Type to search

Blogging

10+ Tips Membuat Judul Artikel yang Menarik & Banyak Diklik

Cara membuat judul artikel yang menarik dan banyak diklik

Dalam praktek SEO, judul artikel adalah salah satu komponen penting yang wajib diperhatikan webmaster. Pasalnya, judul adalah adalah hal pertama yang akan orang lihat saat mereka mendapat hasil pencarian.

Bahkan sekalipun Anda di posisi pertama, judul yang kurang menarik bisa meruntuhkan posisi Anda dalam beberapa waktu ke depan. Kecenderungan orang untuk mengklik artikel di posisi kedua dan selanjutnya adalah sinyal buruk yang bisa melempar konten Anda dari posisi pertama.

Mengapa Judul Artikel Sangat Penting?

Menurut data dari Copyblogger, hanya 2 dari 10 orang yang meneruskan membaca artikel setelah mereka membaca judulnya. Artinya, 80 persen orang hanya membaca dari judul saja, tanpa membaca artikel keseluruhan.

80 persen jelas bukan angka yang kecil. Dan ini adalah tolak ukur betapa pentingnya membuat judul artikel yang baik dan menarik untuk diklik.

Jika ingin orang membaca konten Anda secara utuh, Anda perlu meyakinkan mereka dari awal dengan kehadiran judul yang menarik. Buat mereka meng-klik artikel Anda dan melihat lebih dalam tentang apa yang Anda ulas.

Syarat Membuat Judul yang Menarik

Sebelum melangkah ke tips membuat judul, kita perlu mengetahui beberapa syarat yang harus dipenuhi agar judul artikel yang kita ini menarik untuk diklik :

1. Meyakinkan

Kesan pertama yang harus ditangkap saat membaca judul adalah meyakinkan. Koten harus memberi kesan pada informasi dan menjawab rasa ingin tahu pemirsa.

Ekspektasi pembaca saat mengklik judul adalah mereka bisa mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan cepat dan tepat. Bukan artikel dengan kalimat berbelit- belit dan spam kata kunci tidak jelas.

2. Relevan

Judul artikel harus mencerminkan konten secara keseluruhan. Misalnya saja judul artikel adalah 11 Cara Terbaik Menghindari Penipuan Belanja Online, maka kontennya harus benar- benar memuat cara menghindari penipuan belanja online.

Bukan mengulas topik lain yang tidak ada kaitannya, apalagi hanya berisi tips singkat kemudian langsung dialihkan ke konten lain.

3. Panjang Judul Harus Efektif

Judul Anda tidak boleh terlalu singkat, dan disarankan tidak terlalu panjang. Jika Anda mengincar SEO sebagai sumber trafik utama, maka panjang judul disarankan sesuai dengan rekomendasi Yoast SEO, yaitu 50-60 karakter.

Jika karakter di judul artikel lebih dari 60 karakter, Anda kana mendapatkan warning dari Yoast SEO yang menyatakan bahwa judul Anda tidak cukup SEO friendly dan tidak akan terbaca utuh di hasil pencarian.

Berbeda jika Anda mengincar trafik terbesar dari media sosial atau sumber lain, jumlah karakter mungkin bukan menjadi concern Anda.

4. Memuat kata kunci

Untuk artikel yang ditulis dengan tujuan SEO, wajib hukumnya untuk memuat kata kunci. Kata kunci harus relevan dengan konten dan digunakan sesuai dengan praktek SEO On Page.

Dengan optimasi kata kunci di judul artikel, konten Anda akan mendapatkan posisi yang ideal di halaman pencarian. Tentu saja dengan mempertimbangkan faktor optimasi lain yang Anda dan kompetitor lakukan.

5. Mudah Dibaca

Judul artikel harus mudah dicerna oleh pembaca dalam sekali lihat. Artinya, penyusunan kata- kata tidak boleh membuat orang rancu, bingung atau menimbulkan ambigu yang membuat orang ragu untuk mengklik.

6. Menarik dan menimbulkan rasa penasaran

Rasa penasaran adalah salah satu daya tarik yang membuat orang mau mengklik judul Anda. Rasa penasaran bukan berarti harus clickbait. Tapi Anda juga bisa melibatkan clickbait untuk artikel non SEO.

Anda bisa menggunakan jenis kata- kata menarik yang memancing rasa penasaran, seperti Rahasia…, Tips Ampuh …., Trik untuk Cepat … dan sejenisnya.

Langkah Membuat Judul Artikel yang Menarik

Setelah memahami syarat- syarat di atas, sekarang kita akan lanjutkan dengan langkah- langkah membuat judul artikel yang menarik.

1. Buat Draft Judul

Sebelum membuat artikel, awali dengan draft judul lebih dahulu. Draft bisa berarti ide awal untuk judul artikel Anda. Ide ini akan menuntun Anda untuk fokus dalam membuat konten sesuai dengan cakupan topik pembahasan.

