Type to search

Social Media

Cara Menambah Follower Instagram Tanpa Menambah Jumlah Following

Share
Cara menambah follower Instagram

Rasanya sangat sedikit sekali pemain bisnis online yang kini tidak menggunakan Instagram untuk media berjualan. Bahkan bisa dibilang, sedikit sekali pebisnis online yang hanya menggunakan satu akun Instagram saja. Ada yang menggunakan lebih dari satu akun, entah itu dua- duanya untuk berjualan secara hard-selling, salah satunya untuk branding (testimoni, dsb), atau sebagai Instagram personal yang sesekali mempromosikan produk yang dijual.

Jika kita bicara tentang Instagram, tentu tidak luput untuk membicarakan cara menambah follower di Instagram. Ada banyak cara yang biasanya dilakukan pebisnis online, mulai dari membeli follower palsu, menggunakan Instagram automation, atau bot lainnya.

Cara Meningkatkan Follower Instagram Tanpa Menambah Following

Beberapa trik meningkatkan follower Instagram dengan cara tersebut seringkali menimbulkan kegalauan para pebisnis online, yaitu meningkatnya jumlah following mereka, serta munculnya akun- akun ‘dewasa’ tidak diinginkan di feed mereka. Terutama jika pengguna memilih menggunakan pengaturan otomatis dalam menjalankan bot atau Instagram automation.

Lantas, bagaimana cara mengakalinya? Adakah cara untuk meningkatkan follower tanpa menambah jumlah following di akun Instagram kita? Ada, tentu saja ada! Namun, Anda perlu sedikit pengorbanan untuk mendapatkannya. Apa saja cara yang bisa digunakan? Simak ulasan berikut ini :

1. Lakukan Promosi Tahap Awal ke Orang- orang di Sekitar Anda
Cara paling mudah untuk menambah follower secara alami adalah dengan mempromosikan akun Instagram Anda ke orang- orang di sekitar Anda. Ceritakan secara singkat akun Instagram baru Anda dan keinginan Anda agar mereka mem-follow akun Instagram Anda. Tanpa banyak basa- basi biasanya mereka akan langsung mengiyakan permintaan tersebut.

Untuk teman yang cukup dekat, Anda juga bisa meminta mereka untuk mempromosikan akun Anda ke teman- teman mereka yang lain. Dengan begitu, di tahap awal, akun Anda sudah mempunyai beberapa follower tanpa menambah following.

2. Buat Konten Instagram yang Menarik dan Kekinian
Content is the king juga berlaku di Instagram. Cobalah untuk mengikuti tren konten seperti apa yang sedang nge-hits di Instagram dan cobalah untuk menerapkannya untuk akun Instagram baru Anda. Buat konten yang menarik, lucu, fresh dan kekinian.

Artikel Menarik Lainnya :   4 Hal yang Paling Sering Dilanggar oleh Para Advertiser Facebook Ads

Hal- hal yang harus Anda perhatikan untuk membuat konten yang menarik antara lain adalah kualitas foto dan video, kualitas caption, dan hashtag. Jika pola konten yang Anda buat ini ternyata cukup bagus dalam memancing interaksi, Anda dapat menggunakan pola yang sama beberapa kali. Selebihnya, cobalah membuat variasi konten yang lain, dan tak kalah menarik.

Dengan variasi konten yang baik dan menarik, Anda dapat menambah follower Anda secara alami, sekaligus mempertahankan follower Anda menjadi pengikut setia yang tidak sungkan untuk memberi like atau komentar. Dengan begitu, akun Anda akan berkembang dengan baik secara organik tanpa perlu beli follower atau menggunakan bots.

3. Memuat Feed Instagram yang Keren
Selain kualitas konten, feed IG juga menjadi kunci untuk tampil beda di Instagram. Feed yang tertata dengan menarik akan memberikan kesan pertama yang ‘wah’ untuk orang- orang yang melihat akun IG Anda. Dari sinilah muncul minat mereka untuk mem-follow akun Instagram Anda.

Untuk membuat feed yang menarik, Anda bisa menggunakan filter atau tone warna yang sama. Tidak mudah memang, karena membutuhkan effort dan kreatifitas. Meski begitu, hal ini sangat penting untuk dilakukan.

4. Hashtag yang Relevan di Setiap Postingan
Untuk menambah follower yang sesuai dengan topik yang Anda bidik, menggunakan hashtag yang relevan di setiap postingan akan sangat membantu. Di setiap postingan, Anda dapat menggunakan hashtag maksimal 30.

