Type to search

Inspirasi & Motivasi

10 Nasehat Bijak CEO Dunia yang Melecut Semangat untuk Meraih Sukses

Nasehat bijak CEO dalam meraih sukses

Belajar memang bisa dari siapa saja dan dimana saja. Salah satunya, mungkin Anda tertarik untuk belajar dari nasehat bijak para CEO hebat dunia. Sebagai CEO tentu mereka punya petualangan yang tidak mudah.

Mereka mungkin telah banyak makan asam garam dan punya berbagai pengalaman menarik yang menguatkan perjuangan kita. Entah itu di masa awal mereka mencoba sesuatu, masa remaja yang penuh dengan gejolak dan rasa penasaran dalam mencoba hal baru, atau berjibaku dengan jatuh bangun di usia matang.

Kabar baiknya, mereka tidak segan untuk berbagi ilmu dan motivasi yang menginspirasi banyak orang di dunia. Nasehat bijak CEO ini adalah rangkuman kutipan inspiratif yang mengingatkan mereka tentang perjuangan mereka dan betapa mereka juga mengalami jatuh bangun.


Nah, deretan nasehat ini mungkin juga sedang Anda butuhkan untuk membuat diri sendiri merasa lebih siap menjalani masa depan atau bangkit dari keterpurukan.

1. “Lakukan apa yang Sukai…” – Warren Buffett, CEO Berkshire Hathaway

Apakah Anda ingin terbangun setiap pagi dengan antusiasme penuh untuk menjalankan hari? Tentu ini tidak berarti Anda menikmati liburan setiap hari atau membeli barang baru idaman Anda.

Karena menurut CEO Berkshire Hathaway, ini bisa terjadi saat Anda mengerjakan hal- hal yang Anda sukai. Pekerjaan yang sesuai dengan passion Anda, menjalani kehidupan yang Anda sukai, dan membuat keputusan dengan lebih bebas.

Kenyataannya, banyak orang melakukan pekerjaan tanpa ada rasa suka dan minat terhadap apa yang mereka lakukan. Orientasinya adalah uang dan jabatan.

Memang benar ini bisa memberi mereka stabilitas ekonomi. Tapi kepuasan total terhadap apa yang telah dilakukan dan pencapaian menjadi hal yang tidak begitu memuaskan. Dan akibatnya, meski gaji berlimpah dan jabatan mentereng, kebahagiaan batin tidak begitu dirasakan.

Itulah mengapa, Warren Buffett sangat merekomendasikan agar kita melakukan sesuatu yang benar- benar kita sukai, dan mencari cara untuk mendapatkan penghasilan dari hal itu. Dengan begitu, Anda tidak merasa harus bekerja sepanjang hidup.

2. “Jadilah Otentik..” – Kevin Johnson, CEO Starbucks

Tahukah Anda, Starbuck memulai bisnisnya dari konsep bisnis yang sangat sederhana, yaitu sebuah kedai kopi. Namun seperti yang Anda lihat, kedai kopi ini telah mempunyai 26.000 gerai bisnis di seluruh dunia, dan segera mencapai angka 37.000 di tahun 2021.

Pencapaian Johnson memang sangat luar biasa. Dan menurutnya, ada sebuah nasehat penting yang disampaikan pada dirinya di masa remaja. Yaitu ‘jangan takut menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri, dan jadilah otentik.’

Menjadi otentik memang menjadi tantangan yang kerap menakutkan. Anda mungkin akan berhadapan dengan pandangan miring banyak orang dan pendapat skeptis bahwa Anda tidak akan berhasil melakukannya.

Menjawab hal ini, Kevin mempunyai alasan tersendiri.

“Ketika kita menjadi diri kita sendiri, maka kita akan memiliki keunikan yang tidak akan dimiliki oleh orang lain. Ketika kita memiliki bisnis yang memiliki cirinya sendiri, orang akan lebih mudah mengingat keunikan tersebut dan akan sulit ditiru oleh pebisnis lainnya.”

Nah, sepertinya itu lah yang menjadi kunci kesuksesan Starbuck.

3. “Cobalah Hal Baru yang Menurut Anda Sulit..” – Indra Nooyi, CEO Pepsi

Nasehat bijak CEO Pepsi ini sangat menarik untuk dilakoni, bukan?

Menurut Indra Nooyi, jalan yang mulus dan hal yang mudah tidak akan membentuk kepribadian seseorang. Sosok ini berpendapat bahwa mengerjakan hal- hal sulit dan penuh tantangan akan mengasah diri kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Dengan menaklukkan setiap tantangan sulit ini, Anda kan menjadi pribadi pemberani yang tangguh. Anda juga akan lebih dihargai dari apa yang Anda lakukan.

4. “Lakukan Lebih Dari yang Diharapkan..” – Jeffrey Katzenberg, CEO DreamWorks

Katzenberg menekankan pentingnya memberikan lebih dari yang diharapkan dalam segala hal. Terutama dalam bisnis dan pekerjaan.

Jika Anda ingin mencapai hasil 80%, jangan hanya beri effort 80% dari diri Anda. Melainkan beri 100%, 125% atau lebih. Pasalnya, kebanyakan orang berhitung untuk memberikan sesuai dengan yang ingin mereka peroleh. Hasilnya, kebanyakan dari mereka tidak memberi effort maksimal seperti yang dibutuhkan.

Bagaimana jika tampaknya tidak mungkin memberi lebih untuk mendapat lebih? Lakukan saja. Percayalah, kerja keras tidak akan mengkhianati hasil.

Selain itu, Anda juga akan terlatih untuk melampaui hal- hal yang orang lain lakukan sehingga hasil kerja keras Anda akan diakui dan menjadi lebih terlihat. Mungkin ini lah salah satu alasan mengapa salah satu nama perusahaan Jeffrey diberi nama DreamWorks, yang berarti mimpi yang berhasil.

5. “Fokus Pada Kelebihan, bukan Kekurangan…” – Hayley Barna, Former CEO Birchbox Co

Memang benar kalau setiap manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekurangan masing- masing. Namun, kekurangan bukanlah excuse untuk menyerah pada hidup atau menjalani hidup apa adanya.

Rangkul kekurangan Anda, dan fokuslah mengembangkan kelebihan Anda. Menurut Hayley Barna, jangan biarkan kekurangan menjadi masalah yang besar untuk Anda karena semua orang juga memilikinya.

Sebaliknya, fokuslah dengan kelebihan yang dimiliki dan terus memperbaharui pengetahuan yang bisa mengembangkan kelebihan itu. Jangan juga membandingkan kelemahan Anda dengan kelebihan yang orang lain miliki.

Selain membuat mental tidak sehat, sampai kapan pun perbandingan ini mungkin juga tidak apple to apple. Terlalu sibuk membanding- bandingkan juga akan menghambat Anda dalam mengembangkan kemampuan unik Anda yang justru tidak dimiliki orang lain.

6. “Jadilah Berani dalam Mengakui Kesalahan..”, Dave Finnochio, CEO Bleacher Report

Dalam sebuah interview dengan Forbes pada 2016 silam, Dave berkata  bahwa mengakui kesalahan yang sudah diperbuat memang sulit. Terlebih jika harus mengakui kesalahan ini pada atasan yang penting untuk Anda atau pada bawahan dimana Anda harus menjaga wibawa.

Padahal di sisi lain, berani mengakui kesalahan sebenarnya membantu Anda belajar banyak hal. Anda akan terus mengingatnya sehingga berusaha keras untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Hal ini sangat penting bagi seorang pebisnis karena Anda akan menjadi pribadi rendah hati yang bisa menyerap ilmu dari manapun dan dari siapa saja.

7. “Kembangkan lah Hobi Anda…” – Llyod Blankfein, CEO Goldman Sachs

Mengembangkan hobi punya makna penting untuk kehidupan pribadi seseorang. Menurut Llyod, meski Anda sudah mempunyai pekerjaan yang baik, jangan hanya terpaku mencurahkan seluruh fokus hidup Anda hanya pada pekerjaan.

Beranikanlah untuk mengembangkan diri di bidang lainnya, terutama yang berkutat pada hobi Anda. Teruslah pelajari hal- hal baru agar skill dan networking bertambah. Kurang lebih begitulah nasehat bijak dari CEO Goldman Sachs ini.

Mengembangkan hobi ini sendiri adalah salah satu cara agar Anda bisa membangun potensi diri yang selama ini sedang tertidur panjang. Sedangkan membangun network akan menambah banyak kolega yang bisa membuka banyak peluang dalam hidup.

8. “Kegigihan itu sangat penting..” – Elon Musk, CEO Tesla & SpaceX

Elon Musk dikenal sebagai salah satu sosok paling pintar dan inovatif di abad ini. Dia mempunyai banyak sentuhan magis yang menghasilkan rentetan kesuksesan di beberapa perusahaan besar.

“Kegigihan itu sangat penting. Kamu seharusnya tidak menyerah kecuali kamu dipaksa untuk menyerah.”

Tidak heran jika Elon menyuarakan tentang kegigihan kepada banyak orang. Sosok yang memulai karir profesionalnya dengan Zip2Corporation ini selalu gigih dalam memperjuangkan apa yang diyakininya.

Kutipan motivasi Elon Musk, nasehat bijak CEO

Itulah salah satu alasan mengapa Tesla dan SpaceX berhasil menjadi salah satu bukti otentik tentang kerja kerasnya. Kedua perusahaan itu sukses besar dan mendunia!

9. “Ciptakan hal- hal baru dan cari cara untuk membuat peningkatan..” – Mark Zuckerberg, CEO Facebook

Saat Zuckerberg menciptakan Facebook di awal, banyak orang yang skeptis terhadapnya. Bahkan CEO perusahaan raksasa digital juga sempat underestimate dengan menyebut kalau Facebook hanya akan menjadi ‘mainan’ anak kuliah dan tidak akan berlangsung lama.

Tapi apa yang terjadi?

Facebook kini adalah salah satu raksasa digital terbesar di dunia. Facebook Group dibangun dengan banyak ide- ide baru, kreatif, dan inovatif yang tak terbayangkan sebelumnya. Selalu ada hal baru tentang mereka yang menjadi nadi perusahaan.

Jadi, jangan pernah takut untuk menciptakan hal- hal baru meski banyak orang skeptis dengan apa yang kamu lakukan. Lakukan saja, dan biarkan orang- orang melihat hasilnya suatu saat nanti.

10. “Jangan nyaman dalam mode bertahan… ” – Jeff Bezos, CEO Amazon

Ah iyaaa… rasanya memang menenangkan berada dalam zona nyaman dan bertahan dari apapun yang mengganggu. Tapi jika Anda berada dalam hal itu terus menerus, Anda tidak akan kemana- mana. Hidup yang stagnan dan tidak ada perkembangan khusus.

Belum lagi jika tiba- tiba ada hal di luar prediksi Anda. Misalnya jika sebelumnya mengandalkan warisan dan bisnis orangtua, ternyata bisnis mereka terguncang dan collapse? Sedangkan Anda tidak membekali diri sendiri dengan skill untuk bertumbuh.

Kira- kira akan menjadi seperti apa?

Kenyataannya, hal seperti itu sering terjadi. Anda boleh saja menikmati kenyamanan yang dimiliki, tapi jangan pernah lupa untuk mengembangkan diri dan bertumbuh. Hari esok adalah misteri yang sering meleset dari prediksi.

Itulah deretan nasehat bijak CEO – CEO terbaik dunia yang melecut semangat Anda. Jika saat ini Anda berada dalam fase terpuruk atau sulit untuk bangkit, saatnya untuk merubah pikiran Anda, memotivasi diri sendiri, dan mulai beraksi.

Artikel Menarik Lainnya :   Meraih Sukses dengan Bantuan Tuyul Warisan Bapak Saya
Tags:
Mas Panda

Berkecimpung di niche Blogging & Digital Marketing lebih dari 5 tahun. Pernah menjadi salah satu bagian dari Digital Marketing Agency terbesar di Jawa Tengah. Sedang dan terus belajar dalam Digital Marketing.

  • 1
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x