Type to search

Entrepreneurship

8 Peluang Usaha yang Layak Dicoba di Tengah Pandemi Corona

Mengintip peluang usaha di tengah pandemi corona

Pandemi corona yang mewabah di banyak negara di dunia telah menciptakan kepanikan tersendiri. Di Indonesia sendiri, peningkatan kasus corona membuat pemerintah menghimbau social distancing sejak Maret lalu.

Kini di awal April, lebih ketat banyak daerah menerapkan karantina wilayah. Tentu saja sebagian besar bisnis dan ekonomi terdampak secara langsung. Ada perusahaan yang terpaksa merumahkan karyawannya dan banyak pedagang yang mengeluh jualannya tak laku. Tidak sedikit juga bisnis yang memutuskan untuk tutup sementara atau bahkan gulung tikar.

Ide Usaha di Tengah Pandemi Corona

Di sisi lain, ada beberapa jenis usaha yang justru meraup keuntungan di tengah pandemi corona saat ini. Dengan memanfaatkan ide bisnis ini, Anda bisa mendapatkan penghasilan tambahan yang cukup selama sociall distancing diberlakukan :

1. Berjualan Masker 

Masker mendadak menjadi komoditas yang paling diburu saat ini. Di akhir Maret lalu, stok masker habis di banyak tempat. Harganya pun mendadak meroket karena stok yang langka.

Padahal, banyak pihak yang semakin menggencarkan kampanye menggunakan masker saat bepergian karena situasi corona yang semakin memburuk.

Itulah salah satu alasan mengapa berjualan masker menjadi salah satu bisnis dadakan yang menguntungkan saat ini. Anda bisa menjual masker dari distributor resmi atau bekerja sama dengan pihak garmen untuk menjual masker kain.

Saat menjual masker kain, pastikan membuatnya dengan standar yang disarankan ya dan dengan harga yang wajar. Sambil mendapat keuntungan, Anda juga membantu pemerintah dan masyarakat dalam memerangi pandemi Covid-19.

2. Jasa Belanja Sayuran dan Kebutuhan Rumah Tangga

Social distancing dan karantina wilayah membuat orang- orang enggan untuk keluar rumah. Anda bisa memanfaatkan ini untuk menawarkan jasa berbelanja sayuran dan kebutuhan rumah tangga.

Anda bisa bekerja sama dengan pedagang sayur keliling untuk mendapatkan jenis sayuran dan barang belanjaan yang dibutuhkan. Kemudian untuk stok sayuran dan kebutuhan lainnya bisa diantar dengan jasa pengiriman online atau mengantarkan langsung tanpa bersentuhan.

Jangan lupa untuk gunakan masker saat proses pengantaran dan transaksi ya!

3. Membuka Katering Harian

Ada kemungkinan orang- orang malas untuk memasak karena menghindari berbelanja ke pasar. Sementara banyak warung- warung di sekitar lingkungan yang memilih tutup karena sepi pembeli.

Situasi ini bisa dimanfaatkan untuk membuka bisnis katering harian untuk anak- anak kos dan warga sekitar. Coba buat beberapa menu pilihan yang disukai anak kos atau tawarkan katering dalam format PO agar bisa membuat stok sesuai kebutuhan.

4. Minuman Rempah

Minuman rempah juga sekarang sedang banyak diburu, mulai dari jamu, empon- empon, jahe, dan minuman herbal lainnya. Pasalnya, rempah ini dipercaya bisa meningkatkan imun tubuh dalam menghadapi virus.

Meski harga rempah ini juga sedang meroket, namun tetap menjadi peluang usaha yang menarik karena jumlah peminatnya juga sedang banyak sekali. Anda bisa mengolahnya secara mandiri atau mengambil produk dari distributor di pasar tradisional atau UMKM.

5. Frozen Food

Frozen food juga menjadi salah satu ide produk yang laku dijual di masa social distancing ini. Selain tahan lama, frozen food juga disukai karena praktis dan bisa disajikan kapan saja.

Jenis frozen food yang cukup laris di pasaran antara lain nugget ayam, stik kentang goreng, dan risol mayo.

6. Jualan Madu Murni

Produk yang berkaitan dengan meningkatkan imun tubuh kini memang sedang dicari. Selain suplemen dan minuman herbal, madu murni juga menjadi pilihan produk selanjutnya yang bisa dijual laris manis di pasaran.

Saat ini ada banyak distributor madu murni yang ada di pasaran. Pastikan kamu berhati- hati dalam memilih distributor untuk memastikan keaslian produk yang akan dijual.

7. Menjual Produk Gift

Karena himbauan social distancing, akan ada banyak orang yang membatasi diri untuk bertemu dengan sahabat dan pasangan. Anda juga bisa memanfaatkan momen ini untuk berjualan produk gift kepada mereka yang membutuhkan.

Anda bahkan langsung bisa mengusung tagline Social Distancing untuk produk yang Anda jual. Misalnya saja, “Social Distancing memang membatasi kita buat ketemuan, tapi enggak buat sayang- sayangan.”

Contoh produk gift yang bisa dijual antara lain buket bunga dan sejenisnya, parcel buah dan custom gift lainnya.

Anda bisa bekerja sama dengan pengrajin bunga lokal atau menghubungi platform toko bunga online atau gift online untuk menanyakan kemungkinan bekerjasama.

8. Curi Start Jualan Kurma

Yang menyedihkan dari wabah corona ini adalah datang di saat umat Muslim bersiap menyambut bulan Ramadhan. Namun jika kita mengambil positifnya, kita bisa menggunakan kesempatan ini untuk curi start berjualan produk ramadhan.

Misalnya saja kita berjualan kurma yang selalu menjadi produk favorit di periode ramadhan hingga lebaran. Atau kita juga mulai promosi fashion lebaran seperti hijab, gamis, baju koko, hingga sarung.

Kesimpulan

Pandemi corona memang dampaknya sangat terasa dari sisi ekonomi. Namun bagaimanapun, himbauan pemerintah untuk melakukan social distancing dan karantina wilayah ini adalah upaya agar pandemi ini segera berakhir.

Daripada mengeluh untuk efek ekonomi yang kita rasakan, kita bisa memaksimalkan kesempatan yang ada dengan cara positif untuk memperoleh penghasilan tambahan. Hasilnya bukan hanya untuk diri sendiri dan keluarga, tapi siapa tahu bisa membantu mereka juga yang membutuhkan.

Selamat mencoba!

Artikel Menarik Lainnya :   Tips Mengatasi Modal Minim Saat Merintis Usaha
Aditya Rumi

a time traveller, an explorer and a lover of science-techno things & coffee of course. Saya menggunakan aktifitas menulis untuk menyalurkan pengetahuan Saya. Semoga bermanfaat dan memberi value untuk orang lain.

  • 1
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x