Type to search

Hack

Cara Mudah Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel Tanpa Isi Pulsa

Cara memperpanjang masa aktif Telkomsel tanpa isi ulang pulsa

Memperpanjang masa aktif telkomsel adalah salah satu trik yang paling sering dicari. Bagaimana tidak, jika masa aktif sudah habis, apalagi sudah cukup lama, sim card bisa hangus. Tentu saja ini bukan hal yang kita inginkan, bukan?

Sama seperti provider telepon seluler pada umumnya, setiap pengguna mempunyai masa aktif kartu dalam waktu yang terbatas. Jika kita jarang menggunakannya dan jarang isi pulsa karena alasan tertentu, ada kemungkinan kartu kita akan dinonaktifkan.

Khusus untuk pengguna Telkomsel, kali ini Panda akan berbagi tips bagaimana cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel tanpa harus isi ulang pulsa. Namun tentu saja, mengisi ulang pulsa juga menjadi salah satu cara mudah untuk memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel.

Cara Cek Masa Aktif Telkomsel

Sebelum melangkah ke tips cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mengetahui masa aktifnya. Untuk ini, kita bisa menggunakan dua cara.

Yang pertama adalah dengan aplikasi
MyTelkomsel yang bisa kita unduh di Playstore. Setelah mengunduh, lanjutkan login ke aplikasi menggunakan nomor Telkomsel Anda.

MyTelkomsel, aplikasi untuk cek pulsa, kuota dan masa aktif kartu

Aplikasi ini juga memberikan sejumlah info seputar kartu Telkomsel. Selain itu, kita juga bisa membeli paket internet, telepon, voucher, menukarkan telkomsel poin, dan masih banyak lagi.

Cara yang kedua, kita bisa menggunakan menekan USSD *888#. Melalui menu ini, kita akan mendapatkan informasi sisa pulsa dan juga masa aktif kartu Telkomsel. Cukup mudah, bukan?

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel Dengan Pulsa

Secara umum, setiap jenis kartu Telkomsel (AS, simPATI, dan LOOP) mempunyai kebijakan masa perpanjangan yang berbeda. Kita perlu mengetahui cara memperpanjang masa aktif setiap kartu Telkomsel ini agar nomor yang digunakan tidak tiba- tiba diblokir karena habis masa aktifnya.

Dalam hal masa aktif, Kartu As dan LOOP mempunyai mekanisme penambahan masa aktif tidak diakumulasi dari pengisian maupun pemakaian sebelumnya. Namun kedua kartu ini mempunyai kebijakan masa aktif yang cukup meringankan penggunanya.

Untuk lebih mudah memahaminya, berikut ini adalah berbagai cara untuk memperpanjang masa aktif Telkomsel dengan metode pulsa.

Menggunakan Pulsa

Ya, menggunakan pulsa bisa membantu perpanjangan masa aktif kartu Telkomsel kita. Misalnya saja menggunakannya untuk paket internet, SMS, telepon, dan yang lainnya. Namun perlu digaris bawahi, ini hanya berlaku untuk pengguna kartu AS dan LOOP.

Untuk pengguna kartu AS, menggunakan pulsa minimum Rp 500 bisa menambah masa aktif bertambah 30 hari. Artinya, selama kartu terus digunakan, maka masa aktif akan terus diperpanjang secara otomatis.

Untuk pengguna LOOP, selama menggunakan minimum pulsa Rp 5.000, masa aktif akan bertambah menjadi 30 hari, terhitung saat masa aktif sebelumnya kadaluarsa. Selain itu, masa aktif juga akan bertambah lebih panjang, tergantung dari jumlah pulsa yang kita gunakan.

Untuk lebih detailnya, Anda juga bisa melihat tabel berikut ini :

Penggunaan PulsaMasa Aktif
Rp 5.000 - Rp 50.00030 hari
Rp 50.001 - Rp 100.00060 hari
Rp 100.001 - Rp 250.00090 hari
Rp 250.001 - Rp 500.000120 hari
Di atas Rp 500.000365 hari

Mengisi Pulsa

Bukan rahasia lagi, mengisi pulsa adalah salah satu cara termudah untuk menambah masa aktif sebuah sim card. Durasi panjangnya masa aktif ini sendiri biasanya ditentukan oleh nominal pulsa yang diisi. Dan lagi- lagi, setiap jenis kartu Telkomsel mempunyai kebijakan yang berbeda.

Untuk pengguna kartu AS, penambahan masa aktif mulai dari 7 hari untuk isi ulang pulsa Rp 5.000

Jumlah PulsaMasa Aktif
Rp 5.0007 hari
Rp 10.0007 hari
Rp 20.00015 hari
Rp 50.00030 hari
Rp 100.00030 hari

Sedangkan untuk pengguna Telkomsel LOOP, penambahan masa aktif mulai dari 30 hari untuk isi ulang pulsa Rp 5.000 sampai Rp 50.000.

