Type to search

Apps & Tools

10 Aplikasi Android dan iOS Terbaik untuk Membuat Stories yang Menarik

Aplikasi untuk membuat Instagram Stories yang menarik

Fitur stories, baik di WhatsApp maupun Instagram sering digunakan sebagai media untuk membuat update terbaru dari aktifitas yang kita lakukan sehari- hari. Melalui fitur pembaruan yang bertahan selama 24 jam ini, user setiap platform media sosial menjadi lebih mudah dalam mengekspresikan diri mereka.

Bagi banyak ‘anak gaul’, bahkan Instagram stories dan WhatsApp stories ini adalah dua hal yang wajib dilakukan setiap harinya. Apa saja yang akan dilakukan, rasanya belum afdhol kalau belum memasang stories. Entah itu dalam format gambar, maupun video singkat berdurasi 15 detik.

Aplikasi Gratis untuk Membuat Instagram Stories/ WhatsApp Stories

Untuk kebutuhan akun personal, membuat stories biasanya tidak membutuhkan sesuatu yang khusus. Karena tujuannya biasanya hanya sekedar ‘pamer’ di media sosial. Hanya mengandalkan aplikasi kamera bawaan atau fitur pendukung Instagram saja dirasa sudah lebih dari cukup.

Namun berbeda saat Anda mengelola bisnis atau ingin terlihat lebih professional. Tanpa harus melakukan editing di photoshop yang relatif ribet, Anda dapat mencoba membuat stories yang menarik dengan beberapa aplikasi desain yang tersedia di Playstore (Android) atau Apple Store (iOS).

Penasaran aplikasi apa saja yang dapat membantu Anda untuk menciptakan stories yang menarik? Simak ulasan kami berikut ini :

Artikel Menarik Lainnya :   Cara Memulai dan Mengatur Profil Bisnis di WhatsApp Business

1.      Canva

Dalam urusan desain, Canva adalah aplikasi senior. Pengguna dapat membuat berbagai macam desain untuk banyak keperluan, mulai dari poster, banner, presentasi, feed sosial media, hingga stories.

Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengunggah foto, menyematkan ikon, membuat kolase, menyisipkan huruf- hurus yang lucu, membubuhkan teks, serta menggabungkan beberapa foto menjadi kolase yang cantik.

Selain tersedia di Android dan iOS, Canva juga dapat diakses dengan mudah via aplikasi desktop.

2.      Unfold

Unfold adalah aplikasi pertama yang bisa membuat konten stories Anda menjadi lebih menarik. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah memungkinkan pengguna dapat membuat kolase yang menggabungkan antara video dan foto sekaligus.

Template yang disediakan juga cukup beragam, ditambah dengan font- font kekinian yang membuat aplikasi ini terasa semakin menarik untuk dicoba.

3.      InShot

Ingin meng-update story dalam format video? InShot adalah salah satu aplikasi yang paling direkomendasikan karena kemudahannya dalam membuat story video dan fitur menarik lainnya.

InShot juga bisa digunakan untuk mengedit foto dengan berbagai efek blur (blur, timpaan foto lain, warna- warni). Untuk mengedit video, pengguna bisa menjajal efek glitch dan pixel untuk menambah kesan artsy.

Yang lebih seru lagi, pengguna juga bisa mengatur kecepatan video. Terdengar seperti paket komplit, bukan?

Artikel Menarik Lainnya :   Kisah Sukses Pendiri Website JalanTikus.com, Weihan Liew

4.      Adobe Spark Post

Untuk Anda yang emang suka berbagi konten- konten desain, aplikasi ini sangat recommended untuk menghasilkan konten instagram stories yang artistik.

Salah satu keunggulan dari aplikasi ini adalah pengguna bisa mix & match dengan konten yang akan diposting di IG stories. Pengguna juga bisa membuat animasi/ video dengan berbagai template menarik dan kekinian.

5.      Over

Over termasuk aplikasi desain yang lebih pro dan lebih ribet dibandingkan deretan aplikasi di atas. Ada cukup banyak pilihan pengeditan, seperti background, stiker, teks, dan sebagainya.

Untuk membuat Instagram stories dari awal, Anda bisa menggunakan desain template atau membuatnya sendiri dari awal. Anda dapat menambah foto tanpa batas dalam satu frame, sehingga menjadi kolase super penuh. Atau bisa juga menimpa satu foto dengan yang lainnya dan mengasah kreasi estetika Anda.

6.      Splice/ Quik

Splice adalah aplikasi yang dikembangkan oleh GoPro. Aplikasi ini lebih umum digunakan untuk mengedit video, meski bisa juga untuk mengedit foto. Pengguna bisa dengan mudah menyematkan video, kemudian membubuhkan musik sebagai latar belakangnya.

Splice mempunyai daftar pustaka musik yang cukup lengkap, dan bisa dipilih berdasarkan genre. Pengguna juga bisa menambahkan efek audio lainnya, seperti suara klakson, kartun, tepuk tangan, dan sebagainya.

7.      Snow

Jika Anda tipikal orang kreatif, maka aplikasi yang satu ini pasti menyita perhatian Anda. Aplikasi ini menyediakan fitur untuk edit foto maupun video dengan memberikan kesan vintage. Background musik yang tersedia di aplikasi ini juga cukup trendy dan variatif.

Artikel Menarik Lainnya :   Pengguna Mobile di Indonesia Kini Lebih Suka Pakai Aplikasi Dibandingkan Browser

8.      VideoLeap

Jika Anda membutuhkan aplikasi editing video dengan kemampuan pro, namun cukup mudah digunakan, maka VideoLeap adalah jawabannya. Untuk membuat stories, Anda dapat memilih video dengan format 9:16 yang sesuai dengan ukuran Instagram Stories.

Pengguna dapat menyisipkan teks, menambahkan music, efek suara, serta memilih warna background yang cantik.

9.      Hypetype

Dengan aplikasi yang satu ini, pengguan bisa menyematkan teks animasi yang menarik pada stories. Salah satu keunggulan ini adalah banyaknya variasi huruf dan animasi yang menambah estetika Instagram Stories.

10. Preview

Dibandingkan dengan deretan aplikasi diatas, Preview memang sedikit berbeda. Aplikasi yang satu ini lebih bersifat pengeditan secara manajerial. Dengan Preview, Anda bisa mengunggah semua video dan foto yang akan Anda pamerkan di Isntagram Stories.

Sama seperti namanya, aplikasi ini membantu pengguna menciptakan stories secara berkonsep, dan melakukan preview terlebih dulu sebelum mempublikasikannya sesuai alur yang diinginkan.

Pengguna juga bisa menjadwalkan kontennya di kemudian hari. Saat waktunya tiba, akan ada notifikasi yang mengingatkan Anda untuk mengunggahnya ke Instagram Stories.

Itulah deretan aplikasi Android dan iOS terbaik untuk membuat WhatsApp dan Instagram story yang menarik. Semoga bermanfaat!

Featured Image: Graphicriver.net

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.