Type to search

Apps & Tools

10+ Ekstensi Google Chrome Terbaik untuk Meningkatkan Produktivitas

Ekstensi Google Chrome Terbaik untuk Produktivitas

Dibandingkan dengan browser lain, ekstensi Google Chrome jauh lebih beragam dan memberi banyak manfaat. Di Chrome Web Store, kamu bisa menemukan ekstensi yang benar- benar Anda butuhkan hingga ekstensi unik yang tak disangka- sangka.

Sejak Google Chrome menguasai sekitar 71 persen pasar pemakaian browser, banyak developer berlomba- lomba untuk membuat browser extensi yang bisa digunakan di Chrome.

Ini lah yang banyak membuat kompetitor Chrome menyerah dalam mengembangkan ekstensi. Firefox misalnya, akhirnya memutuskan untuk berintegrasi dengan ekstensi Chrome agar mereka menjadi lebih kompetitif.

Google Chrome Extension untuk Produktivitas

Ekstensi Chrome dikenal user friendly bagi orang awam sekalipun karena Chrome memberikan kesempatan kepada komunitas untuk membuat apa yang benar- benar mereka dan pengguna butuhkan.

Dari sekian banyak ekstensi di Chrome, beberapa merupakan yang terbaik untuk meningkatkan produktivitas kita. Selain itu, tentu saja membuat pengalaman browsing menjadi lebih menyenangkan dan efisien.

Apa saja ekstensi Google Chrome ini? Berikut ulasan Panda :

1. LastPass

Lastpass, ekstensi Google Chrome

Ada banyak ekstensi password manager di luar sana, namun LastPass adalah yang terbaik sebagai password manager.

LastPass memungkinkan pengguna untuk menyimpan semua password hanya dalam sebuah ekstensi. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengingat semua password, selain master password dari akun LastPass tersebut.

Saat kamu mengakses sebuah situs, LastPass akan secara otomatis menampilkan username dan password, sehingga Anda tidak perlu mengetik lagi. LastPass juga bisa membagikan password secara aman kepada tim yang kita setujui.

2. Similarweb

Ekstensi Google Chrome Similarweb

Dengan Similarweb, Anda bisa mengetahui jumlah engagement website, sumber trafik, dan informasi tentang peringkat sebuah situs.

Yang lebih menarik lagi, ekstensi ini sekaligus memantau situs web kompetitor, dan mendapatkan pengetahuan, serta estimasi sumber trafik sebuah website. Hanya dengan mengetik nama kompetitor, kita bisa mendapat analisa yang cukup lengkap.

Hasil yang ditampilkan antara lain analitik, peringkat, popularis, kesamaan, dan beberapa metrik website lainnya.

3. URL Shortener

Link website yang panjang akan membuatnya terlihat mengganggu saat dibagikan ke media sosial atau platform lain. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan URL Shortener.

Ekstensi ini langsung terhubung ke beberapa platform link shortener, seperti tinyurl dan bit.do. Ekstensi ini gratis dan mudah digunakan dalam satu kali klik tanpa harus mendaftar sebuah akun.

4. Momentum

Momentum untuk meningkatkan produktifitas

Saat pertama kali membuka browser Chrome, kita biasa melihat tampilan logo Chrome, kotak teks pencarian, dan thumbnail website yang sering kita kunjungi. Akibatnya, kita sering mengawali aktifitas dengan tidak produktif karena berselancar melakukan hal lain.

Untuk mencegah hal ini, Momentum akan membantu Anda. Ekstensi ini akan membantu mengingatkan untuk tetap fokus saat membuka tab baru. Anda bisa melihat info cuaca dengan background yang indah, dan juga menambahkan to do list hari ini.

Bisa dibilang, Momentum adalah dashboard pribadi yang dirancang untuk menghilangkan gangguan, memberi inspirasi, menjaga fokus, terorganisir dalam mengerjakan tugas harian, dan meningkatkan produktivitas.

5. StayFocusd

Stay Focusd membantu untuk fokus dalam bekerja

Saat bekerja, kita sering menghabiskan waktu untuk mengakses website- website yang kurang bermanfaat dan membuat kita kesulitan mengatur waktu. Jika Anda sering terjebak situasi ini, StayFocusd adalah ekstensi yang tepat.

Ekstensi Chrome ini akan mengatur waktu Anda saat berada di situs yang aditif, dan memblokir akses Anda saat waktu yang ditetapkan tiba. Waktu ini adalah waktu yang Anda atur untuk memberi jeda Anda pada aktivitas non-produktif.

Jadi meski sesekali Anda perlu mengakses situs tersebut untuk sekedar refreshing, Anda akan dicegah untuk menghabiskan waktu terlalu lama. Dengan begitu, waktu akan menjadi lebih efektif dan efisien.

6. Feedly Mini

Feedly Mini untuk menampilkan feed dari berita terpilih

Feedly Mini adalah ekstensi yang efektif dalam membantu riset konten. Ekstensi ini membantu menampilkan update terbaru dari feed, blog, dan situs media sosial populer seperti Facebook dan Twitter.