Jumlah Isi Ulang PulsaMasa Aktif
Rp 5.000 - Rp 50.00030 hari
Rp 50.001 - Rp 100.00060 hari
Rp 100.001 - Rp 250.00090 hari
Rp 250.001 - Rp 500.000120 hari
Di atas Rp 500.000365 hari

Berbeda lagi dengan Telkomsel yang lebih terperinci. Setiap melakukan isi ulang pulsa Rp 5.000, akan mendapatkan tambahan masa aktif 7 hari, dan masa aktif ini berjenjang naik perlahan sampai ke isi ulang pulsa paling banyak.

Jumlah Isi Ulang PulsaPenambahan Masa Aktif
Rp 5.0007 hari
Rp 10.00015 hari
Rp 15.00020 hari
Rp 20.00030 hari
Rp 25.00030 hari
Rp 50.00045 hari
Rp 100.00060 hari
Rp 150.000120 hari
Rp 200.000150 hari
Rp 300.000180 hari

Cara Memperpanjang Masa Aktif Telkomsel Tanpa Isi Ulang Pulsa

Selain dengan metode pengisian pulsa, pengguna Simpati juga bisa memperpanjang masa aktif kartu dengan cara membeli masa aktif. Pembelian masa aktif akan secara otomatis memperpanjang masa aktif.

Metode ini paling cocok untuk kita yang memang jarang melakukan pengisian pulsa dan juga jarang memakainya.

Untuk membeli paket masa aktif kartu Simpati Telkomsel, berikut ini adalah caranya :

  1. Masuk ke menu panggilan, lalu tekan USSD *999# menggunakan sim card Telkomsel
  2. Pilih ‘Paket Lainnya’ dengan mengetikkan nomor 3.
  3. Pilih ‘Lainnya’ dengan mengetikkan nomor 5.
  4. Terus pilih opsi ‘Lainnya’  atau ‘Layanan Lain’ dengan menekan nomor yang tertera, sampai muncul opsi ‘Paket Masa Aktif’ di menu lanjutan.
  5. Setelah masuk ke menu masa aktif, pengguna akan menemukan beberapa pilihan paket perpanjangan yang bisa dipilih, mulai dari 7 hari hingga 365 hari.
Cara memperpanjang masa aktif Simpati Telkomsel *999#

Adapun harga dari beli masa aktif ini adalah mulai dari Rp 2.000 untuk 3 hari tambahan masa aktif, hingga Rp 100.000 untuk memperpanjang masa aktif hingga 360 hari.

Setelah pembelian berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi via SMS yang menyatakan bahwa perpanjangan masa aktif telah berhasil dilakukan. Yeayyy!

Cara memperpanjang masa aktif kartu Telkomsel tanpa isi ulang pulsa ini sebenarnya memang mudah. Hanya saja, menu ini memang agak sedikit disembunyikan. Jadi, kita perlu menekan pilihan lainnya selama beberapa kali, sampai akhirnya menu ini muncul.

Meski demikian, cara ini adalah alternatif untuk kita yang menggunakan kartu simPATI, namun jarang menggunakan karena faktor tertentu.

Kesimpulan

Ternyata ada berbagai cara yang bisa kita gunakan untuk memperpanjang masa aktif Telkomsel dengan mudah. Pastikan juga kamu selalu cek masa aktif kartu secara berkala karena kini semakin sulit mengaktifkan kembali kartu yang telah mati.

Seperti biasa, sebagai penutup artikel ini, Panda akan memberikan resume FAQ sebagai penutup.

Bagaimana cara cek masa aktif Telkomsel?

Anda bisa cek masa aktif Telkomsel dengan download aplikasi MyTelkomsel atau menggunakan menu USSD *888#.

Bagaimana cara memperpanjang masa aktif Telkomsel?

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk memperpanjang masa aktif Telkomsel, tergantung dari jenis kartu yang digunakan. Untuk pengguna kartu AS, Loop, dan simPATI, Anda bisa memperpanjang masa aktif Telkomsel dengan berbagai metode, seperti yang dijelaskan di artikel ini secara lengkap. Mulai dari mengisi pulsa, menggunakan pulsa, hingga membeli masa aktif pulsa.

Tags:
Aditya Rumi

a time traveller, an explorer and a lover of science-techno things & coffee of course. Saya menggunakan aktifitas menulis untuk menyalurkan pengetahuan Saya. Semoga bermanfaat dan memberi value untuk orang lain.

  • 1
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x