Type to search

Social Media

Tips Pro Untuk Membuat Video IGTV yang Lebih Menarik

Membuat Video IGTV Menarik

Instagram telah menjadi salah satu platform media sosial dengan pertumbuhan paling cepat. Popularitasnya telah mengarahkan merek untuk bereksperimen dengan konten Instagram yang dapat dibeli, video IGTV, dan banyak lagi, serta mengidentifikasi mana yang paling sesuai untuk mereka.

Saat ini, hanya berbagi video tidak cukup dan merek terus berupaya mengoptimalkan panjang video Instagram untuk menghasilkan hasil pemasaran terbaik.

Tidak ada pengoptimalan panjang jepretan pasti yang berfungsi untuk semua jenis video Instagram. Anda perlu memahami jenis video dan kemudian menentukan durasi yang paling memungkinkan.

Selain itu, hanya berfokus pada panjang video tidak akan cukup, dan Anda perlu memahami psikologi dasar penonton. Dengan begitu, Anda akan mengirimkan konten jenis konten video yang menarik yang sesuai dengan target audience Anda.

Video di Instagram Feed 

Dari semua cara berbeda untuk memposting video di Instagram, video di feed adalah yang paling penting. Itu karena video yang diposting di bagian ini menentukan kesan pertama dari calon penonton yang mengunjungi profil Anda.

Karena jenis video ini tetap ada di umpan Anda untuk waktu yang lama, Anda perlu memastikannya selaras dengan nilai merek dan tema keseluruhan laman Anda.


Instagram membatasi panjang video umpannya menjadi satu menit. Jika video Anda lebih panjang dari itu, aplikasi akan memberi Anda opsi untuk memilih bingkai 60 detik dalam video sebelum mempostingnya.

Yang harus Anda lakukan adalah mengetuk ikon ‘+’ di profil Anda, pilih video dan klik ‘berikutnya’. Akan ada bagian ‘pangkas’ di samping filter, dan Anda dapat memilih sebelum memposting video.

Memangkas video IGTV

Namun, sebagai merek, mungkin tidak selalu memungkinkan bagi Anda untuk menyampaikan pesan Anda hanya dalam 60 detik. Anda kemudian dapat membuat posting carousel di mana Anda memiliki sepuluh video yang lebih kecil dalam satu posting. Dengan begitu, Anda akan memangkas video asli menjadi sepuluh (atau kurang) post berdurasi 60 detik, dan pemirsa Anda dapat menggeser untuk melihat semuanya.

Dengan alat pengeditan video seperti InVideo, Anda dapat dengan mudah membuat video carousel meskipun Anda tidak memiliki pengalaman mengedit video sebelumnya. Atau, Anda dapat membuat video di IGTV dan memposting pratinjau yang sama di umpan Instagram Anda. Dengan begitu, pengikut Anda dapat melihat video tersebut tanpa harus mengunduh aplikasi terpisah

Video IGTV

Jika Anda ingin bereksperimen dengan konten bentuk panjang di Instagram, maka IGTV adalah opsi teraman untuk Anda. Di sini Anda dapat memposting video yang berdurasi 1 hingga 10 menit dan kemudian membagikannya di umpan Instagram Anda.

Pratinjau video berdurasi 15 detik akan muncul di umpan, dan pengguna Anda kemudian dapat mengklik ‘Terus menonton’ untuk menikmati video.

Di dunia yang didorong oleh media sosial saat ini, tidak ada kekurangan opsi konten, dan Anda perlu mengoptimalkan 5 hingga 10 detik pertama dari video Anda sehingga orang-orang mengetuk tab ‘Terus menonton’.

Tempatkan bagian terbaik video dalam 5 detik pertama karena pemuatan awal dari wawasan terbaik akan menghasilkan pemirsa. Berikut beberapa tips yang harus Anda ikuti untuk membuat konten IGTV yang menarik.

