Type to search

Blogging

15 Google Font Terbaik untuk Website dan Alasan Menggunakannya

15 Google Font Terbaik untuk Website Anda

Bicara soal tampilan website, kita bukan hanya bicara tentang navigasi, widget, dan komposisi warna. Satu hal yang semakin penting dalam beberapa dekade terakhir adalah tipografi menarik dan memberikan user experience yang baik.

Untuk membangun tipografi, Google Font selalu dapat Anda andalkan. Google Font juga menjadi salah satu sumber daya ideal untuk membangun merek, memaksimalkan pesan konten Anda, dan bahkan mempercepat kinerja situs web.

Mengapa Font Sangat Penting untuk Website?

Saat merancang situs web, Anda mempunyai pilihan untuk menggunakan font default atau membuat keputusan lain yang terlihat sederhana namun ternyata penting.

Memilih font yang cermat akan membawa manfaat tersendiri untuk sebuah situs web. Penasaran apa saja? Berikut daftar manfaatnya :

Meningkatkan Branding

Brand tertentu identik dengan jenis font tertentu. Pilihan font yang tepat akan membangun komunikasi non-verbal dengan pembaca. Font dapat memberi kesan langsung kepada pembaca tentang brand yang Anda usung.

Dengan font yang tepat, maka komunikasi brand dengan audiens akan terasa lebih tepat. Sebaliknya, dengan font yang salah, ada resiko terputusnya hubungan antara apa yang Anda katakan dengan merek ANda, dan apa yang dikatakan merek tentang dirinya sendiri.

Bayangkan apa jadinya jika sebuah brand perhiasaan mewah hanya menggunakan font Courier untuk logonya? Apakah Anda bisa menangkap kesan mewah dari brand tersebut? Atau justru kesan kuno dan kaku?

Saat memilih font untuk brand, Anda perlu memastikan ada keselarasan antara kesan yang ditimbulkan dari brand dan font. Apakah Anda ingin kesan mewah dan dapat dipercaya? Bold dan jujur? Atau milenial dan keren?

Pilihan font yang tepat akan membantu Anda mengkomunikasikan pesan itu.

Peran Vital untuk UX

Tipografi adalah salah satu aspek paling penting dari desain UX. Memilih font yang salah untuk konten atau navigasi dapat membuat teks menjadi tidak terbaca dan situs web Anda berantakan.

Untuk memastikan Anda telah memilih font terbaik untuk situs web Anda, cobalah menjawab beberapa pertanyaan berikut ini :

  • Apakah font mempunyai bobot yang sudah sesuai?
  • Apakah konten dapat dibaca dengan baik?
  • Apakah font berskala baik untuk perangkat yang berbeda?
  • Bagaimana dengan rasio kontrasnya?

Jika font mempunyai kisaran bobot yang pas, memenuhi standar aksesibilitas, rasio kontras dan ukuran yang tepat, dan mudah dibaca di perangkat apa saja, maka bisa dipastikan pengalaman pengguna cukup bagus.

Atau jika ingin lebih jauh lagi, Anda dapat melakukan beberapa pengujian untuk melihat bagaimana pembaca merespon pilihan Anda. Dengan begitu, Anda kana merasa lebih mantap dalam memutuskan font final untuk situs web Anda.

Jenis- jenis Font dan Maknanya.

Sebelum menerapkan font yang ideal untuk situs web Anda, penting sekali untuk mengetahui jenis- jenis font yang ada dan maknanya.

Salah satu perbedaan terbesar di dunia font adalah antara font serif dan font sans-serif.

Font Serif

Font serif menggambarkan kumpulan font dengan huruf- hurufnya menampilkan serif, garis- garis kecil atau coretan yang melekat pada ujung bagian utama huruf. Serif berasal dari ukiran batu Romawi, dan diyakini terkait dengan cara kata- kata dilukis di atas batu sebelum diukir.

Karena hal ini, tipografi serif sering disebut ‘roman’. Ciri- ciri font serif ini meliputi gaya lama/ klasik, transisional, modern, dan lempeng. Contoh dari font serif ini antara lain Garamond dan Times New Roman.

