Type to search

SEO

6 Cara Mudah untuk Membuat Artikel SEO Friendly

Membuat artikel yang SEO Friendly

Saat menulis artikel tentang SEO Friendly ini, Saya tiba- tiba ingat saat masih menjadi blogger amatir dulu. Dulu nge- blog asal nge-blog saja, tidak belajar tentang SEO dan juga mengabaikan banyak faktor tentang #SEO. Yang penting asal jalan.

Beberapa bulan menjadi blogger amatiran yang asal nge- blog, lama- lama Saya paham bahwa blogging itu bukan sekedar blogging, kecuali kalau Saya hanya ingin blogging ini sekedar penyalur hobi menulis atau mengisi waktu senggang. Awal mengenal SEO karena Saya waktu itu aktif blogwalking dan banyak membaca artikel seputar blogging dan make money. Setelah itu baru Saya ngeh, ‘ohhh begitu tho caranya blogging….

Lupakan kejadian beberapa tahun yang lalu, kini Anda tidak perlu membuat kesalahan serupa seperti Saya dulu. SEO adalah faktor penting yang tidak bisa diremehkan jika Anda ingin membangun blog yang baik dan kuat di search engine.

Content is the king, konten adalah raja. Penting sekali untuk memperhatikan faktor SEO sebelum kita mem-publish artikel yang kita buat di blog. Di artikel ini, Saya sekedar sharing bagaimana cara membuat artikel yang SEO Friendly sehingga artikel kita dapat memperoleh perlakuan yang istimewa di mesin pencari. Semoga bermanfaat ya!

Trik Ampuh Menulis Artikel SEO Friendly untuk Blog Anda

1. Konten Original dan Berkualitas

Search Engine Optimization adalah tentang semua upaya mendorong situs web Anda ke bagian teratas halaman pencarian. Untuk berada di posisi ini, banyak pemilik web fokus dan berinvestasi untuk menjaga performa website kita.

Konten original dan berkualitas berarti adalah menciptakan konten unik yang menjadi tulang punggung SEO on Page Anda. Anda tidak boleh mengungunggah konten tidak relevan atau menjiplak dari internet yang membuat situs web Anda bernilai rendah di SERP.

Maka dari itu, usai melakukan proses penulisan atau tulisa ulang artikel (rewrite), Anda wajib melakukan tes plagiarisme. Untuk melakukan tes plagiarisme yang cepat dan efisien, Anda bisa menggunakan tool online cek plagiarisme dari Searchenginereports.net. Dengan begitu, Anda bisa mendeteksi adanya konten bajakan dari halaman Anda dengan cepat dan mudah.

Oh ya, berapa jumlah kata yang dibutuhkan untuk membuat sebuah artikel menjadi berkualitas?? Meskipun banyak yang mengatakan minimal 300 kata saja sudah cukup, sebaiknya tingkatkan menjadi 500 kata atau lebih. Semakin panjang, lengkap dan informative sebuah artikel, maka artikel tersebut akan semakin berkualitas.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Posting Otomatis Artikel Blog ke Facebook dan 6 Media Sosial Lainnya

2. Mengatur Judul dan Deskripsi yang Sesuai

Dalam SEO, judul atau title sangat penting, karena berperang sebagai informasi awal atau garis besar isi sebuah artikel yang akan disuguhkan kepada pembacananti. Judul yang dibuat sebaiknya mewakili topik yang dibahas dalam artikel, serta mengandung kata kunci yang dibidik, tapi tidak kaku, menarik dan terlihat natural.

Perhatikan contoh dibawah ini :

  1. Membuat Email di Yahoo dan Google
  2. Cara Mudah Membuat Email Gratis di Yahoo Google

Kedua judul diatas membidik kata kunci yang sama, yaitu membuat email di Yahoo dan Google’. Bedanya, judul kedua terlihat lebih menarik dan enak dibaca. Besar kemungkinan oranga kan memilih judul yang kedua dibandingkan judul yang terkesan apa adanya dan kurang meyakinkan, meski sama- sama bertengger di halaman utama pencarian.

Dan yang perlu digarisbawahi, kata ‘Cara’ disini memegang peranan penting karena ini menjadi salah satu kata kunci untuk mencari berbagai jenis tips atau solusi melakukan sesuatu di mesin pencari.

Artikel Menarik Lainnya :   7 Strategi untuk Menciptakan Konten yang Cepat Populer

Selain memberi judul yang tepat dan menarik, jangan lupakan juga Meta Description. Meta Description adalah jenis meta/ tag html yang dibaca mesin pencari sebagai deskripsi artikel yang ditampilkan di halaman pencarian. Meta description ini dibatasi hanya 160 karakter sehingga kita harus memilih untuk memasukkan deskripsi yang tepat dan mengandung kata kunci sebagai meta description-nya.

3. Gambar dan Video yang Relevan

Rasanya kurang lengkap ya jika sebuah artikel tidak diberi tambahan gambar atau video yang relevant sebagai bumbu penyedapnya? Nah, menyisipkan gambar dan video pun tidak boleh asal, melainkan harus nyambung dengan topik yang dibahas. Ketika memasukkan gambar sebagai konten, jangan lupa untuk menambahkan tag Alt sesuai sehingga gambar konten dapat dibaca dengan mudah oleh Search Engine.

Artikel Menarik Lainnya :   9 Tips Ampuh untuk Membuat Konten Anda Disukai Google dan Pembaca

4. Jangan Berlebihan Dalam Memasukkan Keyword

Keyword memang salah satu faktor penting dalam SEO, tapi ingat bukan berarti kita bisa asal memasukkan keyword sehingga menjadi berlebihan. Untuk menghasilkan artikel yang SEO Friendly, keyword harus disebar secara merata di konten Anda, yaitu mulai dari awal paragraph, tengah paragraph, hingga akhir paragraf, dengan jumlah sewajarnya. Terlalu banyak keyword dalam konten Anda bisa berbahaya karena hal tersebut dapat dianggap sebagai SPAM (keyword stuffing ).

5. Tidak Berlebihan Dalam Memasukkan Tag

Sama halnya seperti keyword, memasukkan tag dalam konten pun harus sewajarnya, tidak perlu berlebihan. Dalam konten, tag adalah sebuah identitas yang mengacu pada konten sebuah blog. Terlalu banyak tag dapat membuat konten terlihat tidak fokus dan terkesan seperti kegiatan SPAM. Menggunakan 5 tag saja sudah cukup untuk mewakili artikel yang kita buat.

6. Membuat Link ke Halaman Terkait

Menambahkan link ke halaman terkait, secara internal atau eksternal, berarti kita memberikan link referensi untuk pembaca menemukan konten yang berhubungan dengan artikel yang sedang dibaca. Hal ini menjadikan konten terlihat lebih lengkap dan informatif untuk pembaca. Selain dapat meningkatkan page view, tentu saja ini menjadikan artikel Anda lebih SEO Friendly.

Bagaimana, tidak terlalu sulit kan teman- teman? Saya sendiri merasa setelah mempraktikkan 6 cara ini, kualitas blog Saya lebih baik dan juga visitor meningkat. Conten is the king betul deh. Mari kita buat artikel kita menjadi lebih SEO Friendly dan lihatlah hasilnya!

Selamat mencoba!

Tags:
Aditya Rumi

a time traveller, an explorer and a lover of science-techno things & coffee of course. Saya menggunakan aktifitas menulis untuk menyalurkan pengetahuan Saya. Semoga bermanfaat dan memberi value untuk orang lain.

  • 1

You Might also Like