Type to search

SEO

Cara Mengoptimalkan Meta Tag agar Website Mendapat Banyak Klik

Apa itu Meta Tag SEO

Meta Tag adalah salah satu poin krusial dalam optimasi SEO. Dengan mengoptimalkan tag meta, website akan lebih mudah ditemukan di hasil penelusuran mesin pencari.

Pasalnya, tag ini secara ini menginformasikan kepada bot mesin pencari tentang topik bahasan konten, yang relevan dengan pencarian pengguna. Begitu kueri sesuai dengan pencarian, situs berpotensi mendapatkan posisi yang baik di mesin pencari.

Nah di artikel kali ini, Panda akan secara khusus mengulas tentang apa itu meta tag dan mengapa sangat penting dalam optimasi SEO, serta tata cara untuk memasangnya di website.

Pengertian Meta Tag dalam SEO

Meta tag atau elemen meta adalah tag dalam bahasa pemrograman HTML yang berfungsi sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman website. Dalam SEO On-Page, kita mengenal elemen meta ini sebagai strategi untuk menampilkan website di halaman hasil pencarian.

Secara khusus, e
lemen meta akan memberitahu mesin pencari tentang konten yang ada di website Anda. Mulai dari judul konten (meta title), cuplikan konten (meta description), dan juga kata kunci penting (meta keyword).

Sebelum tampil dalam bentuk kalimat deskriptif yang diterjemahkan, e
lemen meta akan tampil dalam format HTML. Biasanya tag ini terletak di antara tag <head> dan </head> dalam halaman source code.

Namun jika Anda sudah menggunakan plugin SEO, Anda tidak perlu memusingkan peletakan kode- kode HTML di source code. Karena secara mudah, Anda dapat mengatur
elemen meta ini di setting plugin dan di masing- masing halaman konten.

Jenis- jenis Meta Tag

Setelah mengetahui apa itu elemen meta, kini saatnya untuk mengenali jenis- jenisnya. Secara umum, tag meta terdiri dari tiga jenis, yaitu :

1. Meta Title (Title Tag)

Meta Title adalah judul yang muncul di halaman hasil penelusuran. Sebagai judul, ia akan muncul di bagian paling atas dari sebuah hasil pencarian.

Fungsi utama dari meta title adalah untuk memberitahu pokok isi bahasan sebuah halaman. Dengan mengklik meta title ini, pengguna bisa masuk ke halaman website yang ia tuju.

Dalam source code, tag meta description terletak diantara kode <head> dan </head>, sama seperti Meta Title. Untuk memasang meta description, letakkan script berikut :
 <Title>Title Website Anda</Title> 

Saat menggunakan plugin SEO, Anda bisa memasang Meta Title ini di bagian SEO Title. Perhatikan gambar berikut ini :

Cara memasang meta title

Dalam prakteknya, membuat judul untuk meta title perlu memperhatikan beberapa hal. Selain memuat kata kunci, judul arus cukup menarik untuk memancing banyak klik, seperti yang Anda pernah ulas dalam tips membuat judul artikel yang menarik.

2. Meta Deskripsi (Meta Description)

Meta deskripsi adalah cuplikan atau rangkuman konten website yang akan muncul di hasil penelusuran. Cuplikan ini lah yang akan muncul di bawah judul nanti.

Meta deskripsi menjadi faktor pendukung penting untuk meyakinkan pembaca tentang relevansi konten. Sebelum pengguna memutuskan untuk mengklik website, mereka biasanya akan membaca cuplikan lebih dulu untuk melihat gambaran isi konten.

Dalam source code, tag meta description terletak diantara kode <head> dan </head>, sama seperti Meta Title. Untuk memasang meta description, letakkan script berikut :

[/su_highlight]<Meta Content=’Deskripsi Website Anda’ Name=’Description’/>[/su_highlight]

Saat menggunakan plugin SEO, Anda bisa memasang Meta Title ini di bagian SEO Title, seperti gambar berikut :

Cara memasang Meta description di Plugin SEO

Untuk memastikan pengguna mengklik konten Anda, pastikan membuat meta deskripsi yang ringkas, dan efektif. Untuk tips lebih lanjut, cobalah membaca artikel Panda sebelumnya : Cara Membuat Meta Description yang Efektif dan Optimal untuk SEO.

3. Meta Keyword

Meta keyword adalah informasi kata kunci yang digunakan oleh sebuah halaman website. Kata kunci ini lah yang akan memberitahu mesin pencari tentang poin utama pembahasan konten.

Dalam teknik SEO kuno, banyak orang yang berlomba- lomba mengoptimalkan keyword secara berlebihan. Bukannya optimal, justru mereka terjebak dalam praktek keyword stuffing, yang berlawanan dengan panduan optimasi website.

Dengan pembaruan algoritmanya, Google pun kini semakin cerdik dalam menganalisa konten website. Artinya, webmaster tidak bisa sembarangan mengelabui mesin pencari dengan kata kunci yang tidak relevan dengan isi konten.

Mentargetkan keyword tertentu sangat penting. Namun jangan lupa, relevansi juga sama pentingnya. Untuk menemukan kata kunci yang tepat, Anda bisa memulainya dengan
tool riset keyword.

Dalam source kode, meta keyword tampil dalam script berikut :

 <Meta Content=’Keyword yang Anda Pakai’ Name=’Keywords’/> 

Saat menggunakan plugin SEO, Anda bisa memasang Keyword ini di bagian Focus Keyword (Frasa Kunci Utama), seperti gambar berikut :

Pro Tips :
Saat menggunakan plugin SEO, optimalkan meta sampai indikator performa berwarna hijau. Warna hijau menandakan bahwa optimasi yang Anda lakukan sudah lebih efektif, tidak kurang dan tidak berlebihan.

Saat menggunakan plugin SEO, optimalkan meta sampai indikator performa berwarna hijau. Warna hijau menandakan bahwa optimasi yang Anda lakukan sudah lebih efektif, tidak kurang dan tidak berlebihan.

Fungsi Meta Tag dalam SEO

Seperti yang Panda ungkapkan, elemen meta ini sangat krusial untuk SEO website. Mengapa?

Karena meta membantu Google untuk mudah memahami isi konten website sehingga memudahkan dalam pengindeksan. Melalui elemen meta, Google akan mencocokkan keyword pada halaman dengan pencarian.

Selain itu, i
nformasi dari elemen meta juga menjadi daya tarik tersendiri untuk pengguna, sampai akhirnya mereka mengklik sebuah halaman website. Dengan meta title dan deskripsi meta yang tepat, pemilik website akan mendapatkan lebih banyak traffic.

Seperti ulasan Panda sebelumnya, mesin pencari sebenarnya tidak menyebutkan adanya manfaat SEO langsung dari deskripsi meta. Artinya, e
lemen meta tidak berpengaruh secara langsung dalam algoritma peringkat.

Kendati begitu, Google menggunakan RKT atau rasio klik-tayang sebagai salah satu cara untuk menentukan apakah sebuah halaman relevan dan berkualitas untuk pengguna. Dengan banyak orang mengklik, Google akan menilainya sebagai hasil yang baik, dan berpotensi meningkatkan peringkat Anda.

Dan untuk memaksimalkan RKT ini, tentu saja Anda wajib mengoptimalkan penggunaan e
lemen meta dalam SEO.

Cara Memasang Elemen Meta di Website

Pemilik website bisa memasang elemen meta dengan dua cara. Yang pertama adalah langsung melalui source code, dan yang kedua menggunakan bantuan plugin SEO.

Plugin SEO adalah pilihan menarik dan digunakan oleh banyak orang. Pasalnya, selain melakukan setting global untuk website, Anda juga bisa memasang meta tag dengan mudah di setiap kontan website lainnya.

A. Memasang Tag Meta secara Manual

Anda bisa memasang tag secara manual di source code dengan memasukkan kode script. Caranya adalah dengan masuk ke bagian bagian Tampilan >> Penyunting Tema, lalu temukan header.php.

Selanjutnya, sisipkan meta tag di antara kode <head> dan </head>, sesuai dengan meta tag yang Anda pakai :

  •  <Title>Title Website Anda</Title>  untuk Meta Title
  •  <Meta Content=’Description Website Anda’ Name=’Description’/>  untuk Meta Description
  •  <Meta Content=’Keyword Website Anda’ Name=’Keywords’/>  untuk Meta Keyword
Artikel Menarik Lainnya :   12+ Kesalahan yang Sering Dibuat Marketer dalam Desain Website

B. Memasang Tag Meta dengan Plugin SEO

Cara termudah dan banyak orang gunakan untuk mengatur tag meta adalah dengan plugin SEO. Misalnya saja All in One SEO Pack atau Yoast SEO.

Setelah menginstal salah satu plugin SEO tersebut, Anda perlu melakukan setting umum di bagian pengaturan plugin. Selanjutnya, Anda dapat melakukan optimasi m
eta untuk setiap halaman di website, termasuk di bagian homepage, seperti contoh Panda di segmen atas.

Plugin Yoast SEO

Kesimpulan

Meta Tag berbicara tentang isi website dalam format yang lebih ringkas untuk disajikan di hasil penelusuran. Jika Anda ingin mengoptimalkan website di mesin pencari, tentu optimasi meta wajib untuk Anda praktekkan.

Melalui optimasi judul konten, deskripsi konten dan kata kunci fokus, maka hasil pencarian Anda akan mendapatkan potensi indeks dan klik yang lebih baik lagi. Selain itu, memasang t
ag ini juga cukup mudah untuk dilakukan, bukan?

Jadi, tidak ada alasan untuk tidak melakukannya.

Sebagai penutup berikut ini adalah resume FAQ yang berkaitan langsung dengan artikel ini :

Apa itu Meta Tag?
Artikel Menarik Lainnya :   5 Cara Efektif Menggunakan Social Profile untuk Mendapatkan Backlink Berkualitas

Meta tag atau elemen meta adalah tag dalam bahasa pemrograman HTML yang berfungsi sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman website.

Bagaimana Cara Memasang Meta Tag?

Ada dua cara untuk memasang meta tag. Yang pertama adalah manual melalui source code di penyunting tema. Dan yang kedua dan paling mudah adalah menggunakan plugin SEO.

Apa fungsi Meta Tag?

Meta Tag berbicara tentang isi website dalam format yang lebih ringkas untuk disajikan di hasil penelusuran. Melalui meta tag, pengguna akan bisa mengenali pembahasan konten website, sebelum mereka mengklik halaman web tersebut.

Tags:
Aditya Rumi

a time traveller, an explorer and a lover of science-techno things & coffee of course. Saya menggunakan aktifitas menulis untuk menyalurkan pengetahuan Saya. Semoga bermanfaat dan memberi value untuk orang lain.

  • 1

You Might also Like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x