Type to search

Hack Social Media

8 Cara Membuat Tulisan Unik di WhatsApp agar Chatting Tambah Seru

Cara membuat format tulisan unik di WhatsApp

Chatting di WhatsApp bersama teman dan sahabat memang menyenangkan dan membuat kita lupa waktu. Apalagi jika kita menambahkan beberapa format tulisan unik, chatting pasti akan terasa lebih seru dan tidak membosankan.

Mungkin saja kamu pernah melihat beberapa teman menambahkan efek tulisan cetak tebal, cetak miring, huruf terbalik, hingga tulisan warna biru yang lucu. Apakah kamu pernah memanfaatkan berbagai format unik seperti ini saat chatting di WhatsApp?

Namun jika ternyata kamu belum tahu caranya, di artikel ini PandaGila.com akan mengulas secara lengkap format tulisan yang bisa Anda gunakan di WhatsApp. Dengan begitu, chatting akan menjadi lebih variatif dan menyenangkan.

Cara Membuat Tulisan Tebal/ Bold di WhatsApp

Membuat tulisan tebal atau bold bisa dilakukan dengan mudah di WhatsApp. Cetak tebal ini biasanya digunakan untuk menyatakan suatu pernyataan yang penting atau dengan penekanan khusus.

Untuk menggunakan cetak tebal ini, Anda bisa menambahkan tanda bintang (*) di depan dan di belakang pesan yang akan dikirimkan.

Misalnya kamu ingin menulis kata ‘Ditunggu maksimal hari ini’ dengan bold, maka kamu akan menulisnya di whatsapp dengan format  *Ditunggu maksimal hari ini*. Mudah sekali, kan?

Membuat tulisan cetak tebal bold di WhatsApp

Cara Membuat Tulisan Miring/ Italic di WhatsApp

Selain cetak tebal, kamu juga bisa membuat tulisan miring atau format Italic. Biasanya format tulisan ini digunakan untuk menandai pernyataan yang bersifat asing.

Untuk membuat tulisan miring Italic, kamu hanya perlu menambahkan tanda garis bawah atau underscore (_) baik di depan atau di belakang tulisan.

Misalnya kamu menulis kata World Health Organization dengan format italic, maka kamu akan mengetik _World Health Organization_ di aplikasi WA mu.

Cara membuat tulisan italic cetak miring di WhatsApp

Cara Membuat Tulisan Coret Tengah/ Strikethrough di WhatsApp

Umumnya sih teks dengan format strikethrough atau coret di tengah digunakan untuk menandakan revisi dan koreksi dalam sebuah pernyataan saat chatting.

Untuk membuat tulisan unik ini, kamu bisa menggunakan tanda tilde (~) di sebelum dan sesudah pesan yang kamu tulis di WhatsApp.

Misalnya kamu ingin menuliskan kata ‘Salah’ dengan coret tengah, maka kamu harus mengetik ~Salah~ di aplikasi WA mu.

Cara membuat tulisan coret tengah striketrough di WhatsApp

Cara Membuat Tulisan Unik Lainnya di WhatsApp

Membuat Tulisan Font Berbeda (Monospace) di WhatsApp

Selain dengan font default Android dan WhatsApp, sebenarnya kamu juga bisa menambahkan jenis font lain saat sedang chatting.

Font yang dimaksud disini adalah font Monospace atau FixedSys. Dengan begitu tulisanmu saat chatting akan terlihat seperti kode komputer. Keren, kan?

Untuk menggunakannya, kamu perlu menambahkan tanda apostrof penutup (backquotes) sebanyak tiga kali, baik di awal maupun di akhir pesan. Karena tidak semua keyboard mempunyai tanda backquotes ini, maka kamu bisa copas langsung tanda ini (“`).

Cara membuat tulisan unik monospace di WhatsApp

Membuat Tulisan Terbalik/ Upside Down di WhatsApp

Salah satu bentuk tulisan unik lainnya yang bisa kamu pakai adalah upside down alias tulisan terbalik. Teks ini bisa kamu gunakan saat sedang iseng dengan teman, hehehe…

Untuk membuat tulisan unik ini di WA, kamu membutuhkan sebuah aplikasi Android tambahan yang bernama Upside Down (Flip Text). Kamu bisa mengunduhnya melalui PlayStore atau Apple Store.

Buka aplikasi tersebut, lalu ketikkan teks normal di bagian kolom atas. Maka secara otomatis hasil tulisan terbalik akan muncul di bagian bawah. Selanjutnya kamu tinggal copy paste di aplikasi WA mu. Mudah, kan?

Cara membuat tulisan terbalik FlipText di WhatsApp
Membuat tulisan terbalik FlipText/ via vndnguyen

Membuat Tulisan Alay/ Fancy Font di WhatsApp

Sekali- kali alay saat chatting boleh dong? Kamu bisa juga mencoba font alay untuk bikin chatting mu makin seru.

Untuk menggunakan font alay ini, kamu perlu menginstall aplikasi Fancy Text for Chat. Setelah itu masuk ke aplikasi dan pilih Fancy Text. Di kolom Enter Text Here, kamu bisa menulis pesan yang ingin dikirim dengan tulisan alay yang kamu inginkan.

Setelah itu kamu bisa pilih WhatsApp untuk mulai meneruskan pesan ke teman atau grup WA.

Membuat tulisan alay di WhatsApp dengan Fancy Text

Membuat Chat Kosong/ Empty Chat di WhatsApp

Menjahili teman juga bisa dilakukan dengan mengirim chat kosong di WA. Tanpa karakter atau bahkan tanda titik sekalipun. Pasti membuat penerima penasaran, kan?

Untuk membuat pesan ini, kamu bisa menggunakan aplikasi khusus bernama Empty Chat yang memang fungsinya adalah mengirimkan pesan kosong.

Pertama- tama, kamu bisa mengunduh aplikasi ini. Selanjutnya, buka aplikasi dan kamu tinggal menekan tombol Send untuk mengirimkannya langsung ke kontak WA mu.

Cara membuat Chat Kosong/ Empty Chat di WhatsApp
Membuat chat kosong di WhatsApp/ via aptoide

Cara Membuat Tulisan Berwarna di WhatsApp

Yang terakhir, adalah cara membuat chat tulisan berwarna di WhatsApp yang tentunya bikin chatting kamu menjadi lebih penuh warna.

Untuk membuat tulisan ini, kamu bisa menggunakan aplikasi khusus bernama Blue Text – Black Text to Blue Form di Playstore. Dengan aplikasi ini, kamu bisa membuat tulisan berwarna biru dengan font yang juga berbeda dari biasanya.

Setelah mengunduh, buka aplikasi Blue Text dan ketikkan chat WhatsApp yang ingin diubah warnanya. Jika sudah, tekan ikon Copy untuk menyalin tulisan. Buka chat WhatsApp dan Paste tulisan tersebut. Taraaaa…. Kini teks mu menjadi berwarna.

Cara membuat teks berwarna di WhatsApp

Kesimpulan

Ternyata ada banyak cara untuk membuat tulisan unik di WhatsApp. Mulai dari cara manual dengan memanfaatkan tanda/ simbol di keyboard, sampai menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Dengan begitu, kamu akan mempunyai chatting yang variatif dan seru bersama teman- temanmu.

Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya :   7+ Tips Berjualan di Media Sosial dengan Cara Sederhana tapi Efektif
Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
2
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x