Susun strategi setiap Posting IGTV

Idealnya, setiap video yang Anda buat di IGTV harus memiliki teaser, layar judul, cliffhanger, dan ajakan bertindak. Teaser adalah tempat Anda memperkenalkan subjek, berbicara tentang format, atau isi episode.

Saat Anda membagikan video IGTV di Instagram, ini adalah bagian yang akan dilihat pemirsa untuk menerima panggilan apakah mereka ingin menonton lebih jauh.


Saat mengerjakan layar judul, pastikan bahwa nama episode terbaca, dan konsisten dengan postingan IGTV Anda sebelumnya. Cliffhanger adalah tempat terjadinya sesuatu yang menarik atau patut diperhatikan.

Usahakan untuk menjaga cliffhanger pada tanda 60 detik karena itu akan mendorong pemirsa Instagram untuk terus menonton video.

Di akhir video, coba sertakan CTA untuk mengarahkan penonton agar melakukan apa yang Anda harapkan dari mereka.

Tambahkan Subtitle

Sebagian besar pengguna Instagram menonton video mereka dengan audio tanpa suara. Cara efisien untuk melayani mereka dan mencegah penurunan interaksi adalah dengan menambahkan subtitle ke video Anda.

Subtitle juga meningkatkan jangkauan video Anda karena memungkinkan orang yang tidak memahami bahasa video untuk memahami isinya.

Gunakan Cover Bermerek

Gambar sampul video adalah gambar yang muncul di layar sebelum pengguna memutar video. IGTV memungkinkan Anda untuk memilih bingkai dari video sebagai gambar sampul Anda.

Atau, Anda dapat mengunggah gambar dari rol kamera Anda sebagai gambar sampul. Cobalah untuk memasukkan warna merek Anda ke dalam sampul dan rancang dengan cara estetika yang mencerminkan identitas merek Anda.

Optimalkan Judul

Tidak seperti bentuk konten Instagram lainnya, IGTV memungkinkan Anda menambahkan judul ke video Anda. Manfaatkan semaksimal mungkin dengan membuat konten tajam yang merangkum topik.

Jika memungkinkan, tambahkan cap waktu ke video IGTV Anda karena itu akan memudahkan pemirsa untuk menavigasi konten Anda.

Jadilah Kreatif di Hashtag dan Caption

Tagar membantu Anda menyalurkan video IGTV Anda dan memastikannya menjangkau pemirsa yang tepat. Luangkan waktu untuk mengevaluasi hashtag yang paling sesuai dan gunakan untuk memaksimalkan jangkauan konten video Anda.

Di bagian caption video IGTV Anda, coba sebutkan poin utama dari video Anda.

Buat Seri IGTV

Jika Anda ingin membangun hubungan yang langgeng dengan audiens Anda, Anda perlu bekerja ekstra dan menghasilkan konten yang konsisten. Membuat serial video IGTV memungkinkan Anda berkomunikasi dengan pemirsa Anda secara teratur.

Anda dapat memanfaatkan cerita Instagram dan memposting beragam konten untuk mengidentifikasi konten yang paling sesuai dengan audiens Anda.

Setelah bentuk konten video yang paling dapat diterima diidentifikasi, Anda membuat serial video di IGTV dan membagikannya di Instagram untuk jangkauan terbaik. Bergantung pada ketersediaan konten Anda, buat jadwal posting IGTV dan pastikan Anda mematuhinya.

Diharapkan dalam beberapa hari kedepan IGTV akan terus berkembang. Semakin banyak merek akan memanfaatkan platform ini untuk memenuhi kebutuhan pemasaran video mereka.

Dalam situasi seperti itu, merek yang menggunakan video IGTV lebih cepat akan memiliki keunggulan dalam dunia pemasaran yang kompetitif. Dengan tip di atas, Anda sekarang siap untuk menghadapi tantangan pemasaran video dan membuat video yang menarik untuk pemirsa Instagram Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Mau Sukses Berbisnis Online di Instagram? Begini Caranya…
Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1

You Might also Like

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x