Type to search

Lain- lain

Sejarah Perubahan Algoritma Google dari Waktu ke Waktu

Share
Sejarah Perubahan Algoritma Google dari Waktu ke Waktu

Jika sebelumnya kita sudah membahas tentang 8 update penting algoritma Google dari tahun 2013 – 2019, kali ini kita akan membahas lebih detail sejarah perubahan algoritma Google dari waktu ke waktu. Bukan hanya update besar yang dampaknya dirasakan publisher, namun juga update- update kecil lainnya.

Pengertian Algoritma Google

Algoritma Google ini sendiri adalah sebuah sistem kompleks yang digunakan untuk mengambil data dari indeks pencariannya dan secara instan memberikan hasil terbaik untuk setiap permintaan pencarian. Untuk menampilkan peringkat berdasarkan relevansi pada hasil halaman pencarian, mesin pencari ini biasanya menggunakan kombinasi algoritma dan berbagai parameter penentu ranking.

Di tahun- tahun awalnya, Google hanya membuat beberapa pembaruan untuk algoritmanya. Namun, seiring dengan bertumbuhnya teknologi dan internet yang semakin cepat, maka Google pun menjadi lebih sering melakukan pembaharuan di algoritma mereka.

Bahkan, sebagian besar pembaharuan ini sangat kecil sehingga sering diabaikan oleh publisher. Namun tidak jarang, beberapa update kecil itu sebenarnya adalah persiapan Google untuk meluncurkan update yang lebih signifikan mempengaruhi SERP mereka, seperti :

  • Fred
  • Intrusive Interstitials Update
  • Mobilegeddon
  • RankBrain
  • Panda
  • Penguin
  • Hummingbird
  • Pigeon
  • Payday
  • EMD (Exact Match Domain)
  • Page Layout Algorithm

Sejarah Update Algoritma Google

Perubahan algoritma Google, baik besar maupun kecil memang selalu menarik untuk kita simak. Di bawah ini adalah daftar lengkap peluncuran, dan pembaruan algoritma Google yang telah diluncurkan selama bertahun- tahun, serta tautan ke sumber daya untuk professional SEO yang ingin memahami setiap perubahan ini.

Di bawah ini kami telah menyusun daftar lengkap peluncuran, pembaruan, dan pembaruan algoritme Google yang telah diluncurkan selama bertahun-tahun, serta tautan ke sumber daya untuk profesional SEO yang ingin memahami setiap perubahan ini.

12 Maret 2019
Core Update Maret 2019 (a.k.a Florida 2)
Melalui Twitter, Danny Sullivan dari Google mengkonfirmasi pembaruan algoritma inti global yang luas. Dalam konfirmasinya, pembaruan ini dinilai sangat penting dan salah atu pembaruan Google terbesar dalam beberapa tahun terakhir. Sullivan sekali lagi merekomendasikan publisher untuk mengikuti panduan yang diberikan setelah pembaruan 9 Maret 2018.

            Baca Lebih Lengkap di : 8 Update Algoritma Google 2013 – 2019 yang Wajib Publisher Ketahui

13 Februari 2019
Update Valentine Day
Tracker algoritma dan beberapa industri melaporkan bahwa Google melakukan pembaruan yang belum dikonfirmasi terjadi pada dan sebelum tanggal ini. Berbeda dengan pembaruan lainnya, sebagian besar publisher melaporkan adanya perubahan positif dalam peringkat situs web mereka.

31 Oktober 2018
Update Halloween yang Belum Dikonfirmasi
Beberapa webmaster melaporkan adanya perubahan peringkat website mereka mulai sekitar Halloween yang diprediksi merupakan efek dari pembaruan Google. Meskipun tidak ada konfirmasi pasti, namun ada beberapa webmaster yang memberi sedikit bukti pembaruan yang signifikan ini.

27 September 2018
Sebuah ‘Update Kecil’
Di ulang tahun Google yang ke- 20, banyak webmaster dalam komunitas SEO mulai memperhatikan adanya lonjakan dan penurunan lalu lintas yang signifikan sebagai tanda sebuah pembaruan sedang berlangsung. Beberapa situs terkena dampak langsung dari pembaruan inti luas Agustus ini dilaporkan membuat pemulihan. Penghubung Google Search, Danny Sullivan mengonfirmasi melalui Twitter pada 29 September 2018 bahwa ada semacam pembaruan ‘lebih kecil’ yang telah terjadi.

