Home 9 Featured 9 Cara Mengatasi Instagram Diblokir Sementara, Penyebab dan Cara Mencegahnya

Cara Mengatasi Instagram Diblokir Sementara, Penyebab dan Cara Mencegahnya

oleh | Featured, Social Media

Sedang asyik berselancar, tiba- tiba mendapatkan notifikasi tindakan Instagram diblokir sementara? Panik? Wajar saja. Tapi penting untuk kita mengetahui apa penyebab akun instagram kita diblokir dan cara mengatasinya.

Pemblokiran sementara dalam Instagram ini pun bermacam- macam jenisnya. Mulai dari pemblokiran untuk aktifitas like dan komentar postingan, tidak bisa follow pengguna lain, hingga tidak bisa membuat postingan baru.

Pemicunya biasanya adalah melakukan aktivitas atau tindakan tertentu yang agresif. Instagram sendiri terus berupaya untuk menghilangkan atau menghukum pengguna yang berupaya melanggar kebijakan mereka.

Dan hukuman atas tindakan agresif ini merupakan salah satu upaya Instagram dalam melindungi komunitasnya dari pelanggar kebijakan.

Penyebab Instagram Diblokir Sementara

Mengatasi Tindakan Diblokir Instagram
  • Save

Ada beragam faktor yang menyebabkan sebuah akun Instagram mendapat pemblokiran sementara. Saat mengalami hal ini, biasanya Anda langsung mendapat pop notifikasi dengan tulisan berikut ini :

“Tindakan ini diblokir. Coba lagi nanti. Kami melarang konten dan tindakan tertentu untuk melindungi komunitas kami. Beri tahu kami jika menurut anda kami telah melakukan kesalahan“.

Selanjutnya, akun IG akan error dan tidak bisa melakukan aktifitas tertentu yang berkaitan dengan hukuman pemblokiran. Apa saja penyebab pemblokiran akun Instagram kita ini?

Berikut adalah beberapa alasan mengapa akun Instagram diblokir :

  • Agresif dalam melakukan aktifitas follow – unfollow (terlalu cepat).
  • Melakukan like postingan di Instagram dalam waktu singkat dengan jumlah terlalu banyak.
  • Membuat komentar kurang pantas di sebuah postingan.
  • Membuat komentar spam dengan teks yang sama di banyak akun.
  • Mengirimkan postingan yang melanggar kebijakan Instagram.
  • Melakukan login dan logout terlalu sering dengan jumlah akun yang banyak.
  • Login ke aplikasi pihak ketiga yang melanggar pedoman kebijakan Instagram.
  • Menggunakan program bot untuk melakukan aktivitas seperti auto liker, auto follow, auto comment, dan sejenisnya.

Jika Anda melakukan salah satu tindakan di atas, Instagram bisa memblokir Anda sewaktu- waktu. Jangan khawatir, pemblokiran ini biasanya bersifat sementara.

Cara Mencegah Pemblokiran Sementara dari Instagram

Bagi banyak pebisnis dan personel, akun Instagram adalah aset. Masing- masing dari kita tidak ingin aktivitas terhenti begitu saja karena pemblokiran dari Instagram ini. Bahkan meski pemblokiran ini hanya berlangsung beberapa hari saja.

Berkaitan erat dengan faktor penyebab IG diblokir sementara, berikut adalah langkah- langkah untuk mencegah pemblokiran akun Instagram kita diblokir :

  • Hindari aktivitas yang agresif di Instagram, baik itu follow unfollow atau pun like postingan.
  • Buat aktivitas yang balance jika melakukan tindakan follow unfollow. Misalnya tetap konsisten posting konten, dan follow akun lain kita lakukan maksimal 2-3 sesi dalam sehari. Lakukan tindakan unfollow saat sudah mencapai jumlah following tertentu saja. Saat melakukan unfollow, tindakan follow pengguna lain kita hentikan dan posting konten tetap berjalan.
  • Hentikan beberapa aktivitas sementara saat status blokir sudah terbuka kembali.
  • Pastikan email dan no HP sudah terverifikasi dengan benar di akun IG kita.
  • Lakukan promosi sewajarnya saja, jangan terlalu spam.
  • Hindari penggunaan tools auto follower atau auto like.
  • Hubungkan akun Instagram dengan Facebook atau Twitter.
  • Hindari sembarangan memberikan akses login IG ke aplikasi mencurigakan.
  • Saat login via web, pastikan Anda login di website yang benar (situs resmi Instagram), bukan situs phising.
Baca Juga :  Merugikan atau Menghibur? Ini 7 Dampak Negatif Menonton Video Pendek untuk Otak

Selengkapnya tentang follow unfollow, jangan lupa untuk membaca artikel Panda sebelumnya : Tips Efektif dalam Melakukan Trik Follow Unfollow Instagram.

Cara Mengatasi Tindakan Instagram Diblokir Sementara

Akun Diblokir Sementara
  • Save

Jika sudah terblokir sementara, apa yang harus kita lakukan?

Berikut adalah beberapa upaya yang bisa kita lakukan untuk mengatasi tindakan diblokir sementara (temporary blocked) dari Instagram :

1. Menginstal Ulang Aplikasi Instagram

Langkah pertama yang lauak kita coba untuk mengatasi pemblokiran Instagram adalah menginstall ulang aplikasi Instagram. Ini bisa kita lakukan saat penyebab pemblokiran akun IG ini karena deteksi tindakan ilegal dan mencurigakan.

Semetnara itu, aplikasi Instagram terdapat data cache yang menyimpan log aktivitas kita saat menggunakan akun IG. Dengan begitu, instalasi ulang akan membuat data cache terhapus.

Kendati demikian, perlu kita catat juga bahwa menghapus cache bukan berarti pihak Instagram tidak membaca riwayat aktivitas kita. Karena aktivitas ini tetap tercatat di server Instagram.

Namun cara ini tidak jarang juga berhasil memulihkan akun IG yang terblokir sementara. Jadi, tidak ada salahnya untuk mencoba trik ini.

Baca Juga :  Cara Mudah Posting/ Upload Foto Instagram dari Komputer Tanpa Software

2. Menggunakan VPN

Langkah selanjutnya untuk mengatasi tindakan diblokir oleh Instagram adalah menggunakan aplikasi VPN. Tujuannya adalah menyamarkan IP network kita sehingga aktivitas sebelumnya tidak terdeteksi.

Seperti cara nomer satu, cara ini tidak jarang bisa mengatasi kasus Instagram yang terblokir sementara.

3. Beralih ke Jaringan Seluler

Cara ini bisa kita gunakan jika pemblokiran terjadi secara tiba- tiba saat kita menggunakan jaringan Wifi. Ada kemungkinan pemblokiran terjadi karena IP dari internet Wifi yang kita gunakan.

Jika faktor tersebut pemicunya, pemblokiran bisa segera hilang saat beralih menggunakan data seluler.

4. Mengakses Instagram dengan Perangkat Lain

Cara selanjutnya untuk mengatasi tindakan diblokir Instagram adalah dengan mengganti perangkat. Login lah seperti biasa dari perangkat berbeda, dan nantinya akan muncul permintaan verifikasi.

Lakukan verifikasi dan pemblokiran bisa terbuka jika faktor pemicunya mirip seperti poin no 3.

5. Hentikan Aktivitas Akun Instagram Sementara Waktu

Salah satu alasan mengapa akun terblokir sementara adalah karena sistem mendeteksi aktivitas mencurigakan. Seperti yang Panda ulas di atas, biasanya ini berkaitan dengan tindakan agresif yang pengguna lakukan.

Cobalah untuk keluar dari akun IG Anda, dan berhenti membuka aplikasi Instagram dalam rentang waktu 24 jam.

6. Laporkan

Saat popul action blocked muncul, ada 2 opsi yang bisa kita pilih. Cobalah untuk memilih opsi “Report Problem” atau “Laporkan Masalah”.

Pilihan tersebut akan membuat Instagram menerima laporan kita dan mengkaji ulang pemblokiran sementara. Jika menurut Instagram pemblokiran ini memang tidak tepat, pemblokiran akan dicabut.

Baca Juga :  15+ Ide Giveaway & Kuis yang Mudah Dilakukan di Media Sosial

7. Tunggu Sampai Pemblokiran Selesai

Melanjutkan dari poin no 6, jika menurut Instagram pemblokiran itu merupakan tindakan yang sah, maka mau tidak mau pengguna harus menunggu sampai hukuman pemblokiran sementara selesai.

Di Instagram sendiri terdapat 3 jenis pemblokiran yang bisa penggunakan bedakan dari notifikasinya, yaitu :

7.1 Tindakan Diblokir (Action Blocked)

Yaitu untuk memblokir tindakan tertentu. Misalnya memblokir tindakan follow akun pengguna lain, maka pembatasan ini hanya berlaku untuk tindakan ini saja. Kita masih bisa like dan berkomentar, serta membuat postingan.

7.2 Diblokir Sementara (Temporary Blocked)

Yaitu pemblokiran ementara dimana pengguna hanya bisa mengakses akun Instagram tanpa bisa melakukan tindakan apapun, seperti like, berkomentar, atau story. Tindakan pemblokiran ini biasanya berkisar 1-5 hari.

7.3 Diblokir Permanen (Permanent Blocked)

Yaitu pemblokiran permanen. Karena sifatnya permanen, ini artinya akun Anda tidak bisa lagi mengakses apa- apa karena melakukan pelanggaran berat di Term of Service Instagram.

Kesimpulan

Pemblokiran dalam Instagram ini secara umum terdiri dari tiga jenis. Mulai dari pemblokiran sementara, tindakan diblokir (pemblokiran sementara sebagian), dan pemblokiran sementara. Apapun itu, ini adalah hukuman yang membuat pengguna Instagram merasa tidak nyaman.

Kendati begitu, jika pemblokiran sifatnya masih sementara, kita bisa mengupayakan agar akun Instagram kita bisa pulih segera atau lulus dari hukuman pemblokiran ini. Dan tentunya, penting juga untuk mengetahui penyebab pemblokiran ini agar tidak sering terjebak dalam kasus ini.

Kebanyakan tindakan yang berujung pemblokiran ini sering pengguna lakukan dengan goal untuk mendapatkan follower atau meningkatkan eksposur akun. Untuk goal ini, tentu sebaiknya kita lakukan dengan cara- cara yang aman untuk akun kita.

Silahkan baca artikel Cara Mendapatkan dan Meningkatkan Follower Instagram untuk mendapatkan insight tambahan tentang mendapatkan follower IG dengan aman. Semoga bermanfaat yaa!

Artikel Terkait :

Favorit Pembaca :

Mengenal Modus Penipuan Segitiga, Ciri-Ciri dan Cara Terhindar

Modus penipuan segitiga menjadi salah satu jenis penipuan yang sedang marak belakangan ini. Dalam prosesnya, penipuan ini melibatkan  tiga pihak yang sering kali tidak saling mengenal dan menyebabkan kerugian yang signifikan bagi korban.Pernahkah kamu mendengar...

7 Cara Ampuh Membuka Situs yang Diblokir, Berhasil Terbukti!

Membuka situs yang diblokir memang cukup tricky karena kamu perlu menerapkan beberapa tips yang work sesuai kebutuhan. Sebuah situs web sendiri diblokir oleh pihak tertentu karena berbagai alasan. Sebagai contoh, pemerintah, institusi pendidikan, kantor, dan bahkan...

Status Star Seller Hilang/ Dicabut? Ketahui Penyebabnya Disini

Secara tiba- tiba logo status Star Seller hilang alias dicabut? Panik nggak? Panik nggak? Wajar sih kalau Anda tiba- tiba panik. Pasalnya, Star Seller adalah salah satu properti yang berkontribusi penting terhadap reputasi seller di Shopee.Dengan mempunyai label...

Cara Mudah Import Ribuan Kontak dari File Excel ke Android

Punya ratusan atau bahkan ribuan kontak customer yang tersimpan rapi dan ingin di-import ke ponsel Android untuk kebutuhan campaign marketing? Duhhh…. Pasti kebayang dong betapa ribetnya kalau harus input kontak satu per satu ke smartphone Anda?Sebenarnya ada beberapa...

Cara Mengaktifkan Kartu SIM Terblokir agar Bisa Dipakai Lagi

Mendadak bingung saat menyadari kartu SIM terblokir? Well, reaksi yang wajar terjadi sebenarnya. Namun di sisi lain, kamu bisa mencoba berbagai cara untuk mengaktifkan kembali kartu yang terblokir.Ada beberapa alasan mengapa sebuah kartu SIM sampai terblokir. Yang...

Cara Melihat Kata Sandi atau Password yang Tersimpan di Browser

Mengetahui cara melihat password miliki sendiri sangat penting dan kita butuhkan. Biasanya kita sering memanfaatkan fitur 'remember my password' untuk mempermudah proses login di situs yang sering kita kunjungi. Namun, penggunaan fitur ini mempunyai kelemahan.Salah...

15+ Ide Giveaway & Kuis yang Mudah Dilakukan di Media Sosial

Konten yang menarik sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan di media sosial. Misalnya dengan mengolah ide giveaway atau kontes dan kuis social media, keterlibatan dalam halaman bisa meningkat secara drastis. Dalam media sosial, keterlibatan ini meliputi...

Artikel Terbaru :

Tips Menghasilkan Uang dari TikTok Live Streaming dan Gift

Ada peluang besar untuk menghasilkan uang dari TikTok lewat live streaming dan hadiah virtual. Dua cara ini sayangnya dulu sempat menjadi kontroversi karena memancing netizen untuk melakukan hal di luar nalar demi uang dari TikTok.Namun tentu saja, hal ini sebenarnya...

Kelebihan dan Kekurangan Sistem COD Saat Belanja Online

Meski menjadi sangat populer, tak bisa dipungkiri bahwa ada kelebihan dan kekurangan COD dalam proses belanja online. Sampai saat ini, COD Cash on Delivery masih menjadi pro dan kontra. Di satu sisi sistem ini sangat memudahkan pembeli. Di sisi lain, bisa menjadi...

Perbedaan Fixed Mindset dan Growth Mindset, Mana yang Lebih Baik?

Dalam dunia psikologi, terdapat dua konsep penting yang mempengaruhi cara berpikir dan perilaku seseorang, yaitu fixed mindset dan growth mindset. Carol S. Dweck, seorang profesor psikologi dari Universitas Stanford, adalah sosok yang pertama kali memperkenalkan kedua...

Apa itu Tone of Voice, Contoh, Manfaat dan Cara Menentukannya

Di tengah kompetisi bisnis yang semakin ketat, kehadiran tone of voice (ToV) adalah pembeda untuk sebuah brand. Brand bukan lagi hanya tentang logo atau produk yang dijual, tapi juga tentang bagaimana berkomunikasi dengan audiens.Saat ini tone of voice merupakan...

Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan iklan di HP Samsung. Kehadiran iklan pada dasarnya memang sulit dihindari. Namun jika iklan terlalu banyak, tentu terasa menyebalkan dan menyebabkan distraksi dalam menggunakan ponsel.Kabar baiknya, ada...

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap