Type to search

Apps & Tools Hack

Cara Mudah Download Video YouTube Gratis Tanpa IDM

Cara Download video YouTube tanpa IDM

Download video YouTube dan IDM atau Internet Download Manager sering disebut sebagai dua hal yang sulit dipisahkan. IDM sering disebut sebagai salah satu tool downloader terbaik untuk video YouTube.

Namun, ini menjadi rumit karena IDM harus diunduh dan diinstall lebih dulu. Selain itu, IDM juga digunakan terbatas di masa trial jika belum membeli pro version dengan harga mulai $9.95 per tahun.

Ada juga pengguna yang tidak menggunakan versi berbayar tapi mencari aplikasi IDM gratisan. Ini mungkin dianggap win- win solution bagi sebagian orang, namun meningkatkan resiko keamanan pada device yang digunakan.

Cara Praktis Download Video YouTube Tanpa IDM

Saat menikmati tayangan video YouTube, beberapa orang ingin menyimpan video untuk bisa ditonton kapan saja dengan mudah. Sebenarnya saat ini YouTube sudah bisa didownload untuk ditonton secara offline di platform tersebut.

Namun hal ini masih dirasa tidak praktis karena perlu masuk ke platform lagi untuk menikmati videonya. Jika ingin mengunduhnya, pengguna bisa menggunakan berbagai software yang bisa digunakan untuk mendownload video. Sebut saja Internet Download Manager (IDM) dan beberapa software lainnya.

Jika Anda termasuk orang yang enggan untuk menggunakan software yang harus terinstal di desktop, maka cara ini adalah alternatif yang Anda butuhkan. Berikut adalah beberapa cara untuk download video YouTube tanpa IDM :

1. Cara Download Video dengan Ekstensi Browser

Salah satu cara termudah untuk download video YouTube adalah menggunakan ekstensi browser. Untuk pengguna Mozilla Firefox, ada beberapa extension yang bisa Anda coba.

Ekstensi ini antara lain :

Karena tool ini adalah ekstensi browser, maka Anda perlu menambahkannya ke browser lebih dulu. Caranya adalah sebagai berikut :

  • Klik salah satu ekstensi yang ingin diinstall
  • Klik button hijau + Add to Firefox 
  • Saat muncul pop up, klik install dan tunggu sampai proses pemasangan selesai
  • Klik tombol restart

Setelah ekstensi berhasil diinstall, maka Anda bisa mengunduh video YouTube apapun dengan mudah dan cepat. Caranya hanya dengan mengklik button download di setiap video YouTube, lalu mengunduh sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

Install Video Download Helper untuk Download Video YouTube

Misalnya saat Anda menggunakan Easy YouTube Video Downloader Express seperti gambar di bawah ini. Anda hanya tinggal membuka video yang ingin diunduh, lalu menemukan button downloader.

Pilih ukuran video yang akan diunduh, dan ekstensi akan membantu Anda mengunduh video tersebut. Sangat mudah, bukan?

Download video YouTube dengan Easy YouTube Video Downloader Express
Download video dengan menggunakan Easy YouTube Video Downloader Express

Bagaimana dengan ekstensi untuk Chrome? Untuk Chrome tidak tersedia ekstensi untuk mengunduh video YouTube karena ini bertentangan dengan policy yang diterapkan untuk Chrome Web Store.

Meski begitu, sebenarnya ada ekstensi yang bisa digunakan untuk mengunduh video YouTube di Chrome. Namun untuk menginstal nya, Anda perlu masuk ke website tersebut dan mengunduh APK nya langsung di website mereka.

Nah, ekstensi atau website yang dimaksud ini ada di nomor dua ini.

2. Cara Download Video YouTube dengan Situs Savefrom.Net

Jika kebetulan tidak menggunakan Mozilla Firefox dan enggan untuk beralih, Anda bisa menggunakan cara yang kedua ini. Yaitu menggunakan situs Savefrom.net.

Ada dua cara yang bisa digunakan untuk mengunduh video YouTube dengan Savefrom.net. Yang pertama adalah dengan masuk ke situs Savefrome.net dan yang kedua menginstall ekstensinya ke browser (Unduh langsung dari situs Savefrom.net untuk Chrome, tidak bisa dari Chrome Store).

Cara 1 :

  1. Salin URL video YouTube yang akan di-download
  2. Masuk ke situs savefrom.net
  3. Paste link YouTube di bagian kotak unduhan, dan klik Unduh
  4. Tentukan ukuran dan format video yang ingin diunduh

Setelah itu akan muncul pop up yang meminta Anda untuk menyimpan video, dan selanjutnya proses download video akan segera berjalan.

Download video YouTube dengan Savefrom.net

Jika mengunduh video ini akan menjadi kegiatan yang cukup sering dilakukan, maka Anda bisa menggunakan cara kedua. Yaitu dengan menginstal ekstensi Savefrom.net ke browser Anda.

Cara 2 :

Ekstensi Savefrom.net untuk download video YouTube
  1. Masuk ke situs savefrom.net
  2. Di deretan menu atas, pilih ‘Pasang’
  3. Anda akan diarahkan ke halaman untuk menginstal ekstensi Savefrom.net
  4. Unduh file instalasi
  5. Setelah file terunduh, klik dua kali pada file aplikasi dan klik Run
  6. Saat muncul pop up konfirmasi permintaan install, klik Yes dan lanjutkan/ next
  7. Selanjutnya Anda akan diarahkan ke halaman website savefrome.net di browser Anda memasang aplikasi tersebut. Klik ‘Pasang’ di halaman tersebut.
  8. Tunggu beberapa saat sampai proses instalasi berhasil

Setelah proses ini selesai, Anda mulai bisa mengunduh video YouTube apapun dengan mudah dan cepat. Setiap kali Anda membuka video YouTube, akan ada button hijau yang memungkinkan Anda mengunduh langsung.

Pilih kualitas video yang diinginkan, dan klik Unduh. Voila! Video YouTube berhasil Anda download!

3. Cara Download Video YouTube dengan Keepv.id

Sama seperti Savefrom.net, Keepv.id jua memungkinkan penggunanya untuk mengunduh video YouTube secara gratis. Cara menggunakannya pun hampir sama persis.

Berikut langkah- langkah menggunakan Keepvid.id untuk download video YouTube :

  1. Salin URL video YouTube yang akan diunduh
  2. Masuk ke situs Keepv.id
  3. Paste link YouTube di bagian kotak URL, dan klik Go
  4. Tentukan ukuran dan format video yang diinginkan, lalu Download
Download video YouTube dengan Keepv.id

Selain mengunduh file dalam format mp4, Keepv.id jugag memungkinkan penggunanya untuk mendownload video ke dalam format mp3 (audio).

4. Cara Unduh Video YouTube dengan Y2mate

Y2mate cukup populer sebagai salah satu situs rekomendasi untuk mengunduh video YouTube. Cara menggunakannya sama seperti Savefrom.net dan Keepv.id.

Berikut langkah- langkahnya :

Download video YouTube tanpa IDM dengan Y2mate
  1. Salin URL video Youtube yang akan didownload
  2. Masuk ke situs Y2mate
  3. Tempel link video di bagian kotak URL, lalu klik Start
  4. Download video sesuai kualitas dan video yang diinginkan, lalu klik Download

Mengunduh video YouTube dengan situs ini relatif sangat mudah kan?

Kesimpulan

Dulu banyak orang hanya bergantung pada IDM untuk mendownload berbagai file, termasuk video YouTube. Namun kini, sudah ada banyak pilihan aplikasi dan situs online yang membuat download video YouTube tanpa IDM menjadi hal yang mudah dilakukan.

Di akhir artikel ini, Panda akan menyajikan FAQ atau deretan pertanyaan yan sering diajukan terkait dengan artikel ini.

Bagaimana cara download video YouTube?
Artikel Menarik Lainnya :   10+ Aplikasi Download Video, Foto dan Story Instagram Terbaik

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengunduh video YouTube. Mulai dari mendownload versi offline di platform YouTube itu sendiri. Atau menggunakan aplikasi IDM (Internet Download Manager), aplikasi downloader dan situs download video online.

Apa bisa download video YouTube tanpa IDM?

Sangat bisa! Di artikel ini, Anda akan menemukan 4 cara berbeda untuk download video YouTube secara gratis dan tanpa IDM. Keempat cara tersebut mudah digunakan dan work sampai saat ini.

Tags:
Aditya Rumi

a time traveller, an explorer and a lover of science-techno things & coffee of course. Saya menggunakan aktifitas menulis untuk menyalurkan pengetahuan Saya. Semoga bermanfaat dan memberi value untuk orang lain.

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x