1 Agustus 2018
Update Algoritma Broad Core
Melalui twitternya, Google untuk ketigakalinya mengkonfirmasi bahwa ada pembaruan broad care yang telah dilakukan. Dengan melakukan hal ini, Danny Sullivan merekomendasikan webmaster untuk mengikuti panduan yang diberikan setelah pembaruan 9 Maret 2018. Pembaruan ini kemudian diberi nama ‘Medic’ oleh beberapa orang di industri, meskipun Google menyebut ini adalah pembaruan peringkat umum dan tidak secara khusus menargetkan situs medis.

16 April 2018
Update Algoritma Broad Core
Google mengonfirmasi melalui Twitter tentang rilis pembaruan algoritma broad core lainnya, dan mengindikasikan bahwa pembaruan ini mirip dengan update yang dilakukan pada 9 Maret 2018 lalu. Fokusnya masih sama, yaitu relevansi konten.

9 Maret 2018
Update Algoritma Broad Core
Pada 12 Maret 2018, Google merilis pemberitahuan bahwa mereka telah melakukan update algoritma broadcare seminggu sebelumnya. Meskipun Google tidak memaparkan secara detail tentang apa saja yang berubah, namun mereka mengungkap bahwa pembaruan itu dimaksudkan untuk ‘memanfaatkan halaman yang sebelumnya kurang dihargai’ dan menyarankan semua orang untuk terus membangun konten yang hebat.

12 Desember 2017
Pembaruan Maccabees
Para webmaster yang tergabung dalam komunitas SEO melaporkan bahwa situs mereka terdampak algoritma baru antara 12 dan 14 Desember. Google sendiri menkonfirmasi bahwa ada beberapa perubahan kecil pada algoritma inti selama jangka waktu tersebut, tapi tidak terlalu signifikan dari periode flux.

8 September 2017
Fall Flux
Perbincangan komunitas SEO dan blogger mencurigai adanya pembaruan Google yang terjadi pada periode ini, namun belum dikonfirmasi kepastiannya. Glenn Gabe, presiden G-Squared Interactive, juga mendeteksi beberapa perubahan penting Google mempengaruhi lalu lintas dan visibilitas pencarian mereka sejak 8 September. Pengaruh ini juga diikuti dengan volatilitas dan fluktuasi tambahan pada 18, 25, dan 29 September, serta 4, 8, dan 12 Oktober 2017.

Artikel Menarik Lainnya :   21 Manfaat dan Fungsi Website untuk Brand, Perusahaan, dan Bisnis

19 Agustus 2017
Pembaruan Kualitas
Tool peringkat webmaster dan SEO mendeteksi adanya beberapa volatilitas kecil pada 19-20 Agustus dengan tanda- tanda yang menunjukkan bahwa ini mungkin pembaruan kualitas yang dilakukan oleh Google. Beberapa hal yang dilaporkan menjadi korban adalah halaman kategori, halaman dengan iklan agresif, konten berkualitas rendah/ tipis, dan elemen pengalaman pengguna negatif lainnya menurut analisis Glenn Gabe, presiden GSQI.

Beberapa spekulasi menyebut bahwa Google mulai menguji algoritma ini pada 14 Agustus karena halaman- halaman yang terkena dampak ini (positif atau negatif) mengalami dampak lebih lanjut pada 19 Agustus.

9 Juli 2017
Pembaruan Kualitas
Tool ranking SEO mendeteksi adanya beberapa volatitlitas minor pada 9 Juli 2017 yang berpotensi pada pembaruan kualitas Google lainnya (tidak terkonfirmasi).

25 Juni 2017
Berbagai tool pelacak SEO mendeteksi adanya pembaruan Google yang signifikan, meskipun belum dikonfirmasi pada tanggal ini. Salah satu analis juga menemukan bahwa pembaruan ini menyebabkan fluktuasi terbesar untuk peringkat halaman di posisi 6-10. Pembaruan ini berdampak pada sebagian besar niche, terutama industry makanan dan minuman.

