Buku tentang startup bisa menjadi sajian menarik untuk sobat Panda yang ingin memulai atau sedang menjalani bisnis. Bukan hanya menawarkan insight dan inspirasi, deretan buku ini juga mengajak pembaca untuk belajar banyak tentang dunia startup.

Buku mungkin satu dari sekian banyak referensi untuk belajar. Semakin banyak sumber referensi untuk belajar, tentu semakin bagus. Selain itu, tidak lupa juga bahwa praktek, trial & error, pasti tidak kalah pentingnya.

Lika Liku Membangun Startup

Seperti yang Panda pernah ulas sebelumnya, startup adalah perusahaan rintisan yang saat ini tengah berkembang dan belum beroperasi dalam jangka waktu lama. Startup identik dengan inovasi kreatif dan teknologi sebagai terobosan dan menjadi solusi atas permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat.

Salah satu contoh startup populer adalah Gojek. Gojek terlahir sebagai inovasi dan transformasi dari ojek konvensional yang kurang fleksibel untuk pelanggan. Dengan terobosan teknologinya, Gojek adalah solusi untuk masyarakat akan kebutuhan transportasi instan.

Dan Gojek yang kita kenal sekarang, bukan hanya menyediakan layanan transportasi. Tapi juga layanan pengiriman makanan (Gofood), pengiriman dokumen dan barang (Gosend), dan layanan lainnya. Tapi dunia startup tidak hanya berisikan kisah manis Gojek saja.

Kita sering mendengar istilah ‘Hire fast, Fire fast’ melekat pada startup. Ya, startup dikenal sebagai bisnis yang mudah meroket, tapi juga mudah tenggelam. Banyak startup- startup yang pada perjalanannya akhirnya berguguran karena pondasi yang kurang kuat dan faktor lainnya.

Pada akhirnya, memulai startup bukan sekedar angan- angan untuk menciptakan bisnis dan menjalankannya. Untuk menempuh perjalanan panjang ini kita perlu mempersiapkan diri dengan bekal sebaik mungkin. Karena jika asal, sayang sekali kalau ujung- ujungnya hanya menyesal.

10 Buku Startup Terbaik yang Harus Kamu Baca!

Setiap orang yang memulai bisnis startup tidak selalu punya kesempatan untuk belajar langsung dari empunya. Tentu ini bukan akhir dari segalanya. Karena faktanya, belajar itu bisa dari mana dan dari siapa saja.

Buku tentang startup yang Panda ulas di artikel ini banyak berisikan pengalaman dari para founder startup. Para founder ini menuangkan pengalaman mereka di buku ini, tentang bagaimana mereka memulai bisnis, apa yang mereka persiapkan hingga hal- hal yang bisa kita jadikan pelajaran.

Dengan rekomendasi ini, Panda berharap pembaca bisa memperkaya perspektif saat akan mempersiapkan diri membangun bisnis startup. Semoga bermanfaat!

1. The Lean Startup – Eric Ries

The Lean Startup (2014) karya Eric Ries
  • Save

The Lean Startup (2014) merupakan buku karya Eric Ries yang mengungkap metode baru yang efektif dalam membangun sebuah startup di tengah kondisi yang penuh ketidakpastian. Metode ini meninggalkan kesan luar biasa dalam membantu para entrepreneur untuk mengetahui apa saja yang perlu orang- orang perhatikan dan apa saja kesalahan membangun sebuah startup yang perlu disingkirkan.

Siapa Penulis Buku ‘The Lean Startup’?

Penulis buku The Lean Startup, Eric Ries adalah seorang wirausahawan sekaligus penulis blog populer, Startup Lesson Learned. Ries juga kerap menjadi pembicara dalam acara- acara bisnis, menjadi konsultan strategi bisnis, dan produk untuk sejumlah startup, korporasi dan venture capital.

Reis juga kerap menjadi dosen tamu di Harvard Business School.

Apa Saja yang Diulas di Buku Ini?

Garis besar dari buku ini membahas tentang cara sukses membangun startup di tengah kondisi yang penuh ketidakpastian. Ketidakpastian adalah hal yang sulit dihindari, sehingga para entrepreneur harus mengetahui cara- cara efektif agar startup rintisannya bisa bertahan, tumbuh, dan berkembang.

Metode yang diungkap dalam buku ini, “LeanStartup”, memberi solusi pada para entrepreneur untuk mengetahui hal- hal yang harus mereka lakukan dan perhatikan dalam merintis startup yang sukses.

Hal- hal Menarik Apa Saja yang Bisa Pembaca Pelajari?

Antara lain adalah : 

  • Tentang mengapa manajemen gaya baru perlu hadir untuk membangun startup yang sukses.
  • Cara melakukan uji coba dan evaluasi di tengah pasar yang dinamis.
  • Apa saja hal- hal yang perlu kita uji sebelum mengambil keputusan besar dalam startup.
  • Mengapa entrepreneur sebaiknya melakukan produksi skala kecil terlebih dulu.
  • Bagaimana agar startup dapat beradaptasi dan terus bertumbuh.

2. Zero to One – Peter Thiel

Buku Zero to One - Peter Thie
  • Save

Zero to One (2014) adalah buku karya Peter Thiel yang mengulas cara membangun perusahaan startup sukses yang mampu menjawab tantangan masa depan yang penuh ketidakpastian. Buku mengajak pembaca untuk belajar prinsip- prinsip yang harus perusahaan startup miliki untuk sukses di masa depan.

Baca Juga :  Daftar 30 Blogger Sukses dengan Penghasilan yang Terbesar

Siapa Penulis Buku ‘Zero to One’?

Peter Thiel, penulis buku Zero to One, memang bukan orang sembarangan. Pria ini adalah salah satu pendiri PayPal dan Palantir, salah satu investor luar pertama Facebook, pemodal untuk perusahaan seperti SpaceX dan LinkedIn, dan juga pendiri Thiel Fellowship yang mendorong anak- anak muda untuk memprioritaskan belajar daripada alih- alih hanya pendidikan formal.

Apa saja yang Ada di Dalam Buku Ini?

Zero to One secara umum menceritakan proses Peter Thiel membangun sebuah bisnis di bidang teknologi. Thiel mengungkapkan bahwa ide terbaik dalam sebuah bisnis adalah apabila idie itu belum banyak orang eksekusi. Artinya, produk yang tercipta adalah sesuatu yang fresh dan menjadi perintis dari produk- produk lain yang serupa.

Thiel juga memaparkan bahwa yang terpenting dalam bisnis adalah bagaimana kita belajar untuk mementingkan kepentingan diri sendiri di tengah banyaknya pilihan. Buku ini akan menjadi buku terbaik untuk Anda yang punya idealisme di tengah kebutuhan masyarakat.

Hal- hal Menarik Apa saja yang ada di Buku Ini?

Hal- hal menarik yang dapat pembaca pelajari antara lain : 

  • Cara menghadapi tantangan masa depan yang serba tidak pasti.
  • Mengapa sebaiknya kita menghindari kompetisi.
  • Apa saja keunggulan yang harus startup miliki.
  • Mengapa produk yang bagus tidak menjamin kesuksesan startup
  • Tujuh pertanyaan dasar yang harus perusahaan jawab untuk meraih kesuksesan.

3. The Four: The Hidden DNA of Amazon, Apple, Facebook, and Google

The Four: The Hidden DNA of Amazon, Apple, Facebook, and Google
  • Save

Siapa sih yang nggak kenal empat perusahaan raksasa teknologi ini? Amazon, Apple, Facebook dan Google adalah korporasi digital yang sangat populer yang telah mempengaruhi lebih dari 70% populasi dunia.

Buku tentang startup ini akan menjadi bacaan menarik karena pembaca akan diajak untuk mengintip resep sukses dari empat perusahaan ini.

Siapa Penulis Buku ‘The Four’?

Scott Galloway adalah seorang profesor di bidang marketing di New York University Stern School of Business. Selain itu, pria kelahiran 3 November 1964 ini juga seorang pembicara publik, penulis, pengusaha dan pembawa acara podcast.

Dalam buku The Four: The Hidden DNA of Amazon, Apple, Facebook, and Google (2017), Galloway menceritakan awal mula keempat perusahaan ini berdiri, dan menguraikan dengan baik cara- cara yang membuat perusahaan raksasa teknologi ini berkembang pesat.

Apa saja yang Ada di Buku Ini?

