[ADINSERTER AMP]

Type to search

Blogging

4 Cara Mudah Menghilangkan Tanggal Postingan di Hasil Pencarian Google

Cara Menghilangkan Tanggal Postingan Website WordPress di Hasil Pencarian

Ada beberapa webmaster yang memilih untuk menghilangkan tanggal postingan yang muncul di hasil pencarian Google. Bukan tanpa alasan, tentunya keputusan agar tanggal postingan tidak muncul di hasil pencarian sudah dipikirkan dengan matang- matang.

Panda sendiri memutuskan untuk melakukan praktek ini menjelang pertengahan tahun 2021. Terasa nggak sih dampaknya? Lumayan terasa!

Yang paling ketara terjadi peningkatan dari sisi CTR. Menurut Panda, ini ada kaitannya dengan sisi psikologis pengguna Google.

Misalnya saja ada salah satu postingan di mesin pencari dengan tanggal postingan setahun yang lalu. Konten nya bisa jadi masih sangat relevan untuk kita baca lagi saat ini.

Namun untuk sebagian pembaca, melihat tanggal lawas seolah- olah melihat konten yang sudah usang. Mereka pun cenderung mengklik konten dengan tanggal terbaru atau yang tanpa tanggal saja.

Konten dengan tanggal lawas sudah kalah lebih dulu karena dipersepsikan sebagai konten usang. Sedangkan konten tanggal terbaru dan tanpa tanggal akan cenderung mendapatkan lebih banyak klik. Pengaruhnya bisa tergantung dari pemilihan judul artikel dan meta SEO, seperti yang Panda ulas di artikel : Cara Mengoptimalkan Meta Tag agar Website Mendapat Banyak Klik.

Keuntungan Menghilangkan Tanggal Postingan di Blog/ Website

Tampilan Tanggal Postingan di Hasil Pencarian

Secara sederhana, menghilangkan tanggal postingan di artikel akan membangun persepsi bahwa konten tidak usang dan selalu relevan. Tidak peduli bahwa konten itu ditulis kemarin atau bahkan tiga tahun lalu.

Tentu saja ini bukan faktor satu- satunya untuk langsung meningkatkan pengunjung organik ke website. Ada banyak faktor lainnya.

Kendati begitu, karena persepsi ‘selalu relevan’ ini, konten yang muncul di hasil pencarian akan cenderung mendapatkan banyak klik daripada konten yang tanggalnya terkesan usang.

Jika Anda tertarik menerapkan trik ini, jangan lupa untuk melakukan review sebelum dan setelah penerapan di statistik Google Analytics Anda.

4 Cara Mudah Menghilangkan Tanggal Postingan di Website WordPress

Ada beberapa cara yang bisa kita gunakan untuk menghapus tanggal postingan di website agar tidak muncul di hasil pencarian. Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk website WordPress :

  • Menggunakan Pengaturan WordPress
  • Custom CSS
  • Menggunakan Editor Tema
  • Plugin WordPress

Anda bisa menggunakan salah satu metode tersebut agar tanggal postingan website tidak muncul. Mari kita coba satu per satu!

1. Menghapus Tanggal Postingan dengan Pengaturan WordPress

Login ke dashboard admin WordPress Anda, masuk ke bagian Setting > General. Di bagian pengaturan Format Tanggal, pilih Custom Field dan hapus F j, Y seperti screenshot berikut. Setelah itu pilih Simpan Perubahan.
Menghapus Tanggal Postingan di Pengaturan Format Tanggal di WordPress
Setelah melakukan pengaturan ini, tanggal dari postingan WordPress tidak akan disembunyikan.

2.Menggunakan Custom CSS

Cara selanjutnya yang bisa kita gunakan untuk menghilangkan data dari postingan WordPRess adalah menggunakan kode custom CSS. Berikut langkah- langkahnya :

Masuk ke Dashboard > Tampilan > Sesuaikan.