Penggunaan hashtag ini tidak boleh asal. Anda dapat melakukan riset hashtag terlebih dulu untuk memastikan hashtag yang Anda gunakan sudah tepat dan relevan. Untuk lebih lengkapnya, cobalah membaca artikel : Riset Hashtag, Cara Menemukan Hashtag yang Powerful untuk Brand Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   Benarkah IGTV Akan Menjadi Ancaman Serius untuk YouTube?

5. Tagging Lokasi Postingan
Selain dengan hashtag, pengguna IG juga dapat menemuak postingan Anda berdasarkan lokasi postingan. Jadi, terutama saat lokasi postingan berada di destinasi populer, wajib hukumnya untuk melakukan tagging lokasi postingan.

Misalnya saja saat Anda melakukan photoshoot di Ancol, maka Anda dapat tagging lokasi Ancol tersebut agar orang- orang yagn sedang menelusuri IG dengan lokasi tersebut dapat menemukan postingan Anda dengan cepat. Jika pengguna tersebut tertarik dengan akun Anda, maka ia pun tak akan sungkan untuk memencet tombol ‘follow’.

6. Memposting Konten Anda di Waktu Terbaik
Saat Anda menggunakan akun Instagram untuk Bisnis, Anda dapat membaca insight IG dan mengidentifikasi follower Anda. Salah satu yang dapat Anda cermati adalah waktu rata- rata followers Anda aktif menggunakan Instagram setiap harinya.

Dengan begitu, Anda bisa memanfaatkan informasi waktu tersebut untuk membuat jadwal postingan yang tepat sesuai waktu sebagian besar follower sedang online. Saat konten Anda terupload, maka akan lebih banyak eksposur dan dorongan untuk mendapatkan like atau komentar dari follower Anda.

Saat engagement atau keterlibatan di akun Instagram Anda meningkat, maka peluang konten Anda untuk eksis di fitur explore akan semakin besar. Yang berarti, akan semakin banyak orang- orang yang belum mengikuti Anda akan melihat postingan Anda. Calon follower tambahan gratis lagi, kan? Hehehe…

7. Aktif Berinteraksi dengan Akun Lain
Kunci bermain di media sosial adalah interaksi. Bukan hanya orang lain ke akun Anda, namun juga akun Anda terhadap orang lain. Misalnya saja dengan eksis meninggalkan komentar di akun orang lain, maka orang- orang yang belum follow akan penasaran dengan akun Anda dan berakhir menjadi follower IG Anda.

Untuk mendorong rasa penasaran itu, tentu saja Anda harus menghindari komen spam dan tidak relevan, seperti “cek IG kita, bro sis”. Di Instagram, komentar seperti ini justru mengganggu dan tidak disukai. Cobalah untuk membuat random komen yang lebih enak untuk dibaca dan seolah- olah Anda mengajak si pemilik akun untuk berinteraksi.

Artikel Menarik Lainnya :   8 Penipuan Lewat Media Sosial yang Tidak Anda Sadari

8. Berikan Give Away
Give away berupa produk gratis adalah salah satu strategi efektif untuk meningkatkan follower Anda di Instagram tanpa menambah following. Buatlah give away yang mudah dengan syarat pengguna harus mengikuti akun Anda, me-repost postingan Anda, dan mengajak teman- teman mereka untuk mem-follow akun Anda.

Pemenang akan diambil secara acak setelah periode kuis berakhir. Selain mendapatkan follower gratis, akun IG Anda juga akan semakin dikenal oleh banyak orang. Dua keuntungan sekaligus, bukan?

9. Adakan Kuis atau Kontes Berhadiah
Caranya hampir mirip dengan menggelar give away. Hanya saja disini Anda meminta pengguna Instagram untuk menjawab kuis atau melakukan seperti yang diminta dalam kontes. Dan hadiahnya pun biasanya bisa lebih variatif daripada sekedar give away, misalnya saja voucher belanja, pulsa, atau voucher makan.

Dengan strategi yang hampir mirip, seperti menjawab kuis sambil me-repost postingan Anda dan men-tag minimal berapa teman untuk follow akun, maka Anda bisa kebanjiran follower yang lumayan saat hadiah yang diberikan lumayan menjanjikan.

10. Lakukan Endorsement atau Paid to Promote
Ingin cara yang paling cepat dan instant? Paid to Promote dan Endorsement jawabannya. Anda dapat menggunakan jasa selebgram atau influencer untuk mempromosikan akun Anda di akun mereka.

Yang pasti, cara yang ini tidak gratis. Anda perlu mengeluarkan budget yang tidak sedikit untuk menggunakan jasa selebgram populer atau selebriti tanah air. Meski tidak ada jaminan peningkatan penjualan 100%, namun cara ini dianggap cukup efektif untuk mendatangkan banyak follower.

Featured Image : Sprout Social

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.