Misalnya saat Anda ingin menulis konten dengan topik “bisnis online”, maka Anda bisa membuat beberapa pilihan judul menarik :

Tiga judul di atas sama- sama menarik. Namun, draft judul tersebut akan menghasilkan konten yang berbeda. Draft yang Anda pilih ini lah yang akan menjadi acuan spesifik dalam menulis konten nanti.

Jika dua judul lain berpotensi menghasilkan ide artikel lain yang layak Anda tulis, simpan untuk penulisan konten Anda selanjutnya.

2. Info Akurat

Ada banyak artikel clickbait yang beredar di internet. Jenis konten ini masih oke- oke saja jika ditaruh di media sosial. Namun tidak untuk tujuan SEO dan trafik organik mesin pencari.

Itulah mengapa judul artikel Anda penting untuk mengandung informasi yang akurat. Misalnya saat Anda membuat judul artikel 5+ Plugin Push Notifikasi Terbaik untuk WordPress, maka artikel itu harus berisi daftar plugin push notif untuk WordPress.

Jangan lupa bahwa aturan penting dalam menulis konten adalah menyajikannya sesuai kebutuhan pembaca dan membuat mereka merasa happy dengan konten Anda.

3. Kombinasi Angka dan Kata Sifat

Selain membuat judul artikel dengan info yang akurat, Anda juga harus membuatnya menarik untuk diklik.

Salah satu triknya adalah menggunakan kata sifat (adjective) dan angka. Kata sifat yang dipilih adalah deretan kata yang bisa menarik perhatian orang, namun tetap mewakili isi konten. Misalnya saja :

  • Terbaik
  • Tercepat
  • Terpopuler
  • Terlengkap
  • Terpercaya
  • Terlaris

Anda juga bisa menggunakan tambahan angka ke dalam judul artikel bila memungkinkan. Angka bisa meningkatkan ketertarikan psikologis pembaca karena menyiratkan bahwa konten akan diulas dalam listing yang tertata dan mudah dipahami.

Riset yang dilakukan oleh Content Marketing Institute sendiri mengungkap bahwa judul artikel blog yang menyertakan angka cenderung menghasilkan performa 45 persen lebih baik dibandingkan judul artikel biasa.

Contoh judul dengan angka atau kata sifat, dan kombinasi keduanya :

Anda punya ide judul lain dengan kombinasi kata sifat dan angka?

4. Panjang Judul Efektif

Hindari membuat judul artikel yang terlalu panjang atau terlalu singkat. Idealnya, judul artikel Anda memuat sebanyak 50-60 karakter sesuai dengan rekomendasi SEO.

Judul artikel bisa dibuat lugas dan to the point, dengan tetap menambahkan sentuhan kata- kata yang menarik. Hindari membuat judul yang berbelit- belit dan membuat calon pembaca tidak menangkap inti pembahasan dari konten Anda.

Jika Anda ingin artikel untuk banyak dibagikan di media sosial, HubSpot merekomendasikan panjang judul yang efektif adalah 12-14 kata untuk Facebook, dan 8-12 kata untuk Twitter.

Berikut contoh judul artikel yang lugas dan sesuai dengan topik :

Tanpa menggunakan kata- kata yang terlalu panjang, judul tersebut sudah menjelaskan secara spesifik jenis topik seperti apa yang akan dibahas.

5. Buat Judul untuk Pembaca, bukan Robot

Lugas, to the point dan dengan tambahan yang struktur. Namun bukan berarti judul artikel Anda kaku dan terbaca seperti konten untuk robot. Sama sekali bukan begitu seharusnya.

Anda membuat konten untuk dibaca manusia, bukan robot. Sama seperti konten keseluruhan, judul artikel Anda pun harus demikian. Anda bisa memuat beberapa karakteristik tersebut, dan membuatnya natural.

Misalnya saja, meski baik untuk meletakkan focus keyword di awal judul seperti rekomendasi SEO, Anda tidak perlu memaksakan. Judul artikel juga harus enak dibaca oleh pengunjung web Anda.

6. Bangkitkan Perasaan Pembaca

Selain penggunaan kata sifat, Anda juga bisa menggunakan kata- kata yang membangkitkan perasaan pembaca. Misalnya saja menambahkan kata- kata yang membuat pembaca penasaran, heran, waspada, merasa yakin, dan lain sebagainya, yang berkaitan dengan perasaan pembaca.

Contoh kata- kata ini antara lain :

  • Wajib (Wajib Tahu, dsb)
  • Akurat
  • Dijamin berhasil
  • Dari tahap awal hingga sukses
  • Sayang untuk dilewatkan
  • Hati- hati
  • Yang seharusnya ada/ tidak ada
  • Sebaiknya tidak
  • Menarik
  • Mudah

Berikut contoh judul yang bisa mempengaruhi perasaan pembaca

Seolah memberi jaminan kalau konten itu akurat, menarik, mudah atau wajib, pembaca akan lebih tertarik untuk mengklik judul dan membaca artikel tersebut.