Font Sans-serif

Berbeda dengan font serif, font Sans-serif mempunyai tampilan yang lebih minimalis dan modern. Font Sans-serif kadang- kadang memberi kesan gothic, unik, geometris, dan lebih humanis.

Salah satu font Sans-serif yang terkenal adalah Halvetica.

Di luar dua jenis fonts tersebut, Anda mungkin juga tahu ada Google Font tertentu yang digunakan untuk tampilan atau teks, namun berbeda dengan kedua kategori tersebut?

Font Teks

Font teks dirancang untuk digunakan dalam teks utama sebuah situs web atau aplikasi, dan harus sangat mudah dibaca, bahkan dalam ukuran kecil.

Font teks ini mempunyai kesan clean, mempunyai spacing yang lebih lebar, dan kurang tebal dibandingkan dengan font display. Artinya mereka bekerja lebih baik dalam ukuran kecil.

Font Display

Di sisi lain, font display sebagian besar dirancang untuk terlihat lebih stylish dan original dalam penulisan judul, meningkatkan tekanan dan personality, dengan tingkat keterbacaan sedikit lebih rendah.

Dengan begitu, font display adalah jenis font yang kurang ideal untuk diletakkan dalam body konten.

Keuntungan Menggunakan Google Font 

Google font adalah kumpulan dari 915 font yang semuanya tersedia untuk digunakan secara gratis di situs web Anda. Ada banyak manfaat yang bisa Anda peroleh saat menggunakan Google Fonts di website Anda, seperti :

Meningkatkan Tampilan Situs Web

Google fonts memberi pengguna akses ke hampir seribu font dengan tampilan yang menarik secara gratis. Anda bebas menggunakan berbagai jenis huruf dengan kualitas profesional. Sebelum keberadaan Google Font, pilihan yang setara bisa menelan biaya yang sangat mahal.

Meningkatkan Konsistensi di Seluruh Platform

Selain mempunyai desain yang baik, Google Font juga didukung oleh sebagian besar browser yang digunakan saat ini, seperti Google Chrome, Apple Safari, Internet Explorer, dan Mozilla Firefox.

Mempercepat situs Anda dan Internet

Penggunaan Google Font didukung sepenuhnya untuk membuat situs Anda terlihat hebat dan optimal. Anda dapat melihat video dari Google ini untuk melihat penjelasan lebih detail :

15 Google Font Terbaik untuk Situs Anda

Lato

Google Fonts Lato

Lato diciptakan oleh desainer berbasis di Warsawa, Łukasz Dziedzic untuk bekerja secara transparan dalam teks body dan juga menonjol secara individual saat digunakan dalam judul berukuran lebih besar. Font yang termasuk keluarga jenis huruf san serif ini terlihat familiar dan berbeda, terutama dalam cara beberapa detail font dibulatkan.

Merriweather

Google font Merriweather

Font karya Eben Sorkin ini dirancang untuk menciptakan readibility yang baik di layar. Font ini mempunyai tinggi ideal yang membuatnya cocok untuk digunakan dalam layar yang panjang serta untuk tajuk dan judul.

Saat ini Merriweather mempunyai 8 jenis gaya, yaitu Light, Regular, Bold, Black, Light Italic, Italic, Bold Italic, dan Black Italic.

Montserrat

Google font Montserrat

Montserrat punya misi khusus saat didirikan dari proyek Kickstarter pada 2011. Font ini diciptakan untuk menyelamatkan keindahan tipografi perkotaan yang muncul pada paruh pertama abad kedua puluh.

Keluarga font san serif yang menarik ini dibuat oleh Julieta Ulanovsky dan diberi nama sesuai lingkungan Montserrat di Buenos Aires dimana ia tinggal. Font ini menggambarkan tampilan huruf klasik modern dan merupakan versi update dari huruf yang elegan di awal abad 20 an.

Muli

Google font Muli

Muli adalah font sans-serif serba guna dan minimalis yang dirancang oleh mendiang Vernon Adams.  Awalnya Muli dirancang untuk digunakan sebagai font tampilan, namun karena mempunyai spacing yang baik, Muli juga bisa digunakan dengan baik sebagai font teks.

