Home 9 Featured 9 15+ Ide Giveaway & Kuis yang Mudah Dilakukan di Media Sosial

15+ Ide Giveaway & Kuis yang Mudah Dilakukan di Media Sosial

oleh | Featured, Social Media

Konten yang menarik sangat penting untuk meningkatkan keterlibatan di media sosial. Misalnya dengan mengolah ide giveaway atau kontes dan kuis social media, keterlibatan dalam halaman bisa meningkat secara drastis. Dalam media sosial, keterlibatan ini meliputi komentar, like, dan share.

Di Facebook, jumlah share mempunyai poin lebih tinggi dibandingkan komentar, dan komentar mempunyai nilai lebih tinggi dibandingkan like, dan like mempunyai point lebih tinggi dibandingkan thread yang hanya dibaca saja.

Hal yang tidak jauh berbeda berlaku di akun media sosial lain, seperti Instagram dan Twitter. Intinya, semakin sering fans atau follower terlibat interaksi dengan konten, maka konten tersebut akan bernilai tinggi di mata platform media tersebut.

Membuat Kontes/ Kuis Sederhana di Facebook, Twitter & Instagram

Selain konten storytelling yang menghipnotis dan mudah viral, jenis konten yang paling berpotensi meningkatkan interaksi adalah kuis atau kontes dan giveaway. Tidak harus sebuah kontes wah berhadiah mahal, kuis dan giveaway social media sederhana pun bisa melipatgandakan interaksi di akun media sosial Anda.

Goal utamanya adalah meningkatkan engagement dan eksposure terhadap brand dan bisnis di social media. Saat interaksi ini terus meningkat, konten akan semakin popular, sehingga sering tampil di feed/ explore pengguna (Facebook/ Instagram), atau bahkan menjadi trending topik (Twitter).

Bonus tambahannnya, Anda juga bisa menggunakan media kontes ini untuk memperbanyak list email Anda. Untuk pebisnis online, ini bisa menjadi strategi yang sangat menguntungkan.

Penasaran kuis dan giveaway seperti apa yang bisa Anda terapkan? Berikut rekomendasi dari Panda untuk ide giveaway dan contoh kuis social media yang menarik :

Baca Juga :  Pengertian Edgerank Facebook dan Tips Ampuh untuk Meningkatkannya

1. Like dan Komentar untuk Menang

Jenis kontes ini sangat sederhana! Anda bahkan tidak membutuhkan banyak waktu untuk memikirkan ide konten dan desain gambar. Tujuan dari kontes ini adalah meningkatkan jumlah orang yang LIKE halaman sehingga jumlah penggemar dari halaman bertambah, dan interaksi juga mengalami peningkatan.

Kontes Facebook Like & Komentar
  • Save

Idenya sederhana. Buatlah pertanyaan mudah seputar bisnis atau produk Anda, lalu ajak mereka untuk menyukai halaman sebagai salah satu syaratnya.

Jadi, selain mereka berkomentar di postingan kuis tersebut, mereka juga akan menjadi fans baru di halaman Anda.

2. Beri Jawaban dan Tag Teman untuk Ikut Kontes

Hampir sama dengan jenis kontes nomer satu, kali ini Anda akan minta pengguna untuk tagging beberapa teman agar bergabung ke dalam kuis dan giveaway. Kontes ini akan dengan mudah memancing lebih banyak pengguna untuk bergabung dalam kontes.

Kontes Facebook
  • Save
via Enveritas Group

3. Tebak Pertanyaan Sederhana

Nggak perlu memikirkan pertanyaan yang rumit saat membuat kuis dan giveaway di media sosial. Dan ingat, pertanyaan ini tidak harus berkaitan langsung dengan bisnis Anda agar semakin menarik banyak pengguna untuk berinteraksi.

Beberapa contoh yang bisa Anda coba :

  • Berapa banyak botol minuman yang Anda lihat di gambar ini?
  • Siapa Presiden Pertama RI?
Lihat Gambar :
Kuis Social Media Menjawab Pertanyaan
  • Save

4. Upload Gambar untuk Menang

Arahkan peserta kontes Anda untuk meng- upload foto dan men- tag akun sosmed Anda, dan informasikan bahwa Anda akan me-repost foto mereka di Facebook atau Instagram. Foto dengan jumlah like dan komentar terbanyak akan menjadi pemenang giveaway.