Sekarang, cobalah membuat judul artikel dengan beberapa ide dari point ini 🙂

7. Buat Pembaca Merasa Terlibat

Membuat pembaca merasa terlibat bisa dilakukan dengan menyisipkan pertanyaan dalam judul artikel. Pertanyaan ini seolah- olah kita mengenal pembaca atau mengetahui minat dan situasi mereka.

Berikut contoh judul yang bisa digunakan :

Sebagai pembaca yang sedang mencari konten topik tersebut, apa yang Anda rasakan saat membaca judul itu? Merasa situasinya pas dengan yang Anda alami?

Yes, that’s it! Itu akan mendorong Anda untuk mengklik judul artikel dan membaca konten sampai habis!

8. Letakkan Keyword dengan Strategis

Dalam SEO, keyword atau kata kunci adalah bagian integral dalam sebuah judul dan konten secara keseluruhan. Untuk pembaca, ini adalah kunci bahwa konten Anda relevan dengan pencariannya.

Idealnya, kata kunci ini diletakkan di bagian depan atau belakang judul, karena bagian ini sering menjadi fokus pembaca. Sedangkan bagian tengah seringkali dibaca sekilas atau bahkan dilewati.

Contoh judul dengan keyword di posisi strategis :

  • Google UTM : Pengertian & Cara Menggunakan UTM untuk Analisa Trafik 
  • 5+ Website Terbaik dan Gratis untuk Membuat Portofolio Online

Namun di beberapa kasus, Anda memang tidak bisa memaksakan judul untuk berada di bagian awal atau akhir. Kembali ke point #5, jika memang tidak bisa, tidak perlu dipaksakan.

9. Mengungkap Perbandingan

Mengungkap perbandingan adalah salah satu satu trik membuat orang penasaran. Anda bisa membandingkan satu trik dan trik yang lain atau membandingkan hasil kerjanya.

Contoh judul artikel berisi perbandingan antara lain :

  • Facebook Ads vs Google Adwords, Mana yang Lebih Efektif?
  • Strategi Brand Endorsement di Instagram, Untung atau Rugi? 
  • Email Marketing vs Social Media, Mana yang Lebih Baik?

10. Kata- kata Semi Hiperbola

Kata- kata semi hiperbola bisa melakukan dua hal. Yang pertama, mereka membangkitkan perasaan pembaca. Dan yang kedua, mereka membuat orang penasaran dan terpanggil untuk mengklik untuk konten.

Beberapa kata semi hiperbola yang bisa digunakan :

  • Keren Banget Sih!
  • Gila!
  • Luar Biasa
  • Tumbang
  • Ambyar
  • Mantul
  • Tahan Banting
  • Juara
  • Banjir

Beberapa contoh judul artikel menarik dengan kata- kata hiperbola :

Yang perlu diingat, penggunaan kata- kata semi hiperbola ini bisa digunakan sesuai kebutuhan saja. Jangan terlalu berlebihan, dan jangan terlalu memaksakan.

Yang pasti, kata- kata ini sangat ampuh untuk meningkatkan psikologis pembaca untuk mengklik judul artikel. Judul artikel dengan tips ini juga cocok untuk tipe artikel SEO dan viral. Wahhh… langsung praktek bikin sekarang ya!

11. Memberi Manfaat 

Saat membuat artikel, bukan topik dan judul saja yang perlu diperhatikan, tapi juga isi artikel secara keseluruhan. Beberapa poin dalam artikel ini, dan bahkan artikel Panda sebelumnya, menekankan betapa pentingnya untuk membuat artikel yang berkualitas.

Jadi selain judul yang menarik, Anda harus memastikan konten Anda menjawab ekspektasi pembaca tentang informasi yang diharapkan. Konten Anda harus berhasil memberi insight baru dan manfaat langsung untuk pembaca. Jangan sampai tidak.

Kesimpulan

Judul blog adalah bagian pertama yang dilihat oleh calon pembaca sebelum mereka meng-klik artikel dan membaca konten keseluruhan. Untuk itu, judul artikel memang harus menarik, informatif, dan membuat pembaca ingin meng-klik.

Tips dalam artikel ini terdiri dari 11 point. Bukan untuk digunakan semua dalam waktu bersamaan, namun bisa menginspirasi Anda sesuai dengan kebutuhan.

Misalnya saja dalam satu judul :

  • Kata yang membangkitkan perasaan pembaca bisa digabung dengan angka dan kata sifat
  • Tapi kata- kata pembangkit perasaan sebaiknya tidak digabungkan dengan kata yang membuat pembaca merasa terlibat, perbandingan dan kata semi hiperbola.

Jika semua dijadikan satu, jatuhnya akan sangat hiperbola dan panjang kata bisa berlebihan. Topik pembahasan juga bisa menjadi kabur karena terlalu banyak kata tambahan yang sebenarnya bisa dihemat.

Atau bisa juga, judul artikel terkesan clickbait sehingga
smart user pasti menghindari judul artikel Anda. So, benar- benar harus bijak dalam penggunaannya ya.

Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya :   Mengenal 3 Jenis Kata Kunci yang Wajib Diketahui Blogger
Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1

Tinggalkan balasan

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of