Type to search

Apps & Tools

EaseUS Recovery Data : Cara Cepat Mengembalikan File Terhapus Permanen

Share
EaseUS Data Recovery Wizard mengembalikan file terhapus permanen

Siapa saja pasti panik saat menyadari ada file terhapus di laptop/ PC secara tidak sengaja. Oke, kita mungkin akan langsung terpikir untuk menuju ke Recycle Bin dan berharap file tersebut masih ada disana.

Namun bagaimana jika ternyata file sudah terhapus secara permanen? Anda mungkin sudah pasrah dan berpikir sudah tidak ada solusi lagi.

Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa membantu file terhapus permanen untuk dipulihkan kembali. Jika di artikel sebelumnya kita sempat membahas beberapa cara memulihkan file terhapus, di artikel kali ini kita akan membahas lebih mendalam penggunaan program atau aplikasi pemulihan file yang terhapus.

Program atau software pemulihan file terhapus adalah sebuah aplikasi yang bekerja untuk memindai file- file terhapus di laptop/ PC. Dengan aplikasi ini, pengguna bisa menemukan file yang sudah terhapus dan memulihkannya kembali.

Memilih dan menggunakan software seperti ini penting untuk mengutamakan keamanan. Karena ada banyak jenis software yang mengklaim bisa mengembalikan file terhapus, namun ternyata mempunyai resiko keamanan yang tinggi.

Nah di artikel kali ini, PandaGila.com, akan mengulas lebih mendalam software pemulihan file terhapus EaseUS Data Recovery Wizard.

Apa itu EaseUS Data Recovery Wizard?

EaseUS Data Recovery Wizard adalah software yang membantu memulihkan file terhapus. Bukan hanya karena tidak sengaja terhapus, tapi juga untuk perangkat penyimpanan yang rusak dan tidak dapat diakses.

Dengan EaseUS Data Recovery Wizard, pemulihan data bisa dilakukan untuk berbagai perangkat penyimpanan, seperti HDD internal/ eksternal, drive USB, SD card, kamera digital, pemutar video, dan perangkat lain yang didukung.

Kelebihan EaseUS Data Recovery Wizard

Seperti yang sempat diulas diatas, sebenarnya ada banyak software dengan kinerja yang hampir sama dengan EaseUS Data Recovery Wizard. Hanya saja kita perlu berhati- hati karena banyak software serupa dengan tingkat keamanan yang rendah.

Berikut ini adalah beberapa keunggulan dari EaseUS Data Recovery Wizard :

Aman, ringan dan sangat mudah digunakan

Cara menggunakan EasyUS Recovery Data
EaseUS Data Recovery Wizard menjamin tingkat keamanan pengguna 100%. Software ini juga sangat mudah digunakan dalam tiga langkah : Pilih – Pindai – Pulihkan.

Beragam jenis file pemulihan

Software dari EaseUS ini bisa mengklaim bisa membantu pemulihan hingga 1000 jenis file, mulai dari dokumen, grafis & gambar, video, audio/ lagu, email, dan file- file lainnya.

Software ini juga bisa digunakan untuk berbagai perangkat, seperti Mac-based hard drive, HDD internal/ eksternal, drive USB, SD card, kamera digital, pemutar video, dan perangkat lain yang didukung.

Terdengar seperti paket lengkap, bukan?

Multi-Fungsi

Bukan hanya memulihkan file yang terhapus permanen, EaseUS Data Recovery Wizard juga mempunyai beragam fungsi lainnya seperti pemulihan partisi (Partition Recovery), pemulihan data dari perangkat yang diformat, dan memperbaiki foto dan video yang rusak.

EaseUS akan mendeteksi gambar JPEG/JPG yang hilang dan mengembalikannya dalam kondisi baik. Sama halnya dengan video MP4 dan MOV yang rusak, maka software ini dapat memulihkan sekaligus memperbaikinya.

Gratis 2GB

Untuk penggunanya, EaseUS Data Recovery memberikan gratis 2GB penggunaan. Dengan 2GB ini, pengguna bisa memulihkan file data yang terhapus, tersembunyi, hilang atau partisi RAW.

Cara Menggunakan EaseUS Data Recovery Wizard

EaseUS Data Recovery Wizard dapat  digunakan dalam tiga langkah mudah. Dan tentu saja Anda perlu mengunduh aplikasi ini secara gratis dan menginstalnya lebih dulu.

Setelah software terinstal, Anda bisa mulai mengembalikan file data terhapus permanen dengan cara berikut :

  1. Buka aplikasi EaseUS Data Recovery Wizard
  2. Di panel window EaseUS, software secara otomatis akan mendeteksi hard drive yang ada di laptop Anda seperti tampilan berikut
    Tampilan panel EaseUS Recovery Data
  3. Pilih lokasi dimana file yang terhapus atau perangkat penyimpanan yang ingin Anda pindai, lalu klik Scan.
  4. Tunggu beberapa saat sampai proses scan selesai, dan aplikasi menampilkan daftar file terhapus. Disini Anda bisa melihat detail file berupa nama, tanggal, jenis, dan ukuran. 
    Proses scanning EaseUS Recovery Data
  5. Anda bisa melakukan filter hasil berdasarkan jenis file, tanggal, dan lokasi dan juga review file sebelum belum melakukan pemulihan file.
    Proses recovery file di EaseUS Recovery Data
  6. Ceklist file/ folder yang ingin Anda pulihkan (restore), pilih lokasi tempat pemulihan atau bisa juga langsung klik “Recover”.
  7. Selesai! File terhapus Anda kini sudah berhasil diselamatkan! )

Selain pemindaian secara normal, EaseUS Data Recovery Wizard juga menawarkan pemindaian secara menyeluruh (Deep Scan). Namun perlu dipertimbangkan juga bahwa pemindaian khusus ini akan membutuhkan waktu lebih lama dan memakan CPU & memori.

Kesimpulan

EaseUS Data Recovery Wizard adalah satu paket solusi lengkap untuk file data recovery. Bukan hanya menuntaskan masalah file terhapus permanen di laptop/ PC dengan memulihkannya, tapi juga bisa memperbaiki file yang rusak.

Setiap kali Anda bermasalah dengan kehilangan file, software ini adalah solusi instan yang selalu Anda butuhkan.

Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya :   6 Tools Keren untuk Mengukur Performa & Statistik Instagram
Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1

Tinggalkan balasan

avatar

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

  Subscribe  
Notify of