Type to search

Inspirasi & Motivasi Tokoh

Jawaban Bill Gates Saat Ditanya Apakah Kaya Membuatnya Bahagia

BIll Gates dan Kekayaannya

Beberapa waktu lalu, Bill Gates menggelar sesi AMA (Ask Me Anything) di forum online, Reddit. Di kesempatan itu, mantan bos Microsoft ini sudah pasti diserbu dengan banyak pertanyaan dari pengguna Reddit. Mulai dari topik kesehatan, perubahan iklim, edukasi, hingga tontonan favoritnya di layanan streaming film, Netflix.

Yang menarik, ada sebuah pertanyaan yang dilirik oleh Bill Gates dan dijawab dengan penuh antusiasme. Penasaran apa pertanyaan itu?

“Apakah menjadi orang kaya telah membuat Anda bahagia daripada Anda menjadi orang kelas menengah?”


Pertanyaan ini dilontarkan oleh salah satu pengguna Reddit bernama Daniel Ayon.

“Ya, karena saya tidak perlu khawatir memikirkan masalah biaya kesehatan atau pendidikan,” begitu jawab Gates.

Menjadi Kaya adalah Nikmat

Bill Gates juga menambahkan bahwa menjadi orang kaya memang membuatnya senang. Ini karena membuatnya terbebas dari pikiran tentang masalah finansial dan biaya hidup. Menurutnya, ini adalah nikmat yang benar- benar harus disyukuri.

Namun, Gates juga menjelaskan bahwa untuk mencapai suatu tingkat kebahagiaan, seseorang tidak harus mempunyai uang miliaran dollar AS atau menjadi kaya raya. Namun, dengan begitu, berbagai sarana penunjang kehidupan, seperti pendidikan dan kesehatan harus ditekan dengan harga seminimal mungkin agar bisa dinikmati dan dijangkau.

Bill Gates : Sumber Kebahagiaan Bukan dari Uang Semata

Gates juga berpendapat bahwa sumber kebahagiaan itu bukan berasal dari uang semata. Ada banyak hal- hal sederhena yang bisa menurutnya bisa membuat kita sangat bahagia. Misalnya adalah melihat anak kita berhasil melakukan sesuatu.

“Beberapa orang bilang bahwa rasanya senang sekali ketika anak berhasil. Sebagai orang tua, saya sangat setuju,” ujar Gates.

Hal lainnya yang memicu kebahagiaan menurut Gates adalah mampu memenuhi komitmen terhadap diri sendiri. Misalnya saat kita berkomitmen ingin mencapai sesuatu, maka kita harus berupaya semaksimal mungkin untuk memenuhi target tersebut.

Pertanyaan seputar kebahagiaan dan kaitannya dengan kekayaan memang selalu menjadi topik yang menarik untuk dibahas. Tidak heran, topik ini juga cukup mendominasi di sesi AMA Bill Gates yang digelar untuk pengguna Redit.

Yang mendorong banyaknya pertanyaan ini juga ada kaitannya dengean riset yang menyebut bahwa kebahagiaan dapat dibeli dengan uang. Salah satunya adalah riset yang dilakukan oleh Nature Human Behavior pada 2018 lalu yang mengungkap bahwa puncak kepuasan hidup seseorang bakal tercapai saat penghasilan individu mereka mencapai nominal tertentu.

Artikel Menarik Lainnya :   Resign dari Kantor, Wanita ini Raup Rp 8,4 M/bulan Berkat Bisnis Teh
Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.