Type to search

Karir

Kenali Sejak Dini : 5 Tanda Karyawan Tidak Bahagia di Tempat Kerja

Share
Kenali Sejak Dini : 5 Tanda Karyawan Tidak Bahagia di Tempat Kerja

Saat lulus dari kuliah, bekerja sebagai pegawai atau karyawan adalah salah satu pilihan paling nyaman dan mudah untuk memulai karir. Bukan hanya soal kepastian gaji, namun juga karena kita ingin mendapatkan berbagai pengalaman yang berbeda dan bisa menyalurkan pengetahuan yang kita miliki saat kuliah dulu.

Saat bekerja, gaji dan uang memang menggiurkan. Terutama saat ini adalah pekerjaan pertama kita. Namun, semua itu bukanlah segalanya jika ternyata kita tidak bahagia di tempat kerja. Bukankah rasa tidak bahagia ini bisa merusak segalanya? Termasuk rasa nyaman kita dalam bekerja. Jika sudah seperti ini, semua pekerjaan bisa tidak maksimal ditangani dan membuat kita rasanya ingin cepat- cepat hengkang.

Tanda Karyawan Tidak Bahagia di Tempat Kerja

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana caranya mengetahui seorang karyawan sudah tidak bahagia di tempatnya bekerja? Cobalah untuk mengintipnya melalui tanda- tanda berikut ini :

1.      Sering Merasa Tegang di Kantor

Sering merasa tegang di kantor adalah salah satu tanda karyawan tidak bahagia di tempat kerja. Apalagi, rasa tegang ini kerap disebabkan oleh sesuatu yang tidak jelas. Yang pasti, setiap kali kamu masuk kerja, ada banyak perasaan tidak nyaman yang mengganggumu. Mulai dari gelisah, takut, dan nervous yang kamu sendiri sulit untuk definisikan. Alhasil, selain sulit berkonsentrasi, kamu juga kehilangan antusiasme di tempat kerja.

Jika ini terjadi pada dirimu, cobalah untuk mengevaluasi terhadap apa yang sedang kamu lakukan. Apakah kamu benar- benar sudah bekerja sesuai dengan passion dan minatmu atau justru sebaliknya?

Jika kamu sudah mencoba berbagai cara untuk beradaptasi dan menikmati pekerjaanmu namun perasaan ini tetap sulit hilang, mungkin saatnya untukmu berburu pekerjaan yang lebih sesuai dengan minat dan bakatmu.

2.      Tidak Lagi Tertarik dengan Tantangan

Saat seseorang bahagia dan menikmati pekerjaannya, ia akan menyukai setiap tantangan yang ada dalam pekerjaannya. Baginya, tantangan baru adalah hal yang menarik untuk dikerjakan.

Sebaliknya, jika seseorang tidak tertarik sama sekali menghadapi tantangan, atau justru menghindarinya, ini adalah salah satu tanda ia sedang tidak bahagia di tempat kerja. Baginya, semua terasa membosankan. Setiap hari kamu berangkat kerja hanya untuk segera pulang dan menanti waktu gajian.

Topik konten video YouTube terbaik

3.      Mudah Bosan dalam Bekerja

Karena kamu tidak lagi tertarik dengan tantangan dalam pekerjaan, maka rasa bosan pun akan lebih mudah menghampirimu. Titik jenuh sebenarnya wajar, namun jika ini berlangsung dalam waktu yang lama, kebahagiaanmu dalam pekerjaan patut dipertanyakan. Rasa bosan ini juga yang akan membuat produktifitas dan kontribusimu terhadap perusahaan semakin menurun.

4.      Rasa Iri pada Teman

Rasa iri yang dimaksud bukan iri terhadap teman sekantor, melainkan iri terhadap teman- temanmu yang bekerja di tempat lain. Kamu sering merasa cemburu saat melihat foto temanmu yang terlihat bahagia dengan di kantornya atau bersama teman- teman kerjanya.

Bukannya bersyukur atas pekerjaan yang kamu miliki, kamu justru semakin sering membanding- bandingkan karirmu sekarang dengan teman- temanmu. Yang lebih buruk, kamu mungkin membayangkan seandainya saja kamu sedang bekerja di satu perusahaan yang sama atau lebih baik dari teman- temanmu.

Jika pikiran ini terus menggelayutimu, ini akan semakin mengusikmu dari waktu ke waktu. Kondisi ini akan membuat kamu semakin bermalas- malasan bekerja di kantor.

5.      Mudah Emosi

Emosi kamu saat berada di lingkungan kantor menjadi tidak stabil. Kamu mudah sekali tersulut emosi saat berada di forum diskusi bersama teman- teman kerjamu. Bahkan untuk hal sepele sekalipun, kamu bisa marah besar- besaran.

Lebih parah lagi saat kamu mulai sering mencampuradukkan pekerjaan di kantor dengan masalah pribadi. Saat ini terjadi, maka suasana kerja akan semakin tidak nyaman. Bahkan tidak jarang ini terbawa saat pulang ke rumah dan membuat suasana hatimu saat di rumah menjadi tidak kondusif.

Putuskan & Ketahui Apa yang Kamu Inginkan

Apakah kamu melihat satu atau beberapa tanda di atas dalam dirimu saat ini? Jika iya, cobalah untuk mengevaluasi dirimu dan pekerjaanmu. Cari tahu apakah yang kamu lakukan saat ini benar- benar sudah sesuai dengan yang kamu inginkan atau tidak?

Jika kamu terus membiarkan tanpa mengambil keputusan, hal ini akan semakin merusak suasana kerjamu dan berimbas pada perjalanan karirmu sendiri. Ingin tetap tinggal atau berpindah pekerjaan?

Semua perlu dipertimbangkan dengan matang. Jika ingin tetap tinggal, cobalah perbaiki mood kerjamu agar menjadi karyawan yang tetap produktif, berkontribusi, dan bahagia.

Jika kamu merasa sudah saatnya mengucapkan selamat tinggal, cobalah untuk bekerja di bidang yang memang sesuai dengan passionmu. Namun yang perlu diingat, tak ada pekerjaan yang sempurna. Menjadi seorang karyawan, berarti kita dituntut untuk bisa beradaptasi dan mengikuti apa yang perusahaan inginkan.

Selamat mencoba!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.