Dari jenis kontes ini Anda akan mendapatkan dua hal : interaksi di akun media sosial Anda akan meningkat, dan Anda mempunyai stok konten untuk diposting di media sosial.

Peningkatan jumlah fans dan follower juga bisa menjadi bonus tambahan untuk akun medsos Anda! 🙂

Lihat Gambar :
Kontes Foto Social Media
  • Save

5. Berikan Caption untuk Menang

Ide giveaway dan kontes selanjutnya juga tidak membutuhkan desain dan riset. Anda cukup meng- upload gambar random dari produk/ bisnis Anda, dan minta pengguna untuk memberikan caption mereka di kolom komentar. Caption yang paling menarik akan menjadi pemenang giveaway.

Lihat Gambar :
Caption This - Kontes Foto Facebook
  • Save

6. Join E-mail List untuk Menang

Menggabungkan strategi media sosial dan email marketing? Mengapa tidak!

Strategi kontes bisa juga dimanfaatkan para digital marketer untuk meningkatkan subscriber mereka. Ada dua hal yang bisa diperoleh, yaitu tingkat interaksi yang baik di social media, dan yang kedua adalahmendapatkan list email calon konsumen potensial.

Salah satu brand besar yang menggunakan kontes untuk memperbanyak email list ini adalah Free Digital Reads. Dari kontes ini mereka bisa mendapat 250 email subscriber dengan iming- iming hadiah $25 Amazon Gift Card.

Dari kontes ini, Jika dihitung- hitung Free Digital Reads hanya mengeluarkan budget 10 sen per subscriber. Lumayan kan? Hehehe….

Lihat Gambar :
Join Email List
  • Save

Ide Kuis & Giveaway Social Media Lainnya

Selain kontes sederhana di atas, Anda juga bisa menggunakan ide kontes dengan tingkatan di atasnya. Masih masuk kategori mudah juga, hanya saja Anda perlu untuk mengkreasikan materi kontes, baik itu dari segi isi konten, maupun desain gambar.

Baca Juga :  Instagram Luncurkan Fitur Baru “You’re All Caught Up”. Apa Saja Fungsinya?

7. Melengkapi puzzle
8. Mencari benda tersembunyi di gambar
9. Melengkapi kalimat dengan kata- kata yang kosong, misalnya Indonesia ……… pada tahun 1945.
10. Acak kata
11. Matematika dan logika
12. Temukan beberapa kata yang berkaitan dengan produk atau tema tertentu
13. Cari perbedaan gambar A dan B
14. Siapa yang sampai duluan atau mana yang terisi lebih dulu
15. Ilusi Optik (gambar ini bergerak maju atau mundur, berapa kotak yang Anda lihat, dsb)

Lihat Gambar :
Kuis Social Media Tebak Kata Trivia
  • Save

Kuis Social Media Tebak Kata
  • Save

Kontes dengan Aplikasi Pihak Ketiga

Masih belum puas juga? Anda bisa juga menciptakan kontes Facebook yang lebih kompleks dan menarik dengan bantuan pihak ketiga, seperti :

Baca Juga :  Mau Toko Onlinemu Kebanjiran Pembeli di Instagram? Coba 6 Trik Ini!

Tawarkan Benefit Saat Membuat Kuis dan Giveaway di Media Sosial

Satu hal yang tidak boleh dilupakan saat membuat kuis dan giveaway di media sosial adalah memberikan penawaran yang menarik untuk pengguna sosmed. Dalam banyak hal, pemilik akun biasanya kan memberi hadiah berupa free produk.

Dalam praktek lain, Anda bisa memberi manfaat seperti gift voucher, free ebook, voucher belanja, atau benefit lainnya. Benefit ini sendiri menjadi salah satu alasan mengapa kuis atau giveaway sukses dilakukan.

Pastikan juga kuis diadakan dalam waktu yang terbatas dan selalu memuat headline copywriting yang menggoda sejak awal. Tujuannya agar bisa mendorong pengguna untuk segera melakukan interaksi seketika itu juga.

Anda punya ide kontes atau giveaway lain untuk media sosial? Silahkan beri masukan untuk Panda lewat kolom komentar ya 🙂

Selamat Mencoba!

