Type to search

Blogging

5 Cara Mudah Mengatasi Error 429 Too Many Request

Cara Mengatasi Error 429 Too Many Request

Error 429 too many request. Dari nama error ini, Anda mungkin langsung bisa menebak jika masalah ini terjadi karena pengunjung mencoba mengakses website secara terus menerus dalam waktu singkat.

Tindakan ini dianggap sebagai aktivitas mencurigakan oleh server. Untuk mengatasinya, server akan memunculkan error WordPress ini sebagai cara server dalam melindungi website.

Apa itu Error 429 Too Many Requests?

Error 429 Too Many Request mengindikasikan pesan error yang muncul saat server menerima terlalu banyak permintaan dari website. Saat mengalami error ini, peringatan yang muncul bisa berbeda- beda, yaitu :

  • Error 429 (too many requests)
  • HTTP 429
  • Error 429

Selain membatasi jumlah permintaan, peringatan error ini juga merupakan indikator keamanan website. Pasalnya, jumlah request yang berlebihan ini bisa berasal dari pihak ketiga yang mengakses dashboard website berkali- kali (brute force attack).

Bisa dibilang, peringatan ini sebenarnya mempunyai maksud positif. Sayangnya, pesan error ini juga kerap muncul di waktu yang tak diinginkan. Nah, itulah mengapa kita perlu mencari tahu secara pasti pemicu lain dari error ini sendiri.

Penyebab Error 429 Too Many Requests

429 Too Many Request pada umumnya dibuat untuk mencegah masalah keamanan karena brute force attack atau DDoS.

Kedua serangan ini bisa mengirimkan banyak request ke server. Disinilah pesan error 429 muncul untuk memberikan batasan agar tidak ada lagi request yang masuk ke server.

Yang menyebalkan, error ini sebenarnya tidak selalu muncul karena masalah keamanan. Beberapa pemicu yang kerap muncul antara lain adalah :

  • Tema yang bermasalah
  • Plugin yang bermasalah
  • Masalah penggunaan SSL
  • Masalah server

Untuk mengatasi error 429 ini, tentu solusi yang dilakukan harus sesuai dengan masalah pemicunya.

Cara Memperbaiki Error 429 Too Many Request

Setelah mengetahui apa itu HTTP Error 429 dan mengenali penyebabnya, kini saatnya untuk memperbaiki masalah tersebut. Panda akan memberikan cara mengatasi error 429 too many request ini dengan beberapa tips berikut ini :

1. Mengubah URL Login

Sebelum melangkah jauh, langkah pertama Anda perlu memastikan bahwa error ini muncul bukan karena masalah keamanan. Anda bisa memastikannya dengan cara mencegah login dashboard website ditembus.

Umumnya, serangan seperti brute force attack, kerap menargetkan dashboard admin WordPress. U
RL admin www.domainanda.com/wp-admin adalah alamat url yang predictable dan menjadi incaran hacker.

Untuk mengatasinya, Anda perlu
mengubah URL admin WordPress menjadi halaman yang berbeda. Anda bisa menggunakan plugin WPS Hide Login atau mengedit html login secara manual melalui cPanel. 

Mengganti url login WordPress dengan WPS Hide Login
Contoh mengganti url situs.com/wp-admin dengan situs.com/aksesmasuk

2. Menonaktifkan Plugin Bermasalah

Selain dari sisi keamanan, plugin bermasalah juga bisa menjadi penyebab utama munculnya pesan error 429. Plugin- plugin tertentu mungkin mengirim terlalu banyak permintaan ke server dalam menjalankan fungsinya. Sayangnya, ini bisa memicu pesan error.

Jika Anda curiga bahwa plugin adalah pemicunya, Anda perlu mengetahui plugin mana yang bermasalah. Untuk melakukannya, berikut adalah langkah- langkahnya :

  • Masuk ke halaman admin dashboard WordPress Anda.
  • Centang semua plugin, lalu pilih ‘Bulk Action > Deactivate’.
    Nonaktifkan Plugin untuk mengatasi Internal Server Error
  • Cobalah tes apa yang terjadi setelah semua plugin non aktif. Apabila masalah 429 Too Many Request ini terhenti, berarti pemicunya memang dari plugin.
  • Coba aktifkan plugin satu per satu, dan refresh setiap melakukan satu aktivasi. 

Cara tersebut  akan membantu Anda untuk menemukan plugin mana yang benar- benar menjadi biang permasalahan. Untuk mengatasinya, ada dua solusi yang dapat Anda pilih :

  • Uninstall dan gunakan plugin pengganti dengan fungsi mirip.
  • Menghubungi developer plugin untuk mendapatkan solusi.

Kebalikannya, jika pesan error masih muncul setelah semua plugin non aktif, permasalahan berarti bukan dari plugin.

3. Kembali ke Tema Default

Jika masalah bukan dari plugin, Anda boleh curiga dengan tema yang digunakan saat ini. Tema Anda mungkin sudah tidak kompatibel dengan versi WordPress terkini atau ada pembaruan tema yang menyebabkan http error 429 ini.

Untuk mengeceknya, berikut langkah- langkahnya :

  • Masuk ke halaman dashboard WordPress Anda.
  • Dari menu sebelah kiri, klik Appearance > Themes.
  • Pilih salah satu tema default yang tersedia, seperti Twenty Nineteen atau Twenty Twenty. Kemudian, klik ‘Activate’.
  • Refresh kembali website Anda untuk melihat apakah error sudah menghilang.

Jika mengganti theme membuat pesan error hilang, berarti sumber permasalahan berasal dari tema WordPress. Untuk mengatasinya, cobalah mengganti tema atau meminta bantuan teknis kepada developer tema.

4. Mengecek Masalah SSL

Secure Socket Layer (SSL) adalah fitur penting untuk membuat website kita menjadi lebih aman. Untuk memasangnya dengan mudah, Anda bisa memanfaatkan plugin Really Simple SSL.

Di sisi lain, perubahan dari HTTP ke HTTPS saat setting SSL bisa menimbulkan beberapa masalah. Penyebabnya adalah semua link dalam website belum sepenuhnya terkonversi menjadi HTTP. Hal ini juga bisa memicu terjadinya error 429.

Untuk mengatasinya, Anda perlu menonaktifkan plugin Really Simple SSL lebih dulu, lalu menggunakan plugin Search & Replace untuk mengkonversi HTTP ke HTTPS.

Step 1 untuk menonaktifkan SSL :

  • Di halaman admin dashboard, klik ‘Plugin > Installed Plugins’
  • Temukan plugin Really Simple SSL, lalu deactivate lebih dulu untuk menonaktifkannya.

Step 2 untuk mengatasi konversi HTTP ke HTTPS :

  • Di menu sebelah kiri, masuk ke Plugins > Add New.
  • Cari plugin Search & Replace, lalu klik Install Now, dan ‘Activate’.
  • Setelah plugin aktif, masuk ke menu Tools > Search & Replace dari menu sebelah kiri.
  • Isi bagian ‘Search for’ dengan HTTP, dan ‘Replace for’ dengan HTTPS
  • Di kolom Select Tables, pilih wp_postmeta.
  • Centang kotak ‘Dry Run’.
  • Terakhir, klik tombol ‘Do Search & Replace’ dan tunggu sampai selesai.

Proses step 2 akan mengubah semua link yang ada di website dari HTTP menjadi HTTPS. Setelah proses ini selesai sepenuhnya, aktifkan kembali plugin Really Simple SSL untuk mengamankan situs Anda.

5. Hubungi Layanan Hosting Anda

Jika Anda sudah mencoba empat solusi di atas, namun error masih terjadi, solusi terakhir yang dapat Anda coba adalah menghubungi layanan hosting Anda. Dengan cara ini, Anda akan mendapatkan bantuan teknis dari provider hosting untuk mengatasi kendala 429 Too Many Request.

Selain itu, Anda juga bisa menanyakan dengan pasti apa penyebab error ini, dan bagaimana cara perusahaan hosting tersebut mengatasinya. Dengan begitu, Anda dapat mengantisipasi terjadinya error yang sama di masa depan, selain mendapat solusi yang aman.

Kesimpulan

429 Too Many Request mungkin memang menyebalkan, tapi bukan kita masih bisa mengatasinya. Umumnya, cara pertama adalah solusi yang banyak digunakan dan mengatasi masalah error ini.

Namun jika p
enyebab error adalah masalah lain, seperti plugin dan tema yang corrupt atau konversi HTTP yang belum selesai sepenuhnya, Anda dapat menggunakan cara 2 hingga 4.

Sebagai penutup, Anda dapat menyimak resume dari artikel Panda berikut ini :

Apa itu Pesan Error 429 Too Many Request?

Error 429 adalah masalah yang muncul saat server menerima terlalu banyak permintaan dari website.

Apa Penyebab HTTP Error 429?

Penyebab error 429 umumnya berkaitan dengan masalah keamanan, yaitu saat terjadi banyak permintaan mencurigakan untuk mengakses situs. Namun masalah ini juga bisa disebabkan oleh compatibility plugin & tema, serta masalah SSL.

Bagaimana Cara Mengatasi HTTP Error 429?

Untuk mengatasi error HTTP 429 perlu disesuaikan dengan faktor pemicunya. Jika masalahnya adalah faktor keamanan, Anda bisa mengubah URL login admin seperti dalam tutorial ini. Jika pemicunya adalah faktor lain, Anda juga bisa menyimak solusinya di artikel ini.

Tags:
Redva

I'm a Digital Marketing enthusiast. Bekerja di salah satu digital marketing terbesar di Jawa Tengah sebagai Digital Strategist dan telah menulis untuk blog dengan niche teknologi & digital marketing lebih dari 4 tahun.

  • 1
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x