Persis seperti judulnya, buku ini mengulas tentang perjalanan para raksasa teknologi ini dalam meracik kesuksesan mereka. Dengan cerdik, Galloway memaparkan strategi ‘tersembunyi’ dari si Empat Raksasa ini. Ia mengungkapkan bagaimana mereka memanipulasi kebutuhan- kebutuhan emosional dasar yang telah mendorong manusia sejak zaman leluhur, dengan kecepatan dan jangkauan yang tidak tertandingi oleh perusahaan lain.

Buku ini juga mengungkapkan pelajaran- pelajaran sukses si Empat Raksasa yang bisa Anda terapkan untuk diri sendiri atau karir. 

Hal- hal Menarik Apa saja yang ada di Buku Ini?

Buku ini akan menjadi bacaan seru untuk Anda yang ingin berkecimpung di dunia bisnis. Hal- hal menarik yang Anda temukan antara lain : 

  • Gambaran secara nyata bagaimana perusahaan bekerja.
  • Apa yang membuat perusahaan jaman sekarang bertumbuh dengan lebih cepat, sedangkan ada perusahaan yang sulit berkembang hingga bangkrut.
  • Poin- poin penting yang yang harus para calon pebisnis sukses perhatikan.
  • Mengambil pelajaran dari kepemimpinan si Empat Raksasa, memberikan nasehat dan saran untuk pembaca, serta melihat ciri profesional yang bisa pembaca terapkan.

4. The Hard Thing About Hard Things – Ben Horowitz

Buku tentang startup : The Hard Thing About Hard Things - Ben Horowitz
  • Save

Buku ‘The Hard Thing About Hard Things’ menceritakan tentang perjuangan Ben Horowitz dalam mendirikan startup hingga menghadapi masa- masa sulitnya dalam merintis sebuah bisnis. Membaca buku ini akan membuat kita melihat gambaran kalau mengelola bisnis tidak semudah anjuran untuk resign biar bisa jadi bos untuk diri sendiri, hahaha

Siapa Penulis Buku ‘ The Hard Thing About Hard Things’?

Ben Horowitz yang mempunyai nama lengkap Benjamin Abraham Horowitz, merupakan seorang pebisnis Amerika, investor, blogger sekaligus penulis. Ben juga seorang pengusaha teknologi dan terkenal sebagai salah satu pendiri perusahaan modal ventura, Andreessen Horowitz, bersama dengan Marc Andreessen.

Selain itu, Ben sebelumnya juga ikut mendirikan dan menjabat sebagai presiden dan kepala eksekutif perusahaan perangkat lunak Opsware, yang kemudian diakuisisi oleh Hewlett-Packard pada 2007.

Baca Juga :  7 Hal Keren yang Dapat Dipelajari Manusia dari Semut

Apa saja Hal Menarik yang dalam Buku Ini?

Gagasan utama dari buku ‘The Hard Thing About Hard Things’ adalah bahwa kesuksesan startup tidak ada yang berjalan mulus. Setiap startup akan melewati jalan berliku, naik turun dan jalan bergelombang lainnya.

Tidak jarang kita hanya mendengar tentang kesuksesan startup tanpa mengetahui kalau para raksasa teknologi juga mengalami kegalauan yang sama. Sama halnya seperti tantangan dengan menjadi CEO perusahaan. Tidak pernah mudah dan akan selalu ada tantangan baru.

5. Hooked – Nir Eyal

Hooked karya Nir Eyal
  • Save

Pernahkan Anda menyadari kalau kehidupan kita terbentuk karena sebuah pola kebiasaan? Misalnya saja saat bangun tidur, banyak di antara kita yang langsung mengecek telepon genggam untuk mengetahui apakah seseorang baru menghubungi atau berita terkini.

Dalam keseharian, kita seperti tidak pernah merasa bosan dan justru menjadi sebuah kebiasaan untuk menggunakan aplikasi tertentu seperti WhatsApp, dan Instagram. Mengapa bisa begitu?

Apa saja Hal Menarik dalam Buku ‘Hooked’?

Hooked (2013) karya Nir Eyal secara detail menjelaskan tentang bagaimana sebuah kebiasaan itu bisa terbentuk dengan sebuah aplikasi. Framework yang digunakan ini kita sebut dengan HOOK, yang isinya terdiri dari Trigger, Action, Reward, dan Investment.

Nir Eyal secara lengkap memberikan penjabaran Model kait proses empat langkah yang diterapkan oleh deretan aplikasi yang berhasil mempengaruhi perilaku pengguna. Tanpa harus beriklan besar- besaran, konsumen seperti terikat dan berulangkali menggunakan aplikasi tersebut.

Pembaca akan disuguhkan berbagai hal penting terkait kebiasaan, seperti pengetahuan praktis untuk menimbulkan kebiasaan, dan langkah- langkah membangun aplikasi yang mendorong orang menggunakannya berkali- kali.

Salah satu pelajaran terpenting dari buku tentang startup ini adalah untuk melupakan apa yang Anda pikir ketahui dan terbuka untuk menerima wawasan baru.

6. The Startup Owner’s Manual – Steve Blank dan Bob Dorf

The Startup Owner's Manual - buku karya Steve Blank dan Bob Dorf
  • Save

The Startup Owner’s Manual secara rinci memaparkan tentang bagaimana seseorang bisa sukses dalam membangun startup. Persis seperti namanya, buku ini memuat panduan komprehensif dalam menjalankan perusahaan startup dengan benar.

Membaca buku ini seolah- olah pelaku usaha mendapat bimbingan melalui proses customer development. Pembaca seperti diajak untuk keluar dari gedung kantor menuju tempat tinggal pelanggan, lalu mengembangkan produk- produk unggulan yang sesuai kebutuhan pelanggan.

Apa saja Hal Menarik dalam Buku Ini?

Buku karya Steve Blank dan Bob Dorf ini mengusung konsep yang unik, dimana keduanya menuliskan langkah- langkah yang harus seseorang lakukan dalam beberapa fase, seperti satu hari, satu minggu, dan satu tahun.

Buku ini menggabungkan 10 tahun pembelajaran dan praktek terbaik dalam dunia startup. Berbekal 10 tahun pembelajaran ini, pembaca akan mendapat instruksi terperinci tentang cara memperoleh, mempertahankan, dan mengembangkan pelanggan dengan berbagai teknik.

7. Sprint: How to Solve Big Problems and Test New Ideas in Just Five Days

Sprint: How to Solve Big Problems and Test New Ideas in Just Five Days
  • Save

Proses Sprint dikembangkan di Google Ventures oleh Jake Knapp dan John Zeratsky, yang merupakan dua dari tiga penulis buku ini. Melalui buku ini, Sprint dijelaskan sebagai serangkaian proses yang sangat efektif untuk memecahkan masalah dengan membangun prototipe dan mengujinya dalam lima hari.

Apa saja Hal Menarik dalam Buku Ini?

Sprint adalah buku yang sangat insightful untuk orang- orang yang berkecimpung di industri teknologi. Para penulisnya, Jake Knapp, John Zeratsky, dan Braden Kowitz, adalah design partner di Google Ventures.

Ketiganya telah menjadi konsultan dan membantu ratusan perusahaan digital dalam mendesain dan mengembangkan produk yang bermanfaat di tengah- tengah masyarakat.

Dalam buku ini, pembaca akan mempelajari tentang metode yang menjawab bagaimana sebuah ide bisa dieksekusi dengan baik dan dikonversi menjadi produk yang orang lain gunakan. 

8. Scrum: The Art of Doing Twice the Work in Half the Time

Scrum: The Art of Doing Twice the Work in Half the Time
  • Save

Buku karya Sutherland bersaudara ini berbicara banyak terkait pengembangan software dalam suatu bisnis, alias software developer. Seperti yang kita tahu, startup tentunya tidak jauh- jauh dari teknologi.

Baca Juga :  5+ Rahasia Sukses dari Brand Biskuit Legendaris Khong Guan

Apa saja Hal Menarik dalam Buku tentang Startup Ini?

Berkaitan erat dengan pengembangan software yang dirancang oleh programmer, buku ini memaparkan metodologi manajemen proyek yang efektif dalam manajemen startup.

Melalui buku ini, pembaca akan mendapatkan wawasan berkaitan dengan manajemen tim untuk menghasilkan tim yang solid dan berjalan dengan satu visi selaras. Metode Scrum menulisnya sebagai mekanisme proporsional dalam menjalankan roda sebuah bisnis. Istilah inilah yang kemudian dikenal sebagai metodologi manajemen proyek.

