Type to search

SEO

3 Tren SEO di Tahun 2019 yang Perlu Anda Ketahui

Tren SEO terbaru yang webmaster wajib ketahui

Khususnya di beberapa bulan awal 2019, kita merasakan beberapa kejutan ‘update algoritma’ dari Google. Jika Anda memperhatikan dengan jeli, sebenarnya tidak ada pergeseran yang drastis, kecuali penegasan Google agar webmaster mengikuti guidelines yang mereka miliki. Meski begitu, tidak semua publisher jeli menangkap maksud dari Google.

Perubahan algoritma Google memang menjadi monster untuk beberapa webmaster. Bagaimana tidak, sudah konsisten melakukan optimasi dengan strategi A, tiba- tiba saja perubahan algoritma memporak- porandakan semua.

Padahal kalau dari Google sendiri, mereka meng- klaim tidak akan terjadi efek penurunan jika publisher mengikuti kaidah SEO yang disarankan Google. Dan percaya atau tidak, kaidah SEO yang disarankan Google ini, dari waktu ke waktu, bisa dibilang tidak ada perubahan yang begitu drastis.

Daftar Isi

Artikel Menarik Lainnya :   Lindungi Website Anda dari Negative SEO dengan Cara Ini

Tren SEO Terbaru

Kuncinya, jika setiap perubahan algoritma Google situs web Anda nyaris tidak terpengaruh, Anda mungkin sudah melakukan optimasi sesuai dengan kaidah SEO yang disarankan Google. Misalnya saja jika selama ini Anda selalu mengedepankan page speed dan mobile friendly, maka besar kemungkinan situs web Anda akan cukup stabil dalam jangka panjang.

Yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah konsistensi dalam menjaga kualitas tersebut. Terlebih, dua faktor itu adalah dua dari tiga tren SEO 2019 yang dipercaya oleh para webmaster.

Di artikel kali ini, kita kan mengupas tren SEO 2019 yang perlu kita terapkan untuk performa situs web yang lebih optimal di mesin pencari :

1. Pengindex-an Melalui Mobile View

Tak perlu diragukan lagi, mobile friendly adalah komponen wajib untuk SEO era modern. Robot crawling mesin pencari bukan hanya melakukan indexing website kita dalam versi desktop, tapi juga versi mobile view.

Bahkan kedepannya, para pakar SEO meyakini bahwa indexing versi mobile akan lebih mendominasi dibandingkan indexing versi desktop. Jadi, persiapkanlah versi mobile dari situs Anda dengan sebaik- baiknya.

Artikel Menarik Lainnya :   Mengapa SEO Penting untuk Sebuah Bisnis?

2. Page Speed

Kecepatan loading website disini bukan hanya dari tampilan desktop saja, namun juga versi mobile. Nah, ini yang sering dilupakan oleh banyak webmaster baru. Tidak sedikit yang melakukan optimasi page speed, tapi ternyata hanya ditujukan untuk optimasi page speed versi desktop saja. Sedangkan versi mobile nya lupa dicek.

Pastikan, situs web Anda cepat dari berbagai device. Baik desktop maupun mobile.

3. Branding sebagai Penguat Sinyal untuk Peringkat

Branding sebagai penguat sinyal peringkat mungkin termasuk hal yang relatif baru. Gary Illyes, analis tren webmaster Google, dalam sebuah public conference menyatakan bahwa Google menggunakan sebutan merek daring dalam pencariannya. Dalam konteks ini, ada dua point cara penggunaan brand sebagai sinyal peringkat yang perlu kita catat dan pelajari :

Artikel Menarik Lainnya :   Baru Dirilis, Google Allo Dikecam Karena Dianggap Tidak Cukup Aman

Yang pertama, Google akan mengoptimalkan sebuah merek sebagai ciri atau value baru, dimana mesin pencari akan belajar merayapi merek sebagai entitas pemilik sebuah produk atau layanan.

Yang kedua adalah sentiment dalam membaca. Maksudnya, Google akan memberikan peringkat pada situs- situs yang mengandung konektifitas yang baik dalam kaitannya dengan reputasi, kepercayaan, iklan, penyelesaian keluhan, dll. Dalam konteks ini, Google belajar untuk mengatakan yang baik dari yang buruk.

Sebagai contoh adalah panduan kualitas pencarian yang menyatakan bahwa reputasi itu penting untuk peringkat sebuah situs web dan akan mempengaruhi peringkat situs itu sendiri.

Sudah siapkah Anda mengoptimalkan tiga hal ini?

Featured Image: Wieting Design

Tags:

You Might also Like

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.