Type to search

Entrepreneurship

Halo Milenial, Yuk Contek Tips Sukses Berbisnis UMKM ala Kaesang Pangarep

Share
Tips berbisnis UMKM ala Kaesang Pangarep

Nama Kaesang Pangarep bukan hanya dikenal sebagai putra bungsu dari orang nomor satu di Indonesia saja. Meski usianya relatif masih muda, Kaesang dikenal dengan sebagai pebisnis UMKM ulung. Mulai dari bisnis pakaian, bisnis kuliner, hingga bisnis aplikasi, semua sudah pernah dicicipinya.

Dalam berbisnis, Kaesang menghindari memulai usaha dengan pinjaman dari bank. Sebaliknya, ia memilih mengandalkan uang tabungan saja. Menurutnya, ini adalah salah satu cara untuk meminimalisir resiko untuk pemula dalam memulai bisnis.

Baginya, penting untuk tidak mempertaruhkan sesuatu yang belum pasti (dalam hal ini adalah keuntungan) dengan sesuatu yang pasti harus dibayarkan (bunga dan angsuran).

Namun, bukan berarti Kaesang antipati dengan resiko. Mau tidak mau, resiko adalah bagian dari hidup pebisnis. Namun disisi lain, pebisnis harus berhati- hati dalam mengelola modal dan hutang mereka.

Bahkan Kaesang pun menyarankan para UMKM milenial yang sedang merintis bisnisnya untuk tidak ragu mengambil resiko. Selalu lakukan promosi yang optimal dengan berbagai cara. Endorsement adalah salah satu tips yang layak untuk dicoba agar produk lebih cepat dikenal khalayak luas.

“Jangan pernah pelit untuk promo. Bahkan endorse pun penting untuk mengembangkan brand image,” ungkap Kaesang Pangarep seperti dilansir dari CNBC Indonesia dalam event Media Gathering Hebat di Jakarta Selatan, Rabu (28/11/2019).

Salah satu promosi yang pernah Kaesang coba dan cukup ia sarankan adalah promo beli 1 gratis 1. Dari pengalamannya menggunakan promo ini, hasilnya cukup sensasional.

Kaesang juga menyebut bahwa tantangan bisnis saat ini bukan sekedar banyaknya kompetitor saja, namun juga inovasi. Bisnis yang berpacu pada inovasi akan jauh lebih long lasting. Sebaliknya, tanpa inovasi bisnis akan cenderung jalan di tempat.

Apakah Anda juga pelaku bisnis UMKM? Jika iya, tips bisnis sederhana dari Kaesang ini semoga cukup menginspirasi Anda 🙂

Artikel Menarik Lainnya :   6 Jenis Kecerdasan ini Wajib Dimiliki oleh Seorang yang Ingin Menjadi Pengusaha
Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.