Artikel Terkait :

Favorit Pembaca :

Mengenal Modus Penipuan Segitiga, Ciri-Ciri dan Cara Terhindar

Modus penipuan segitiga menjadi salah satu jenis penipuan yang sedang marak belakangan ini. Dalam prosesnya, penipuan ini melibatkan  tiga pihak yang sering kali tidak saling mengenal dan menyebabkan kerugian yang signifikan bagi korban.Pernahkah kamu mendengar...

7 Cara Ampuh Membuka Situs yang Diblokir, Berhasil Terbukti!

Membuka situs yang diblokir memang cukup tricky karena kamu perlu menerapkan beberapa tips yang work sesuai kebutuhan. Sebuah situs web sendiri diblokir oleh pihak tertentu karena berbagai alasan. Sebagai contoh, pemerintah, institusi pendidikan, kantor, dan bahkan...

Status Star Seller Hilang/ Dicabut? Ketahui Penyebabnya Disini

Secara tiba- tiba logo status Star Seller hilang alias dicabut? Panik nggak? Panik nggak? Wajar sih kalau Anda tiba- tiba panik. Pasalnya, Star Seller adalah salah satu properti yang berkontribusi penting terhadap reputasi seller di Shopee.Dengan mempunyai label...

Cara Mudah Import Ribuan Kontak dari File Excel ke Android

Punya ratusan atau bahkan ribuan kontak customer yang tersimpan rapi dan ingin di-import ke ponsel Android untuk kebutuhan campaign marketing? Duhhh…. Pasti kebayang dong betapa ribetnya kalau harus input kontak satu per satu ke smartphone Anda?Sebenarnya ada beberapa...

Cara Mengaktifkan Kartu SIM Terblokir agar Bisa Dipakai Lagi

Mendadak bingung saat menyadari kartu SIM terblokir? Well, reaksi yang wajar terjadi sebenarnya. Namun di sisi lain, kamu bisa mencoba berbagai cara untuk mengaktifkan kembali kartu yang terblokir.Ada beberapa alasan mengapa sebuah kartu SIM sampai terblokir. Yang...

Cara Melihat Kata Sandi atau Password yang Tersimpan di Browser

Mengetahui cara melihat password miliki sendiri sangat penting dan kita butuhkan. Biasanya kita sering memanfaatkan fitur 'remember my password' untuk mempermudah proses login di situs yang sering kita kunjungi. Namun, penggunaan fitur ini mempunyai kelemahan.Salah...

Artikel Terbaru :

Tips Menghasilkan Uang dari TikTok Live Streaming dan Gift

Ada peluang besar untuk menghasilkan uang dari TikTok lewat live streaming dan hadiah virtual. Dua cara ini sayangnya dulu sempat menjadi kontroversi karena memancing netizen untuk melakukan hal di luar nalar demi uang dari TikTok.Namun tentu saja, hal ini sebenarnya...

Kelebihan dan Kekurangan Sistem COD Saat Belanja Online

Meski menjadi sangat populer, tak bisa dipungkiri bahwa ada kelebihan dan kekurangan COD dalam proses belanja online. Sampai saat ini, COD Cash on Delivery masih menjadi pro dan kontra. Di satu sisi sistem ini sangat memudahkan pembeli. Di sisi lain, bisa menjadi...

Perbedaan Fixed Mindset dan Growth Mindset, Mana yang Lebih Baik?

Dalam dunia psikologi, terdapat dua konsep penting yang mempengaruhi cara berpikir dan perilaku seseorang, yaitu fixed mindset dan growth mindset. Carol S. Dweck, seorang profesor psikologi dari Universitas Stanford, adalah sosok yang pertama kali memperkenalkan kedua...

Apa itu Tone of Voice, Contoh, Manfaat dan Cara Menentukannya

Di tengah kompetisi bisnis yang semakin ketat, kehadiran tone of voice (ToV) adalah pembeda untuk sebuah brand. Brand bukan lagi hanya tentang logo atau produk yang dijual, tapi juga tentang bagaimana berkomunikasi dengan audiens.Saat ini tone of voice merupakan...

Cara Menghilangkan Iklan di HP Samsung Tanpa Aplikasi Tambahan

Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menghilangkan iklan di HP Samsung. Kehadiran iklan pada dasarnya memang sulit dihindari. Namun jika iklan terlalu banyak, tentu terasa menyebalkan dan menyebabkan distraksi dalam menggunakan ponsel.Kabar baiknya, ada...

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap