Type to search

Apps & Tools

9 Shortcuts Paling Bermanfaat di Google Chrome yang Wajib Anda Ketahui

Daftar Shortcut Google Chrome untuk Produktifitas Kerja

Perilaku kita dalam mengakses internet memang mengalami perubahan yang cukup drastis. Saat ini kita hidup di era dimana akses internet lebih banyak kita lakukan melalui smartphone, tablet, atau perangkat seluler lainnya.

Dilansir dari We are Social dan Hootsuite Digital, rata- rata waktu penggunaan internet di perangkat seluler telah tumbuh dengan stabil dalam beberapa tahun terakhir ini, dari 26 persen di 2014, hingga kini menjadi 48 persen di 2019.

Meski begitu, bukan berarti akses untuk komputer desktop, tradisional keyboard dan mouse sudah tidak diperlukan. Sampai saat ini, pengalaman penggunaan web berbasis desktop masih sangat hidup dan paling ideal digunakan untuk browsing konten yang lebih menyeluruh dan untuk kebutuhan riset, serta pekerjaan.

Dan jika kita bicara tentang browser internet berbasis desktop, tentu saja Google Chrome adalah browser terpopuler dengan pangsa pasar kurang lebih 70 persen. Sebagai perbandingan, browser terpopuler berikutnya, Firefox, hanya menyumbang 9,78 persen dari pasar.

 

Shortcut Google Chrome untuk Bekerja Lebih Efektif dan Produktif

Shortcut adalah kunci untuk Anda yang ingin meningkatkan produktifitas saat berselancar di Internet. Jika Anda menggunakan Google Chrome, maka berikut ini adalah daftar shortcut yang paling bermanfaat untuk meningkatkan efektifitas pekerjaan Anda :

Artikel Menarik Lainnya :   35 Situs Download Gambar Gratis Terbaik untuk Website/ Blog

Beralih ke Mode Incognito

  • Di Windows : Ctrl + Shift + N
  • Di Mac : ⌘ + Shift + N

Incognito atau mode penyamaran adalah saat dimana Anda ingin menjelajah secara pribadi dan tidak ingin ada orang lain yang melihat riwayat penjelajahan Anda saat orang lain menggunakan desktop yang sama dengan Anda.

Mode Incognito ini memblokir Chrome dari menyimpan cookie, file internet sementara yang berisi alamat IP Anda, detail login, dan informasi penelusuran lainnya.

 

Membuka Tab Terakhir yang Anda Tutup

  • Di Windows: Ctrl + Shift + T
  • Di Mac: ⌘ + Shift + T

Saat browsing tiba- tiba saja Anda tidak sengaja menutup salah satu halaman yang Anda butuhkan? Rasanya lumayan repot saat Anda harus mengakses halaman itu kembali dengan masuk ke bagian setting.

Dengan pintasan ini, Anda dapat mengakses tab terakhir yang Anda tutup tanpa sengaja. Anda juga bisa menjalankan fungsi ini hingga tab pertama yang Anda tutup sejak menjalankan Chrome.

Sebagai catatan, shortcut ini tidak berfungsi jika Anda menjalankan mode Incognito.

Artikel Menarik Lainnya :   5 Video Editor Gratis Terbaik Tanpa Watermark untuk Windows/ Mac

 

Menutup Jendela Aktif dengan Segera

  • Di Windows: Ctrl + W
  • Di Mac: ⌘ + W

Selain bisa meng-klik tanda ‘x’ kecil untuk menutup setiap tab di Chrome, Anda juga bisa melakukannya hanya dengan menekan Ctrl + W sebagai gantinya. Jangan lupa, jika Anda menutup tab ini secara tidak sengaja, Anda selalu bisa menggunakan pintasan sebelumnya untuk membukanya kembali.

 

Melompat Antara Tab Berikutnya dan Sebelumnya

  • Di Windows: Ctrl + PgDn (Tab buka berikutnya) atau Ctrl + PgUp (Tab buka sebelumnya)
  • Di Mac: ⌘ + Opsi + Panah kanan (Tab terbuka berikutnya) dan ⌘ + Opsi + Panah kiri (Tab terbuka sebelumnya)

Untuk seorang multitasking yang biasa membuka banyak tab sekaligus saat menjelajah internet, akan cukup menyebalkan jika harus menggunakan mouse untuk mengklik setiap tab lainnya dan melihat apa yang ada di dalamnya.

Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan pintasan ini untuk melompat ke tab berikutnya dan sebelumnya.

 

Minimalkan (Minimize) Jendela Aktif

  • Di Windows: Ctrl + M
  • Di Mac: ⌘ + M

Untuk alasan tertentu, ada beberapa orang yang membuka banyak jendela browser saat bekerja dengan desktop. Untuk mengurangi kerepotan Anda, Anda bisa langsung meminimalkan jendela terbuka dengan pintasan ini, terutama saat mempunyai tumpukan jendela browser dengan banyak aplikasi lainnya.

 

Artikel Menarik Lainnya :   Membuat Banyak Orang Penasaran, Aplikasi Sarahah Viral di Indonesia

Membuka Halaman Unduhan

  • Di Windows: Ctrl + J
  • Di Mac: ⌘ + Opsi + L

Ingin melihat file apa saja yang Anda unduh dengan Chrome? Alih- alih menggunakan File Explorer di Windows atau Finder di Mac, Anda bisa mengakses file unduhan Anda melalui browser dan men-tracking lokasi pengunduhan file tersebut. Jauh lebih mudah, bukan?

 

Membuka Pengelola Bookmark

Di Windows: Ctrl + B

Di Mac: ⌘ + Opsi + B

Pintasan ini sangat bermanfaat untuk membuka dan menghapus bookmark, membuat folder bookmark, atau memindarhkan bookmark ke folder yang berbeda. JIka Anda menyimpan puluhan hingga ratusan bookmark, shortcut ini adalah fitur yang tidak boleh Anda lewatkan.

 

Memindahkan Kursor ke Ruas Pencarian

  • Di Windows: Ctrl + L
  • Di Mac: ⌘ + L

Anda bisa saja memindahkan kursor ke ruas box pencarian, namun jika ada cara yang bisa membawa kursor Anda langsung ke ruas pencarian dan Anda bisa langsung mengetikkan apa yang Anda cari, kenapa tidak?

 

Membersihkan Data Browsing

  • Di Windows: Ctrl + Shift + Delete
  • Di Mac: ⌘ + Shift + Delete

Jika Anda malas menggunakan mode incognito karena tidak bisa mengembalikan tab yang Anda tutup secara tidak sengaja, Anda tidak harus menggunakannya. Sebagai gantinya, Anda bisa menghapus data penjelajahan Anda usai berselancar di internet. Untuk mempermudah Anda, gunakanlah shortcut Chrome yang satu ini.

 

Gunakan Pintasan Chrome dan Mulai lah Lebih Produktif

Salah satu kekuatan Chrome yang menjadikannya sangat populer adalah karena adanya segudang pintasan yang memungkinkan pengguna untuk mengambil kendali penuh atas browser mereka tanpa harus melepaskan tangan dari keyboard.

Anda dapat mempelajari daftar pintasan ini dan melakukan lebih banyak eksplorasi dengan Chrome. Percayalah, ini akan membuat Anda menjadi jauh lebih efektif dan produktif saat  bekerja dengan internet.

Selamat mencoba!

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.