17 Mei 2017
Pembaruan Kualitas
Mulai dari 17 Mei dan berlangsung kurang lebih satu minggu, tool tracking SEO melaporkan ada banyak fluktuasi di halaman hasil pencarian (SERP). Meskipun pengaruhnya dirasa terbatas, beberapa situs yang terdampak cenderung mempunyai masalah dengan iklan agresif, pengalaman pengguna, serta konten berkualitas rendah.

7 Maret 2017
Fred
Perwakilan Google, Gary Illyes secara bercanda menyebut pembaruan ini dengan nama ‘Fred’ dan kemudian nama ini akhirnya mencuat. Namun, algoritma ini bukan masalah bagi mereka yang terkena dampak. Pembaruan algoritma utama ini menargetkan konten- konten berkualitas rendah.

Pada 24 Maret, Illyes secara resmi mengkonfirmasi pembaruan mereka. Namun, Google sendiri telah menolak untuk membagikan lebih spesifik dan memilih untuk mengatakan bahwa semua jawaban tentang Fred dapat ditemukan di Pedoman Kualitas Webmaster Google.

7 Februari 2017
Pembaruan Mayor
Meski tidak terkonfirmasi secara resmi, pembaruan mayor pada periode ini menghasilkan pergeseran peringkat besar- besaran di halaman pencarian. Yang artinya, ada kenaikan atau penurunan besar untuk beberapa situs web. Secara keseluruhan, situs berkualitas tinggi dan lebih relevan akan mendapatkan visibilitas yang paling tinggi.

1 Februari 2017
Ini adalah pembaruan minor dan tidak terkonfirmasi oleh Google. Meski begitu, semua informasi tentang pembaruan ini lebih dari spekulasi daripada fakta. Targetnya adalah PBN (Private Blog Networks) atau mereka yang melakukan link building dengan metode spam.

10 Januari 2017
Pembaruan Intrusive Interstitials
Pada 23 Agustus 2016, Google mengumumkan akan adanya perubahan di masa mendatang yang akan menargetkan intrusive interstitials dan pop-up yang menggangu pengalaman pengguna di perangkat mobile. Memenuhi janji tersebut, pembaruan akhirnya dirilis pada 10 Januari 2017. Dampak dari pembaruan ini dirasakan cukup minim.

10 November 2016
Pembaruan tanpa nama
Komunitas pencarian dan data dari tool tracking SEO menunjukkan adanya pembaruan Google yang belum dikonfirmasi terjadi pada 19 November.

23 September 2016
Pembaruan Penguin 4.0 dan Integrasi Core Algoritma
Dalam update ini, Penguin akan mengevaluasi setiap situs web dan tautan secara real-time. Peruabhan besar lainnya adalah Penguin akan mendevaluasi tautan dibandingkan menurunkan peringkat sebuah halaman.

1 Juni 2016
Pembaruan Kualitas
Meski tidak dikonfirmasi oleh Google, data menunjukan bahwa ada pembaruan kualitas terkait dengan algoritma Google lainnya yang dimulai dari 1 Juni, dengan votalitas peringkat pencarian tambahan terlihat pada 8, 21, 26 Juni 2016.

12 Mei 2016
Pembaruan Mobile-Friendly #2
Pembaruan ini adalah yang kedua untuk algoritma Mobilegeddon.  Tujuannya tentu saja untuk memperkuat pembaruan algoritma Mobilegeddon yang pertama.

11 Januari 2016
Google mengonfirmasi bahwa Panda telah dimasukkan ke dalam core algoritma Google, sebagai bagian dari peluncuran Panda 4.2 yang dinilai lambat. Dengan kata lain, Panda tidak lagi menjadi filter yang diterapkan pada algoritma Google setelah pembaruan itu bekerja, namun dimasukkan sebagai salah satu dari sinyal peringkat intinya.

26 Oktober 2015
RankBrain

Meskipun sudah dalam pengujian sejak April 2015, Google secara resmi memperkenalkan RankBrain pada tanggal ini. RankBrain adalah algoritma pembelajaran mesin yang melakukan filter pencarian untuk membantu memberikan jawaban terbaik kepada pengguna atas permintaan mereka.

