Type to search

Hack Techno

Cara Melihat Password Tersimpan di Google Chrome PC dan Android

Cara melihat password tersimpan di Chrome

Melihat password tersimpan di Chrome adalah salah satu trik yang perlu kita ketahui untuk mengingat kembali teks password di browser tersebut. Umumnya, saat login kita kerap memanfaatkan fitur remember my password.

Tentu cara ini sangat memudahkan. Di sisi lain, ini membuat kita semakin sulit mengingat password kita sendiri. Saat ada kebutuhan untuk mengganti kata sandi misalnya, kita akan kesulitan saat sistem meminta kita memasukkan kata sandi lama.

Pernah mengalami kejadian ini?

Jika sebelumnya Panda mengulas tentang cara melihat password tersimpan dengan trik javascript dan inspect element, di artikel kali ini Panda lebih spesifik membaca password tersimpan untuk Google Chrome.

Melihat Password Tersimpan di Google Chrome PC

Apakah kamu termasuk orang yang suka minta bantuan Chrome untuk menyimpan password?

Jika iya, tentu kamu penasaran bagaimana cara melihat deretan password yang Chrome simpan untuk akunmu. Selain melihat password nya, kamu juga bisa melihat nama username yang kamu pakai.

Berikut ini langkah- langkahnya :

  1. Buka aplikasi Chrome Desktop
  2. Tap titik tiga kanan atas untuk masuk ke konfigurasi, lalu pilih ‘Setting’
    Melihat password di Chrome dari menu setting
  3. Di panel sebelah kiri, pilih menu Autofill, kemudian tap ‘Password’
    Masuk ke menu Autofill > Password
  4. Anda akan masuk ke list akun dan password tersimpan, seperti gambar di bawah ini. Selanjutnya, Anda tinggal mencari akun mana yang ingin kamu intip password nya.
    Cara melihat password di Chrome PC
  5. Klik akun yang ingin kamu lihat kata sandinya dengan tap ikon mata, lalu kamu akan diminta untuk mengisi kata sandi laptopmu seperti gambar di bawah.
  6. Done! Kamu sudah bisa melihat password yang kamu simpan di akun Google Chrome mu.

Untuk bisa membaca password di browser ini, kamu perlu mengaktifkan windows security dan setelah kunci layar terlebih dulu ya. 

Melihat Password Tersimpan di Chrome Mobile/ HP

Selain di Chrome versi desktop, kamu juga bisa membaca password tersimpan di Chrome versi mobile alias HP. Langkah- langkahnya sebenarnya sangat mirip dengan cara melihat password di browser versi PC, kamu hanya perlu menyesuaikan langkah- langkahnya saja.

Sebelum itu, kamu perlu masuk ke pengaturan HP, dan mengaktifkan layar kunci lebih dulu. Caranya adalah dengan masuk ke bagian Setting, kemudian pilih Sandi dan Keamanan, lalu buat kunci layar berupa pola, pin atau sandi.

Setelah itu, lakukan langkah- langkah berikut ini untuk melihat kata sandi di Chrome HP :

  1. Buka aplikasi Chrome
  2. Tap titik tiga kanan atas untuk masuk ke konfigurasi, lalu pilih Setelan > Sandi
    Cara melihat password Chrome di HP
  3. Pilih salah satu akun yang ingin kamu lihat data passwordnya.
    Melihat daftar akun yang password nya tersimpan di Chrome HP
  4. Kamu akan masuk ke akun yang dipilih tadi, lalu tap ikon mata di sebelah kata sandi dalam kode asterisk.
    Membaca kata sandi tersimpan di Chrome HP
  5. Saat tap ikon tadi, kamu akan diminta untuk membuka kunci keamanan dengan pola, pin atau kata sandi yang sudah kamu atur di awal.
  6. Setelah membuka kunci keamanan, taraaaa….. Kamu akan berhasil membaca password yang tersimpan di browser tersebut.

Mengapa Perlu Setting Keamanan Lebih Dulu?

Baik melihat password Chrome di desktop maupun di HP, keduanya membutuhkan aktivasi keamanan device. Mungkin kamu bertanya- tanya, mengapa hal ini perlu kamu lakukan?

Jawabannya sederhana, yaitu agar tidak semua orang bisa melihat sandi tersimpan dengan mudah. Agar kata sandi mu tetap aman, Chrome mengarahkanmu untuk mengatur kata sandi perangkat terlebih dulu.

Kesimpulan

Melihat password yang tersimpan di Chrome ternyata cukup mudah. Kamu bisa membuka kata sandi tersebut, selama bisa mengakses Chrome dan mengaktifkan kunci perangkat.

Yang perlu kamu sadari, ini sekaligus mengartikan bahwa menggunakan fitur remember password ala Chrome tidak sepenuhnya aman. Saat orang meminjam perangkatmu, potensi besar mereka bisa mengetahui password dan membajak akunmu.

Jika kamu merasa bahwa akunmu benar- benar sangat penting, cobalah untuk tidak menyimpan sandinya di browser apapun, termasuk Chrome. Jika khawatir lupa, kamu bisa mencatatatnya di tempat yang pasti aman, atau menggunakan aplikasi untuk menyimpan password. 

Aditya Rumi

a time traveller, an explorer and a lover of science-techno things & coffee of course. Saya menggunakan aktifitas menulis untuk menyalurkan pengetahuan Saya. Semoga bermanfaat dan memberi value untuk orang lain.

  • 1
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x