Scroll ke bawah, pilih CSS Tambahan, dan tempel kode berikut :

.entry-meta .entry-date.published 
{ display: none; }

Jika kode di atas tidak bisa, gunakan kode alternatif berikut ini :

.entry-meta 
{ display: none; }


Tanggal masih terlihat?
Jika tanggal masih terlihat, ada kemungkinan tema WordPress Anda menggunakan CSS class yang berbeda untuk format tanggal. Untuk melihat CSS Class nya, klik kanan di bagian tanggal dan pilih “Inspect”, seperti screenshot berikut :

Copy nama class nya dan atur ke tampilan “none” seperti berikut :

.CLASS-NAME { 
  display: none; 
}

Sebelumnya jangan lupa untuk mengganti nama kelas (Class-Name) dengan nama kelas di tanggal posting tema website. Setelah itu, tempel di bagian CSS Tambahan. Dalam contoh ini misalnya, kita akan mengganti class name dengan .post-date.meta-wrapper sesuai nama class di tema. Setelah itu, pilih Terbitkan.

Inspect Elemen Format Tanggal di Postingan
Mengganti Class Name dan Tempel di CSS Tambahan

3. Menggunakan Penyunting Tema

Menggunakan penyunting tema atau theme editor juga bisa menghapus tanggal dari postingan di WordPress. Anda bisa masuk ke pengaturan ini di bagian Dashboard > Tampilan > Penyunting Tema.

Catatan : Disarankan untuk membuat cadangan file sebelum mengedit. Atau gunakan Child Theme untuk mengedit tema.

  • Perlu dicatat juga, setiap tema WordPress bisa punya pengaturan yang berbeda dalam menaruh kode yang memuat tanggal post ini. Dalam tutorial ini, kode tanggal terletak di folder template-part > content-single.php.
  • Di bagian ini, temukan baris kode yang memuat bagian kode tanggal. Setelah menemukannya, hapus bagian kode tersebut.
    Menghilangkan format data tanggal di Penyunting Tema
  • Simpan perubahan dengan klik ‘Perbarui Berkas’.

4. Menyembunyikan Tanggal Postingan WordPress dengan Plugin

Sebagian webmaster tidak cukup nyaman untuk mengedit kode karena mungkin tidak expert dalam hal coding. Untuk website WordPress, tentu saja itu bukan akhir dari segalanya.

Untuk menghilangkan tanggal postingan, plugin WordPress yang bisa kita gunakan yaitu WP Date Remover. Berikut langkah- langkahnya :

Plugin WP Date Remover
  • Masuk ke Dashboard admin > Plugin > Tambah Baru.
  • Di kotak pencarian, ketik WP Meta and Date Remover, lalu Instal dan Aktifkan.
  • Setelah aktif, masuk ke Dashboard > Pengaturan > WP Date Remover.
  • Disini Anda bisa mengatur kategori mana saja yang ingin Anda hilangkan tanggal postingannya.
    Setting Plugin WP Date Remover utnuk Menghilangkan Tanggal Postingan WordPress
  • Setelah semua selesai, klik Simpan.

Sebagai alternatif, Anda juga bisa juga menggunakan plugin serupa, yaitu WP Meta & Date Remover.

Kesimpulan

Bukan tanpa alasan saat seorang webmaster memilih menyembunyikan atau menghilangkan tanggal postingan agar tidak muncul di hasil pencarian. Salah satu alasan paling populer adalah masalah relevansi waktu.

Postingan lawas yang tanggalnya terlihat di SERP bisa mendorong adanya persepsi konten usang di mata pengguna Google. Dengan persepsi tersebut, ada kemungkinan besar mereka enggan meng-klik konten. Akibatnya, trafik organik akan menurun karena CTR yang rendah.

Untuk itu, opsi untuk menghilangkan tanggal postingan ini menjadi opsi yang menarik perhatian webmaster. Kabar baiknya, menghapus tanggal postingan ini relatif mudah dilakukan.

Anda hanya perlu mengubah pengaturan tanggal, melakukan editing kode dan CSS, atau bahkan dengan bantuan plugin WordPress.

Setelah melakukan salah satu dari keempat cara di atas, tanggal di halaman pencarian biasanya tidak langsung hilang. Anda perlu bersabar karena butuh waktu hingga Google mengcrawl ulang website Anda. Atau untuk mempercepatnya, Anda bisa submit ulang website Anda ke Google Search Console.

Selamat mencoba!

Tags:
Aditya Rumi

a time traveller, an explorer and a lover of science-techno things & coffee of course. Saya menggunakan aktifitas menulis untuk menyalurkan pengetahuan Saya. Semoga bermanfaat dan memberi value untuk orang lain.

  • 1

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.