Awalnya, RankBrain ini digunakan untuk sekitar 15 persen kueri, terutama kueri baru yang belum pernah dilihat Google sebelumnya. Namun sekarang, RankBrain terlibat di hamper setiap kueri yang dimasukkan ke Google. RankBrain ini sendiri disebut sebagai parameter ketiga paling penting dalam proses ranking web.

17 Juli 2015
Pembaruan Panda 4.2

Google mengumumkan pembaruan dari Panda yang memakan waktu hingga berbulan- bulan lamanya untuk menghasilkan 2-3 persen dampak dari permintaan berbahasa Inggris. Karena sifat dari peluncuran ini terbilang lambat, tidak jelas seberapa besar dampaknya atau tepatnya kapan ini terjadi. Update ini disebut sebagai pembaruan Panda terakhir yang dikonfirmasi.

3 Mei 2015
Pembaruan Kualitas/ Pembaruan Phantom

Pembaruan kualitas atau pembaruan Phantom adalah perubahan yang dikonfirmasi untuk algoritma peringkat inti Google, khususnya bagaimana Google menilai sinyal kualitas. Target dari pembaruan ini adalah situs web yang bermasalah dengan kualitas konten, serta menampilkan terlalu banyak iklan.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Trend yang Perlu Anda Ketahui dalam SEO dan Konten Marketing

21 April 2015
Mobilegeddon

Pembaruan ramah seluler ini bertujuan untuk memberikan penghargaan kepada situs web yang ramah seluler dengan ganjaran peringkat pencarian yang lebih baik dan memberikan hasil yang lebih optimal untuk pencarian di perangkat seluler. Dampak dari pembaruan ini dirasakan secara globl.

17 Oktober 2014
Penguin 3.0
Meskipun disebut sebagai update mayor, pembaruan ini sebenarnya adalah penyegaran data lain dari algoritma Penguin. Penguin 3.0 memungkinkan mereka yang terkena dampak dari pembaruan sebelumnya untuk muncul dan memulihkan situs web mereka.

Sementara itu, banyak webmaster yang terus menggunakan praktik tautan spam, dan telah lolos dari pembaruan sebelumnya akan merasakan dampaknya. Pembaruain ini memakan waktu kurang lebih 3 hari untuk sepenuhnya diluncurkan dan mempengaruhi kurang dari 1 persen dari permintaan pencarian dalam bahasa Inggris.

23 September 2014
Panda 4.1
Pierre Far dari Google mengumumkan bahwa pembaruan pada algoritma Panda ini menambahkan beberapa sinyal lagi untuk membantu Panda dalam mengidentifikasi konten berkualitas rendah dengan lebih tepat. Pengaruh dari pembaruan ini dapat dirasakan dalam 3 hingga 5 persen kueri.

24 Juli 2014
Pembaruan Pigeon
Pigeon adalah pembaruan pencarian local yang signifikan membuat Google mulai menggunakan sinyal peringkat situs web yang lebih tradisional untuk mempengaruhi hasil pencarian lokal. Dalam pembaruan ini, Google memperbaiki parameter peringkat jarak dan lokasi sebuah bisnis.

12 Juni 2014
Payday Loan 3.0
Pembaruan algoritma Payday Loan 3.0 ini sebagian besar menargetkan permintaan spam, juga mencakup perlindungan yang lebih baik terhadap serangan negatif SEO dari orang lain.

30 Mei 2014
Panda 4.0
Matt Cutts dari Google mengumumkan pembaruan mayor Panda 3.0 yang mempengaruhi 7,5 persen permintaan dalam bahasa Inggris.

16 Mei 2014
Payday Loan 2.0
Pembaruan ini adalah generasi lanjutan dari algoritma Google Payday Loan. Fokus utamanya adalah menargetkan dengan lebih baik website- website yang masuk ke kategori spam.

6 Februari 2014
Penyegaran Tata Letak Halaman
Matt Cutts dari Google mengumumkan pembaruan yang terkait dengan algoritma tata letak halaman. Tidak ada efek signifikan yang disebutkan dari pembaruan ini, sehingga dalam pembaruan ini Google terlihat hanya memutar ulang algoritma dan memperbaiki indeks mereka.

4 Oktober 2013
Penguin 2.1
Matt Cutts mengumumkan pembaruan pertama dan satu- satunya dari Penguin 2.0 yang memberikan dampak pada kurang dari 1 persen pencarian.

26 September 2013
Hummingbird
Hummingbird adalah perombakan besar untuk teknologi pencarian inti Google. Google membutuhkan cara untuk lebih memahami dan mengembalikan hasil yang paling relevan ke pertanyaan yang lebih kompleks sebagai hasil dari pertumbuhan pencarian percakapan (contohnya adalah pencarian suara).

Google menyebut algoritma ini mempengaruhi hingga 90 persen pencarian di seluruh dunia. Meski pembaruan ini diumumkan pada tanggal ini, sebenarnya update ini mulai diluncurkan pada Agustus 2013.

Pembaruan algoritma Google Hummingbird

11 Juni 2013
Pembaruan Payday Loan

Algoritma Google Payday Loans memperbarui permintaan spam yang ditargetkan, yang sebagian besari terkait dengan industry yang ‘dibatasi’, seperti pinjaman dengan bunga super tinggi, situs porno, kasino, konsolidasi hutang, dan obat- obatan. Pembaruan ini memakan waktu hingga 1-2 bulan untuk sepenuhnya diluncurkan dan mempengaruhi sekitar 0,3 persen permintaan pencarian dia Amerika Serikat.

Algoritma Google Payday Loans memperbarui permintaan spam yang ditargetkan, sebagian besar terkait dengan industri teduh (termasuk pinjaman dengan bunga super tinggi dan pinjaman pembayaran, porno, kasino, konsolidasi utang, dan obat-obatan). Butuh waktu sekitar 1-2 bulan untuk sepenuhnya diluncurkan dan memengaruhi sekitar 0,3 persen kueri A.S

22 Mei 2013
Penguin 2.0
Dalam sebuah update di blog, Matt Cutts menyebut bahwa pembaruan ini merupakan ‘generasi lanjutan’ dari algoritma Penguin. Versi ini terlihat lebih dalam daripada halaman utama situs web (homepage) dan kategori tingkat atas sebagai bukti adanya link spam yagn diarahkan ke sebuah website. Penguin 2.0 ini mempengaruhi sebesar 2,3 persen pencarian dalam bahasa Inggris.

Perubahan algoritma Google Panda

14 Maret 2013
Pembaruan Panda
Pembaruan ini tidak dikonfirmasi oleh Google meskipun banyak tool mengindikasikan terjadinya pembaruan. Matt Cutts sendiri tampaknya menyarankan bahwa ini akan menjadi pembaruan terakhir sebelum Panda dimasukkan langsung ke dalam algoritma inti Google. Namun sebaliknya, penyegaran data Panda ini mulai diluncurkan setiap bulan selama periode 10 hari tanpa adanya konfirmasi lebih lanjut dari Google.

22 Januari 2013
Pembaruan Panda
Google mengumumkan adanya penyegaran data Panda yang mempengaruhi 1,2 persen pencarian dalam bahasa Inggris.

21 Desember 2012
Pembaruan Panda
Google mengumumkan adanya penyegaran data Panda yang mempengaruhi kurang dari 1,3 persen pencarian dalam bahasa Inggris.

21 November 2012
Pembaruan Panda
Google mengonfirmasi adanya penyegaran data Panda yang mempengaruhi 0,8 persen pencarian dalam bahasa Inggris.

5 November 2012
Pembaruan Panda
Google mengonfirmasi sebuah penyegaran data Panda yang mempengaruhi kurang dari 0,4 persen permintaan pencarian di seluruh dunia dan kurang dari 1,1 persen di Amerika Serikat.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Tool Instagram Terbaik untuk Mengoptimalkan Strategi Social Media Anda

9 Oktober 2012
Pembaruan Tata Letak
Matt Cutts mengumumkan bahwa algoritma tata letak halaman telah diperbaruii dan berpengaruh terhadap 0,7 pesen permintaan dalam bahasa Inggris. Update ini sekaligus memberi peluang ke situs web yang terkena peluncuran algoritma Google yang pertama untuk berpotensi pulih.

5 Oktober 2012
Matt Cutts mengumumkan penyegaran data algoritma kedua dari Penguin. Pembaruan ini berpengaruh terhadap 0,3 persen pencarian dalam bahasa Inggris

28 September 2012
Pembaruan EMD (Exact Match Domain)

Algoritma EMD memfokuskan diri pada penghapusan SERPs dari domain berkualitas rendah dan spam.

27 September 2012
Pembaruan Panda

Pembaruan ini cukup signifikan dari algoritma Panda yang membutuhkan lebih dari satu minggu untuk sepenuhnya diluncurkan dan mempengaruhi 2,4 persen dari permintaan pencarian bahasa Inggris.

18 September 2012
Panda Update 3.9.2 (#19)
Google mengumumkan peluncuran penyegaran data Panda yang mempengaruhi kurang dari 0,7 persen dari permintaan pencarian.

20 Agustus 2012
Update Panda 3.9.1
Google mengonfirmasi penyegaran data Panda yang mempengaruhi kurang dari 1 persen permintaan pencarian.

25 Juni 2012
Pembaruan Panda 3.8
Google mengumumkan penyegaran data Panda yang mempengaruhi kurang dari 1 persen permintaan pencarian di seluruh dunia.

8 Juni 2012
Pembaruan Panda 3.7
Google mengonfirmasi adanya pembaruan algoritma Panda yang mulai diluncurkan pada tanggal ini mempengaruhi permintaan pencarian kurang dari 1 persen di Amerika Serikan dan kurang dari satu persen di seluruh dunia. Pembaruan ini memberikan dampak yang lebih besar dibandingkan pembaruan Panda terbaru sebelumnya.

26 Mei 2012
Pembaruan Penguin 1.1
Matt Cutts mengumumkan adanya pembaruan data dari algoritma Penguin yang mempengaruhi kurang dari 0,1 persen permintaan pencarian dalam bahasa Inggris. Sebagian situs web yang mengalami penurunan di awal diluncurkannya Penguin, dan telah secara proaktif membersihkan profil tautan mereka mengalami banyak pemulihan. Sedangkan situs lain yang sebelumnya lolos dari Penguin untuk pertamakalinya merasakan dampaknya.

27 April 2012
Pembaruan Panda 3.6
Google mengonfirmasi penyegaran data algoritma mereka di tanggal ini.

24 April 2012
Pembaruan Penguin
Hukuman untuk situs web yang melakukan optimasi berlebihan yang sudah lama diantisipasi akhirnya tiba hari ini. Google  mengumumkan peluncuran perubahan algoritma ini dengan menurunkan situs web yang terlibat dalam spam agresif seperti spam kata kunci dan tautan tidak wajar yang melanggar Pedoman Webmaster Google. Setelah 2 hari, pembaruan ini diketahui bernama Penguin.

Pembaruan algoritma Google Penguin

19 April 2012
Pembaruan Panda 3.5
Google mengonfirmasi adanya pembaruan data Panda pada tanggal ini.

23 Maret 2012
Pembaruan Panda 3.4
Google mengonfirmasi pembaruan data Panda yang mempengaruhi kurang dari 1,6 persen permintaan pencarian.

27 Februari 2012
Pembaruan Panda 3.3
Google mengumumkan penyegaran data Panda yang membuatnya menjadi lebih akurat dan sensitif terhadap perubahan- perubahan baru di sebuah situs web.

27 Februari 2012
Pembaruan Venice
Setelah pembaruan Venice, Google mulai memasukkan hasil pencarian berdasarkan lokasi fisik atau alamat IP pencari. Selain itu, Google dapat mendeteksi lebih baik apakah permintaan pencarian atau laman web mempunyai maksud atau relenvasi lokal.

19 Januari 2012
Pembaruan Tata Letak
Dalam pembaruan algoritma tata letak ini, Google menargetkan situs web dengan terlalu banyak iklan di bagian atas navigasi. Dengan kata lain, pengguna harus menggulir ke bawah halaman untuk melihat konten yang sebenarnya. Google mengungkap bahwa algoritma ini mempengaruhi kurang dari satu persen pencarian situs web.

18 Januari 2012
Pembaruan Panda 3.2
Google mengonfirmasi pembaruan data dari Panda terjadi di tanggal ini.

18 November 2011
Pembaruan Panda 3.1
Google mengumumkan adanya penyegaran minor di algoritma Panda yagn berdampak kurang dari satu persen pencarian.

3 November 2011
Pembaruan ‘Freshness’
Dalam update ini, Google mengubah algoritmanya untuk bisa menentukan kapan akan memberikan hasil pencarian yang lebih fresh, misalnya saja untuk event terkini, atau berita yang sedang trend. Tujuannya adalah agar hasil pencarian menjadi lebih relevan lagi untuk pengguna. Pembaruan ini berpengaruh terhadap 35 persen dari hasil pencarian.

9 Oktober 2011
Pembaruan Panda 3.0
Google menambahkan beberapa sinyal baru ke algoritma Panda dan juga menghitung ulang bagaimana algoritma berdampak ke sebuah situs web.

12 Agustus 2011
Pembaruan Panda 2.4
Pembaruan algoritma Panda diluncurkan secara internasional untuk negara yang berbahasa Inggris dan non Bahasa Inggris (kecuali Jepang, China, dan Korea)

23 Juli 2011
Pembaruan Panda 2.3
Pembaruan lain dari algoritma Panda.

21 Juni 2011
Pembaruan Panda 2.2
Pembaruan lain dari algoritma Panda Google.

9 Mei 2011
Pembaruan Panda 2.1
Industri pertama kali menyebut pembaruan ini sebagai Panda 3.o, namun kemudian Panda mengklarifikasi bahwa ini hanyalah penyegaran data, sama halnya dengan 2x pembaruan yang akan datang.

11 April 2011
Pembaruan Panda 2.0
Merupakan pembaruan pertama dari core algoritma Panda. Update ini juga menyertakan sinyal tambahan seperti situs yang diblokir oleh pengguna Google.

23 Februari 2011
Update Panda
Terobosan besar dari algoritma Google yang membuat geger dunia SEO. Ada banyak pemain besar yang akhirnya harus mengakhiri permainan ‘conten farm’ yang sedang nge-hits saat itu. Pembaruan ini pun kemudian dikenal dengan sebutan Panda.

28 April 2010
Pembaruan MayDay
Pembaruan MayDay adalah perubahan algoritma Google yang menilai situs mana yang cocok untuk permintaan panjang (long-tail). Pembaruan ini diluncurkan antara 28 April dan 3 Mei 2010.

10 Agustus 2009
Pembaruan Caffeine
Caffeine adalah sistem pengindeksan web baru yang memungkinkan Google untuk merayapi dan menyimpan data secara lebih efisien, menghasilkan 50% hasil yang lebih segar. Mulai Agustus 2009, pengembang mulai diberi akses data sebelum pembaruan ini resmi diluncurkan pada 8 Juni 2010.

18 Januari 2009
Pembaruan Vince
Google Vince adalah pembaruan yang cepat, nyata dalam istilah kata kunci tingkat tinggi yang kompetitif untuk mendukung peringkat halaman pertama untuk domain merek besar vs situs yang sebelumnya mendapatkan ranking.

15 Desember 2005
Pembaruan Big Daddy
BigDaddy adalah pembaruan bertahap untuk infrastruktur Google yang mulai diluncurkan pada Desember 2005 dan selesai pada Maret 2006. Pembaruan ini mengubah cara Google menangani masalah teknis seperti kanonikisasi URL dan redirects. Beberapa situs web tidak berhasil masuk ke pusat data Big Daddy yang baru biasanya karena adanya pnautan yang tidak wajar, seperti backlink yang berlebihan, backlink berbayar, dan backlink spam.\

1 September 2005
Pembaruan Jagger

Jagger adalah pembaruan dalam tiga fase (yaitu Jagger 1, Jagger 2, dan Jagger 3) yang dimulai dengan sejumlah pembaruan yang berfokus pada backlink di awal September. FOkus utamanya adalah menindaklanjuti link building yang tidak wajar, tautan berbayar, dan berbagai jenis spam lainnya. Di fase kedua pada bulan Oktober, pembaruan Jagger mulai terasa dampaknya. Fase terakhir dari algoritma ini selesai pada akhir November 2005.

16 November 2003
Google Florida
Google Florida menandai sebuah era baru dalam SEO. Situs web (termasuk mereka yang mengandalkan affiliate untuk mengarahkan trafik) yang menggunakan taktim spam pada decade sebelumnya secara perlahan bertumbangan dan musnah tepat sebelum musim liburan.

Pustaka : Searchenginejournal.com

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.