Saat kita tengah menggunakan laptop atau komputer PC, ada saat dimana kita menghapus file secara tidak sengaja. File terhapus ini mungkin saja sangat penting untuk Anda. Lebih buruk lagi, kadang kita tidak langsung menyadarinya. Panik? Ini normal terjadi.

Namun file atau dokumen yang sudah terhapus ini masih bisa direcovery dengan mudah melalui keranjang daur ulang, atau Recycle Bin. Dan caranya pun cukup mudah.

Anda tinggal mencari file terhapus di Recycle Bin, lalu menyeretnya kembali ke salah satu folder di laptop Anda. Dengan begitu, file berhasil kembali.

Namun masalah lain mungkin terjadi
. Misalnya saja, bagaimana jika file sudah terhapus secara permanen di Recycle Bin? Apakah ada cara lain untuk mengembalikan file terhapus tadi?

Jawabannya, Iya!

Mengembalikan File yang Terhapus Permanen 

Horor rasanya kehilangan file yang kita anggap penting. Saat kita pikir file sudah terhapus permanen karena tidak muncul lagi di Recycle Bin, ternyata ada trik untuk mengakalinya. 

Ya, meski file terhapus secara permanen, masih ada beberapa cara untuk mengembalikan file tersebut. Di artikel Panda ini, ada tiga cara yang bisa kita gunakan untuk memulihkan file yang terhapus permanen. 

Yang pertama adalah dengan metode backup & restore. Cara kedua dengan restore previous version. Dan ketiga, menggunakan program pemulihan file yang bekerja secara ajaib.

Baca Juga :  WhatsApp Web Akan Kedatangan 3 Fitur Baru, Apa Saja?

Menggunakan Program Pemulihan File

Cara termudah yang bisa Anda gunakan untuk memulihkan file yang terhapus adalah dengan layanan aplikasi. Layanan ini akan sangat membantu jika kita tidak mempunyai backup atau tidak bisa melakukan dua metode lain di bawah.

Berikut adalah beberapa aplikasi rekomendasi yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan file yang terhapus permanen : 

1. WorkinTool Data Recovery Software

WorkinTool Recovery Software
  • Save

WorkinTool mengklaim dirinya sebagai software pemulihan file paling ampuh dan efektif. Software ini bisa menjadi solusi gratis untuk mengembalikan file yang hilang tanpa batas untuk Windows 11/10/8/7.

WorkinTool bisa memulihkan gambar, dokumen, video, audio, dan file lain yang hilang karena terhapus, terformat ulang, shutdown sistem, serangan virus, dll. Mereka juga mengklaim tingkat keberhasilan pemulihan file hilang mencapai 99,9%.

WorkinTool bisa Anda gunakan secara gratis, tanpa iklan atau batasan tersembunyi lainnya.

2. EaseUS Data Recovery Wizard 

Software lain yang juga bisa Anda gunakan adalah aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard. Jalankan aplikasi ini dengan memilih lokasi tempat file terhapus. Klik lokasi tersebut, lalu pilih opsi Scan.

Selanjutnya software ini akan secara otomatis memindai lokasi yang dipilih dan beberapa saat kemudian hasil pemindaian akan tampil di bagian Deleted Files.

Pilih file yang akan dikembalikan, dan klik Recover untuk menyimpannya di lokasi atau perangkat baru. Lanjutkan dengan klik OK untuk menyelesaikan proses ini. Done!

Menggunakan Backup & Restore

File yang terhapus permanen bisa dikembalikan dengan menggunakan fitur Backup & Restore dari Windows. Untuk bisa menggunakan fitur ini, tentu sebelumnya Anda harus sudah mengaktifkan fitur Backup lebih dulu.

Jika Anda menggunakan Windows 10, Anda bisa mengaktifkannya melalui Tombol Start/ Mulai >> Pengaturan >> Pembaruan dan Keamanan >> Cadangan >> Tambah Drive, lalu
pilih Drive Eksternal atau lokasi jaringan untuk cadangan Anda.

Untuk di Windows versi sebelumnya, Anda bisa memilih Tombol Start >> Control Panel >> System & Maintenance, dan pilih Backup & Restore.

Selanjutnya, gunakan langkah berikut ini untuk memulihkan file penting yang tak sengaja
dihapus :

  • Ketik ‘Pulihkan File’ di kotak pencarian, lalu pilih pulihkan file Anda dengan “Riwayat File”.
  • Temukan file yang Anda butuhkan, lalu gunakan tanda panah untuk melihat semua versi.
  • Saat menemukan versi yang kita inginkan, pilih “Pulihkan” untuk mengembalikan ke tempat penyimpanan awal.
  • Untuk menyimpannya ke tempat lain, tekan dan tahan (atau klik kanan) “Pulihkan”, pilih “Pulihkan ke”, dan pilih lokasi baru penyimpanan.
Baca Juga :  Cara Membuat Link WhatsApp Otomatis Langsung Ke Chat Pribadi
Fitur Backup & Restore untuk mengembalikan file terhapus di laptop/PC
  • Save
Tampilan Backup & Recovery terpisah tab di Windows 10

Kelemahan dari cara ini adalah Anda tidak bisa menggunakannya jika fitur Backup baru Anda aktifkan saat file sudah hilang. Idealnya, Anda sudah mengaktifkan fitur ini sejak awal.

Metode Restore Previous Version

Pengguna laptop dengan sistem operasi Windows 7,8, dan 10 bisa mengembalikan file yang terhapus permanen dengan cara mengembalikan versi sebelumnya. Untuk menggunakan ini, pastikan kalian tidak menonaktifkan fitur File History ya.

Untuk menggunakannya, masuklah ke folder yang file nya telah terhapus secara permanen. Klik kanan di folder tersebut, lalu pilih opsi Restore Previous Version.

Selanjutnya Anda akan akan melihat daftar yang berisi berbagai versi file atau folder. Pilih versi yang terbaru, lalu klik Restore untuk mengembalikan file t
ersebut.

Baca Juga :  7 Cara Mematikan Laptop yang Tidak Bisa di-Shut Down
Restore Previous Version untuk mengembalikan file terhapus di Laptop/ PC
  • Save

Kesimpulan

Kehilangan file penting secara permanan adalah masalah serius. Anda mungkin berpikir bahwa ini adalah akhir yang menyedihkan dan membingungkan. Namun kenyataannya, ada trik yang bisa Anda coba untuk memulihkan file yang terhapus itu.

Ada berbagai metode untuk mengembalikan file terhapus permanen yang sudah tidak bisa terdeteksi oleh Recycle Bin. Jika ada kendala di laptop yang membuat dua solusi pertama tidak bisa digunakan, maka aplikasi pihak ketiga akan membantu.

Yang perlu A
nda catat, perlu kehati- hatian dalam menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk program pemulihan data. Pastikan Anda hanya menggunakan program pemulihan file yang aman untuk laptop/ PC.

Selamat mencoba!

0 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap