Type to search

Entrepreneurship

8 Cara Sederhana Membangun Pikiran Positif dan Menjadikan Anda Orang Sukses

8 Cara Sederhana untuk Membangun Pikiran Positif dan Menjadikan Anda Orang Sukses

Tak bisa dipungkiri, kunci untuk meraih kesuksesan selalu diawali dari pikiran positif. Dengan berpikir positif, setiap individu dapat mempunyai ide- ide cemerlang yang dieksekusi menjadi hal- hal besar.

Pikiran positif juga menjadi perisai mental saat apa yang kita capai tidak sesuai harapan. Kita seolah- olah tidak pernah kehabisan energi untuk bangkit lagi dan mencoba lagi. “Jangan pernah ada kata menyerah,” begitu kata si pikiran positif ini.

8 Cara Berpikir Positif untuk Meraih Kesuksesan

1. Miliki Tujuan Hidup

Setiap orang yang sukses selalu dilatarbelakangi dengan mempunyai tujuan yang jelas dalam hidup maupun bisnisnya. Dengan tujuan yang jelas itu, ia tahu apa yang akan dituju dan apa yang harus dilakukan untuk mencapainya. Hidup yang terarah inilah yang membuat seseorang terus termotivasi untuk melakukan hal terbaik dalam hidupnya sebagai bentuk tanggungjawabnya sebagai menusia. Dengan motivasi ini, ia akan terus bekerja keras untuk mencapai tujuannya.

2. Selalu Yakin Pada Diri Sendiri

Yakinlah pada dirimu sendiri. Jangan pernah merasa rendah diri dan menilai negatif diri kita atau apa yang sudah kita lakukan. Dengan percaya diri, setiap hal yang kita kerjakan akan menjadi lebih optimal. Tidak ada keragu- raguan yang membuat kita takut dalam berbisnis atau berkarir. Dengan meyakini diri sendiri, kita juga akan mudah untuk meyakinkan orang lain terhadap kualitas kita. Artinya, kesempatan akan semakin baik di masa depan.

Artikel Menarik Lainnya :   10 Langkah Memulai Usaha Baru untuk Pemula dari Nol Hingga Sukses

3. Mencari Inspirasi dan Motivasi

Jangan menunggu untuk inspirasi dan motivasi datang. Temukanlah hal- hal hebat itu. Bukan orang lemah yang membutuhkan inspirasi dan motivasi, namun mereka yang ingin menjaga diri mereka untuk terus berpikir positif dan selalu ingin mencapai hal baru lagi. Darimana kita bisa mendapatkan inspirasi dan motivasi? Cobalah rajin membaca buku, mengikuti akun inspiratif di media sosial, mengikut seminar, menonton film inspiratif, dan lain sebagainya.

4. Bergaul dengan Orang Hebat

Pergaulan mempunyai pengaruh yang sangat hebat dalam kehidupan seseorang. Hindarilah berteman dengan mereka yang membawa pengaruh buruk untuk hidup Anda. Sebaliknya, cobalah membangun relasi dengan mereka yang selalu berpikir positif dan melakukan tindakan nyata. Karakter pertemanan yang Anda miliki ini nantinya akan membantu Anda untuk terus menjaga motivasi dalam mengejar impian Anda. Anda juga bisa belajar banyak hal dari mereka tentunya.

5. Jangan Iri dengan Pencapaian Orang Lain

Artikel Menarik Lainnya :   30 Perusahaan di Indonesia yang Tahan Banting Saat Krisis, Apa Resepnya?

Ada teman yang promosi karena kerjanya rajin? Berikan pujian padanya dan jadikan prestasinya ini sebagai lecutan untuk memompa semangatmu. Setiap orang mendapatkan kesempatan baru bukan tanpa alasan. Alih- alih merasa iri dengan pencapaian mereka, cobalah belajar dari mereka dan meningkatkan kualitas diri kita sendiri.

6. Jangan Mudah Berprasangka Buruk

Selama ini Anda mudah curiga pada orang lain? Kontrolah pikiran Anda! Berprasangka buruk adalah salah satu penyakit hati yang segera Anda obati. Jika tidak, penyakit hati ini akan terus menggerogoti Anda dan berakibat semakin buruk dari waktu ke waktu. Anda akan sulit percaya pada rekan kerja, partner bisnis, atau siapapun. Dan bahkan Anda sering merasa cemas karena cepat curiga dan menilai negatif orang lain tanpa bukti yang jelas.

7. Hindari Membicarakan Kekurangan Orang Lain

Tidak ada manusia yang sempurna. Setiap orang punya kekurangan masing- masing. Dari fakta ini Anda mempunyai dua pilihan : terus- menerus membicarakan kekurangan mereka atau berkaca dan memperbaiki kekurangan diri sendiri. Jangan sampai waktu kita habis sia- sia hanya untuk membicarakan kekurangan orang lain. Tanpa sadar, aktifitas ini akan mengurangi produktifitas Anda dalam mengejar mimpi dan melakukan tugas Anda.

Artikel Menarik Lainnya :   10 Alasan Kenapa Anda Harus Memulai Usaha Sendiri

8. Menjaga Hubungan dengan Tuhan

Hubungan individu dengan Tuhan memang menjadi ranah privasi setiap orang. Apapun itu, cobalah untuk dekat dengan Tuhan agar pikiran dan hati kita lebih tenang. Meski terdengar teoritis, orang- orang sukses yang bahagia adalah mereka yang selalu menyertakan Tuhan di setiap langkah mereka. Dekat dengan Tuhan berarti karir hebat, dan ketentraman batin juga bisa didapat.

Semoga saja artikel ini akan memotivas Anda untuk lebih berpikir positif dalam menatap masa depan dan melakukan yang terbaik untuk mengejar mimpi Anda.

Menjaga Kita untuk Terus Berpikir Positif Bukan lah Hal Mudah

Selalu ada godaan dari dalam dan luar untuk menodai pikiran positif kita. Kadang ada godaan untui nyinyir hasil kerja keras orang lain daripada mengikuti jejak positifnya. Kadang kita bersikap defensif saat gagal dengan mencari seribu alasan atas kegagalan itu daripada harus bangkit dan mencoba lagi. 

Memang, manusiawi jika kita tidak selalu berpikir positif. Seringkali pikiran negatif itu datang dan menguasai kita. Jika pertahanan kita buruk, bukan saja cara berpikir kita yang dirusak, namun juga mental kita. Kita akan mudah untuk mencari seribu alasan atas kemalasan dan kegagalan kita, dibanding mencari satu cara untuk mengatasi masalah kita.

Padahal dengan melatih diri kita untuk selalu berpikir positif, mengatasi masalah akan menjadi lebih mudah. Kita akan lebih bisa mengntrol pikiran kita, dan pada akhirnya mengontrol tindakan kita serta respon terhadap pencapaian, entah itu baik atau buruk. Saat pola- pola ini sudah terbentuk, meraih kesuksesan dalam karir, profesi, dan kehidupan akan lebih mudah untuk kita raih.

Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.