Type to search

Tokoh

Kisah Sukses Pendiri Website JalanTikus.com, Weihan Liew

Kisah sukses Weihan Liew, sosok dibalik Jalan TIkus.com

Internet adalah sumber yang sangat luas untuk kita yang membutuhkan aplikasi perangkat komputer atau software dan gadget portable. Dengan berbagai software dan aplikasi, hidup rasanya terasa lebih mudah. Bisa dibilang, mereka ini lah yang menjadi pertolongan kecil untuk kita untuk urusan pekerjaan maupun kebutuhan lainnya.

Untuk Anda yang gemar mendownload software atau aplikasi tertentu, tentu Anda pernah mendengar atau tidak sengaja mengunjungi situs JalanTikus.com, bukan? Bisa dibilang, JalanTikus adalah salah satu situs berbagi software dan aplikasi mobile terbesar di Indonesia.

Apa sih yang membedakan JalanTikus dengan situs web serupa? Bedanya, saat terdapat cukup banyak situs yang menyediakan software tanpa memperhatikan sisi legalitasnya, JalanTikus justru menawarkan gudang software yang semuanya dijamin legal dan aman untuk digunakan.

Yang lebih menarik lagi, JalanTikus juga menjadi wadah untuk para pengembang software lokal untuk memamerkan hasil karya mereka. Patut diapresiasi, ya?

Weihan Liew, Sosok Dibalik JalanTikus

Jika sudah membangga- banggakan JalanTikus.com, rasanya tidak fair jika kita tidak bicara siapa sosok dibalik kesuksesan situs dengan nama unik tersebut. Dia adalah Weihan Liew, yaitu seorang IT dan internet specialist  yang akhirnya berhasil membawa JalanTikus untuk mencapai banyak hal keren.

Memang, nama Weihan Liew belum begitu banyak dikenal orang. Namun jika kita bicara pengalaman serta pencapainnya, maka Weihan bisa adalah salah satu creator perusahaan digital kelas kakap yang ada di tanah air.

Artikel Menarik Lainnya :   Jawaban Bill Gates Saat Ditanya Apakah Kaya Membuatnya Bahagia

Jejak Karir

Sebelum membangun karir dengan JalanTikus.com, Weihan Liew sudah mempunyai perjalanan karir yagn menakjubkan. Pria yang pernah menimba ilmu di Monash University, Australia, serta menuntaskan program MBA jurusan Ekonomi Keuangan di The University of Chicago, ini pernah mencicipi karir di perusahaan kelas dunia, Microsoft.

Usai menuntaskan pendidikan di Monash University, Australia, Weihan pernah meniti karir di Boston Consulting Groupd. Karir di bidang ekonomi tersebut ia jalani kurang lebih 3 tahun hingga tahun 2002. Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan masternya di The University of Chicago – Booth School of Business.

Jeda yang ia ambil untuk menikmati jenjang pendidikan yang lebih tinggi ini ternyata membawa Liew untuk menikmati jenjang karir yang juga lebih tinggi. Pada tahun 2004, ia berkesempatan untuk berkarir di Microsoft regional China di department Research and Development (RnD).

Di Microsoft, Liew menikmati karir yang luar biasa dengan menjadi seorang Senior Product Manager, Windows Phone. Tentu saja ini bukan pencapaian yang biasa- biasa saja. Di Microsoft China ini, Weihan berkarir selama 4 tahun.

Di tahun 2008, Liew meniti karir sebagai Principal Nokia Growth Partner. Pekerjaan ini ia jalani selama 3 tahun hingga tahun 2011. Menikmati pengalaman keluar masuk di perusahaan teknologi raksasa ini lah yang menjadi bekal berharga untuk karirnya selanjutnya. Sampai akhirnya ia pun mempunyai keinginan untuk mengembangkan usaha mandiri di negeri sendiri

Artikel Menarik Lainnya :   5+ Aplikasi Android Terbaik untuk Produktifitas Blogger

Mengintip Peluang Digital

Saat berniat mengembangkan usaha sendiri, Liew sudah punya modal berharga dari pengalamannya. Dalam beberapa saat, ia akhirnya merasa siap untuk mendirikan perusahaan digital sendiri yagn bergerak di bidang dunia hiburan, atau tepatnya game online.

Pada tahun 2011, Liew mengembangkan beberapa judul game online berlabel game publisher MainGames. Hingga kini, ada lima judul game online yang dikelola oleh MainGames, yaitu Trinity Online, Musuh Abadi, Liga Champion, dan Soul Keeper.

Seiring dengan tumbuhnya trend game online di seluruh dunia, termasuk Indonesia, MainGames pun menjadi salah satu publisher yang cukup diperhitungkan.

Kesuksesan ‘kecil’ ini ternyata tidak membuat Weihan Liew berpuas diri. Dengan jeli, ia melihat adanya celah bisnis di persaingan penyedia software dan aplikasi. Weihan Liew pun akhirnya melebarkan sayap dengan membangun website JalanTikus.com.

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Install 2 WhatsApp atau Aplikasi Lain di HP Android

JalanTikus sebagai Solusi Download informasi dan Teknologi

Ide dan harapan Weihan Liew untuk mendirikan situs penyedia download software dan aplikasi akhirnya terwujud di tahun 2012.

Sejarah JalanTIkus.com

Nama yang ia pilih pun terbilang unik, yaitu JalanTikus. Sama seperti jalan tikus yang kita kenal, nama ini adalah sebuah harapan agar kelak menjadi jalan alternatif untuk para pencari software, baik komputer maupun perangkat mobil yang ingin mendapatkan software yang dibutuhkan secara legal dan aman.

Di awal berdirinya, JalanTikus membagi konten mereka ke dalam kategori software umum dan aplikasi game. Namun seiring berjalannya waktu, JalanTikus kini lebih mengembangkan konten di situs web mereka. Pengunjung kini juga bisa menikmati update referensi aplikasi terkini, tech hack, Android & iOS, fintech, dan masih banyak algi.

Yang menjadi kelebihan utama dari situs web ini adalah software yang terdaftar di JalanTikus sebagian mempunyai lisensi freeware, open source, serta sebagian adalah berbayar.

Misi Mulia Weihan Liew untuk Potensi Developer Lokal

Dalam beberapa kesempatan, Weihan menyampaikan bahwa salah satu tujuan utama didirikannya JalanTikus adalah untuk memberi kesempatan potensi developer software lokal untuk lebih unjuk gigi. Ia juga ingin memberi perbedaan dengan situs toko aplikasi besar seperti Google Play atau iOS yang cenderung lebih mengejar nilai komersial.

Dengan bekal pengalaman di bidang digital, teknologim dan management, Liew ingin membuktikan bahwa potensi lokal Indonesia punya kemampuan untuk bersaing di level internasional.

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.