Type to search

Entrepreneurship

3 Pelajaran Berharga dari Alibaba untuk Entrepreneur di Era Digital

Tiga pelajaran penting dari Alibaba untuk Entrepreneur

Setelah mendulang kesuksesan, banyak entrepreneur yang mengembangkan sayapnya dengan membangun bisnis yang berkaitan dengan pendidikan. Ada beberapa dari mereka yang mendirikan universitas atau sekolah informal seperti akademi belajar.

Rasanya ada kebanggaan tersendiri saat kesuksesan bisnis berimbas pada kontribusi pengembangan SDM. Nah, hal yang sama juga dilakukan oleh Jack Ma. Terlebih karena Jack Ma dulunya adalah seorang guru.

Pendiri raksasa bisnis Alibaba Group ini pun mendirikan Universitas Taobao di Hangzhou, China. Di Universitasnya, ia menawarkan salah satu jurusan tentang embangun bisnsi digital yang sukses.

Genecia Alluora, pendiri Soul Rich Woman, yang merupakan platform saran berwirausaha untuk perempuan di Asia Tenggara adalah salah satu lulusan dari Universitas ini.

Ia pun berbagi tiga hal penting yang diajarkan di Universitas Taobao dalam membangun kerajaan bisnis digital. Apa sajakah itu? Ini dia ulasan Panda :

Daftar Isi

1. Pentingnya Membangun Merek

Toko online mempunyai konsep yang berbeda dari toko tradisional. Namun saat pasar e-commerce tumbuh dan kompetisi meningkat, mempunyai merek yang mudah diidentifikasi konsumen sangatlah penting.

“Pelanggan ingin mengenal merek dan melihat Anda memiliki kredibilitas,” jelas Alluora.

Memmbangun merek berkaitan dnegan bnayka hal. Ini lebih dari sekedar mempunyai halaman Facebook atau akun Instagram dengan ribuan penggemar dan follower.

Membangun merek adalah konsep mempromosikan brand Anda dengan lebih luas dan berkelanjutan. Jika ingin bisnis Anda besar, ini adalah hal yang penting untuk dilakukan.

2. Promosi adalah Nadi Bisnis

Setelah membuat merek, langkah selanjutnya adalah mempromosikannya ke audiens yang tepat. Promosi adalah hal yang mudah dipahami dalam bisnis dan seiring berkembangnya teknologi, promosi harus dilakukan dengan optimal dan terukur.

“Untuk berada di puncak, Anda perlu menghasilkan traffic (lalu lintas),” ungkap Alluora.

Strategi digital yang berfokus pada goal adalah salah satu cara terbaik untuk melakukannya. Di tahap awal, Anda dapat memprioritaskan kata kunci dalam deskripsi produk Anda.

Tips tambahan dari Alluora, pebisnis jangan hanya fokus pada produk. Tapi juga pada manfaat dan tren baru yang tercipta dari bisnis itu sendiri.

“Anda harus menjual gaya hidup, bukan hanya produk. Anda harus terhubung secara emosional,” tambah Alluora.

3. Analisa Data itu Penting

Setelah membangun merek dan melakukan strategi marketing yang terukur, pebisnis wajib mempertahankan momentum dan menarik kembali pembeli. Anda harus mengenal pelanggan dan mempunyai akses ke data mereka.

Salah satu kunci sukses Alibaba adalah teknologi mereka yang canggih dalam analisis data.   Tidak heran jika mereka begitu mudah dan cepat dalam mendominasi bisnis di China dan mengembangkan sayap ke seluruh dunia.

“Mereka memiliki analisis yang sangat rinci sehingga mereka dapat menyesuaikan penawaran mereka kepada setiap individu,” kata Alluora.

“Jika Anda mencari barang-barang bayi, misalnya, tahun berikutnya mereka akan menargetkan Anda dengan pakaian untuk anak-anak berusia satu tahun.”

Artikel Menarik Lainnya :   Jualan Panci, Ini Kisah Yoyok Rubiantono Tembus Milyaran Rupiah Per Hari
Tags:
Aditya Rumi

a time traveller, an explorer and a lover of science-techno things & coffee of course. Saya menggunakan aktifitas menulis untuk menyalurkan pengetahuan Saya. Semoga bermanfaat dan memberi value untuk orang lain.

  • 1

You Might also Like

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x