Type to search

Hack Techno

Cara Mudah Mengembalikan File yang Terhapus Permanen di Laptop/ PC

Cara mengembalikan file terhapus permanen di Instagram

Saat kita tengah menggunakan laptop atau komputer PC, ada saat dimana kita menghapus file tidak sengaja. Lebih buruk lagi, kadang kita tidak langsung menyadarinya. Panik? Ini normal terjadi.

Namun file atau dokumen yang sudah terhapus ini masih bisa direcovery dengan mudah melalui keranjang daur ulang atau Recycle Bin. Dan caranya pun cukup mudah.

Anda tinggal mencari file terhapus di Recycle Bin, lalu menyeretnya kembali ke salah satu folder di laptop Anda. Dengan begitu, file berhasil kembali.

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana jika file sudah terhapus secara permanen di Recycle Bin? Apakah ada cara lain untuk mengembalikannya? Jawabannya : Iya!

Mengembalikan File yang Terhapus Permanen 

Meski file terhapus secara permanen, ternyata masih ada beberapa cara untuk mengembalikan file tersebut. Dengan beberapa langkah mudah ini, file akan pulih. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda gunakan :

Menggunakan Backup & Restore

File yang terhapus permanen bisa dikembalikan dengan menggunakan fitur Backup & Restore dari Windows. Untuk bisa menggunakan fitur ini, tentu sebelumnya Anda harus sudah mengaktifkan Backup lebih dulu.

Jika Anda menggunakan Windows 10, Anda bisa mengaktifkannya dengan Tombol Start/ Mulai >> Pengaturan >> Pembaruan dan Keamanan >> Cadangan >> Tambah Drive, lalu pilih Drive Eksternal atau lokasi jaringan untuk cadangan Anda.

Untuk di Windows versi sebelumnya, Anda bisa memilih Tombol Start >> Control Panel >> System & Maintenance, dan pilih Backup & Restore.

Untuk memulihkan folder penting yang hilang adalah sebagai berikut :

  • Ketik ‘Pulihkan File’ di kotak pencarian, lalu pilih pulihkan file Anda dengan “Riwayat File”.
  • Temukan file yang Anda butuhkan, lalu gunakan tanda panah untuk melihat semua versi.
  • Saat menemukan versi yang diinginkan, pilih “Pulihkan” untuk mengembalikan ke tempat penyimpanan awal.
  • Untuk menyimpannya ke tempat lain, tekan dan tahan (atau klik kanan) “Pulihkan”, pilih “Pulihkan ke”, dan pilih lokasi baru penyimpanan.
Fitur Backup & Restore untuk mengembalikan file terhapus di laptop/PC
Tampilan Backup & Recovery terpisah tab di Windows 10

Kelemahan dari cara ini adalah Anda tidak bisa menggunakannya jika fitur Backup baru Anda aktifkan saat file sudah hilang.

Metode Restore Previous Version

Pengguna laptop dengan sistem operasi Windows 7,8, dan 10 bisa mengembalikan file yang terhapus permanen dengan cara mengembalikan versi sebelumnya. Untuk menggunakan ini, pastikan kalian tidak menonaktifkan fitur File History ya.

Untuk menggunakannya, masuklah ke folder yang file nya telah terhapus secara permanen. Klik kanan di folder tersebut, lalu pilih opsi Restore Previous Version.

Selanjutnya Anda akan akan melihat daftar yang berisi berbagai versi file atau folder. Pilih versi yang terbaru dan klik Restore untuk mengembalikan file terhapus.

Restore Previous Version untuk mengembalikan file terhapus di Laptop/ PC

Menggunakan Program Pemulihan File

Menggunakan program pemulihan file berarti kita akan menggunakan layanan aplikasi berbasis cloud. Layanan ini akan sangat membantu jika kita tidak mempunyai backup atau tidak bisa melakukan dua metode di atas.

Salah satu program pemulihan file yang kami rekomendasikan adalah aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard. Jalankan aplikasi dengan memilih lokasi tempat file terhapus. Klik lokasi tersebut, lalu pilih opsi Scan.

Selanjutnya software ini akan secara otomatis memindai lokasi yang dipilih dan beberapa saat kemudian hasil pemindaian akan tampil di bagian Deleted Files.

Pilih file yang akan dikembalikan, dan klik Recover untuk menyimpannya di lokasi atau perangkat baru. Lanjutkan dengan klik OK untuk menyelesaikan proses ini. Done!

Kesimpulan

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikan file terhapus permanen yang sudah tidak bisa terdeteksi oleh Recycle Bin. Jika ada kendala di laptop yang membuat dua solusi pertama tidak bisa digunakan, maka aplikasi pihak ketiga akan membantu.

Yang perlu dicatat, perlu kehati- hatian dalam menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk program pemulihan data. Pastikan Anda hanya menggunakan program pemulihan file yang aman untuk laptop/ PC.

Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya :   Ini Ciri- Cirinya Jika Baterai Laptop Mulai Rusak
Tags:
Aditya Rumi

a time traveller, an explorer and a lover of science-techno things & coffee of course. Saya menggunakan aktifitas menulis untuk menyalurkan pengetahuan Saya. Semoga bermanfaat dan memberi value untuk orang lain.

  • 1
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x