Type to search

Techno

Begini Cara Menggunakan Dark Mode (Theme Gelap) di WhatsApp

Cara Menggunakan WhatsApp Dark Mode

Masih dalam versi Beta, akhirnya WhatsApp merilis fitur Dark Mode yang sudah lama dinantikan. Fitur baru ini akan dilepas di WhatsApp versi 2.20.13. Namun karena masih versi Beta, belum semua pengguna bisa mencoba fitur baru ini.

Versi beta ini sendiri adalah software yang sudah tersedia untuk diuji oleh sejumlah pengguna terbatas. Versi beta dikeluarkan sebelum sebuah fitur software digunakan lebih luas untuk semua pengguna.

Tujuannya agar platform mengetahui jika adanya masalah ketidakstabilan aplikasi atau gangguan lain pada fungsi fitur tersebut. Sehingga saat sudah benar- benar dirilis, semua fungsi sudah berjalan dengan baik.

Karena pendaftaran menjadi Beta Tester WhatsApp saat ini sudah ditutup, hanya pengguna yang sebelumnya sudah terdaftar sebagai Beta Tester WhatsApp (penguji WhatsApp versi beta) yang bisa mencoba fitur baru ini.

Sebagai alternatif, pengguna yang tidak terdaftar sebagai Beta Tester WhatsApp bisa menggunakan toko aplikasi pihak ketiga yang menjajakan APK WhatsApp Beta, seperti APK Mirror.

Meski begitu perlu diingat bahwa APK ini tidak dijamin keamanannya karena disediakan oleh toko aplikasi pihak ketiga.

Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatApp

Dark mode di WhatsApp serupa dengan tampilan mode gelap di Instagram. Fitur ini membuat interface WhatsApp pengguna didominasi warna hitam. Hanya saja, WA tetap mengusung tambahan warna yang sesuai dengan ciri khas mereka.

Saat theme gelap diaktifkan, warna gelap akan mendominasi seluruh tampilan WhatsApp. Mulai dari beranda, hingga ruang obrolan pengguna. Warna hijau yang menjadi ciri khas WA akan terlihat di beberapa bagian, seperti ikon “chat” di bagian bawah, balon notifikasi, serta status saat mengetik.

Di dalam ruang obrolan, kolom teks pesan yang dikirim akan berwarna hijau. Sedangkan kolom teks pesan diterima akan dibalut warna gelap. Untuk pesan teks dan nama kontak yang terlihat di beranda berwarna putih.

Tampilan WhatsApp Dark Mode
Berikut ini adalah cara mengaktifkan WhatsApp Dark Mode :

  • Masuk ke menu Setting/ Pengaturan
  • Pilih Chat >> Theme/ Tema
  • Di dalam menu Tema tersebut ada tiga opsi yang bisa dipilih pengguna, yaitu “System Default”, Mode Terang, dan Mode Gelap
  • Setelah pengguna memilih Mode Gelap/ Dark Mode, maka tampilan latar aplikasi akan berubah menjadi abu- abu gelap dengan tambahan nuansa hijau
  • Sebaliknya, jika pengguna memilih Light Theme atau Mode Terang, maka pengguna akan melihat mode normal WhatsApp seperti biasa


Sedangkan System Default memberikan tampilan kepada pengguna sesuai dengan pengaturan ponsel pengguna. Jika pengguna mengaktifkan dark mode di ponsel Android atau iOS mereka, maka WA akan ikut mengaktifkan mode yang sama.

Sedangkan opsi pilihan Set by Battery Saver akan membuat WhatsApp memilih menampilkan Light Theme atau Dark Theme sesuai dengan pengaturan battery saver di ponsel.

Artikel Menarik Lainnya :   Tutorial Lengkap Cara Menggunakan WhatsApp Business (WA Bisnis)
Tags:
Tirta Prana

Gamers for lyfe dan mantan karyawan yang sedang mencoba peruntungan di dunia bisnis dengan usaha distro baju. Wish me luck, gaiss! My life is my battle😎

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x