplikasi edit foto Instagram yang sangat Anda sukai. Aplikasi ini mempunyai banyak alat rias dan kecantikan yang membuat tampilan anda semakin mempesona di feed dan story Instagram.

Perfect365 menyediakan sekitar 200 gaya preset yang bisa membuat foto semakin bergaya. Ada banyak pilihan warna tanpa batas yang bisa dimainkan bersama dengan pilihan riasan yang bisa Anda coba sesuai selera.

Selain itu, Perfect365 juga menawarkan tata rias dan tips fashion cerdas yang membuat Anda bereksperimen dengan hasil riasan di foto. Anda bisa mencoba berbagai gaya rambut atau menjelajahi sejumlah merek kecantikan populer.

  • Harga : Gratis
  • Platform : iOS dan Android

10. Pixlr

Pixlr mempunyai banyak tool editing yang memungkinkan Anda menciptakan hasil editing yang kreatif, unik, dan juga kolase indah untuk dipajang di Instagram. Aplikasi ini mengklaim menawarkan lebih dari 2 juta kombinasi efek yang membuat pengguna berkreasi tanpa batas.

Untuk tool beauty, Pixlr memungkinkan pengguna untuk menghilangkan noda seperti mata merah dan juga menghaluskan kulit, serta memutihkan gigi agar tampak lebih menawan. Ada banyak jenis font dan teks untuk membuat gambar Anda semakin lengkap.

Selain itu, pengguna juga bisa mengubah ukuran gambar dan memanfaatkan tombol favorit untuk menyimpan tool favorit agar mudah dipakai di kesempatan selanjutnya.

Aplikasi edit foto Pixlr
  • Harga : Gratis
  • Platform : iOS dan Android

11. Prisma

Prisma bisa dibilang merupakan pendatang baru dalam aplikasi edit foto. Namun untuk fungsionalitasnya, tidak kalah mentereng dari deretan aplikasi di atas.

Salah satu fitur unggulan Prisma adalah filter ‘Modern Art Filter’ yang memungkinkan pengguna mengubah foto yang dimilikinya terlihat seperti lukisan ternama Picasso, Munch, atau Van Gogh. Untuk art filter library ini sendiri, Prisma mengklaim menyediakan lebih dari 300 art style.

Prisma juga bukan hanya bekerja sebagai aplikasi edit foto saja, melainkan juga media sosial. Pengguna bisa membuat akun pribadi dan terhubung dengan anggota komunitas yang sebagian besar dihuni oleh content creator super kreatif.

Dengan komunitas ini, pengguna bisa mendapatkan inspirasi dan tips & trik untuk melakukan editing foto dengan hasil yang ciamik.

Aplikasi edit foto Prisma
  • Harga : Gratis dan berbayar untuk unlock fitur premium
  • Platform : iOS dan Android

12. Facetune

Berbeda dengan deretan aplikasi di atas, sebagian besar fitur Facetune didesain untuk user berbayar. Meski begitu, hal ini disebut sepadan dengan fitur- fitur smooth yang didapatkan.

Facetune ini sendiri adalah aplikasi edit foto yang diciptakan untuk pengguna yang gemar berselfie. Dengan tagline Selfie Editor, Beauty & Makeover App, pengguna tentu mudah menebak apa saja yang bisa dilakukan oleh tool foot editor ini.

Dengan satu aplikasi ini, pengguna bisa membuat selfie menjadi lebih cantik dan menarik. Facetune dipersenjatai dengan berbagai beauty fitur, seperti memperhalus kulit, memperbesar mata, merubah bentuk wajah, dan tidak ketinggalan memutihkan gigi.

Aplikasi ini juga digemari karena bisa menyamarkan noda dan jerawat wajah dengan maksimal. Dengan begitu, foto pamer di Instagram akan terlihat lebih menawan dan menambah percaya diri.

Sedangkan untuk make over, Facetune juga dilengkapi dengan penambahan make up untuk wajah. Artinya, tanpa make up sekalipun, pengguna bisa terlihat memakai make up, seperti bedak, eyeshadow, lipstick, blush on, dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Ada banyak aplikasi edit foto Instagram yang bisa digunakan oleh pengguna iOS dan Android. Dengan deretan aplikasi ini, Anda berkesempatan untuk membuat foto Anda terlihat hidup dan eye catching.

Jangan lupa juga, ada variasi filter dan efek jika Anda ingin berkreasi menciptakan foto dengan kesan yang berbeda. Dengan segudang fitur yang dimilikinya, Anda punya kesempatan tak terbatas untuk menciptakan apa yang Anda inginkan.

Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya :   Cara yang Benar Dalam Trik Follow Unfollow Instagram 2019
Tags:
Tirta Prana

Gamers for lyfe dan mantan karyawan yang sedang mencoba peruntungan di dunia bisnis dengan usaha distro baju. Wish me luck, gaiss! My life is my battle😎

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x