9. The $100 Startup – Chris Guillebeau

The $100 Startup : Buku karya Chris Guillebeau
  • Save

The $100 Startup (2012) memaparkan cara mendapatkan kesuksesan dan kenyamanan hidup dari apa yang kita cintai. Lewat buku semi-autobiografi ini, pembaca akan mempelajari cara praktis menuju transisi kehidupan yang penuh petualangan, makna dan tujuan, serta mendapatkan banyak uang.

Buku ini sendiri bercerita tentang pengalaman Chris dalam membangun startup dengan modal awal hanya $100. Upayanya tentu tidak mudah.

Siapa Penulis Buku ‘The $100 Startup’?

Sang penulis buku ‘The $100 Startup’ adalah seorang pembicara, penulis, sekaligus traveler. Salah satu hobinya adalah berkeliling mengunjungi setiap negara di dunia. Beberapa karya populernya yang juga menjadi buku best seller antara lain The $100 Startup, The Art of Non-Conformity, dan masih banyak lagi.

Apa saja Hal Menarik yang dalam Buku Ini?

Buku ini secara menarik memberi Anda inspirasi untuk memperoleh penghidupan yang lebih baik dan penuh tujuan. Anda bisa menghabiskan banyak waktu melakukan pekerjaan yang sesuai keinginan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Tentu saja ada seni untuk melakukan hal ini dan itulah yang akan Anda pelajari.

Buku ini secara garis besar membuka wawasan tentang cara mengkombinasikan antara gairan, keterampilan dan manfaat. Anda juga akan mendapat pengetahuan tentang merencanakan usaha secara praktis dan efisien. 

10. Dari Start-up Menuju Unicorn – Eileen Rachman

Dari Start-up Menuju Unicorn - Eileen Rachman
  • Save

Selain buku pilihan karya penulis luar, Panda juga merekomendasikan buku tentang startup karya anak bangsa, yaitu Dari Startup Menuju Unicorn. Buku karya Eileen Rachman ini bicara banyak tentang dinamika dan problematika saat membangun startup dengan berbagai badai yang menghadang.

Eileen juga mengupas kisah sukses startup Indonesia, seperti Tokopedia, Gojek, Bukalapak, dan beberapa startup lainnya. Deretan startup ini terus bertumbuh bukan karena tidak ada masalah. Melainkan berhasil mengelola permasalahan mereka dan berinovasi tanpa henti.

Siapa Penulis Buku ‘Dari Startup Menuju Unicorn’?

Eileen Rachman berprofesi sebagai seorang psikolog, dosen, motivator, dan konsultan sumber daya manusia. Berbekal background psikolog, Eileen adalah sosok yang piawai dalam menularkan optimisme dan membangkitkan antusiasme seseorang untuk maju.

Eileen juga kerap membagikan pemikirannya lewat kanal media sosial dan menulis di berbagai media cetak di Indonesia.

Apa saja Hal Menarik yang dalam Buku Ini?

Buku ‘Dari Start-Up Menuju Unicorn’ membuka wawasan pembaca tentang hal- hal yang sebelumnya tidak terpikirkan sehingga kita bisa memanfaatkan human creativity dengan lebih baik lagi.

Buku ini adalah pengingat bahwa semua kecerdasan dan kreativitas punya peran yang sangat penting untuk masa depan. Selain itu, Eileen juga memaparkan kalau startup yang dibangun bisa melalui fase- fase tidak menentu.

Kesimpulan

Pasti sangat membanggakan untuk mulai merintis startup sendiri. Namun perlu kita sadari juga, membangun startup tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terlebih, sudah banyak jenis startup yang datang dan pergi begitu saja.

Untuk itu, penting sekali untuk membekali diri dengan persiapan sebaik mungkin saat berniat untuk membangun startup. Ada banyak referensi yang bisa menjadi bekal awal, salah satunya adalah membaca buku tentang startup.

Buku tentang startup bisa memberi kita pengetahuan, inspirasi, ilham untuk tetap berhati- hati dan merancang strategi untuk melangkah kedepan. Buku yang membahas bisnis dan startup juga sangat beragam. Dari sekian banyak pilihan, 10 buku startup di atas adalah deretan buku inspiratif yang cocok untuk mendampingi perjalanan startup Anda.

Semoga bermanfaat ya!

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap