Type to search

Entrepreneurship

Kisah Inspiratif John Collison, Milenial Berharta Rp 30 T

Share

Familiar dengan nama John Collison? Pria muda kaya raya asal Irlandia ini adalah pendiri dari Stripe yang merupakan situs dan perangkat pembayaran online untuk bisnis dan individual.

Bersama dengan kakaknya, Patrick Collison, John meluncurkan Stripe pada 2011. Sejak saat itu, kedua bersaudara ini membuat Stripe terus berkembang.

Kini, Stripe mempunyai 750 karyawan. Stripe juga mempunyai rekan bisnis raksasa, seperti Lyft dan Facebook.

 Pada September 2018, Collison bersaudara ini telah mengumpulkan pendanaan senilai US$ 245 juta atau sekitar RP 3,5 triliun. Stripe saat itu nilainya sudah mencapai US$ 20,25 miliar atau sekitar RP 293 miliar.

Di usianya yang baru menginjak 28 tahun, John sudah mempunyai kekayaan sebesar US$ 2,1 miliar atau sekitar Rp 30 triliun, dilansir dari Forbes (20/5/2019).

Artikel Menarik Lainnya :   9 Tips Memulai Bisnis Travel Online dengan Modal Kecil Hingga Berjalan Sukses

Menciptakan Stripe di Usia 19 Tahun

John memulai Stripe di usia yang masih sangat muda, yaitu 19 tahun. Saat itu ia adalah mahasiswa cerdas di Harvard, Boston, Amerika Serikat.

Salah satu prestasi John adalah memperoleh nilai tertinggi untuk Leaving Certificate. Leaving Certificate ini sendiri adalah sejenis ijazah untuk melanjutkan jenjang ke perguruan tinggi di Irlandia.

Pada tahun 2010, siswa jurusan fisika ini memilih keluar dari Harvard dan pindah ke Sillicon Valley, di San Fransisco, AS. Disinilah ia bersama Patrick fokus membangun Stripe.

Sebelum meluncurkan Stripe, Collison bersaudara harus mengendarai sepeda untuk sampai ke Palo Alto, karena mereka tidak mempunyai uang untuk membeli mobil. 

Artikel Menarik Lainnya :   5 Kunci Sukses Menjalankan Usaha Kuliner/ Makanan

Stripe, Online Payment Processing besutan John Collison
Popularitas Stripe Melesat

Sebagai online payment processing, Stripe mempermudah transaksi pembayaran yang dilakukan secara online. Dengan Stripe, pelanggan tidak perlu repot lagi untuk membuat akun seperti situs transaksi online pada umumnya.

Saat ini, Stripe dapat digunakan di lebih dari 34 negara di seluruh dunia. Dengan pertumbuhan yang cukup cepat ini, John kini menjadi milenial dengan total kekayaan senilai Rp 30 triliun.

Meski Stripe telah mengubah banyak hal, Collison bersaudara masih menikmati hidup sederhana dan rendah hati seperti kebanyakan orang Irlandia kebanyakan.

Menurut direksi Stripe, Mike Moritz, keluarga Collison sangat ramah dan cerdas. Dua hal ini lah yang menjadi kunci keberhasilan dua bersaudara ini.

Dalam aktifitas sehari- hari misalnya, John lebih sering memilih berjalan kaki. Rekan- rekan kerjanya menyebut John sebagai pelari yang bersemangat dan sering berpartisipasi dalam kegiatan- kegiatan lari bersama teman kerjanya.

John juga mempunyai lisensi pilot dan sering mengendarai pesawat terbang sebagai salah satu aktifitas yang ia nikmati di waktu luang.


Artikel Menarik Lainnya :   Kenapa Bisnis Kuliner Harus Go Online? Begini Alasannya
Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.