Ada banyak cara untuk bisa menikmati siaran TV digital. Salah satunya adalah nonton TV digital langsung lewat HP Android, tanpa kuota dan STB. Dengan cara ini, menonton TV digital kita lakukan tanpa streaming lewat internet, melainkan menangkap siaran TV tanpa menguras kuota.

Menikmati streaming video di ponsel biasanya menggunakan jaringan Wifi atau layanan seluler. Dengan kedua hal ini, dalam keadaan tertentu seperti data seluler habis atau terjadi pemadaman listrik, kita tidak bisa mengaksesnya.

Menonton TV Digital di Android? TV Tuner Digital Solusinya!

Menggunakan TV Tuner Digital, kini Anda bisa mengubah HP Android menjadi TV portable yang tidak membutuhkan koneksi internet.

TV Tuner Digital memungkinkan pengguna untuk menerima dan menampilkan sinyal digital. Komponen ini juga yang pesawat televisi gunakan untuk bisa menonton siaran TV Digital tanpa STB.

Di awal berkembangnya, beberapa smartphone sebenarnya mempunyai fitur komponen ini. Namun seiring berkembangnya industri streaming, fitur ini pun terlupakan.

Kini seiring dengan populernya TV digital, TV Tuner Digital pun tersedia dalam bentuk perangkat keras eksternal yang bisa kita beli dan pasang dengan mudah. Tuner ini mempunyai antena internal yang bisa menerima saluran TV terrestrial secara gratis, tak peduli kemanapun Anda pergi.

“Ini sangat berguna selama pemadaman listrik atau keadaan darurat. Banyak orang tidak memiliki paket data atau berlangganan layanan TV langsung untuk melakukan streaming melalui internet. TV tuner di ponsel Anda juga bagus untuk berkemah atau bepergian ke kota-kota baru untuk melihat seperti apa TV over-the-air di daerah itu,” ungkap Youtuber Tyler Kleinle via kanal YouTube Antenna Man.

Baca Juga :  Cara Posting Otomatis Artikel Blog ke Facebook dan 6 Media Sosial Lainnya

Cara Setting TV Tuner Digital di HP Android

Untuk bisa menonton TV Digital di HP Android, langkah selanjutnya adalah pemasangan dan mulai menggunakan TV tuner. Kita bisa menggunakan kabel micro-USB dan/atau USB-C untuk bekerja dengan model ponsel Android.

Beberapa opsi ini termasuk antena, termasuk yang lebih kecil yang terhubung langsung dengan ke tuner saat pengguna menonton dalam keadaan standar. Dan juga yang besar untuk dipasangkan ke kendaraan atau tempat lain jika bepergian atau menikmati tontonan televisi di luar ruangan.

Receiver TV Tuner digital dengan micro-USB atau set TV Tuner smartphone untuk siaran digital ini dapat Anda temukan dengan mudah di marketplace. Range harga mulai dari Rp 200rb an untuk receiver TV Tuner digital.

Baca Juga :  Cara Mudah Membersihkan Cache di HP Android agar Tidak Lemot
TV Tuner Digital. TV Digital Receiver di Marketplace
  • Save

Tuner juga mempunyai aplikasi yang bisa kita unduh untuk meningkatkan fungsionalitas. Beberapa aplikasi tuner digital bahkan memungkinkan kita untuk merekam TV secara langsung.

“Saya dapat meyakinkan Anda bahwa saya tidak perlu melakukan operasi apa pun pada ponsel saya untuk mendapatkan yang seperti ini. Yang harus saya lakukan hanyalah mengunduh aplikasi dan menyambungkannya,” ungkap Kleinle berbagi dalam videonya.

Meski tidak membutuhkan perangkat keras lain, Kleinle menyarankan untuk terhubung ke antena eksternal yang lebih besar jika memungkinkan. Langkah selanjutnya, pengguna bisa melakukan pemindaian channel agar bisa menonton siaran langsung di ponsel.

Perlu diketahui, karena antena sangat kecil, tuner digital untuk ponsel mungkin tidak menangkap sinyal sebaik TV standar. Terlebih jika jauh dari menara siaran atau ada penghalang.

Kendati begitu, TV tuner di ponsel adalah pilihan menarik yang bisa Anda gunakan di berbagai situasi.

Sayangnya, menggunakan TV digital di ponsel saat ini baru kompatibel dengan Android. Ponsel Apple belum menyediakan tuner TV digital karena adanya pembatasan perangkat keras pihak ketiga.

Baca Juga :  5+ Aplikasi Pesan Instan Terbaik sebagai Alternatif WhatsApp

Kesimpulan

Matinya siaran TV Analog membuat masyarakat mau tidak mau harus beralih ke TV dengan siaran digital. Siaran digital bisa kita akses lewat TV yang sudah digital atau TV analog dengan bantuan STB.

Namun bukan itu saja, jika kita menikmati siaran digital di berbagai situasi, kita juga bisa menikmati tayangan digital via ponsel Android. Berbekal TV tuner digital, menonton tv digital di ponsel Android kini bukan perkara sulit.

Selamat mencoba!

10 Shares
Share via
Copy link
Powered by Social Snap