Type to search

Trending

Saatnya Ucapkan Selamat Tinggal pada BBM!

Saatnya ucapkan selamat tinggal pada BBM

Teka- teki tentang masa depan BBM (Blackberry Messenger) akhirnya terjawab sudah. PT Elang Mahkota Teknologi, Tbk (EMTEK) selaku pemegang lisensi aplikasi BBM di Indonesia mengungkap rencana penghentian layanannya per 31 Mei 2019.

“Time to Say GOOD BYE,” sebuah pesan resmi disampaikan pihak BBM kepada para penggunanya yang masih tersisa pada Kamis (18/4/2019).

“BBM akan berhenti beroperasi pada 31 Mei 2019. Terima kasih sudah menjadi bagian dari perjalanan BBM di Indonesia,” lanjut pesan tersebut.

Sempat booming sebagai aplikasi pesan instan di era tahun 2000- an, BBM bisa dibilang menjadi platform generasi pertama yang mengalihkan masyarakat dari pesan singkat berbayar (SMS) menuju percakapan digital berbasis data internet.

Di masa jayanya, BBM begitu nge-hits diikuti dengan melambungnya tren penjualan ponsel Blackberry pada kurun waktu tersebut.

Sayang, kurangnya inovasi pada platform ini membuat banyak pengguna mulai beralih. Terlebih lagi saat Android mulai muncul dan WhatsApp menjadi platform pesan instant yang ringan dengan banyak inovasi.

Secara perlahan, pengguna BBM pun mulai bergeser ke WhatsApp yang dinilai lebih praktis, ringan, inovatif, dan menghadirkan pengalaman pengguna yang jauh lebih baik dari BBM.

Pengguna BBM yang kian merosot memberi dampak yang signifikan pada BBM. Pada tahun 2016, Creative Media Works Pte. Ltd (CMW Pte Ltd) menandatangani perjanjian lisensi BBM konsumen dengan Blackberry Limited untuk mengoperasikan layanan pesan BBM Consumer Cross Platform.

Hasilnya, 99 persen saham CMW Pte Ltd kemudian menjadi milik PT Kreatif Media Karya (KMK) yang kini bertransformasi menjadi EMTEK. Dengan EMTEK sebagai pemegang kendali, layanan operasional BBM pun hanya berfokus di wilayah Indonesia.

CMW Pte Ltd pun memutuskan untuk menutup kantor di Dubai, Singapura, dan Kanada pada akhir 2018.

Sayangnya, sampai saat ini EMTEK gagal untuk menghadirkan hal baru yang menarik perhatian pengguna untuk kembali menggunakan BBM. Dengan WhatsApp saja, pengguna merasa sudah lebih dari cukup untuk melakukan komunikasi via instant messaging platform yang kaya akan fitur menarik.

Dengan berat hati, EMTEK pun memutuskan untuk menghentikan layanan BBM efektif per 31 Mei mendatang.

Apakah Anda sempat menjadi salah satu pengguna BBM? Kenangan apa yang Anda miliki dengan platform pesan instan yang satu ini?

Artikel Menarik Lainnya :   Microsoft Bersiap Memecat Ribuan Karyawan
Tags:

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.