Type to search

Apps & Tools

Cara Mengaktifkan Fitur Sidik Jari WhatsApp di Android

Share
Fitur fingerprint atau sidik jari pada WhatsApp

Beberapa waktu yang lalu WhatsApp akhirnya merilis fitur Fingerprint Lock untuk pengguna Android. Kurang lebih tiga bulan sebelumnya, fitur serupa sudah lebih dulu digunakan untuk pengguna iOS beta. Apakah Anda sudah memanfaatkan fitur baru ini?

Fungsi utama dari fitur fingerprint atau sidik jari di WhatsApp adalah untuk melindungi privasi pengguna dengan lebih optimal. Dengan menggunakan fitur ini, maka tidak sembarang orang bisa mengakses aplikasi WhatsApp Anda. Anda bisa yakin aktifitas chatting Anda kini lebih terlindungi.

Cara Menggunakan Fingerprint/ Sidik Jari di WhatsApp

Perlu diketahui, fitur Fingerprint ini tersedia untuk pengguna Android mulai versi Marshmallow atau versi di atasnya. Pastikan juga ponsel yang Anda gunakan mempunyai dukungan sensor sidik jari dan sudah meng-update aplikasi WhatsApp Anda ke WhatsApp versi 2.19.83 beta.

Berikut ini adalah cara mengaktifkan fitur sidik jari WhatsApp di Android :

Artikel Menarik Lainnya :   10 Aplikasi Android dan iOS Terbaik untuk Membuat Stories yang Menarik

Di bagian kanan atas, terdapat icon tiga titik untuk menuju pengaturan. Ketuk icon tersebut, lalu pilih ‘Setelan’ atau ‘Setting’

  1. Pilih ‘Akun’, kemudian ‘Privacy’
  2. Scroll ke bagian paling bawah dan klik menu ‘Fingerprint Lock’
  3. Untuk mengaktifkan pengunci sidik jari, pengguna harus mengaktifkannya lebih dulu
  4. Pengguna akan diminta untuk mengaktifkan fitur keamanan lain lebih dulu sebelum menggunakan fitur ini
    Mengaktifkan fitur sidik jari atau fingerprint WhatsApp
  5. Setelah pengguna berhasil mendaftarkan pengunci keamanan pola, PIN, atau password, pengguna akan diminta untuk mendaftarkan sidik jari yang akan digunakan untuk membuka WhatsApp
  6. Atur berapa lama jeda waktu yang dibutuhkan aplikasi untuk mengunci percakapan WhatsApp Anda, mulai dari 1 menit, 10 menit, atau 30 menit
    Cara mengaktifkan fitur fingerprint WhatsApp

Pengaturan Lainnya

Selain mengatur waktu jeda, fitur sidik jari WhatsApp ini juga memberi pilihan kepada pengguna apakah ingin  menyembunyikan notifikasi yang masuk saat akun dalam keadaan terkunci atau tidak.

Selain itu, pengguna yang mengaktifkan fitur ‘quick reply’ masih bisa membalas pesan tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp.

Saat fitur ini tersedia sepenuhnya untuk publik, maka fitur ini akan memberikan tingkat keamanan yang lebih baik untuk pengguna WhatsApp yang khawatir aplikasinya diakses oleh orang yang tidak diinginkan.

Tertarik untuk mencoba?

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Memasang Kode Histats di Blog Secara Terlihat dan Tersembunyi

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.