Type to search

Entrepreneurship

Bill Gates : Android adalah Penyesalan Terbesar Saya

Share
Penyesalan terbesar Bill Gates

Tak seorang pun akan menyangkal kesuksesan Bill Gates. Mempunyai perusahaan raksasa, kaya raya, dan luar biasa sukses dalam bidang teknologi. Apalagi yang seorang Bill Gates bisa keluhkan?

Meski semua tampak sempurna, bukan berarti Bill Gates tak pernah punya keluh kesah dan penyesalan. Ia pun tak malu untuk mengakui penyesalan terbesarnya, yaitu Android.

Dalam sebuah event yang diselenggarakan oleh Village Global, sebuah perusahaan modal ventura yang disokong oleh dirinya sendiri, Bill Gates menyebut bahwa dirinya mempunyai satu kesalahan yang masih ia sesali : memberi kesempatan Google meluncurkan Android yang pada prosesnya tak mampu ia saingi hingga kini.

Kenyataan ini diungkap Gates saat tengah membahas perkembangan dunia software, secara khusus untuk platform, yang cenderung memunculkan satu pemenang saja sebagai penguasa pasar atau dikenal dengan istilah winner takes all.

“Kesalahan terbesar (saya) adalah… kesalahan manajemen apapun yang saya lakukan yang menyebabkan Microsoft tidak bisa jadi seperti Android,” kata Gates seperti dilansir dari The Independent, Senin (24/6/2019).

“Secara terperinci, Android dalam konteks platform standar di ponsel, yang bukan Apple. Itu merupakan sesuatu posisi alamiah yang ingin ditempati oleh Microsoft sebagai pemenang,” ungkapnya.

Perlu diketahui, Android awalnya bukanlah sebuah sistem operasi yang dihasilkan Google dari nol. Google mengakuisisi Android pada tahun 2005 dengan biaya mencapai kisaran USD 50 juta.

Di sisi lain, Microsoft sempat mempunyai Windows Phone, dan juga sempat mengakusisi unit Device and Service Nokia sebesar USD 7 miliar. Sayangnya usaha Microsoft ini belum membuahkan hasil dalam ekosistem yang disebut Gates ‘hanya bisa ditempati satu sistem operasi non-Apple’.

Meski begitu, Gates tidak ragu untuk menyebut bahwa Microsoft masih “sangat kuat”. Namun, ia juga tak bisa memungkiri kenyataan bahwa jika ia tak melakukan kesalahan tentang Android di masa lalu, Microsoft akan menjadi ‘perusahaan terdepan’, alih- alih hanya menjadi salah satu dari beberapa perusahaan terdepan.

Artikel Menarik Lainnya :   Microsoft Bersiap Memecat Ribuan Karyawan


           

 

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.