Feedly Mini membantu memberikan inspirasi dan pengetahuan baru saat Anda akan membuat konten sendiri. Feedly juga terintegrasi dengan Google Reader, Delicious, Amazon.com, YouTube, dan situs lainnya.

7. Buffer

Buffer, ekstensi Chrome untuk managemen konten

Buffer membantu menjadwal dan memonitoring content dengan lebih mudah. Selain itu, Buffer juga memungkinkan untuk Anda men-share konten ke beberapa media sosial sekaligus.

Buffer membantu otomatisasi semua konten sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan. Dengan begitu, Anda bisa fokus melakukan tugas selanjutnya.

Selain dalam bentuk ekstensi, Buffer juga bisa diakses lewat mobile apps di Android dan iOS.

8. Trello

Trello, ekstensi Google untuk produktifitas

Saat harus melakukan banyak pekerjaan sekaligus, kadang kita bingung mana yang harus diprioritaskan. Akibatnya, semua pekerjaan tidak bisa selesai dengan maksimal.

Jika Anda pernah berhadapan dengan masalah ini, Trello akan membantu mengatasinya. Trello adalah tool gratis, mudah dan fleksibel dalam mengelola semua proyek Anda. Dalam ekstensi Google Chrome, Trello tampil seperti to do list.

Namun yang berbeda, fitur- fitur Trello lebih lengkap dan bisa digunakan untuk kolaborasi bersama tim, tanpa harus saling bertemu dalam satu tempat atau ruangan.

9. WhatFont

Whatfont membantu mengenali jenis font website

Jika Anda seorang developer website, WhatFont akan membantu Anda mengidentifikasi font website dengan mudah.

Font ini sendiri tentu menjadi salah satu bagian integral dari sebuah web desain. Jadi saat melakukan riset tampilan web kompetitor, Anda dengan mudah mengetahui jenis font tersebut, tanpa harus menebak- nebak.

10. Pocket

Pocket, ekstensi Chrome untuk menyimpan konten

Saat melakukan riset konten, Anda mungkin ingin menyimpan beberapa halaman untuk ide selanjutnya. Anda mungkin saja bisa mem-bookmark konten langsung. Namun jika terlalu sering, konten akan bercampur dengan hal lain dan akhirnya akan menumpuk.

Sebagai alternatifnya, Anda bisa menggunakan ekstensi Google Chrome Pocket. Dengan tampilan yang rapi, ide konten akan lebih tertata untuk dieksekusi selanjutnya.

Selain itu, konten yang disimpan di Pocket bisa diakses secara offline. Ini akan semakin memudahkanmu untuk tetap mengakses konten saat berada di area dengan sinyal internet yang kurang.

11. One Tab

OneTab membuat browsing menjadi lebih ringan

Saat bekerja, seringkali kita membuka terlalu banyak tabs. Dampaknya, browser menjadi terlalu berat dan pekerjaan kita juga terhambat.

Jika Anda termasuk yang sering melakukan ini, One Tab adalah solusinya. Dengan ekstensi ini, deretan tabs tersebut akan dikonversi menjadi sebuah list. Anda bisa mengakses tab tersebut kapan saja sekejap saat membutuhkannya.

One Tab sendiri mengklaim bahwa penggunaan ekstensi ini bisa menghemat lebih dari 95 persen memori karena jumlah tab yang digunakan langsung menurun drastis.

12. Noisli

Noisli membantu meningkatkan fokus dalam bekerja

Tidak semua orang bisa bekerja produktif dengan suara berisik atau suara musik. Nah sebagai gantinya, Anda bisa menikmati suara menyejukkan dari suara hujan, kicau burung, sungai, angin berhembus, atau desiran ombak.

Jika Anda menyukai suara alam, Anda juga bisa memadukan suara hembusan angin, sungai, kicau burung, dan daun sebagai background suara. Dan hasilnya… taraaa.. Anda menjadi lebih rileks dan fokus dalam bekerja.

Kesimpulan

Ada banyak ekstensi Google Chrome yang menarik untuk mendukung produktivitas Anda. Anda akan menjadi lebih fokus, dan terbantu untuk menyelesaikan prioritas Anda dengan cepat.

Yang perlu dicatat, Anda harus memilah- milah ekstensi yang paling tepat untuk digunakan. Hindari untuk menggunakan ekstensi terlalu banyak karena ini bisa membuat browser Anda terasa berat.

Selamat bekerja dengan lebih produktif!

Artikel Menarik Lainnya :   Google Chrome Mengumumkan Akan Memblokir Mixed Content
Tags:
Aditya Rumi

a time traveller, an explorer and a lover of science-techno things & coffee of course. Saya menggunakan aktifitas menulis untuk menyalurkan pengetahuan Saya. Semoga bermanfaat dan memberi value untuk orang lain.

  • 1
5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x