Type to search

Entrepreneurship

7 Langkah Meraih Kebahagiaan dalam Bisnis dan Kehidupan Pribadi

7 Langkah Meraih Kebahagiaan dalam Bisnis dan Kehidupan Pribadi

Kita semua pasti ingin bahagia. Entah itu dalam kehidupan pribadi atau karir dan bisnis. Dan saat kita berpikir tentang kebahagiaan itu, pikiran kita seringkali mengerucut pada bagaimana mendaptakan banyak kesenangan dan terhindari dari kesengsaraan.

Ada banyak orang yang sulit menyeimbangkan kebahagiaan mereka dalam hidup. Ada yang sukses secara karir, namun sering bertanya pada diri sendiri, “Mengapa seperti ada yang kurang? Mengapa Saya tidak bahagia? Apa yang salah?”

Tidak heran, sering kita mendapat berita tentang orang- orang yang dari luar terlihat sudah sangat sempurna hidupnya, namun tiba- tiba kita mendengar kabar tidak menyenangkan dari mereka. Bunuh diri, bercerai, atau depresi. Dan kita akhirnya hanya bisa berkata, “Kok bisa ya? Nggak nyangka lho bisa seperti itu…”

Bahagia Lahir dan Batin dalam Bisnis dan Kehidupan

Memang, bicara tentang kebahagiaan yang sesungguhnya itu rumit. Sesuatu yang tidak bisa kita nilai dari luar. Kita mungkin sering terpaku pada standar- standar tertentu yang membuat kebahagiaan itu terasa seperti hal mahal yang sulit dicapai.

Padahal, bahagia itu bisa sangat sederhana. Bagaimana caranya? Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda coba :  

1. Melakukan yang Sesuai dengan Passion Anda

Cara termudah untuk bahagia adalah dengan melakukan apa yang Anda sukai. Temukan passion Anda dan nikmati aktifitas berdasarkan passion tersebut. Misalnya saja Anda menemukan passion dalam menulis, maka bisa jadi Anda menemukan kebahagiaan dalam diri Anda dengan melakukan aktifitas menulis artikel di blog. Karir Anda pun sebaiknya tidak jauh- jauh dari jenis karir yang bisa mengakomodir passion Anda.

Bahkan jika tidak bisa, jadikan kegiatan sampingan berbasis passion ini sebagai salah satu rutinitas Anda. Misalnya, sambil bekerja, Anda bisa merawat blog Anda. Goal-nya bukan lagi untuk mencari uang, tapi sebagai sarana aktualisasi diri dan kebahagiaan.

Artikel Menarik Lainnya :   Kisah Inspiratif Sally Giovanny, Dari Keliling Pasar Kini Sukses Jadi Pebisnis Batik Trusmi

2. Mensyukuri Apa yang Anda Miliki

Puncak dari kebahagiaan dalam bisnis dan kehidupan adalah banyaknya rasa syukur yang kita miliki. Seringkali kita tidak bahagia bukan karena kita dalam keadaan masih kekurangan, namun karena kita kurang bersyukur atas apa yang kita miliki. Kesehatan, jabatan yang dipercaya dari atasan, keluarga yang utuh, dan lain sebagainya sering tak terlihat sebagai rejeki yang sangat bernilai.

Mulai dari sekarang, cobalah untuk lebih banyak bersyukur untuk hal- hal yang kamu miliki. Bukan hanya sekedar ucapan dan perasaan, sampaikan syukur Anda juga dengan berkomitmen untuk menggunakan apa yang Anda miliki dalam hidup untuk menjadi manusia yang lebih baik lagi.

Artikel Menarik Lainnya :   Pentingnya Mengoptimalkan Personal Branding untuk Meraih Sukses di Era Digital

3. Buatlah Goal yang Lebih Tinggi dari Sekedar Uang

Banyak pebisnis yang menjadikan uang sebagai tolak ukur sebagai kesuksesan. Sehingga fokus Anda selalu dalam hal finansial, seperti menekan biaya sekecil- kecilnya, dan mengejar keuntungan sebesar- besarnya. Padahal, tujuan sebuah bisnis jangka panjang bukan sekedar uang, tapi juga value apa yang bisa diberikan. Percayalah, profit akan mengikuti seiring dengan value yang kita berikan.

4. Ciptakan Keseimbangan dalam Hubungan

Banyak orang punya pengalaman yang tidak bahagia, bahkan saat karir atau bisnis mereka sedang berada di puncak, yaitu hubungan mereka dengan keluarga dan sahabat menjadi tidak harmonis karena hampir seratus persen waktu tersita hanya untuk bekerja. Jika sudah begini, berapa pun dollar yang Anda hasilkan, Anda tidak akan bahagia. Seperti ada yang hilang, namun Anda kesulitan untuk menyadarinya.

Cobalah untuk menyeimbangkan hubungan Anda di sela- sela membangun karir. Beri batasan untuk waktu bekerja dan waktu untuk keluarga. Manfaatkan satu hari tertentu, misalnya saja Minggu untuk beristirahat di rumah dan menikmati waktu berkualitas dengan keluarga Anda. Jika Anda ingin benar- benar bahagia, bukan hanya karir saja yang bagus, tapi hubungan dengan keluarga juga harus berkualitas.

Artikel Menarik Lainnya :   Kisah Inspiratif John Collison, Milenial Berharta Rp 30 T
8 Cara Sederhana untuk Membangun Pikiran Positif dan Menjadikan Anda Orang Sukses

5. Perlakukan Rekan Kerja Seperti Keluarga Sendiri

Jadikan perusahaan yang Anda bangun sebagai rumah untuk keluarga kita. Ibaratnya jika Anda adalah pemilik sebuah perusahaan, maka Anda adalah orangtua untuk anak- anaknya. Tanggung jawab Anda bukan sekedar memberi mereka pekerjaan, dan juga gaji di akhir bulan. Cobalah untuk membentuk hubungan kekeluargaan di kantor Anda. Buat atmosfer di kantor menjadi sejuk dengan kepedulian utnuk menasehati dan menegur jika terjadi kesalahan. Bantu teman- teman Anda di kantor untuk menjadi pekerja di kantor yang berkembang dari waktu ke waktu.

6. Memimpin dari Hati

Memimpin dari hati memang bukan hal yang mudah. Kenyataannya, entah disengaja atau tidak, kita kerap digiring untuk bersikap tidak obyektif di perusahaan, dan sering terjebak dengan mode kepemimpinan yang dictator. Belajarlah untuk obyektif, dan tegas, tapi kooperatif dan peduli dengan anak buah Anda. Memimpin dengan hati akan membantu mereka yang berada di bawah Anda untuk termotivasi memberikan kontribusi terbaik di perusahaan.

7. Melakukan Semuanya dengan Tepat dan Bertanggungjawab

Dalam menjalankan bisnis, ketidakbahagiaan sering dimulai dengan banyaknya ‘permainan’ di belakang layar. Banyak pebisnis yang tidak bahagia karena mereka sendiri tidak mempunyai integritas, tidak jujur, mengambil hak orang lain, dan berbuat semena- mena.

Jika sudah begini, sesukses apapun bisnis atau karir kita, kita sulit merasakan kebahagiaan lahir batin. Ada ketidakpuasan karena ingin mengejar sesuatu yang tidak berujung. Sebaliknya, jika Anda berupaya menjadi pebisnis yang jujur, berintegritas, dan bertanggungjawab, kebahagiaan akan lebih mudah menghampiri Anda. Jadi, cobalah untuk selalu melakukan hal yang baik dan benar.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.