Nunito

Google Font Nunito

Salah satu font karya Vernon Adams lainnya Nunito, yang dirancang sebagai font tampilan. Dengan 8 varian berbeda, font ini adalah font serbaguna dan menarik yang bisa digunakan untuk menciptakan judul sans-serif yang cerdas dan penuh gaya.

Open Sans

Google font Open Sans

Salah satu Google Font paling populer, Open Sans dibuat oleh Steve Matteson dan dioptimalkan untuk penggunaan cetak, web, dan seluler.

Open Sans dikenal serbaguna karena mudah dipadupadankan dengan baik sebagai font teks dengan hampir semua font lain dalam daftar ini karena desain yang sederhana dan ramah.

Oswald

Oswald

Oswald dikerjakan ulang dari salah satu font klasik di awal abad ke 20, ‘Alternate Gothic’. Font ini cocok untuk penggunaan digital pada komputer dan perangkat seluler. Oswald juga cocok untuk digunakan sebagai judul atau tarik kutipan yang perlu muncul di ruang dengan batasan ukuran.

Poppins

Google fonts Poppins

Poppins dibuat oleh Indian Type Foundry sebagai font sans-serif geometris yang menarik untuk digunakan dalam konteks teks atau tampilan. 

Roboto

Google fonts Roboto

Roboto adalah font yang paling banyak diunduh di situs web Google Fonts dan mudah dipahami dengan alasan yang sederhana. Bersih, cerdas, penuh gaya, sekaligus profesional dan ramah.

Roboto merupakan font default untuk Android dan Chrome OS, dan sebagai font pilihan dalam sistem Desain Material Google. Secara keseluruhan, Roboto adalah font yang sederhana dan mudah dibaca, baik untuk penggunaan web dan seluler.

Rokkitt

Google fonts Rokkit

Untuk font manis yang sedikit berbeda, Anda bisa menggunakan font Rokkitt. Pembuatan font ini terinspirasi oleh font slab serif geometri Mesir dari sekitar pertengahan abad kesembilan belas.

Tujuannya adalah menciptakan font yang berfungsi dengan baik dalam penggunaan teks, tapi tetap bagus untuk font desain.

Rubik

Google fonts Rubik

Rubik adalah font sans serif yang dirancang oleh Philipp Hubert dan Sebastian Fischer di Hubert Fischer, dengan varian bahasa Ibrani yang direvisi dan dikelola oleh Meir Sadan. Font ini sempurna untuk digunakan sebagai body content sekaligus desain karena memberi kesan ramah dan menyenangkan.

Source Sans Pro

Google font Source Sans Pro

Source Sans Pro adalah huruf open source pertama Adobe. Font ini cocok untuk digunakan dalam elemen antarmuka pengguna, namun juga bagus untuk teks yang lebih panjang karena mempunyai tinggi dan lebar yang ideal.

Spectral

Google font Spectral

Spectral adalah jenis huruf serif yang ditugaskan oleh Google untuk digunakan dalam aplikasi web Documents dan Slides. Spectral cocok digunakan untuk banyak judul, body content, dan kutipan karena elegan, modern, dan cantik.

Work Sans

Google font Work Sans

Work Sans dirancang oleh Wei Huang dari pergantian abad kedua puluh. Font ini dirancang untuk penggunaan yang berbeda. Bobot reguler dan sedang ditujukan untuk penggunaan teks. Sedangkan bobot yang lebih berat dan ringan dioptimalkan untuk desain.

Kesimpulan

Google Font adalah sumber daya yang sangat kuat dan serbaguna untuk sebuah situs web. Dengan pilihan lebih dari 900 jenis fonts, Anda dapat memanfaatkan Google Font untuk membuat tampilan situs web Anda terlihat lebih menarik dan meningkatkan kecepatan internet secara keseluruhan.

Referensi : JustinMind, Google Fonts

Artikel Menarik Lainnya :   10 Layanan CDN Terbaik dan Terfavorit untuk Website WordPress
Tags:
Tirta Prana

Gamers for lyfe dan mantan karyawan yang sedang mencoba peruntungan di dunia bisnis dengan usaha distro baju. Wish me luck, gaiss! My life is my battle😎

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x